Salah Satu Contoh Jenis Uang Menurut Pihak Yang Mengeluarkan Adalah?

Salah Satu Contoh Jenis Uang Menurut Pihak Yang Mengeluarkan Adalah
Jelaskan jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkan! – Brainly.co.id Jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkan adalah:

  1. Uang kartal yang dikeluarkan bank sentral
  2. Uang giral yang dikeluarkan lembaga keuangan selain bank sentral, seperti bank umum

Pembahasan : Uang kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib diterima oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli sehari-hari. Uang kartal dikeluarkan bank sentral suatu negara.

  • Uang giral adalah alat pembayaran yang dikeluarkan lembaga keuangan selain bank sentral, sebagai produk keuangan, yang dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai alat pembayaran.
  • Ciri-ciri yang membedakan kedua jenis alat pembayaran ini adalah:
  • 1. Bentuk:

bentuk uang kartal adalah uang logam ataupun kertas. Sedangkan uang giral berbentuk cek atau kartu kredit ataupun dokumen lain yang dikeluarkan oleh bank yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran bagi yang menerimanya.2. Lembaga yang mengeluarkan: Uang kartal dikeluarkan oleh pemerintah, lewat Bank Indonesia sebagai bank sentral.

Rupiah yang kita gunakan sehari-hari termasuk uang kartal. Sebaliknya, uang giral dikeluarkan oleh lembaga keuangan lain seperti bank, baik bank BUMN maupun swasta, dan dapat dikenali dari logo bank yang tertera di uang giral, misalnya logo bank di kartu kredit atau cek.3. Kewajiban menerima: Uang kartal wajib diterima, sedangkan uang giral tidak wajib diterima.

Bila di wilayah Indonesia dan menolak menggunakan Rupiah maka ini bersifat melanggar hukum. Sebaliknya, bila toko atau supermarket menolak menerima uang kartal seperti cek atau kartu kredit suatu bank, maka hal tersebut adalah hak toko atau supermarket tersebut dan tidak melanggar hukum.4.

  1. Penjaminan: Rupiah sebagai uang kartal nilainya dijamin oleh negara lewat undang-undang dan Bank Indonesia sebagai bank sentral seringkali melakukan intervensi pasar bila kurs rupiah tidak stabil terhadap valuta asing.
  2. Sebaliknya uang giral seperti cek dan kartu kredit hanya dijamin oleh bank tersebut.
You might be interested:  Masalah Eksternal Yang Ikut Andil Dalam Kebangkrutan Voc Adalah?

Bila cek tidak dapat dicairkan maka persoalan tersebut adalah persoalan nasabah dengan bank.

  1. Pelajari lebih lanjut:
  2. Kelebihan dan kelemahan uang barang
  3. Detail Jawaban

Kode: 9.10.6

  • Kelas: IX
  • Mata pelajaran: IPS/Ekonomi
  • Materi: Bab 6 – Uang dan Lembaga Keuangan
  • Kata kunci: Uang Kartal dan Giral

: Jelaskan jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkan! – Brainly.co.id
Lihat jawaban lengkap

Apakah bank umum dapat mengeluarkan uang giral?

Bank umum menciptakan uang giral dengan dua cara : uang giral tercipta apabila nasabah-nasabah mendepositkan (menyimpan) uang kartal yang dimiliki mereka ke dalam bank – bank umum. Pemilik uang tersebut akan mendapat buku cek dan dapat menggunakannya untuk melakukan pembayaran.
Lihat jawaban lengkap

Apa saja jenis uang giral?

Uang Giral – Pengertian, Jenis dan Contohnya Apa itu Uang Giral? Lain dengan uang kartal yang memiliki bentuk fisik seperti kertas atau koin, uang giral merupakan sebutan alat pembayaran berupa surat berharga yang dapat sewaktu-waktu digunakan untuk transaksi jual beli.

Giral merupakan mata uang yang sah secara ekonomi namun tidak secara hukum, jadi masyarakat boleh menolak pembayaran yang menggunakan uang giral. https://www.akseleran.co.id/blog/uang-giral/ Bentuk-bentuk Uang Giral Uang giral cukup bermacam-macam bentuknya, yang pasti adalah uang yang disimpan pada bank atau rekening koran bank yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran, misalnya saja cek, bilyet giro, kartu kredit, wesel, ataupun perintah bayar tertentu yang biasanya diterbitkan oleh bank sehingga ada syarat untuk memilikinya dan tidak dapat digunakan untuk transaksi secara bebas.

You might be interested:  Uang Yang Nilai Nominalnya Lebih Besar Dari Nilai Intrinsiknya Disebut?

https://id.wikipedia.org/wiki/Uang_giral

Belakangan uang giral lebih digemari ketimbang uang kartal, apalagi sudah ada himbauan untuk go cashless oleh pemerintah, karena ada beberapa hal yang dapat menguntungkan penggunanya, antara lain: 1.Lebih praktis Karena tidak perlu membawa uang cash atau kontan, pembayaran pun dapat lebih mudah dilakukan dan sesuai dengan jumlah kebutuhan, tanpa repot menukar-nukar untuk kembalian seperti uang kartal. 2. Lebih aman Apabila kehilangan atau kecurian, kita bisa memblokir dan pelacakan, jadi dana yang ada di bank bisa tetap aman.

: Uang Giral – Pengertian, Jenis dan Contohnya
Lihat jawaban lengkap

Apa itu yang dimaksud dengan uang kartal?

KOMPAS.com – Uang adalah benda yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Kehadiran uang tak bisa dipisahkan dari perekonomian suatu negara. Sebab stabilitas dan pertumbuhan ekonomi dipengaruhi peranan uang dalam perekonomian oleh masyarakat maupun otoritas moneter dalam suatu negara.

Secara umum, ada dua jenis uang, yakni uang kartal dan giral. Keduanya berperan penting dalam kegiatan ekonomi suatu negara. Menurut Jimmy Hasoloan dalam buku Ekonomi Moneter (2014), uang kartal adalah alat pembayaran yang sah dan wajib diterima masyarakat dalam transaksi jual beli tiap harinya. Uang kartal dikeluarkan secara resmi oleh bank sentral atau Bank Indonesia.

Sementara, dikutip dari buku Bank dan Lembaga Keuangan Lain (2016) oleh Bustari Muchtar dkk, uang giral (demand deposit) adalah simpanan dana masyarakat di lembaga keuangan bank. Baca juga: Teori Kuantitas Uang Menurut Irving Fisher Uang giral muncul karena makin mendesaknya kebutuhan masyarakat terhadap alat tukar yang jauh lebih mudah, praktis, serta aman.
Lihat jawaban lengkap

Sebutkan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan uang kartal dan uang giral?

2. Dari Sifatnya – Uang kartal adalah alat pembayaran yang sah menurut hukum. Jadi setiap transaksi menggunakan uang kertas maupun logam terbitan bank sentral harus diterima. Sedangkan penggunaan uang giral sebagai alat pembayaran tidak wajib hukumnya. Maka dari itu, masyarakat dapat menolak transaksi uang giral dalam kegiatan jual beli.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Kredit Mobil Paling Murah Pakai Bank Apa?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan uang primer?

Uang primer didefinisikan sebagai kewajiban otoritas moneter (Bank Indonesia) terhadap sektor swasta domestik dan bank umum, yang berupa uang kertas dan uang logam yang berada di luar Bank Indonesia serta Page 20 2 simpanan giro bank umum di Bank Indonesia (Suseno, 2002:18).
Lihat jawaban lengkap

Ada berapakah jenis jenis uang?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Jenis uang yang beredar dimasyarakat dapat dikelompokan menjadi tiga, yaitu uang kartal, uang giral, dan uang kuasi.
Lihat jawaban lengkap