Posisi Uang Logam Manakah Yang Memiliki Luas Permukaan Pijakan?

Penjelasan: – Tekanan adalah materi didalam ilmu fisika mengenai pengukuran. Dimana tekanan digunakan untuk menyatakan gaya yang bekerja per satuan luas permukaan, Tekanan memiliki sifat sebagai berikut:

Jika luas permukaan bidang semakin besar, maka tekanan zat padat akan menjadi kecil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tekanan ( P ) berbanding terbalik dengan luas permukaan ( A ).

Jika semakin besar gaya yang menyebabkan tekanan, akan menyebabkan besar tekanan juga meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tekanan ( P ) berbanding lurus dengan gaya ( F ).

Rumus Tekanan ( P ) dapat ditulis sebagai berikut:

  • Keterangan:
  • P = Tekanan (Pa)
  • F = Gaya (Newton / N)
  • A = Luas permukaan ( )

Pada uang logam, luas permukaan terkecil terjadi saat uang logam diposisikan secara vertikal, Sedangkan luas permukaan terbesar uang logam terjadi pada saat diposisikan secara horizontal, Berdasarkan sifat dasar tekanan yaitu ” jika luas permukaan bidang semakin besar, maka tekanan zat padat akan menjadi kecil “.
Lihat jawaban lengkap

Contents

Uang logam yang manakah yang memiliki luas permukaan pijakan?

Hai Gina. kakak bantu jawab ya. Posisi uang logam yang memiliki tempat pijakan gaya yang kecil adalah posisi uang mendatar. Uang logam yang memiliki luas permukaan lebih kecil, tekanan yang didapatkan lebih besar. Uang logam dalam bentuk tegak memiliki luas permukaan lebih kecil dibandingkan dengan uang logam secara mendatar.
Lihat jawaban lengkap

Pada kegiatan 1 posisi uang logam yang manakah yang memiliki luas bidang tekanan yang lebih besar?

1. Posisi uang logam yang manakah yang memiliki luas permukaan pijakan (tempat gaya bekerja) yang Jawaban: 1. Posisi logam berdiri/vertikal 2. Uang logam dengan posisi vertikal akan meninggalkan bekas yang lebih dalam dibanding horizontal, karena uang logam posisi vertikal menimbulkan tekanan yang lebih besar daripada posisi horizontal.3. Yang diberi gaya lebih besar akan lebih dalam bekasnya.

Karena ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk memperbesar tekanan,a. Memperbesar gaya ✓b. Memperkecil luas ✓4. Maaf saya kurang mengerti kalimat pada soal nya Penjelasan: CMIIW

gw kasih bintang 5 karena lu sangat membantu sahabat

: 1. Posisi uang logam yang manakah yang memiliki luas permukaan pijakan (tempat gaya bekerja) yang
Lihat jawaban lengkap

Ketika kamu mendorong kedua uang logam dengan posisi yang sama uang logam dengan posisi manakah yang memiliki bekas lebih dalam mengapa demikian?

Hai, Shesar V. Kakak bantu jawab ya. Jawaban soal di atas adalah uang logam yang ditekan dengan gaya yang lebih kuat. Cermati penjelasan berikut ini. Bekas uang logam yang lebih dalam adalah uang logam yang ditekan dengan gaya yang lebih kuat. Karena gaya itu akan sebanding dengan tekanan namun berbanding terbalik dengan luas penampang.

  • Arena disini yang ditinjau adalah uang logam yang sama, maka yang mempengaruhi adalah besar gayanya.
  • Semakin besar atau kuat gayanya maka tekanannya akan semakin besar sehingga akan menimbulkan bekas yang lebih dalam pada uang logam.
  • Dengan demikian, bekas uang logam yang lebih dalam adalah uang logam yang ditekan dengan gaya yang lebih kuat.
You might be interested:  Sosok Yang Menghiasi Uang Rupiah Baru Pecahan Rp50.000 Adalah?

Semoga membantu ya ! –
Lihat jawaban lengkap

Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi tekanan pada zat padat?

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan dan Penerapan Konsepnya Jakarta – Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya sering kita jumpai dalam mata pelajaran fisika. Pengertian tekanan sendiri mengacu kepada gaya yang bekerja pada bidang per satuan luas.

Melansir dari buku Fresh Update Mega Bank Soal IPA SMP yang disusun oleh Tim Guru Eduka, terdapat dua faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan, apa saja? Kedua faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang tekan. Faktor-faktor tersebut diperuntukan bagi tekanan benda padat.

Penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari hari bisa dijumpai pada penggunaan sepatu sepak bola. Sol sepatu sepak bola sengaja dibuat tidak merata dan cenderung berupa tonjolan tonjolan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperbesar gaya tekan terhadap tanah.

  1. Maka dengan begitu, pemain bola tidak mudah tergelincir saat menapak di tanah.
  2. Selain sol sepatu sepak bola, ada juga mata pisau.
  3. Mata pisau sengaja dibuat tajam untuk memperbesar tekanan.
  4. Lalu, adanya sepatu salju dengan alas besar juga merupakan penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari hari.
  5. Mereka yang hidup di daerah bersalju membuat sepatu tersebut agar mampu memperkecil tekanan berat tubuhnya terhadap salju.

Selain penerapan konsep tekanan, juga dibedakan atas benda padat dan zat cair. Cara menghitung tekanan pada benda padat tidak bisa sembarangan, melainkan harus menggunakan rumus.

  • Rumus tekanan pada benda padat yaitu:
  • P = F/A
  • Keterangan:F = Besar gaya (N)A = Luas bidang (m2)
  • P = Tekanan (N/m2)

Sedangkan tekanan pada benda cair disebut dengan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis merupakan tekanan yang dialami oleh zat cair dalam kondisi diam.

  1. Faktor faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan pada benda cair yaitu massa jenis zat, percepatan gravitasi bumi dan kedalaman atau ketinggian zat cair.
  2. Adapun rumus tekanan hidrostatis adalah:
  3. Pb = p x g x b
  4. Keterangan:Pb = Tekanan hidrostatis (N/m2)p = Massa jenis (kg/m3)g = Percepatan gravitasi (m/s2)
  5. h = Kedalaman (m)

Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya beserta penerapan konsepnya. Semoga dapat membantu ya, detikers! Simak Video ” Konsep Multiverse dalam Sudut Pandang Agama ” (kri/kri) : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan dan Penerapan Konsepnya
Lihat jawaban lengkap

Apa yang kamu ketahui tentang tekanan zat padat?

Pengertian Tekanan Zat Padat – Tekanan zat padat adalah besarnya gaya yang bekerja di setiap luas bidang tekan pada zat padat. Luas bidang tekan yang dimaksud berbeda dengan luas permukaan. Luas bidang tekan hanya mengacu pada daerah yang mengalami penekanan saja, bukan luas secara keseluruhan.

  • Keterangan:
  • P = Tekanan (Pa);
  • F = gaya tekan (N); dan
  • A = luas bidang tekan (m 2 ).

Berdasarkan persamaan di atas, semakin besar gaya yang menekan suatu luas bidang tekan, semakin besar tekanan yang dihasilkan. Semakin besar luas bidang tekan, semakin kecil tekanan yang dihasilkan. Konsep itulah yang berlaku pada kaki bebek. Jika Quipperian perhatikan, di antara jari-jari kaki bebek terdapat suatu selaput tipis.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dapat kamu simpulkan berdasarkan aktivitas 7.1 Dapatkah kamu menyebutkan faktor faktor apa sajakah yang mempengaruhi besarnya tekanan?

Besar tekanan dipengaruhi oleh gaya dan luas bidang tekan. Tekanan sebanding dengan gaya dan berbanding terbalik dengan luas bidang tekan. Sesuai persamaan tekanan zat padat; P = A F ​ Dengan demikian, faktor yang mempengaruhi besar tekanan adalah gaya tekan dan luas permukaan tekan.
Lihat jawaban lengkap

Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar?

Upaya agar Mendapatkan Tekanan yang Besar Adalah: Gaya dan Luas Meningkatkan gaya dan memperkecil luas permukaan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan tekanan yang besar. Sementara itu, terdapat tiga jenis zat dengan upaya yang berbeda-beda untuk memperbesar tekanannya. Yuk, simak penjelasan berikut ini.
Lihat jawaban lengkap

Bagaimana kesimpulan antara gaya F dengan tekanan P?

Jelaskan hubungan antara gaya, luas permukaan, dan tekanan! Hubungan antara gaya (F), tekanan (P), dan luas bidang permukaan (A) adalah:

  1. Besar tekanan (F) berbanding terbalik dengan luas permukaan bidang (A). Bila luas permukaan bidang semakin besar, maka tekanan zat padat akan menjadi kecil.
  2. Besar tekanan (F) berbanding lurus dengan gaya (F) bekerja. Semakin besar gaya yang menyebabkan tekanan, akan menyebabkan besar tekanan juga meningkat.
  • Pembahasan :
  • Tekanan (P) yang dialami suatu permukaan dengan luas permukaan (A) bila gaya (F) yang diterapkan adalah sebesar:
  • P = F / A

Hubungan antara tekanan (P) dengan luas permukaan bidang (A) adalah berbanding terbalik. Sementara hubungan antara tekanan (P) dengan gaya adalah berbanding lurus.

  1. Artinya, pada gaya diterapkan yang sama, bila luas permukaan bidang semakin besar, maka tekanan zat padat akan menjadi kecil.
  2. Demikian pula sebaliknya, bila luas permukaan bidang semakin kecil, maka tekanan zat padat akan menjadi besar.
  3. Sedangkan semakin besar gaya yang menyebabkan tekanan, akan menyebabkan besar tekanan juga meningkat.
  4. Contoh soal adalah sebagai berikut. Gaya sebesar 100 Newton, bila diterapkan pada dua zat padat dengan luas permukaan masing-masing (A1 dan A2) sebesar 2 dan 5 meter persegi adalah:
  5. P1 = F / A1
  6. = 100 / 2
  7. = 50 N/m2
  8. P2 = F / A2
  9. = 100 / 5
  10. = 20 N/m2
  11. Disini terlihat permukaan dengan luas lebih kecil (2 meter persegi) mengalami tekanan lebih besar.
  12. Pelajari Lebih Lanjut
You might be interested:  Cara Menarik Kembali Uang Yang Telah Ditransfer?

1 Seekor bebek yang massanya 1 kg memiliki luas permukaan kedua kaki 4 cm² berjalan di atas kubangan lumpur. Hitunglah besarnya tekanan yang dialami ketika bebek tersebut berjalan!

  • 2. Tekanan yang terjadi akibat adanya gaya pada zat cair terhadap luas permukaan benda pada kedalaman tertentu disebut
  • Detail Jawaban

Kode: 7.6.1

  1. Kelas: 7
  2. Mata pelajaran: Fisika
  3. Materi: Bab 1 – Besaran dan Pengukuran
  4. Kata kunci: Tekanan, Gaya

: Jelaskan hubungan antara gaya, luas permukaan, dan tekanan!
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa yang kamu ketahui dengan uang logam?

Uang logam – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel ini tidak memiliki atau sehingga isinya tidak bisa, Tolong bantu dengan menambahkan referensi yang layak. Tulisan tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus sewaktu-waktu. Cari sumber: – · · · ·

Uang logam atau kadang kala disebut koin (dari coin ) adalah logam yang digunakan sebagai alat transaksi ekonomi dan biasanya diterbitkan oleh pemerintah. Biasanya uang logam berbentuk bulat meski hal ini tidak selalu demikian. Sebuah uang logam biasanya memiliki dua sisi: sisi yang menampilkan nilai uang yang diwakili dan sisi sebaliknya yang biasanya berbentuk gambar.

  1. Tiongkok kuno
  2. India kuno
  3. Yunani kuno

Dan banyak dari peradaban sejarah kerajaan yang semula bermula dari emas,perak dan kuningan menjadi logam.

Artikel bertopik keuangan, uang, atau mata uang ini adalah sebuah, Anda dapat membantu Wikipedia dengan,

ul>

  • Artikel bertopik ekonomi ini adalah sebuah, Anda dapat membantu Wikipedia dengan,

    ul>

  • Diperoleh dari “” : Uang logam – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    Lihat jawaban lengkap

    Apa yang terjadi jika plastisin atau tanah liat diberikan tekanan dan tarikan?

    Plastisin dan tanah liat akan berubah bentuk jika. Di tekan dan ditarik. Tekanan dan tarikan dapat mengubah bentuk Plastisin dan tanah liat.Maaf kalau salah ^-^ Salken ya. Dirubah bentuknya dipencet pencet : Plastisin dan tanah liat akan berubah bentuk jika.
    Lihat jawaban lengkap

    Bagaimana hubungan antara tekanan dan luas permukaan dan gaya?

    Dengan gaya berat yang sama, namun luas permukaan bidang sentuhnya berbeda, akan memberikan tekanan yang berbeda. Semakin besar luas permukaan bidang sentuh, semakin kecil tekanannya. Ini berarti tekanan berbanding terbalik dengan luas permukaan bidang sentuh.
    Lihat jawaban lengkap

    Benda manakah yang memiliki tekanan yang paling besar?

    Benda yang memiliki tekanan paling besar adlaah benda kedua yang berbentuk segitiga. Karena berdasarkan rumus tekanan besar tekanan berbanding terbalik dengan luas permukaan. Benda dengan luas permukaan paling kecil memiliki tekanan paling besar. – Benda yang memiliki tekanan paling besar adlaah benda kedua yang berbentuk segitiga. Karena berdasarkan rumus tekanan besar tekanan berbanding terbalik dengan luas permukaan. Benda dengan luas permukaan paling kecil memiliki tekanan paling besar.
    Lihat jawaban lengkap

    Bagaimana hubungan antara kedalaman air terhadap tekanan hidrostatis?

    Rumus Tekanan Hidrostatis – Tekanan hidrostatis pada titik kedalaman berapa pun tidak dipengaruhi oleh berat air, luasan permukaan air, ataupun bentuk bejana air. Tekanan hidrostatis menekan ke segala arah. Satuan tekanan adalah newton per meter kuadrat (N/m2) atau Pascal (Pa). Rumus tekanan hidrostatis diformulasikan dengan: Jadi semakin besar jarak titik ukur dengan permukaan air, maka akan semakin besar tekanan hidrostatis pada titik tersebut. Fenomena ini dapat dilihat pada gambar di bawah di mana semakin besar ketinggian air, maka akan semakin besar pula tekanan hidrostatis di dasar bejana. Rumus di atas digunakan untuk mengetahui nilai tekanan hidrostatis pada bejana tertutup (contohnya: tekanan pada titik tertentu pada air di dalam botol tertutup, tangki air atau tong air yang tertutup). Jika kita ingin menghitung besar total tekanan pada suatu titik di bawah permukaan air pada tempat terbuka seperti pada danau dan laut dan segala kontainer/wadah terbuka, maka kita perlu menambahkan besar tekanan atmosfer pada perhitungan. Di mana nilai P0 adalah tekanan di permukaan air yang nilainya
    Lihat jawaban lengkap

    Mengapa zat padat tidak dapat mengalami perpindahan kalor secara konveksi?

    Konveksi adalah perpindahan kalor melalui suatu zat perantara dan disertai dengan perpindahan partikel zat. Peristiwa konveksi dapat terjadi pada zat cair atau gas, dimana terjadi karena adanya perbedaan massa jenis akibat pemanasan. Perambatan kalor secara konveksi tidak terjadi dalam zat padatkarena zat padat memiliki sifat partikel yang rapat dan gaya tarik antar molekul yang sangat kuat.

    Halini tidak memungkinkan kalor untuk berpindah dengan cara konveksi karena konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai perpindahan partikel-partikelzat. – Konveksi adalah perpindahan kalor melalui suatu zat perantara dan disertai dengan perpindahan partikel zat. Peristiwa konveksi dapat terjadi pada zat cair atau gas, dimana terjadi karena adanya perbedaan massa jenis akibat pemanasan.

    Perambatan kalor secara konveksi tidak terjadi dalam zat padat karena zat padat memiliki sifat partikel yang rapat dan gaya tarik antar molekul yang sangat kuat. Hal ini tidak memungkinkan kalor untuk berpindah dengan cara konveksi karena konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai perpindahan partikel-partikel zat.
    Lihat jawaban lengkap

    You might be interested:  Kartu Kredit Merupakan Alat Pembayaran Yang Memiliki Prinsip?

    Bagian manakah yang mengalami tekanan hidrostatis terbesar?

    Jawaban ini terverifikasi. Penyelam mengalami tekanan hidrostatis terbesar ketika berada di titik terendah sebuah sungai, atau laut, atau kolam.
    Lihat jawaban lengkap

    Bagaimana sebuah benda memiliki tekanan besar dan tekanan kecil?

    Langkah Penyelesaian – Dalam soal sudah terdapat kata kunci yaitu “posisi benda” saat posisi benda berdiri atau tidur itu artinya luas permukaan benda juga berbeda. Semakin luas permukaan benda tekanan yang dihasilkan akan semakin kecil. Jadi jika posisi benda diletakkan dengan permukaan paling luas maka tekanan nya kecil.

    • Warna, warna sama sekali tidak memengaruhi bahkan tidak berhubungan. Warna kuning, hijau atau ungu tidak ada kaitannya dengan tekanan.
    • Jenis, jenis tidak ada kaitannya.
    • Massa benda, massa benda dapat dikatakan benar jika di dalam soal tidak terdapat kata kunci “posisi benda”.
    • Luas permukaan,

    Kesimpulan : Jadi hal ini menunjukkan bahwa tekanan benda tergantung pada (d. Luas permukaan).
    Lihat jawaban lengkap

    Sebuah benda padat dengan luas alas 50 cm2 diberi gaya sebesar 10 N Berapakah besar tekanannya?

    Hai Rahmania A, kakak bantu jawab yaa. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah 0,2 Pa Tekanan merupakan gaya yang bekerja tiap satuan luas penampang sentuh. Besar gaya pada kasus di atas adalah : Diketahui : A = 50 m² F = 10 N Ditanya : P? Penyelesaian : P = F/A P = 10/50 P = 0,2 Pa Jadi, tekanan pada benda tersebut adalah 0,2 Pa. –
    Lihat jawaban lengkap

    Faktor apa saja yang mempengaruhi besar kecilnya tekanan suatu benda?

    KOMPAS.com – Tekanan adalah besaran skala berupa gaya yang diterapkan pada suatu benda. Secara umum, tekanan dipengaruhi oleh dua faktor. Faktor-faktor yang memengaruhi besarnya tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang tekan, Dilansir dari Physics LibreTexts, definisi tekanan adalah gaya yang diterapkan secara tegak lurus persatuan luas.
    Lihat jawaban lengkap

    Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas produk?

    Hai Park, terima kasih sudah bertanya. Kaka bantu jawab ya Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk adalah modal, desain produk, proses produksi, kualitas input, harga produk, produk testing, dan standar kualitas. Semoga jawabannya membantu ya. – Pembahasan : – Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk, diantaranya adalah sebagai berikut : 1.

    • Modal 2. Desain produk 3.
    • Proses produksi 4.
    • Ualitas input 5.
    • Harga produk 6.
    • Produk testing 7.
    • Standar kualitas Jadi, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk adalah modal, desain produk, proses produksi, kualitas input, harga produk, produk testing, dan standar kualitas.
    • Semoga penjelasan di atas dapat dipahami ya.

    Semangat belajar 💪😊 –
    Lihat jawaban lengkap

    Jatuhkan selembar kertas dan uang logam pada waktu bersamaan manakah yang mencapai tanah terlebih dahulu jelaskan?

    Uang logam lebih berat dibandingkan dengan uang kertas. Hal ini yang menyebabkan uang logam terlebih dulu mencapai tanah dari pada uang kertas. Gaya gravitasi ini dipengaruhi oleh berat suatu benda.
    Lihat jawaban lengkap

    Mengapa uang logam tenggelam di dalam air?

    mengapa uang logam tenggelam di dalam air sedangkan stik es terapung? ​ Jawaban: ● karena uang logam tidak mempunyai rongga udara, sehingga uang logamtersebut tenggelam. ● Sedangkan stik ice mengapung karena berat masa stik ice lebih kecil dari pada air Jawaban: Koin logam bisa tenggelam karena massanya lebih besar dari pada air. Sedangkan stik es terapung karena massanya lebih kecil dari pada air. Intinya peristiwa ini terjadi karena adanya gravitasi bumi dan massa benda. Terimakasih =) : mengapa uang logam tenggelam di dalam air sedangkan stik es terapung? ​
    Lihat jawaban lengkap