Pengiriman Uang Yang Melalui Rekening Bank Dikenal Dengan Istilah?

Pengiriman Uang Yang Melalui Rekening Bank Dikenal Dengan Istilah
Menurut kasmir (2011:148) pengertian Transfer adalah pengiriman uang lewat bank baik dalam kota maupun luar kota atau luar negeri, sejumlah uang (dana) dalam rupiah atau valuta asing kepada pihak lain (perusahaan, lembaga atau perorngan) disuatu tempat (dalam/luar negeri) sesuai dengan permintaan pengirim.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud transfer ke rekening sendiri?

Disadari atau tidak, layanan transfer pastinya menjadi salah satu kegiatan perbankan yang sering Anda lakukan. Layanan transfer sendiri adalah kegiatan perbankan yang bertujuan memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan pemberi amanat yang ditujukan ke rekening tertentu sebagai penerima transfer.

  • Singkatnya, transfer adalah pengiriman dana atau uang dari rekening pengirim ke rekening penerima.
  • Egiatan transfer ada beberapa jenis, bisa dilakukan ke rekening dalam satu bank yang sama maupun berbeda.
  • Onsekuensi yang ditimbulkan juga berbeda.
  • Jika dilakukan transfer dalam satu bank yang sama, maka tidak akan dikenakan biaya administrasi.

Sebaliknya, jika dilakukan antar bank berbeda otomatis akan dikenakan biaya transfer antar bank. Baca Juga : Pengertian Inflasi dan Strategi Mengatasinya dengan Investasi Mengapa pengetahuan atas biaya transfer antar bank menjadi penting? Saat ini, transfer antar bank berbeda seringkali dilakukan.

Meski banyak orang sudah mengetahui adanya biaya transfer antar bank namun tak sedikit yang belum mengetahui berapa persisnya biaya transfer antar bank yang berlaku. Di sisi lain, karena pengaruh mobilitas dan tuntutan yang serba cepat, membuat semua orang melakukan mengutamakan efektivitas, termasuk soal transfer.

Dengan alasan kecepatan dan efektivitas, orang-orang rela dikenakan biaya transfer antar bank agar urusan nya bisa segera rampung. Jenis Layanan Transfer Sebelum merinci mengenai biaya transfer antar bank, beberapa hal yang perlu Anda ketahui adalah jenis-jenis layanan transfer yang biasa ditemui di bank.

  • Dulu, transfer uang dilakukan melalui teller pada bank lalu berkembang menjadi via Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
  • Ini, transfer baik itu ke bank yang sama maupun berbeda bisa dilakukan dengan lebih mudah yakni secara online seperti melalui SMS banking, mobile banking, internet banking, dan rekening ponsel.

Baca Juga : Inilah 7 Cara berbisnis yang bisa Anda terapkan untuk usaha rumahan Lalu apa saja jenis-jenis layanan transfer?

Sistem kliring Yang pertama adalah sistem kliring. Sistem ini biasanya dilakukan untuk transfer antar bank. Semisal, Anda memiliki dana dari rekening bank A ingin mentransfer sejumlah uang kepada rekan Anda yang memiliki tabungan di rekening bank B. Nah, dalam proses transfer inilah pihak bank A akan melakukan proses pengecekkan apakah terdapat ketersediaan dana untuk melakukan transfer ke rekening bank B. Proses pengecekkan inilah yang disebut kliring. Kliring umumnya dilakukan untuk transfer dengan jumlah biaya yang besar semisal di atas Rp 100.000.000 dan dilakukan melalui teller di bank. Minusnya, proses transfer via kliring akan memakan waktu yang lebih lama yakni 2-3 hari kerja untuk pengecekkan baru sampai ke rekening tujuan. Sedangkan untuk biaya transfer antar bank pada sistem kliring biasanya dikenakan tarif Rp 2.900 – Rp 5.000. Real time gross settlement (RTGS) Selain kliring ada yang dinamakan Real Time Gross Settlement atau biasa disingkat RTGS. Berbeda dengan kliring yang bisa memakan waktu 2-3 hari kerja, pada layanan transfer RTGS uang yang ditransfer bisa sampai di rekening penerima di hari yang sama. Pada RTGS waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat yakni berkisar 4 jam. Namun apabila transfer dilakukan di atas pukul 15.00 maka dana yang ditransfer baru akan sampai di rekening tujuan pada keesokan harinya. Hal itu karena pada pukul 15.00 bank sudah dalam proses closing, Sama halnya apabila transfer dilakukan di akhir bulan (tanggal 30/31), transfer akan mengalami keterlambatan selama satu hari karena adanya proses tutup buku pada bank. Seperti kliring, transfer RTGS umumnya dilakukan untuk transfer dalam jumlah yang besar, di atas Rp 100.000.000 dan dilakukan melalui teller bank. Biaya transfer antar bank pada RTGS lebih mahal ketimbang sistem kliring yakni berkisar Rp 25.000 – Rp 50.000. Real time online Yang terakhir adalah layanan transfer Real Time Online (RTO). Saat ini, jenis layanan RTO adalah yang paling sering dan umum dilakukan. Sistem transfer RTO ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui ATM, internet banking, mobile banking, maupun SMS banking tanpa harus melalui teller di bank. Selain itu pada RTO, uang yang ditransferkan juga langsung sampai ke rekening tujuan tidak seperti RTGS yang membutuhkan waktu beberapa jam atau bahkan kliring yang membutuhkan waktu beberapa hari. Hanya saja, pada RTO jumlah limit dana yang bisa ditransfer relatif lebih kecil ketimbang RTGS dan kliring. Karena itu RTO biasanya dilakukan untuk transfer di kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan. Pada RTO jumlah limit dana yang bisa ditransfer biasanya berkisar pada Rp 25.000.000 per transaksi. Sedangkan untuk biaya transfer antar bank pada RTO jumlahnya tergantung kebijakan masing-masing bank, umumnya berkisar pada Rp 6.500 – Rp 7.500.

Biaya transfer antar bank Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, transfer antar bank merupakan kegiatan yang cukup sering dilakukan di era dengan mobilitas dan efektivitas tinggi seperti saat ini. Karena itu, biaya transfer antar bank bisa jadi termasuk pengeluaran yang tidak disadari.

Gunakan rekening yang tidak mengenakan biaya administrasi Saat ini bank menawarkan jenis rekening yang bervariasi. Untuk meminimalisir biaya administrasi, sebelum menabung, pilih jenis rekening yang paling minim atau bahkan tidak dipungut biaya administrasi. Gunakan rekening bank berbeda Untuk mengantisipasi pengeluaran karena biaya transfer antar bank, tidak ada salahnya untuk memiliki dua atau lebih rekening dari bank yang berbeda. Namun tentunya tidak asal pilih. Pilih dengan cermat di bank mana Anda akan membuka rekening tabungan. Faktor yang bisa dijadikan rujukan antara lain ketersediaan jaringan ATM yang luas, jenis tabungan atau rekening yang ditawarkan, serta fasilitas dan keuntungan yang Anda dapatkan jika membuka rekening tabungan di bank tersebut.

Salah satu yang bisa Anda jadikan pilihan adalah CIMB Niaga, Layanan yang ditawarkan di CIMB Niaga cukup bervariasi antara lain digital banking OCTO Mobile, Melalui CIMB Niaga OCTO Mobile berbagai kemudahan bertransaksi ditawarkan dalam satu genggaman.

Mulai dari pembukaan rekening pertama tanpa harus ke cabang, tarik dan setor tunai tanpa kartu serta berbagai promo transaksi lainnya. Baca Juga : Untung Berinvestasi Dengan Mengenal Jenis-Jenis Reksadana Selain itu, kebutuhan transfer antar bank Anda tak perlu lagi repot dengan CIMB Niaga OCTO Mobile.

Lewat CIMB Niaga OCTO Mobile, transfer ke rekening bank online lainnya (ATM Bersama dan prima) hanya dikenakan biaya transfer antar bank sebesar RP 6.500 dengan jumlah limit transaksi Rp 25.000.000/transaksi atau Rp 100.000.000/hari atau bebas biaya transfer hingga 20 kali per bulan jika Anda memiliki tabungan OCTO Savers,
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan transfer kliring?

Apa Itu Kliring? – Melansir dari situs KamusKeuangan Tokopedia, istilah kliring atau Lalu Lintas Giro (LLG) merujuk pada metode pemindahan (transfer) uang dari satu rekening ke rekening lainnya. Metode pengiriman dengan kliring biasanya digunakan untuk utang-piutang dalam bentuk surat dagang, surat berharga jangka pendek, dan obligasi.

  • Liring sendiri merupakan satu dari 3 (tiga) metode transfer uang yang dapat dipilih oleh setiap nasabah yang hendak memindahkan uangnya ke rekening lain, baik itu ke rekening pribadi maupun rekening orang lain.
  • Dua metode transfer uang lainnya meliputi Real Time Gross Settlement (RTGS) dan Real Time Online.
You might be interested:  Bagaimana Sistem Perdagangan Sebelum Ada Mata Uang?

ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Ketiga metode transfer uang tersebut pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, hanya saja masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, utamanya dari segi durasi pemindahan uang. Namun, hal ini bergantung pada kebutuhan si pemilik rekening.

  1. Pada metode kliring atau Lalu Lintas Giro (LLG), dana yang ditransfer oleh satu rekening tidak bisa diterima saat itu juga oleh rekening tujuan transfer, melainkan sekitar 2-3 hari kemudian (terhitung hari kerja).
  2. Hal ini karena pihak bank akan terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap jumlah uang yang dikirimkan, pun kecukupan saldo dari rekening pengirim.

Kendati cukup menyita waktu, ada keuntungan yang bisa didapat dari metode kliring atau LLG ini, yaitu biaya transfer yang lebih murah ketimbang metode-metode transfer lainnya. Transfer menggunakan metode kliring umumnya memakan biaya transfer sekitar Rp5.000 – Rp15.000 untuk sekali transfer.

  • Namun seperti yang sudah dijelaskan, kliring membutuhkan waktu 2 – 3 hari untuk sampai uang masuk ke rekening tujuan.
  • Durasi ini bisa saja menjadi lebih lama jika Anda mentransfer uang pada hari Jumat, karena artinya uang baru bisa masuk sekitar hari Selasa (Ingat, Sabtu-Minggu bukan merupakan hari kerja).

Oleh sebab itu, metode transfer uang kliring tidak disarankan untuk nasabah yang sedang melakukan transaksi cepat.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan Remitter?

Remitter, yaitu pihak yang mengajukan permohonan pengiriman uang.2. Beneficiary, yaitu pihak yang menerima pengiriman uang dari remitter.3. Remitting Bank, yaitu bank yang melakukan pengiriman uang berdasarkan permintaan remitter.4. Paying Bank, yaitu bank yang melakukan pembayaran uang kepada beneficiary.
Lihat jawaban lengkap

Apa itu transaksi SKN dan RTGS?

Perbedaan antara SKN & RTGS – SKN (Sistem Kliring Nasional) dan RTGS ( Real Time Gross Settelement ) adalah metode pembayaran yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI). Meski keduanya diperuntukkan sebagai metode pengiriman uang ke berbagai bank nasional, baik yang berada dalam jaringan Bersama maupun Prima, metode SKN & RTGS di Jenius memiliki perbedaan dalam ketentuan minimum uang yang akan dikirim, waktu pengiriman, dan biaya transfer.

Untuk SKN atau juga dikenal dengan sebutan LLG (Lalu Lintas Giro), bank perlu melakukan proses kliring ( clearing ) terlebih dahulu di Bank Indonesia untuk meneruskan dana yang ingin kamu kirim ke rekening penerima di bank tujuan. Nah, prosedur hingga uang sampai ke rekening penerima memakan waktu 1 hari kerja dengan biaya transaksi sebesar Rp2.900.

Selain itu, penggunaan SKN di Jenius baru bisa dilakukan jika uang yang ingin dikirim bernilai minimum Rp50.000.001 atau jika limit transfer (Real Time Online — metode transfer pada umumnya, seperti melalui mobile, internet banking, atau ATM) sudah tidak mencukupi/habis.

  • Berbeda dengan SKN, pengiriman uang melalui metode RTGS memungkinkan dana untuk sampai di rekening tujuan lebih cepat.
  • Namun, pilihan penggunaan RTGS baru akan muncul jika uang yang mau kamu transfer berjumlah minimal Rp100.000.001 ya.
  • Sedangkan untuk biaya pengiriman, kamu akan dikenakan Rp25.000 per transaksi.

Untuk pengiriman uang bernilai lebih dari Rp100.000.000 atau jika jumlah transfer akan melebihi limit harian RTOL, pilihan metode SKN/RTGS ini akan muncul secara otomatis. Jadi, kamu bisa memilih metode pengiriman yang sesuai dengan kebutuhanmu.
Lihat jawaban lengkap

Apakah transfer ke bank harus punya rekening?

Penutup – Berdasarkan uraian di atas, kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk mengirim uang tanpa harus memiliki rekening. Dimana cara transfer tanpa rekening ini bisa dilakukan melalui teller bank, aplikasi fintech, kantor pos, minimarket, hingga Western Union.

  • Yang masing-masingnya bisa Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Dalam hal kemajuan teknologi, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan software akuntansi dan bisnis dalam hal pengelolaan keuangan yang lebih baik.
  • Dimana salah satu software yang bergerak di bidang ini ialah Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Fitur dan keunggulan di dalamnya dibuat untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan membuat laporan keuangan secara lebih akurat, cepat, dan otomatis. Pengiriman Uang Yang Melalui Rekening Bank Dikenal Dengan Istilah
Lihat jawaban lengkap

Apa nama alat untuk transfer uang?

Jenis-Jenis Transfer Uang – Pada umumnya, transfer uang antar bank dilakukan dengan menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri atau disebut dengan ATM. Selain itu transfer ini juga bisa dilakukan dengan bank-bank yang bekerja sama saja seperti ATM bersama atau jaringan ATM Prima. Adapun sebagai info bahwa ATM bersama itu memiliki anggota 82 bank. Diantara 82 bank ini diantaranya seperti BNI< Bank Mandiri, BRI, CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Panin, Bank Danamon dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk jaringan ATM Prima terdiri dari 57 bank diantaranya adalah BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri, dan juga CIMB Niaga. Tidak hanya via ATM saja, namun transfer uang antar bank juga bisa dilakukan melalui Internet banking, mobile Banking dan juga rekening ponsel. Dalam melakukan transfer uang antar bank, ada tiga jenis mekanisme yang harus Anda pahami diantaranya adalah sebagai berikut:

Sistem RTGS (Real Time Gross Settlement)

RTGS merupakan sebuah sistem elektronik yang digunakan untuk menghubungkan antar bank dengan sistem milik Bank Indonesia. Adapun aturan RTGS ada pada Surat Edaran BI  No.16/18/DPSP sejak tanggal 15 Desember 2014 yang menyatakan transfer RTGS hanya bisa dilakukan minimum Rp.100.000.000 (seratus juta rupiah).

  1. Adapun tujuan diperkenalkan nya RTG adalah untuk orang-orang yang berkebutuhan transfer dalam jumlah yang besar, sebab, mesin RTGS merupakan sebuah investasi yang mahal.
  2. Adapun biaya transfer RTGS juga cukup mahal berkisar Rp.25.000- Rp.50.000.
  3. Selain itu, proses yang dilakukan juga lama yakni sekitar 4 jam.

Sedangkan jika transfer dilakukan pukul 15.00, maka proses akan berhasil keesokan harinya. Selain itu juga kadang terjadi delay transfer terutama di akhir bulan. SKNBI atau disebut dengan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia adalah sebuah sistem pembayaran yang digunakan untuk melakukan transfer elektronik dengan aman dan cepat.

  1. Adapun biaya transfer uang antar bank dengan menggunakan sistem ini adalah Rp.3.500 saja.
  2. Adapun waktu Kliring juga diatur sesuai dengan hari dan waktu yang sama.
  3. Ecuali untuk wilayah Jakarta dan Surabaya yang dilakukan di hari esoknya atau H+1.
  4. Sedangkan untuk Kliring Kredit akan dimulai pukul 08.15-15.30 saja.

kliring in juga bisa dilakukan selama 9 ali di setiap hari kerja. Sebagai contoh, Anda akan melakukan transfer di bawah Rp.100 juta pada waktu operasional di atas pukul 16.00. maka uang tersebut baru akan ditransfer keesokan harinya.

Sistem Real Time Online (RTO)

Ini adalah sistem transfer uang antar bank yang paling banyak disukai oleh banyak orang dan caranya juga praktis. Karena itu jenis transfer yang satu ini sangat cocok untuk orang-orang yang buru-buru. Untuk melakukan transfer ini Anda bisa melakukanya di ATM, Internet banking, Mobile banking ataupun SMS Banking.

Nah, untuk biaya transfer uang antar bank ini juga bervariasi mulai dari Rp.5.000 sampai Rp.7.500 saja. sedangkan untuk bank yang sama tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Ketika menggunakan sistem ini, maka dana yang barus aja ditransfer secara otomatis akan langsung diterima. Bahkan transfer ini juga bisa dilakukan dalam waktu 24 jam selama 7 hari.

You might be interested:  Pinjaman Online Yang Terdaftar Ojk Dan Bunga Rendah?

Hanya saja jika Anda menggunakan RTO ini ada batasan transaksinya. Untuk satu kali transaksi minimal yang bisa ditransfer hanya Rp.50.000 saja. sehingga jika Anda ingin transfer lebih dari itu harus dilakukan sampai beberapa kali.
Lihat jawaban lengkap

Nomor rekening itu yang mana sih?

5 Cara Mengecek No Rek yang Akurat – Tidak banyak orang yang bisa menghafal nomor rekening mereka masing-masing. Namun, membawa buku tabungan yang berisi nomor rekening juga bisa saja merepotkan. Belum lagi ada risiko kehilangan atau lupa menyimpan buku tabungan sehingga membuat kamu perlu mengurusnya kembali ke bank bersangkutan.

Cek di Buku Tabungan untuk Bank Konvensional

Salah satu cara mengecek no rek yang akurat adalah dengan mencari tahu langsung dari buku tabungan. Selain menyimpan nomor rekening, buku rekening juga mencantumkan catatan saldo, uang yang masuk dan keluar, serta beberapa informasi penting lainnya. Nomor rekening kamu biasanya terletak di balik cover depan buku rekening.

  1. Agar tidak perlu membawa buku rekening ke manapun kamu pergi, jangan lupa catat nomor rekening tersebut.
  2. Jadi, saat dibutuhkan, kamu hanya tinggal melihat catatan itu.
  3. Pastikan juga semua angka yang kamu catat sesuai dengan angka nomor rekening yang tertera pada buku tabungan agar transaksi tidak terhambat.

Kamu juga bisa mempraktikan cara mengecek no rek melalui mesin ATM. Tinggal masukan kartu ATM ke mesin, masukkan nomor PIN lalu pilih menu menu mutasi rekening. Setelah nomor rekening kamu terpampang di layar mesin ATM, segera catat nomor tersebut seakurat mungkin.

Tanyakan Melalui Call Center

Setiap bank pastinya menyediakan layanan call center untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh nasabah seperti produk perbankan, cara melakukan transaksi, informasi suku bunga, dan layanan lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan call center untuk menanyakan nomor rekening.

Tanyakan ke Kantor Cabang Bank Terkait

Jika sedang berada di dekat salah satu kantor cabang bank tujuan, kamu bisa mendatangi kantor tersebut untuk menanyakan nomor rekening. Cara mengecek no rek ini akan sangat membantu terlebih jika buku tabungan kamu hilang atau ponsel tidak terhubung jaringan internet.

Cek di Aplikasi M-Banking atau Bank Digital

Cara mengecek no rek ini terbilang sangat mudah dan praktis selama smartphone kamu terhubung dengan jaringan internet. Fasilitas mobile banking atau digital banking bisa kamu nikmati dengan mengunduh aplikasi bank terkait. Setelah membuat akun dan terverifikasi, kamu bisa menikmati berbagai fitur yang ditawarkan.

  1. Dari mulai transaksi keuangan hingga mengecek nomor rekening.
  2. Biasanya nomor rekening akan tercantum dalam informasi akun nasabah.
  3. Ehadiran internet dan kecanggihan teknologi membuat berbagai transaksi perbankan semakin mudah dilakukan.
  4. Seperti bank digital Bank Raya yang menawarkan akses perbankan 100% digital untuk menabung, cek nomor rekening, transfer, dan layanan perbankan lainnya.

Semuanya bisa kamu nikmati dengan mengunduh aplikasi Raya dari, Yuk jadi Sobat Raya untuk menikmati layanan perbankan yang makin mudah, aman dan menyenangkan! References:

  • https://maucash.id/cara-mengetahui-nomor-rekening
  • https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/tabungan/cara-cek-nomor-rekening/
  • https://www.cermati.com/artikel/lupa-nomor-rekening-inilah-cara-mengetahuinya

: Lupa Nomor Rekening Bank? Simak 5 Cara Alternatif Mengetahui Nomor Rekening Bank!
Lihat jawaban lengkap

Apa perbedaan transfer kliring dan RTGS?

Perbedaan Transfer LLG dan RTGS – Lalu Lintas Giro atau LLG adalah metode mentransfer uang menggunakan fasilitas kliring bank. Hal itu membuat LLG lebih dikenal sebagai Sistem Kliring Nasional (SKN) atau kliring oleh sebagian banyak orang. Perbedaan LLG dan RTGS adalah dari segi waktu pemrosesan pengiriman uang.

  1. Jika waktu yang dibutuhkan RTGS adalah rata-rata 4 jam, maka LLG memerlukan waktu lebih lama untuk uang dapat sampai ke rekening penerima.
  2. Saat menggunakan kliring, proses pengiriman uang mampu menghabiskan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  3. Sebab, bank harus memeriksa terlebih dulu apakah saldo rekening pengirim mencukupi atau tidak.

Mekanisme kliring atau LLG ini yaitu uang yang dikirim akan ditampung terlebih dulu di sistem BI sebelum nantinya dikirim ke rekening penerima beberapa hari ke depan. Selain itu, biaya administrasi kliring yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau SKNBI adalah maksimal Rp 2.900 per sekali pengiriman.
Lihat jawaban lengkap

Apa saja jenis jenis kliring?

B. Jenis – Jenis Kliring Ada tiga jenis kliring yang dapat dilakukan, antara lain kliring umum, kiring lokal, dan kliring antar cabang. Kliring umum adalah sarana perhitungan warkat-warkat antar bank yang pelaksanaannya diatur oleh Bank Indonesia.
Lihat jawaban lengkap

Apa itu layanan LLG dan RTGS?

Edukatips – LLG dan RTGS Category Edukatips : Sitecore.Data.Items.Item Pernah ga sih kamu mau transfer ke bank lain, tapi kepending satu hari? Kenapa yah kira-kira? Yuk kita kupas tuntas bersama tentang LLG dan RTGS! Apa sih artinya LLG dan RTGS itu? LLG adalah kependekan dari Lalu Lintas Giro, yang menggunakan fasilitas kliring untuk transfer antara satu bank dengan lainnya.
Lihat jawaban lengkap

Apa arti outward remittance?

Permudah pengiriman valas – Besarnya potensi dari sektor bisnis impor turut menghadirkan banyak peluang bagi sektor lainnya, termasuk perbankan, Oleh karena itu, pelaku di sektor perbankan membuat inovasi dengan menghadirkan layanan outward remittance pada internet banking mereka.

Sebagai informasi, outward remittance adalah layanan pengiriman uang dari dalam negeri (Indonesia) ke bank luar negeri dalam bentuk valuta asing (valas). Melalui layanan tersebut, importir akan mendapatkan berbagai keuntungan, mulai dari pengiriman uang yang mudah dan cepat, menjamin keamanan bertransaksi, hingga biaya pengiriman yang ringan.

Transfer uang ke luar negeri pun dapat diterima oleh eksportir pada hari yang sama. Baca juga: Kembangkan Bisnis ke Kancah Global, Pengusaha Perlu Layanan Remittance yang Terpercaya Di Indonesia, fasilitas itu turut disediakan oleh PT Bank Central Asia Tbk atau Bank BCA melalui fitur KlikBCA Bisnis, Pengiriman Uang Yang Melalui Rekening Bank Dikenal Dengan Istilah Dok. BCA Layanan Outward Remittance BCA lewat KlikBCA Bisnis. Sebagai informasi, layanan outward remittance melalui KlikBCA Bisnis memiliki beragam keuntungan. Salah satunya, pengiriman valas bisa dilakukan dengan biaya ringan dan kurs cantik. Transaksi pun mudah, serta dapat dilakukan di mana dan kapan saja via KlikBCA Bisnis.

Selain kemudahan, KlikBCA Bisnis juga dapat melayani transaksi outward remittance dengan sumber dana valas di atas 100.000 dollar AS. Pengguna cukup mengisi surat pernyataan untuk menggunakan layanan ini. Baca juga: Manfaat Layanan Outward Remittance di Platform Internet Banking untuk Pengusaha Bukan itu saja, tersedia pula pilihan transfer secara Full Amount di KlikBCA Bisnis.

Dengan fitur ini, valas yang dikirim akan diterima secara utuh. Itu berarti, transaksi bisnis bisa #MakinLancar. Apalagi, KlikBCA Bisnis juga memiliki fitur Value Today yang memungkinkan valas yang dikirim sampai pada hari yang sama. Bagi pengguna yang sudah memiliki KlikBCA Bisnis, aktivasi fitur kiriman valas bisa dilakukan dengan mengisi formulir KlikBCA Bisnis yang tersedia di website resmi BCA.
Lihat jawaban lengkap

Apa itu LLG dan SKN?

Jalur Transfer Sistem Kliring Nasional (SKN) – Jalur transfer SKN, atau sering juga disebut jalur transfer Lalu Lintas Giro (LLG) merupakan metode transfer antar bank yang memakan waktu paling lama. Uang yang Anda kirimkan baru dapat terkirim ke penerima dalam waktu 2 hingga 3 hari.

  • Hal ini dikarenakan pihak bank mesti melakukan proses kliring ( clearing ) terlebih dahulu terhadap rekening pengirim untuk memastikan jumlah uang yang dikirim mencukupi.
  • Dalam alur sistem SKN, pihak bank pengirim harus mengirimkan uang dulu ke Bank Indonesia (BI), baru setelah itu pihak BI mengirim uangnya ke rekening bank penerima.

Keberadaan Bank Indonesia di tengah dalam proses ini adalah alasan mengapa proses transfer via SKN memakan waktu lama. Meskipun demikian, Anda bisa mentransfer uang hingga maksimal Rp 100.000.000 per hari dengan metode ini. Jadinya metode satu ini cocok bila Anda ingin mengirim uang dalam jumlah besar.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Devisa Kredit Adalah Devisa Yang Memiliki Ciri Tertentu Yaitu?

Apa itu incoming RTGS?

1. RTGS (Real Time Gross Settlement) – Berdasarkan situs resmi BI, layanan transfer RTGS ini memproses transaksi pembayaran yang termasuk transaksi bernilai besar yaitu transaksi Rp 100 juta ke atas dan bersifat segera. Baca juga: Apa Itu PPN: Definisi, Tarif, Pemungut, dan Objek Pajaknya Penyelesaian transaksi RTGS dilakukan per transaksi secara seketika dan tidak dapat dibatalkan.

  • Penyelesaian real time terbatas pada proses pengiriman transaksi dari peserta pengirim kepada BI untuk diteruskan kepada peserta penerima.
  • Dibanding SKN, transfer dengan RTGS lebih cepat karena bisa diterima di rekening tujuan pada hari itu juga selama dilakukan saat jam dan hari operasional bank.
  • Jika transfer di luar jam dan hari operasional bank maka uang akan dikirim keesokan harinya saat bank beroperasi kembali.

Sama halnya jika transfer uang dilakukan saat akhir bulan, misalnya di tanggal 30 atau 31. Biasanya pihak bank melakukan tutup buku di akhir bulan, oleh karena itu waktu transfer uang mengalami penundaan. Dengan nominal maksimal transfer yang sama dengan SKN dan lebih cepat, RTGS menawarkan biaya admin yang lebih besar yakni Rp 25.000 hingga Rp 30.000 untuk sekali transfer.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan pengiriman uang?

Kiriman Uang / Transfer merupakan salah satu jenis jasa bank dimana bank pengirim menerima amanat dari seseorang nasabah atau masyarakat untuk melaksanakan pengiriman sejumlah uang bagi keuntungan perorangan / perusahaan / nasabah ditempat lain.
Lihat jawaban lengkap

Apa itu Payment remittance?

Remittance : Pengertian, Jenis, Komponen, Proses dan Cara Transfer Apakah Anda sering mendengar istilah remittance namun bingung apa artinya? Remittance adalah layanan perbankan untuk mengirimkan uang dalam bentuk valuta asing dari dalam negeri ke luar negeri maupun dari luar negeri ke dalam negeri yang dilakukan oleh bank maupun non bank.

  1. Proses tentunya berbeda dengan transfer uang antar bank yang ada di dalam negeri.
  2. Waktu yang diperlukan tentu lebih lama.
  3. Hal ini dikarenakan perbedaan sistem perbankan yang dianut di luar negeri.
  4. Perbankan di Indonesia menganut SWIFT ( Society For Worldwide Interbank Financial Telecommunication) sedangkan bank yang ada di luar negeri menerapkan sistem IBAN( International Bank Account Number).

Jenis-jenis remittance Transaksi pengiriman uang dapat terjadi dua arah. Pertama dari luar negeri ke dalam negeri. Kedua dari dalam negeri ke luar negeri. Oleh sebab itu maka dibedakan menjadi dua jenis:

Transfer Uang Ke Luar Negeri Transaksi ini merupakan pengiriman uang dari dalam negeri ke luar negeri. Pengiriman uang mengirim uang dalam mata uang Rupiah yang nantinya akan diterima oleh penerima dalam mata uang asing. Pengiriman Uang Dari Luar Negeri Transaksi ini merupakan layanan transfer dari orang yang ada di luar negeri ke dalam negeri. Misalnya saja orang yang sedang bekerja di luar negeri mengirimkan uang ke keluarga yang ada di Indonesia.

Komponen Yang Ada di Dalam Remittance

Beneficiary Beneficiary merupakan pihak yang memiliki hak menerima uang yang dikirimkan oleh pengirim dalam transaksi pengiriman uang ke luar negeri. Beneficiary Bank Beneficiary Bank adalah Bank tujuan untuk menerima uang yang dikirimkan dari luar negeri. Remitting Bank Remitting Bank merupakan Bank yang menyediakan layanan yang dipilih oleh pengirim. Correspondent Bank Correspondent Bank merupakan bank perantara yang menghubungkan antara Remitting Bank dan Beneficiary Bank.

Bagaimana Proses Transfer Uang Ke Luar Negeri? Masih banyak orang yang bingung bagaimana sih prosesnya uang yang dikirim dari Indonesia bisa sampai ke luar negeri. Berikut proses yang terjadi saat melakukan pengiriman uang ke luar negeri

Pengirim uang datang ke bank yang menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri. Pihak Bank akan memberikan form yang harus diisi oleh pengirim. Isi form nya yaitu informasi mengenai identitas pengirim, identitas penerima, nominal yang dikirim, serta Bank tujuan penerima. Pastikan untuk mengisi informasi dengan lengkap dan jelas. Dana yang dikirim bisa disetor langsung apabila bukan nasabah. Bila pengirim merupakan nasabah maka dana yang akan dikirim akan didebet dari rekening valuta asing yang dimiliki. Bank pengirim akan memproses permintaan pengiriman uang ke luar negeri tersebut dengan menunjuk Bank koresponden yang menjadi perantara antara Bank pengirim dan Bank tujuan. Bank tujuan menerima kiriman uang lalu akan diteruskan kepada penerima yang memang sudah ditunjuk oleh pengirim.

Transfer uang ke luar negeri sekarang semakin mudah dengan Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini dapat diakses 24/7 sehingga Anda dapat transfer kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke cabang. Nasabah dimanjakan dengan teknologi yang memudahkan pengiriman uang ke luar negeri.

Hanya di digibank yang memberikan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara tujuan yang menggunakan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP. Anda tetap bisa mengirim uang di luar 20 negara ini namun dikenakan biaya dan proses yang normal. FX rate yang ditawarkan digibank terkini dan juara. Nilai tukar yang ditawarkan tentunya sangat kompetitif sehingga transfer uang menjadi ringan.

Layanan transfer same day juga berlaku bila Anda mengirimkan uang melalui Aplikasi digibank by DBS selama dana dikirim sebelum batas waktu mata uang. Tiap mata uang memiliki batas waktu yang berbeda-beda. Jadi jangan lupa untuk memastikan waktunya ya. Negara-negara yang dapat menggunakan layanan bebas biaya dan same Day antara lain Amerika Serikat ( USD), Singapura (SGD), Australia ( AUD), negara Eurozone ( EUR), Kanada (CAD), Hongkong (HKD), Inggris (GBP).

  1. Limit remittance minimum sebesar Rp 100.000 / ekuivalen.
  2. Maksimum transaksi yang dapat dilakukan yaitu USD 25.000/ ekuivalen per transaksi.
  3. Maksimum akumulasi per bulan yaitu USD 25.000 / ekuivalen per nasabah.
  4. Transaksi ini sudah mencakup seluruh channel yang dimiliki oleh bank seperti datang ke cabang, Aplikasi digibank by DBS, dll.

Jika transaksi remittance sudah melebihi USD 25.000 / ekuivalen Anda dapat mengunjungi cabang Bank DBS dengan menyertakan dokumen pendukung untuk mengirimkan uang. Cara Kirim Uang Ke Luar Negeri Menggunakan Aplikasi digibank by DBS

Login ke Aplikasi digibank by DBS Anda.Pilih tombol transfer pada beranda aplikasiPilih transfer valasPilih penerimaKlik tambah penerimaKetik negara penerimaPilih mata uangPilih Bank penerimaMasukan detail penerimaCek detail penerimaKetik sandi dan lakukan otentikasiKlik lanjut transferKetik nominal transferCek detail transferKetik sandi dan klik otentikasiSelesai

Pengiriman uang ke luar negeri semakin mudah dan hemat menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Yuk segera unduh Aplikasi digibank by DBS di App Store dan Play Store! : Remittance : Pengertian, Jenis, Komponen, Proses dan Cara Transfer
Lihat jawaban lengkap

Apa itu LLG dan SKN?

Jalur Transfer Sistem Kliring Nasional (SKN) – Jalur transfer SKN, atau sering juga disebut jalur transfer Lalu Lintas Giro (LLG) merupakan metode transfer antar bank yang memakan waktu paling lama. Uang yang Anda kirimkan baru dapat terkirim ke penerima dalam waktu 2 hingga 3 hari.

  • Hal ini dikarenakan pihak bank mesti melakukan proses kliring ( clearing ) terlebih dahulu terhadap rekening pengirim untuk memastikan jumlah uang yang dikirim mencukupi.
  • Dalam alur sistem SKN, pihak bank pengirim harus mengirimkan uang dulu ke Bank Indonesia (BI), baru setelah itu pihak BI mengirim uangnya ke rekening bank penerima.

Keberadaan Bank Indonesia di tengah dalam proses ini adalah alasan mengapa proses transfer via SKN memakan waktu lama. Meskipun demikian, Anda bisa mentransfer uang hingga maksimal Rp 100.000.000 per hari dengan metode ini. Jadinya metode satu ini cocok bila Anda ingin mengirim uang dalam jumlah besar.
Lihat jawaban lengkap