Negara Yang Tidak Punya Mata Uang?

Negara Yang Tidak Punya Mata Uang
Deretan Negara Ini Tak Punya Mata Uang, Ada Tetangga RI Juga? Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap negara tentunya memiliki mata uang sebagai alat pembayaran yang sah. Namun, ternyata ada juga beberapa negara yang tidak memiliki mata uang. Lantas negara mana sajakah itu, berikut paparannya: 1.

  • El Salvador ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT El Salvador menggunakan dolar Amerika sebagai alat tukar dalam perdagangan.
  • Negara tersebut mulai menggunakan dolar Amerika pada tahun 2000-an.
  • Terbaru, pada September 2021, El Salvador telah resmi menggunakan Bitcoin.
  • Eputusan atas penggunaan mata uang kripto tersebut justru menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat setempat.2.

Republik Demokratik Timor Leste Negara yang memisahkan diri dari Indonesia ini memilih dolar AS sebagai mata uang resmi di Timor Leste sejak tahun 2000 dengan dikeluarkannya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000. Meski begitu, banyak juga mata uang negara lain yang beredar di Timor Leste seperti rupiah (Indonesia), bath (Thailand), escudo (Portugis) dan juga dollar Australia.3.

Senegal Senegal menggunakan Franc CFA Afrika Barat. Selain Senegal, Pantai Gading, Togo, Mali, Niger, Benin dan Burkina Faso juga menggunakan mata uang yang sama. Negara-negara tersebut pernah dikuasi oleh Perancis pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20.4. Panama Panama menggunakan dolar AS Sejak 1904.

Kebanyakan negara di Amerika Selatan memang menggunakan dolar sebagai alat tukar. Namun mata uang resmi Panama adalah balboa Panama dan dolar Amerika Serikat.5. Republik Zimbabwe Sempat memiliki mata uang sendiri, Zimbabwe akhirnya mengadopsi dolar AS sebagai mata uang mereka pada tahun 2009.
Lihat jawaban lengkap

Apakah Timor Leste memakai rupiah?

Sejarah mata uang resmi Timor Leste – Sebelum memisahkan diri dari Indonesia, wilayah Timor Leste yang dulunya adalah Provinsi Timor Timur tentu saja menggunakan mata uang rupiah. Baca juga: Mengenal Rupee India, Ini Sejarah Mata Uang India Negara ini memilih menggunakan dollar AS sebagai mata uang resmi setelah berpisah dari Republik Indonesia.

Artinya, rupiah tidak dijadikan nama mata uang Timor Leste. Sejak saat itu, mata uang Timor Leste yaitu dollar AS. Alhasil, Timor Leste secara resmi menjadi negara yang menggunakan mata uang dollar AS. Dikutip dari laman Peacekeeping Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dollar AS dipilih sebagai mata uang resmi di Timor Leste sejak tahun 2000 dengan dikeluarkannya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000.

Baca juga: Kenali Nama Mata Uang China, Apa Bedanya Renminbi dan Yuan? Aturan tersebut berbunyi, bahwa semua transaksi resmi harus menggunakan dollar AS. Namun begitu, masyarakat masih diperbolehkan menggunakan mata uang lain yang juga masih beredar cukup banyak seperti rupiah, bath (Thailand), escudo (Portugis), dan dollar Australia.

Saat itu, UNTAET (PBB) dan pemerintahan transisi Timor Leste beralasan, dollar AS dipilih karena mata uang tersebut stabil dan kuat serta diterima di seluruh dunia. Keputusan itu kemudian disahkan oleh National Concultative Council (NCC) yang wewenang dan tugasnya mirip dengan MPR RI di Indonesia. Baca juga: Mengenal Mata Uang Sri Lanka dan Nilai Tukarnya yang Terus Melemah Itulah sejumlah ulasan mengenai mata uang resmi Timor Leste dan sejarahnya.

Perlu diingat, selain dollar AS, di Timor Leste juga berlaku uang koin centavos. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.
Lihat jawaban lengkap

Mata uang paling tinggi negara apa?

1. Dinar Kuwait (KWD) – Negara Yang Tidak Punya Mata Uang Sumber Gambar: Geo.tv Posisi pertama mata uang tertinggi dipegang oleh Dinar Kuwait (KWD). Nominal 1 KWD setara dengan Rp48.159. Rupanya, hal ini didukung oleh perekonomian Kuwait yang kuat di sektor perminyakan dunia. Bahkan, Kuwait menjadi negara dengan cadangan minyak bumi terbesar dan memperoleh pendapatan global 80% dari industri perminyakan.
Lihat jawaban lengkap

Apakah rupiah mata uang Terendah?

Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia, Salah Satunya Rupiah? Jakarta, CNBC Indonesia – Nilai tukar rupee India jeblok ke rekor terlemah sepanjang sejarah melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Senin (16/5/2022) kemarin. Rupee terus mengalami tekanan akibat bank sentral AS (The Fed) yang agresif menaikkan suku bunga, belum lagi harga minyak mentah yang semakin mahal membuat beban impor meningkat, diperburuk dengan berkurangnya pendapatan negara akibat larangan ekspor gandum.

  • Melansir data Refinitiv, rupee kemarin menyentuh INR 77,88/US$ yang merupakan rekor terlemah sepanjang sejarah.
  • Sementara pada perdagangan hari ini (17/5/2022) pukul 14:35 WIB rupee diperdagangkan di kisaran INR 77,59/US$ menguat 0,28%.
  • ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Ternyata Rupee tidak sendirian, ada beberapa negara lain yang nilai mata uang-nya juga rendah.

Ini daftarnya: 1. Rial Iran (IRR) Satu dolar AS setara dengan 24.875 rial Iran. Angka itu membuatnya menjadi mata uang dengan nilai terendah di dunia. Rendahnya nilai mata uang Iran juga turut dipengaruhi oleh konflik Iran-Amerika Serikat serta berkaitan dengan pembatasan transaksi sebagai bentuk sanksi ekonomi global terhadap Iran.2.

  • Dong Vietnam (VND) Sejak pertama kali diterbitkan, nilai mata uang dong sudah menjadi nilai mata uang paling rendah.
  • Satu dolar AS setara dengan 22.649,95 VND.
  • Dong pertama kali diperkenalkan pada tahun 1946 menggantikan Pieter Indochina Perancis.3.
  • Franc Guinea (GNF) Dalam kurs dolar AS saat ini, nilai 1 dolar setara dengan 9.512,22 GNF.

Guinea menjadi negara dengan mata uang terendah di dunia meskipun Afrika memiliki kekayaan mineral terutama di Guinea.4. Rupiah Indonesia (IDR) Pertumbuhan ekonomi yang dinilai cukup stabil nyatanya tidak mempengaruhi nilai tukar mata uang rupiah Indonesia terhadap dolar AS.

Nyatanya rupiah masih menjadi salah satu mata uang terendah dengan nilai tukar saat ini 1 dolar AS setara dengan Rp14.526.5. Rubel Belarusia (BYR) Nilai tukarnya terhadap dolar AS setara dengan 9.898 rubel Belarusia. Nilai itu membuatnya masuk ke dalam daftar mata uang terendah di dunia.6. Som Uzbekistan (UZS) Negara Uzbekistan telah melakukan banyak langkah regulasi sebagai upaya menaikkan nilai mata uangnya.

Meskipun upaya tersebut bisa dikatakan berhasil dalam membantu perekonomian Uzbekistan, namun nilai mata uangnya masih dinilai rendah. Nilai som Uzbekistan dibandingkan dengan dolar AS adalah senilai 10.779,36 UZS untuk 1 dolar AS.7. Bolívar Venezuela (VES) Venezuela memang sudah beberapa kali mengalami inflasi.

  1. Untuk 1 dolar AS kurang lebih setara dengan 441.700 bolivar.8.
  2. Leone Sierra Leone (SLL) Perang dan wabah Ebola menjadi hambatan Sierra Leone untuk memajukan ekonominya.
  3. Nilai tukar Leone Sierra Leone adalah 11.122.00 SLL untuk 1 dolar AS.
  4. Sierra Leone juga tercatat sebagai salah satu negara termiskin di Afrika.9.

Kip Laos (LAK) Faktanya kip Laos ini menjadi mata uang terendah yang bahkan tidak pernah mengalami devaluasi. Meskipun nilai mata uang negara ini terus meningkat secara bertahap, namun masih saja tergolong ke dalam mata uang dengan nilai terendah di dunia.

Untuk 1 dolar AS setara dengan 10.850,52 kip Laos (LAK).10. Riel Kamboja (KHR) Nilai tukar riel Kamboja atau KHR adalah 1 dolar AS setara dengan 4.069,16 KHR. Nyatanya, mata uang riel Kamboja bahkan tidak populer di kalangan orang Kamboja itu sendiri. Masyarakatnya lebih menyukai pembayaran menggunakan dolar AS dan mata uang lain yang lebih kuat.

(mij/mij) : Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia, Salah Satunya Rupiah?
Lihat jawaban lengkap

Apakah Rupiah berlaku di Arab Saudi?

detikTravel Community – Belanja oleh-oleh di Arab Saudi jadi agenda wajib bagi hampir semua jamaah umroh dan haji. Namun selain mata uang riyal, rupiah juga bisa digunakan.Traveler bisa berbelanja di Arab Saudi dengan menggunakan mata uang rupiah. Tetapi tidak semua pecahan bisa digunakan, hanya nominal 50.000 dan 100.000 rupiah saja.

Tak perlu khawatir juga untuk bertransaksi, karena hampir semua pedagang di Makkah, Madinah dan Jeddah bisa berbahasa Indonesia. Bahkan banyak juga yang bisa berbahasa daerah seperti bahasa Jawa dan Sunda. Di Makkah, kita bisa membelanjakan uang rupiah di lobby Zamzam Tower atau Makkah Clock Tower. Di area yang menjadi satu dengan hotel bintang lima ini, jamaah bisa membeli aneka suvenir seperti sajadah, tasbih, jam tangan, gantungan kunci unta dan masih banyak lainnya.

Jika jamaah umroh mengambil miqot di masjid Ji’ronah yang berjarak sekitar 25 km dari Makkah, tentu akan bertemu dengan pedagang yang menawarkan gamis dan abaya seharga 50.000 dan 100.000 rupiah. Jika ingin membeli susu unta segar, jamaah bisa membelinya di peternakan unta Hudaibiyyah yang terletak sekitar 25 km dari masjidil haram Di Madinah.Komoditi yang pasti diburu adalah kurma, karena Madinah adalah pusat penghasil kurma terbesar di Arab Saudi.

  1. Ita bisa membeli kurma di pasar kurma atau di area perkebunan kurma.
  2. Tidak hanya kurma, di pasar kurma juga menyediakan coklat, kismis dan kacang.
  3. Di Madinah, destinasi belanja oleh-oleh tidak hanya di area Masjid Nabawi, tetapi juga di area Jabal Uhud dan sekitar Masjid Quba.
  4. Di sekitar Masjid Quba, selain banyak penjual souvenir ada banyak juga pedagang buah segar seperti anggur, jeruk dan apel.

Sebelum kembali ke tanah air, jamaah umroh dan haji umumnya akan menyempatkan berbelanja di area Balad Jeddah. Suasana Indonesia sangat terasa di Jeddah, terutama di area Corniche Commercial Centre Jeddah. Ada beberapa restoran khas Indonesia, seperti Mang Oedin dan Restoran Garuda.
Lihat jawaban lengkap

Kenapa ada 00 di rupiah?

BILANGAN,00 DALAM RUPIAH BILANGAN,00 DALAM RUPIAH lam bukunya, Al-Khawarizmi memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan angka 0 (nol) yang dalam bahasa Arab disebut sifr, Sebelum Al-Khawarizmi memperkenalkan angka nol, para ilmuwan mempergunakan abakus, semacam daftar yang menunjukkan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya, untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan.

Akan tetapi, hitungan seperti itu tidak mendapat sambutan dari kalangan ilmuwan Barat ketika itu, dan mereka lebih tertarik untuk mempergunakan raqamal-binji (daftar angka Arab, termasuk angka nol), hasil penemuan al-Khawarizmi. Dengan demikian, angka nol baru dikenal dan dipergunakan orang Barat sekitar 250 tahun setelah ditemukan Al-Khawarizmi.

Apa itu nol ? Nol adalah angka yang merupakan unsur identitas dalam penjumlahan atau pengurangan. Maksudnya, jika sebarang bilangan (real ataupun imajiner) dijumlahkan atau dikurangi dengan nol, maka akan diperoleh bilangan semula. Perkalian dengan nol menghasilkan nol.

  • a x 1 + a x 0 = a x 1
  • Sekarang kedua ruas dikurangi a x 1, maka dihasilkan
  • a x 0 = a x a – a x 1
  • Sama dengan a x 0 = 0

Nol dibagi dengan angka berapapun (kecuali nol), maka hasilnya adalah 0. Bagaimana dengan ini : a x 0 = 0, tadi yang kita bahas sebelumnya. Kalau kedua ruas dikalikan dengan 1/a dengan a ≠ 0. Maka menghasilkan : a x 0 x 1/a = 0 x 1/a Jadi, kita peroleh 0/a = 0 Nol itu bukan bilangan positif. Nol itu masuk di dalam kategori netral. Bukan positif dan juga bukan negatif.

  1. Jadi, dibagi menjadi 3 kategori, Positif, Negatif dan Netral.
  2. Positif itu lebih dari 0 (>0)
  3. Negatif itu kurang dari 0 (<0)
  4. Netral itu sama dengan 0 (=0)
  5. Jadi, himpunan bilangan netral hanya ada satu, yaitu nol saja 0 = -0.
  6. Bilangan tidak nol jika dipangkatkan nol, sama dengan 1.
  7. 1 0 = 1
  8. 2 0 = 1
  9. 3 0 = 1
  10. Bagaimana jika ada dua angka nol?

Meski angka nol ada dua tanpa didampingi dengan simbol atau angka lain, tetap saja tidak memiliki arti apapun. Karena meski ada dua angka nol, tetap saja hanya dibaca nol (0) bukan nol nol. Dalam operasi bilanganpun jika dua angka nol (0) digunakan, hasilnya pun akan sama dengan menggunakan satu angka nol (0), contohnya dalam operasi penjumlahan atau pengurangan.

Tetap saja jika dijumlahkan atau dikurang dengan menggunakan 2 angka nol, hasilnya tetap bilangan itu sendiri.1 + 00 = 1 biasanya ditulis 1 + 0 = 1 2 + 00 = 2 biasanya ditulis 2 + 0 = 2 Sama halnya dalam operasi perkalian atau pembagian, hasil dari angka-angka yang dibagi atau dikalikan dengan 2 angka nol akan menghasilkan angka 0.

jadi dalam operasi bilangan, penulisan 2 angka nol dianggap kurang efektif sehingga tidak pernah digunakan.1 x 00 = 0 biasanya ditulis 1 x 0 = 0 2 x 00 = 0 biasanya ditulis 2 x 0 = 0 Namun berbeda apabiladidampingi dengan adanya angka atau simbol seperti titik (.) dan koma (,).

  • Dua angka nol akan memiliki arti jika ada angka didepan atau dibelakangnya misalnya ada angka lain selain angka nol terletak didepannya akan memiliki arti ratusan contohnya angka 100 dan memiliki arti jika ada angka lain dibelakangnya dengan syarat menyertakan koma hingga dapat disebut bilangan desimal (00,25) namun tetap saja dua angka nol tersebut hanya dibaca atau yang dianggap ada hanya satunol (0,25) dan meskipun ada angka lain setelah dua angka nol desimal, biasanya orang-orang lebih memilih untuk membulatkannya atau bahkan dihilangkandan itu berlaku untuk angka-angka yang <5 namun, jika ada angka ≥ 5 bisa dibulatkan dan bertambah nilai 1 untuk angka didepannya. Contohnya :
  • 0,25 menjadi 0,3
  • Namun, dalam penulisan matematika biasanya yang dilihat hanya dari dua angka dibelakang koma.
  • 0,25 menjadi 0,25 (tetap)

Dengan demikian, dalam penggunaan koma (,) sebelum dua angka nol dalam pengoperasian bilangan tidak terlalu memiliki arti. Namun berbeda dengan penulisan koma sebelum dua angka nol (,00) dalam penulisan uang Indonesia. Meskipun banyak yang mengaitkan nama rupiah dengan rupee (mata uang India), namun sebenarnya nama rupiah diambil dari bahasa Mongolia yaitu rupia,

Rupiah dalam bahasa Mongolia berarti perak, dimana sejarah uang adalah menggunakan emas dan perak. Mata uang India atau rupee, sebenarnya memiliki arti yang sama yaitu perak. Baik mata uang Indonesia maupun India sama-sama mengambil kata dari bahasa Mongolia. Namun, dalam bahasa Mongolia, rupia tanpa disertai huruf ‘h’.

Sedangkan rupiah adalah pelafalan asli orang Indonesia khususnya Jawa.

Sejarah ORI atau Oeang Republik Indonesia

Pada masa awal-awal kemerdekaan, Indonesia belum menggunakan mata uang rupiah namun menggunakan mata uang yang disebut ORI. Meskipun penggunaan ORI berlangsung mulai tahun 1945-1449 namun baru syah diresmikan pemerintah pada 30 Oktober 1946. ORI dicetak oleh Percetakan Canisius dengan bentuk dan desain yang sangat sederhana dan menggunakan pengaman serat halus.

Tanggal Diresmikan Rupiah Sebagai Mata Uang RI

Rupiah diresmikan di Indonesia tepatnya pada 2 November 1949 (empat tahun setelah kemerdekaan) setelah sebelumnya pada tanggal 8 April 1947, gubernur provinsi Sumatera mengeluarkan rupiah Uang Republik Indonesia Provinsi Sumatera (URIPS). Meskipun pada saat itu rupiah sudah diresmikan, namun Kepulauan Riau dan Irian Barat mempunyai variasi rupiah sendiri tapi, penggunaannya dihapuskan pada tahun 1964 di Riau dan 1975 di Irian Barat Apakah kalian tahu bagaimana cara menulis nilai mata uang dalam rupiah dengan benar? Terlihat sepele, namun pada kenyataannya banyak dari kita yang mengalami kekeliruan dalam menulis nilai mata uang rupiah dengan baik dan benar.

  1. Penulisan mata uang rupiah, telah dibakukan dalam ejaan yang disempurnakan (EYD).
  2. Dengan demikian, dalam penulisannya maka seharusnya mengikuti kaidah-kaidah yang telah ditentukan.
  3. Berdasarkan aturan ejaan yang disempurnakan, penulisan nilai mata uang rupiah yang benar yaitu rupiah yang disingkat menjadi Rp ditulis tanpa tanda titik dan spasi, kemudian tulis jumlah nominal angka uangnya, kemudian ditambahkan dua nol dibelakang koma.
You might be interested:  Cicilan Yang Dibayar Setiap Bulan Merupakan Pokok Pinjaman Ditambah Dengan?

Dua digit nol dibelakang koma berfungsi untuk menunjukkan nilai desimal. Hal ini didasari pada nilai tukar antar mata uang. Contoh nilai tukar 1 dollar dengan rupiah yaitu Rp13.345,34. Dengan demikian, meski dalam sistem perbankan di negeri ini tidak dapat transfer dalam nilai nominal, namun suku bunga selalu menggunakan desimal dibelakang koma.

  1. (seharusnya tanpa titik pada penulisan Rp)
  2. Rp 4.000,00 salah
  3. (seharusnya tanpa spasi pada penulisan antara Rp dengan nominal angka)
  4. Rp.4000 salah
  5. (seharusnya ditambahkan dua nol di belakang jumlah nominal angka)
  6. Jika nominal angka yang dituliskan terlalu besar dan merupakan bilangan bulat, maka dapat dikombinasikan dengan huruf. Seperti pada contoh berikut:

Rp4.000.000.000,00 dapat dikombinasikan menjadi Rp4Milyar. Bilangan mata uang dapat ditulis dengan angka ataupun huruf. Penulisan bilangan dengan angka menggunaka n sebagai pemisah ribuan ( thousands separator ) dan sebagai penanda desimal ( decimal mark ), misalnya Rp50.000,00.

  1. Angka yang menunjukkan bilangan utuh besar dapat dieja sebagian supaya lebih mudah dibaca, misalnya Rp50 ribu.
  2. Jika bilangan ditulis dengan huruf, lambang mata uang tidak dapat dipakai dan digunakan ejaan mata uang, misalnya lima puluh ribu rupiah tidak dapat ditulis Rp lima puluh ribu,
  3. Edua cara penulisan bilangan ( dengan angka atau dengan huruf) ini tidak perlu digunakan sekaligus, kecuali dalam dokumen resmi seperti akta atau kwitansi, misalnya, “Nilai kontrak ini adalah Rp5.000.000,00 ( lima juta rupiah ).

Penggunaan tanda koma sebagai penanda desimal tampaknya kita warisi dari Belanda. Kaidah ini berkebalikan dengan kaidah yang diterapkan oleh, terutama Amerika Serikat, yang menggunakan tanda titik sebagai penanda desimal dan tanda koma sebagai pemisah ribuan.

  • Bureau international des poids et mesures ), Biro Internasional Ukuran dan Timbanganorganisasi standar internasional yang memelihara Sistem Internasional Satuan (SI) menetapkan bahwa kedua kaidah ini,
  • Rp” sebagai penanda mata uang rupiah sesungguhnya telah menjadi lambang bukan lagi singkatan seperti layaknya dsb., dll., dan tsb.

yang memang wajib diikuti oleh tanda titik, dengan begitu, “Rp” tidak lagi menggunakan titik di belakangnya. Hal ini sama seperti lambang dolar ($) atau yen (¥) penggunaannya adalah tanpa diikuti oleh tanda titik (.). Sedangkan untuk “koma strip” (,-) seharusnya diganti dengan “koma nol nol” (,00), misalnya Rp1.000,00 yang menandakan tidak ada tambahan se-sen pun.

  • Dua angka desimal di belakang koma mungkin tidak berarti dalam penulisan nominal utuh pada zaman sekarang namun tidak demikian dengan zaman dahulu.
  • Jika kita melihat sejarah uang indonesia.
  • Meskipun nama rupiah adalah nama resminya untuk uang bangsa Indonesia, namun pada masyarakat khususnya zaman ibu dan nenek kita secara informal mereka juga seringkali menyebutnya dengan perak.

Nilai perak adalah 1 rupiah dibagi menjadi 100 sen. Inilah beberapa uang dengan nilai dibawah rupiah, yaitu : Karena penurunan nilai rupiah, nilai sen sudah tidak digunakan lagi dalam transaksi sehari-hari, kecuali pada pencatatan di pembukuan bank. Jika ada uang logam pecahan 1 sen, 100 uang logam 1 sen hanya setara dengan Rp1,00.

  1. Jika nilai rupiah terus mengalami penurunan, bukan tidak mungkin uang pecahan Rp100,00 tidak beredar lagi.
  2. Tanda,00 tersebut untuk mengakhiri angka utama.
  3. Gunanya untuk penegasan bahwa uang tersebut benar-benar bulat seribu rupiah tanpa adanya penambahan se-sen pun.
  4. Namun, di zaman sekarang ini nominal uang dibawah Rp1 bahkan kurang dari Rp100 tidak bisa digunakan lagi dalam kegiatan sehari-hari seperti kegiatan jual beli atau tukar menukar barang dengan uang karena tidak adanya harga dari suatu barang yang dapat dibeli untuk digunakan atau dikonsumsi seharga kurang dari Rp100.

Bahkan sekarang ini harga-harga terus naik karena adanya penurunan nilai rupiah, dan kegiatan lainnya yang menjadi penyebab penurunan perekonomi di Indonesia. Dengan demikian,,- digunakan sebagian orang karena diyakini tidak ada nominal uang dibawah Rp1.

  • Jadi,,- bisa digunakan dalam hal apapun kecuali dalam hal-hal yang bersifat formal seperti surat-surat kenegaraan.
  • Aturan penulisan uang tersebut berlaku hanya untuk penulisan uang di Indonesia.
  • Sedangkan untuk penulisan uang internasional, tanda mata uang rupiah tidak ditulis Rp, melainkan IDR.
  • Letak penulisannya pun bukan di depan, melainkan dibelakang angka dengan diberi spasi antara angka dan tanda mata uang.

Contohnya : IDR 20.000 (Salah) 20.000 IDR (Benar) Dari uraian di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa,00 bukanlah sebuah simbol dari suatu penulisan uang karena jika dilihat dari sejarah uang Indonesia, ada beberapa nominal uang di bawah Rp1 jadi,00 merupakan penegasan bahwa uang tersebut benar-benar bulat seribu rupiah tanpa adanya penambahan se-sen pun.

  • Boleh saja,00 tidak digunakan karena uang dengan nominal dibawah Rp1 sudah tidak dapat digunakan lagi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Ecuali, dalam dokumen resmi seperti akta atau kwitansi.
  • Semoga tulisan ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua, khususnya bagi pembaca.
  • Sehingga pembaca dapat mengamalkan cara penulisan rupiah yang baik dan benar sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).

: BILANGAN,00 DALAM RUPIAH
Lihat jawaban lengkap

Dolar apa yang paling mahal?

1. Dinar Kuwait (KWD) – Mata uang termahal yang pertama adalah Dinar Kuwait atau KWD. Perannya yang besar pada industri perminyakan dunia sudah menjadikannya sebagai salah satu negara paling kaya di bumi dengan perkiraan kekayaan mencapai US$ 71,58 miliar.
Lihat jawaban lengkap

Mata uang paling kecil di dunia apa?

1. Rial Iran (IRR) – Mata uang termurah di dunia adalah Rial Iran. Devaluasi mata uang itu dimulai sejak 1979. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Saat itu, banyak bisnis meninggalkan Iran karena situasi yang tidak pasti karena perang antara Iran-Irak membuat negaranya diberikan sanksi ekonomi karena program nuklir.
Lihat jawaban lengkap

1 dollar jika di Rupiah kan?

1 Dollar Berapa Rupiah Hari Ini? – Ilustrasi Uang. Credit: pexels.com/cottonbro Negara yang menggunakan dollar di antaranya seperti Amerika, Australia, Brunei, Kanada, Hong Kong, Jamaika, Liberia, Namibia, Taiwan, Selandia Baru, dan Singapura. Simbol untuk sebagian besar mata uang dollar adalah $.1 Dollar berapa Rupiah hari ini? Memahami metode hitung konversi mata uang Dollar Amerika (USD) ke mata uang Rupiah Indonesia (IDR) disesuaikan dengan nilai tukar yang berlaku pada saat itu.

Ini fungsinya mengetahui 1 Dollar berapa Rupiah hari ini. Untuk memahami berapa pun nilai Dollar ke Rupiah, harus mengetahui nilai 1 Dollar berapa Rupiah hari ini terlebih dahulu. Berapapun nilai Dollar yang akan dikonversikan ke rupiah, kalikan nilai tukar Dollar Amerika ke mata uang Rupiah Indonesia dengan besaran nilai yang ingin diketahui.1 Dollar berapa Rupiah hari ini? Saat artikel ini ditulis, 1 Dollar berapa Rupiah hari ini atau nilai tukar Dollar Amerika ke Rupiah Indonesia adalah 14.840 Rupiah Indonesia, pada 23 Juni 2022 pukul 01.28 UTC (Universal Time Coordinated).

Itu artinya, 1 Dollar berapa Rupiah hari ini adalah Rp14.800.1 Dollar berapa Rupiah hari ini adalah Rp14.800, bagaimana jika dikonversikan dengan nilai yang lebih besar? Dicontohkan menghitung dengan konversi 1 Dollar berapa Rupiah hari ini.1 Dollar Amerika bernilai 14.800 IDR, kemudian untuk mengetahui nilai dari 10 Dollar Amerika berapa Rupiah Indonesia, kalikan 1 Dollar berapa Rupiah hari ini adalah Rp14.800 dengan 10 Dollar Amerika (14.800 x 10 = 148.000).
Lihat jawaban lengkap

1 Euro jika di Rupiah kan?

Berapa banyak Euro adalah Rupiah indonesia? Satu EUR adalah 16 243,4077 IDR dan satu IDR adalah 0,0001 EUR. Informasi ini terakhir diperbarui pada 30 November 2022 00.05 CET.
Lihat jawaban lengkap

Apa mata uang terlemah di dunia?

Foto: Ilustrasi dolar Amerika Serikat (AS). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) Jakarta, CNBC Indonesia – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah sepanjang pekan ini. Sepanjang 2022, rupiah juga tidak berdaya di hadapan mata uang Negeri Paman Sam.

Pada perdagangan akhir pekan, rupiah ditutup di Rp 14.835/US$. Melemah tipis 0,03% dari posisi hari sebelumnya. Secara mingguan, mata uang Tanah Air terdepresiasi 1,16%. Padahal pekan sebelumnya rupiah mampu membukukan penguatan 1,51%. Sepanjang 2022 ( year-to-date /ytd), rupiah membukukan depresiasi 3,9%.

Meski melemah, kinerja rupiah tidak jelek-jelek amat. Berdasarkan catatan Reuters, rupiah berada di posisi 10 besar mata uang terbaik dunia. Di Asia, rupiah lebih baik ketimbang yuan China (-6,3% ytd), rupee India (-6,6% ytd), baht Thailand (-6,7% ytd), ringgit Malaysia (-6,9% ytd), sampai yen Jepang (-15,3% ytd). Sumber: Reuters Sementara posisi mata uang terlemah di dunia masih ditempati oleh lira Turki. Sepanjang 2022, mata uang negara yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan itu ambrol lebih dari 26%. Inflasi tinggi telah menggerogoti lira. Pada Juli 2022, inflasi Turki mencapai 79,6% year-on-year (yoy).

Ini adalah rekor tertinggi dalam 24 tahun. Inflasi menunjukkan penurunan nilai uang terhadap barang dan jasa, uang jadi tidak berguna. Akibat inflasi yang tinggi, berinvestasi di aset-aset berbasis lira menjadi kurang menarik karena hasilnya dimakan oleh inflasi. Sudah inflasi tinggi, bank sentral Turki (TCMB) menurunkan suku bunga acuan.

Pekan ini, TCMB menurunkan suku bunga acuan 100 basis poin (bps) menjadi 13%. Kebijakan uang murah akan membuat likuiditas lira berlimpah sehingga nilai tukarnya melemah. Selain itu, penurunan suku bunga akan membuat investasi di aset-aset berbasis lira semakin tidak menarik, cuan semakin tipis.
Lihat jawaban lengkap

Berapakah utang Arab Saudi?

Perbandingan Utang Arab Saudi, AS, & RI, Siapa Terbesar? Jakarta, CNBC Indonesia – Negara kaya raya dengan ekonomi maju dan penerimaan berlimpah ternyata tidak membuat pemerintahnya lolos dari jeratan utang. Buktinya, Arab Saudi dan Amerika Serikat, menjadi negara besar dengan utang jumbo saat ini.

Arab Saudi ternyata memiliki banyak utang untuk memenuhi anggaran belanja dan pendapatan negara (APBN). ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Utang ini menumpuk sejak tahun 2014, saat defisit APBN pertama melanda negara itu yakni sebesar 54 miliar riyal atau Rp 203 triliun. Posisi utang pemerintah mencapai 60,1 miliar riyal atau Rp 225 triliun.

Defisit terjadi karena Arab Saudi melakukan perluasan Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Perluasan itu diharapkan dapat membuat kedua masjid menampung hingga 2,5 juta jemaah. Namun, rencana tersebut dibebani dengan kejatuhan harga minyak.

  1. Pada akhirnya Riyadh tak mampu membiayai perluasan kedua masjid.
  2. Setahun kemudian, Arab Saudi kembali merugi setelah Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud memutuskan mengikuti perang sipil di Yaman.
  3. Defisit APBN 2015 mencapai 367 miliar riyal (Rp 1.378 triliun) dan akhirnya menambah utang lagi menjadi 142 miliar riyal (Rp 533 triliun).

Pada 2016, ekonomi Saudi mengalami perbaikan namun APBN masih menunjukkan defisit yang mencapai 297 miliar riyal (Rp 1.115 triliun). Total utang saat itu meledak mencapai 316,5 miliar riyal (Rp 1.188 triliun), dikarenakan harga minyak yang rendah dalam 2,5 tahun terakhir.

Defisit Saudi mengecil tahun 2017, yakni 8,9% dari total APBN dan menurun menjadi 230 miliar riyal (Rp 863 triliun). Utang negara itu menjadi 443,1 miliar riyal (Rp 1.663 triliun). Berbagai cara dilakukan Saudi untuk mengecilkan defisit negaranya, misalnya menaikkan pajak bagi produk seperti rokok dan minuman kemasan.

Negara kerajaan itu juga merombak aturan perpajakan. Setahun berikutnya, ekonomi Riyadh menunjukkan perbaikan dengan penerimaan negara naik menjadi 783 miliar riyal (Rp 2.900 triliun) dan defisit hanya 195 miliar riyal (Rp 732 triliun). Utang negara naik menjadi 558 miliar riyal (Rp 2.095 triliun).

  • Emudian pada April 2018, Saudi meneribitkan obligasi.
  • Surat utang itu berhasil menarik dana sebesar 41,25 miliar riyal (Rp 154 triliun).
  • Defisit kembali terjadi pada 2019, yakni mencapai 131,5 miliar riyal (Rp 493 trilin) dan utang menjadi 657 miliar riyal (Rp 2.466 triliun).
  • Ekonomi di tahun 2020 juga mengalami dinamika, yakni dari penerimaan negara turun menjadi 833 miliar riyal (Rp 3.128 triliun) dari 2019 yakni 975 miliar riyal (Rp 3.661 triliun).

Turbulensi politik terjadi pada 2020 saat Amerika Serikat (AS) menembakkan rudal ke arah iring-iringan jenderal tinggi Iran Qassem Solemani. Saudi mencetak obligasi senilai 18,75 miliar riyal (Rp 70 triliun). Pandemi Covid-19 juga mengacak-acak ekonomi negara itu, permintaan pasar pada minyak dan larangan perjalanan untuk haji dan umrah membuat penerimaan negara menjadi ambles.

Di sisi lain, Covid-19 juga butuh penanganan yang dana-nya juga besar. Untuk itu, Saudi kembali harus berutang, di mana diprediksi menjadi 941 miliar riyal (Rp 3.533 triliun) naik 32,9% dibanding 2019. Pendapatan negara juga direvisi menjadi 770 miliar riyal (Rp 2.891 triliun) turun 16,9% dari tahun sebelumnya.

Anggaran diproyeksi defisit US$50 miliar atau Rp 707 triliun saat itu, naik US$15 miliar (Rp 212 triliun) dari tahun sebelumnya. Tak kalah mencengangkan, Negeri Paman Sam memiliki utang jumbo. Bahkan nilainya ratusan ribu triliun. Per awal Oktober, utang nasional Amerika Serikat (AS) melejit ke rekor tertingginya senilai US$ 31,1 miliar atau setara Rp 472,4 ribu triliun (kurs Rp 15.190) pada awal pekan ini.

  • Tingginya utang tersebut tak lepas dari kebijakan pinjaman besar-besaran selama pandemi Covid-19 untuk membantu menopang perekonomian negara.
  • Pasalnya, penyebaran virus corona telah melumpuhkan ekonomi AS yang ditandai dengan jatuhnya pasar tenaga kerja dan terganggunya rantai pasokan.
  • Utang yang belum dibayar pun telah meningkat hampir US$ 8 triliun sejak awal 2020, dengan laju penambahan US$ 1 triliun hanya dalam delapan bulan.

Adapun, pinjaman yang terjadi di bawah pemerintahan Trump dan di awal pemerintahan Biden datang pada saat suku bunga rendah. Saat ini, selama periode inflasi yang tinggi secara historis dan serangkaian kenaikan suku bunga yang tajam oleh bank sentral, Federal Reserve, dalam pertempurannya untuk menjinakkan kenaikan harga, biaya pinjaman jadi jauh lebih tinggi.

Komite Anggaran Fiskal yang Bertanggung Jawab (CRFB) bulan lalu memperkirakan bahwa kebijakan Presiden Joe Biden dapat menambah defisit hingga US$ 4,8 triliun antara tahun 2021 dan 2031. “Peminjaman yang berlebihan akan menyebabkan tekanan inflasi yang berkelanjutan, mendorong utang nasional ke rekor baru segera setelah 2030 dan pembayaran bunga federal tiga kali lipat selama dekade berikutnya – atau bahkan lebih cepat jika suku bunga naik lebih cepat atau lebih dari yang diharapkan,” tulis CRFB, dikutip CNN International, Rabu (5/10/2022).

Mengutip data Departemen Keuangan, tingkat pinjaman Amerika telah melonjak selama dekade terakhir. Utang publik yang beredar mencapai US$ 10,6 triliun ketika mantan Presiden Barack Obama menjabat pada 20 Januari 2009; US$ 19,9 triliun ketika mantan Presiden Donald Trump menjabat pada 20 Januari 2017; dan US$ 27,8 triliun ketika Biden menjabat pada 20 Januari 2021.

Bagaimana dengan utang pemerintah Indonesia? Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan utang pemerintah hingga akhir Agustus 2022 Rp7.236,61 triliun. Lebih tinggi dari posisi utang bulan lalu Rp 7.163,12 triliun atau bertambah Rp 73,49 triliun. “Posisi utang Pemerintah berada di angka Rp7.236,61 triliun,” tulis buku APBN Kita yang dirilis Kemenkeu, Kamis (29/9/2022).

Rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) juga bahkan lebih tinggi dari posisi sebelumnya. Kemenkeu mencatat ada kenaikan dari 37,91% menjadi 38,30%. “Meskipun terdapat peningkatan nominal dan rasio utang pada akhir Agustus 2022, peningkatan tersebut masih dalam batas aman, wajar, serta terkendali diiringi dengan diversifikasi portofolio yang optimal,” jelas Kemenkeu.

  1. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah bertekad untuk mengembalikan defisit fiskal di bawah 3% pada tahun depan, setelah selama pandemi dilonggarkan batasannya.
  2. Hal ini dilakukan dengan mengurangi penerbitan utang, terlebih ketika dunia sedang mengalami guncangan dan tren kenaikan suku bunga saat ini.
You might be interested:  Apa Itu Pre Approval Kredit Briguna Bri?

Sri Mulyani pun memastikan target utang tidak ikut naik. Ini terlihat dari defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang tetap dipatok 3,92% terhadap produk domestik bruto (PDB) pada tahun ini. Sri Mulyani dan jajaran pun tengah melakukan strategi pembiayaan utang.

Realisasi pembiayaan utang hingga 31 Agustus 2022 yang mencapai Rp 331,2 triliun baru terealisasi 35,1% dari target yang sebesar Rp 943,7 triliun seperti yang diatur di dalam Perpres 98/2022.”Bayangkan kondisi di mana sektor keuangan, pasar keuangan, pasar obligasi menghadapi guncangan besar dan bertubi-tubi, maka strategi menurunkan pembiayaan utang menjadi sangat sesuai dan tepat, baik waktu dan strategi,” kata Sri Mulyani dalam konferensi APBN Kita edisi Agustus 2022, dikutip Selasa (27/9/2022).Secara rinci, pembiayaan utang hingga 31 Agustus 2022 terdiri dari SBN (neto) sebesar Rp 317,3 triliun atau turun 44,1% jika dibandingkan realisasi periode yang sama tahun 2021 yang sebesar Rp 567,4 triliun.Sementara itu, pinjaman neto sudah terealisasi sebesar Rp 13,8 triliun atau turun 193,3% dibandingkan dengan realisasi 31 Agustus 2021 yang sebesar Rp 14,8 triliun.

(haa/haa) : Perbandingan Utang Arab Saudi, AS, & RI, Siapa Terbesar?
Lihat jawaban lengkap

1 Riyal dapat apa?

Jawaban ini terverifikasi.1 Riyal Saudi setara dengan 3.896,52 Rupiah (pertanggal 26/05/2022. Riyal merupakan Mata Uang Arab Saudi sedangkan Rupiah merupakan Mata Uang Indonesia.
Lihat jawaban lengkap

Apa perbedaan mata uang dengan uang?

Selasa, 11 Januari 2022 – 05:44 WIB loading. Negara Yang Tidak Punya Mata Uang Sebuah negara memiliki mata uangnya masing-masing. Namun, ada beberapa negara yang justru tidak memiliki mata uang, berikut daftarnya. Foto/Dok A A A JAKARTA – Hampir setiap negara di dunia memiliki mata uangnya sendiri, namun ada beberapa negara memiliki jenis mata uang yang sama.

  1. Misalnya, di Indonesia, mata uangnya adalah Rupiah, sedangkan di Jepang mata uangnya adalah Yen.
  2. Sedangkan negara yang menggunakan mata uang yang sama di antaranya Amerika, Ekuador, Kamboja, Panama, dan Kawasan Samudera Hindia Britania.
  3. Fungsi dari mata uang sama dengan uang pada umumnya yaitu sebagai alat tukar.

Perbedaannya adalah nilainya, dimana setiap mata uang memiliki nilai tukar yang berbeda-beda. Baca Juga: IMF Cemas dengan Perkembangan Mata Uang Kripto, Ini 3 Alasannya Mata uang adalah satuan harga uang yang disetujui oleh pemerintah dan rakyatnya dalam sebuah negara.

Sebuah negara memiliki mata uangnya masing-masing. Namun, ada beberapa negara yang justru tidak memiliki mata uang, berikut daftarnya.1. Timor Leste Timor Leste adalah salah satu negara yang belum memiliki mata uang sendiri. Negara yang memisahkan diri dari Indonesia ini memilih dolar AS sebagai mata uang resmi di Timor Leste sejak tahun 2000 dengan dikeluarkannya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000.

Meskipun demikian, masyarakat masih diperbolehkan menggunakan mata uang lain yang juga masih beredar cukup banyak seperti rupiah, bath (Thailand), escudo (Portugis), dan dolar Australia.2. Monako Monako merupakan negara merdeka terkecil kedua di dunia.

Negara itu dikelilingi oleh Prancis di tiga sisi, serta memiliki garis pantai di Laut Mediterania di sisi keempat. Melansir dari BBC, mata uang Monako adalah Euro. E Euro menggantikan mata uang lokal bagi 11 negara anggota Uni Eropa. Monako menjadi negara non-Uni Eropa yang menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang resmi dengan perjanjian Maastrich tentang Uni Eropa pada 1992.

Perjanjian ini menyingkirkan sejumlah persyaratan berat seperti stabilitas harga dan inflasi rendah bagi negara-negara yang ingin menggunakan mata uang tersebut. Meski tidak seluruhnya, mayoritas negara-negara Uni Eropa menggunakan Euro sebagai alat tukar. 3 jam yang lalu 3 jam yang lalu 4 jam yang lalu 4 jam yang lalu 4 jam yang lalu 4 jam yang lalu
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan tak memiliki mata uang sendiri?

Negara-negara yang Tak Memiliki Mata Uang Sendiri KASKUS https://s.kaskus.id/e3.1/images/layout/home-logo-n.png 51 244 https://www.kaskus.co.id/thread/5aa00c6c60e24b3e328b458d/negara-negara-yang-tak-memiliki-mata-uang-sendiri 07-03-2018 22:59 Kaskus Freak Posts: Negara Yang Tidak Punya Mata Uang

  • Perhatian
  • Klik gambar untuk menuju sumber gambar
  • Ekuador, El Salvador, Federasi Mikronesia, Kepulauan Marshall, Palau, Timor Leste, dan Panama – Dolar AS
  • Zona Euro, Andorra, Monako, Vatikan, San Marino, Kosovo, Montenegro – Euro
  • Benin, Burkina Faso, Guinea-Bissau, Mali, Niger, Pantai Gading, Senegal, dan Togo – Franc CFA Afrika Barat

Salah satu ciri negara berdaulat adalah memiliki mata uang yang dicetak dan diedarkan sendiri di wilayahnya sebagai lambang kedaulatan. Mata uang yang dicetak sendiri memungkinkan sebuah negara untuk mengatur kebijakan fiskal dan moneternya secara independen, dan menggerakan perekonomiannya sesuai keinginannya sendiri.

  1. Namun, ada beberapa negara yang tak memiliki mata uang sendiri dan menggunakan mata uang negara lain atau mata uang bersama.
  2. Negara apa sajakah itu? Definisi “Tak Memiliki Mata Uang Sendiri” adalah tak memiliki mata uang yang dicetak dan diterbitkan oleh negara / bank sentral sendiri sama sekali atau semua mata uang yang ada diterbitkan oleh negara / bank sentral lain.

Contoh, Korea Utara menggunakan euro, renminbi, dan dolar AS namun juga mencetak dan menerbitkan mata uang sendiri, won Korea Utara. Sehingga, Korea Utara tak termasuk dalam definisi ini. Mata uang Amerika Serikat, dolar AS, tak hanya digunakan di AS saja, namun juga di beberapa negara lain sebagai mata uang resmi.

  • Ebanyakan dari negara-negara ini terletak di Amerika Selatan.
  • Ekuador pernah mengalami kemerosotan ekonomi yang parah pada 1980-an dan nilai mata uang lamanya, sucre, merosot drastis.
  • Pada 13 Maret 2000, Ekuador resmi menggunakan dolar AS sebagai mata uang resminya menggantikan sucre.
  • Rakyat Ekuador dapat menukar sucre dengan dolar AS dengan kurs 25.000 sucre per dolar AS.

Untuk pecahan di bawah dolar (sen), Ekuador mencetaknya sendiri, disebut centavos, dan bernilai sama dengan sen AS. El Salvador menggunakan dolar AS sejak 1 Januari 2001 menggantikan colon. Mikronesia dan Palau menggunakan dolar AS sejak 1944, saat keduanya dibebaskan AS dari cengkeraman Jepang.

Kepulauan Marshall menggunakan dolar AS sejak pendiriannya pada 1979 dengan fakta bahwa wilayah ini dulu pernah di bawah administrasi AS bahkan menjadi lokasi uji coba senjata nuklir AS. Panama mengadopsi dolar AS sejak 1904 dan Timor Leste sejak kemerdekaannya pada 2002. Seperti Ekuador, kedua negara ini juga mencetak koinnya sendiri.

Selain negara-negara tersebut, beberapa dependensi negara lain juga menggunakan dolar AS seperti Karibia Belanda (sejak 2011). Euro adalah mata uang Uni Eropa dan sampai 2018 digunakan di 19 dari 28 negara anggota Uni Eropa, disebut Zona Euro – Austria, Belanda, Belgia, Estonia, Finlandia, Jerman, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Portugal, Prancis, Siprus, Slowakia, Slovenia, Spanyol, dan Yunani.

Euro mulai diadopsi sebagai mata uang akuntansi (muncul dalam pembukuan / laporan keuangan perusahaan) pada 1999 dan uang kertas serta logamnya muncul pada 1 Januari 2002, menggantikan mata uang negara anggota sebelumnya seperti Deutschemark, Pound Irlandia, dan Lira Italia. Selain anggota Uni Eropa, negara lain di Eropa seperti Andorra, Vatikan, dan San Marino juga menggunakan euro sebagai mata uang resmi berkat perjanjian moneter dengan Uni Eropa.

Kosovo dan Montenegro juga menggunakan euro secara sepihak. Euro diterbitkan oleh Bank Sentral Eropa dan dicetak oleh masing-masing negara penggunanya. Uang kertas euro produksi antarnegara tak memiliki perbedaan namun uang logamnya diberi lambang masing-masing oleh negara pencetaknya.

  1. Penggunaan euro memudahkan transaksi bisnis dan perdagangan antar negara pemakainya.
  2. Namun, kelemahannya adalah membuat negara yang secara ekonomi lebih lemah dari negara pemakai lain menanggung beban yang berat karena harga barang yang meningkat bila disesuaikan ke euro dan membuat krisis di salah satu negara pemakai akan berdampak ke negara pemakai lainnya.

Contohnya adalah Yunani yang memiliki masalah utang yang pelik namun tak memiliki independensi dalam kebijakan moneter karena menggunakan mata uang yang tak diterbitkan sendiri (dan pada akhirnya, kebijakan moneternya ditentukan oleh Bank Sentral Eropa) sehingga kesulitan dalam mengatasi krisis.

Yunani tak bisa melakukan aksi moneter secara mandiri (misalnya dengan mencetak lebih banyak mata uang agar kursnya melemah dan merangsang ekspor) untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. Prancis menguasai wilayah yang sangat luas di Afrika pada akhir abad ke-19 hingga pertengahan abad ke-20. Pada 1945, negara-negara koloni Prancis di bagian barat Afrika menggunakan mata uang bersama yang disebut franc CFA Afrika Barat.

CFA adalah singkatan dari Communauté Financière d’Afrique atau Komunitas Finansial Afrika. Mata uang ini diterbitkan oleh Banque Centrale des États de l’Afrique de l’Ouest atau Bank Sentral Negara-negara Afrika Barat yang bermarkas di Dakar, Senegal. Mata uang ini memiliki kurs tetap terhadap euro pada level 655,957 franc CFA Afrika Barat per 1 euro.

  1. Mauritania pernah menggunakan mata uang ini hingga tahun 1973 dan Guinea-Bissau, bekas koloni Portugal, menggunakan mata uang ini sejak 1997.
  2. Chad, Gabon, Guinea Khatulistiwa, Kamerun, Republik Afrika Tengah, dan Republik Kongo – Franc CFA Afrika Tengah Seperti rekan-rekan mereka sesama koloni Prancis di bagian barat Afrika, koloni Prancis di bagian tengah Afrika juga menggunakan mata uang bersama, franc CFA Afrika Tengah, sejak 1945.

CFA adalah singkatan dari Coopération financière en Afrique centrale (Kerjasama Finansial Afrika Tengah) dan mata uang ini diterbitkan oleh Banque des États de l’Afrique Centrale (Bank Negara-negara Afrika Tengah) yang bermarkas di Yaoundé, Kamerun. Nilai franc CFA Afrika Tengah sama dengan franc CFA Afrika Barat.

  1. Kepulauan Pitcairn, Nauru, Niue, dan Tokelau – Dolar Selandia Baru
  2. Liechtenstein – Franc Swiss
  3. Palestina – Pound Mesir, Shekel, dan Dinar Yordania
  4. Zimbabwe – Dolar AS, Euro, Yen, Renminbi, Rand, Pula, Pound Sterling, Dolar Australia, dan Rupee India

Dua wilayah dependensi Selandia Baru, Nieu dan Tokelau, satu wilayah dependensi Britania Raya, Kepulauan Pitcairn, dan Nauru (bersama dolar Australia) menggunakan dolar Selandia Baru sebagai mata uang resminya. Negara kepangeranan yang terletak di Pegunungan Alpen di Eropa Tengah ini menggunakan franc swiss sebagai mata uang resmi karena ikatan kuat negara ini dengan Swiss sejak lama.

  1. Palestina tak memiliki mata uang sendiri.
  2. Sebagai gantinya, Palestina menggunakan mata uang negara-negara tetangganya.
  3. Shekel Israel mendominasi transaksi sehari-hari di Palestina manakala Pound Mesir sering digunakan di Jalur Gaza dan Dinar Yordania dipakai di Tepi Barat.
  4. Anda mungkin sudah mengetahui kalau Zimbabwe pernah mengalami hiperinflasi terburuk kedua dalam sejarah setelah Hongaria pada 2000-an sampai-sampai 3 butir telur berharga 100 miliar dolar Zimbabwe saat inflasi menyentuh 231 juta persen pada 2008.

Pada 2009, rakyat Zimbabwe mulai menggunakan mata uang lain seperti dolar AS untuk transaksi dan pada 2015, mata uang Zimbabwe resmi ditinggalkan dengan kurs 35 kuadriliun (35.000.000.000.000.000) dolar Zimbabwe per dolar AS. Rakyat Zimbabwe dapat menggunakan tak hanya satu, tetapi sembilan mata uang asing untuk transaksi sehari-hari : Dolar AS, Euro, Yen, Renminbi, Rand Afrika Selatan, Pula Botswana, Pound Sterling, Dolar Australia, dan Rupee India.

Dolar AS menjadi mata uang resmi pemerintah Zimbabwe. Demikian thread dari saya kali ini. Negara-negara tersebut memiliki kepentingan dan alasan masing-masing untuk tak memiliki mata uang tersendiri. Ada yang melakukannya karena kedekatan secara ekonomi atau politik dengan negara tertentu, ada yang melakukannya untuk memperbaiki perekonomiannya yang ambraudul, ada pula yang melakukannya sebagai bentuk kerjasama dengan negara lain dalam satu kawasan.

Terima kasih telah berkunjung dan semoga pengetahuan Anda semakin berkembang. Semoga hari Anda menyenangkan. 07-03-2018 22:59 iqwandarmawan86 memberi reputasi Diubah oleh 19-09-2018 17:51 07-03-2018 23:00 Kaskus Freak Posts: RESERVED 07-03-2018 23:00 07-03-2018 23:02 Kaskus Addict Posts: Palestina yg katanya negara ratusan abad malah gak punya Kayaknya ada yg kurang bre 07-03-2018 23:02 07-03-2018 23:06 Kaskus Maniac Posts: beli hp di zimbabwe bayar duwitnya satu truk bray 07-03-2018 23:06 07-03-2018 23:06 Jokes And Cartoon Enthusiast Posts: Ternyata ada juga ya 07-03-2018 23:06 07-03-2018 23:12 Kaskus Addict Posts: 35 quadrillion?! Holy shi-! 07-03-2018 23:12 zharki memberi reputasi 07-03-2018 23:27 KASKUS Plus Posts: zimbabwe beli kondom pake uang apa tuh? 07-03-2018 23:27 07-03-2018 23:43 Kaskus Maniac Posts: Di Zimbabwe sebelum bank central nya iseng bikin angka 0 banyak gitu, mbok dari kemaren ganti mata uang sekalian.

Ngeri bgt jajaran angka 0 nya 07-03-2018 23:43 Kaskus Geek Posts: 08-03-2018 00:17 08-03-2018 00:31 Made In Kaskus Posts: kalo dirupiahin berapa tuh mata uang zimbabwe 08-03-2018 00:31 08-03-2018 00:46 Kaskus Freak Posts: udah 24 jam pekwan masih kosong ?? astaga 08-03-2018 00:46 08-03-2018 05:52 Aktivis Reg.

Banyuwangi Posts: buset dah, tuh zimbabwe, tapi kalo sudah pake mata uang lain, gimana kursnya yak? gak ada dong.08-03-2018 05:52 Kaskus Geek Posts: Lumayan banyak juga negara yg gak punya mata uang sendiri gan 08-03-2018 06:05 08-03-2018 06:26 Made In Kaskus Posts: Original Posted By yunda.me buset dah, tuh zimbabwe, tapi kalo sudah pake mata uang lain, gimana kursnya yak? gak ada dong.

Ya pake yuan karena udah gak guna Jadi dollar zimbabwe dripada dituker mending dibuat masak aja tuh 08-03-2018 06:26 08-03-2018 10:12 Kaskus Freak Posts: Original Posted By Joe.One.Choke Palestina yg katanya negara ratusan abad malah gak punya Kayaknya ada yg kurang bre Apa gan? Original Posted By tukang.semprot beli hp di zimbabwe bayar duwitnya satu truk bray Itu sudah tinggal sejarah gan.

Original Posted By nissan.gtr.35 35 quadrillion?! Holy shi-! Iya gan. Original Posted By edsixteen kalo dirupiahin berapa tuh mata uang zimbabwe 35 ribu triliun dolar Zimbabwe ‘kan sama dengan 1 dolar AS berarti sama dengan 13 ribuan.08-03-2018 10:12 08-03-2018 10:39 Kaskus Addict Posts: nice inpoh breee moga2x besok, ASEAN juga bikin mata uang sendiri bosen ama rupiah 08-03-2018 10:39 08-03-2018 10:41 Kaskus Freak Posts: Original Posted By bmwm3gtr nice inpoh breee moga2x besok, ASEAN juga bikin mata uang sendiri bosen ama rupiah Sebaiknya agan lihat dulu apa yang terjadi dengan kondisi ekonomi di Eropa, terutama di Yunani kalau ingin ASEAN punya mata uang tunggal.

Pasti ente akan menolak mata uang tunggal.08-03-2018 10:41 08-03-2018 10:44 Kaskus Addict Posts: Original Posted By gilbertagung Sebaiknya agan lihat dulu apa yang terjadi dengan kondisi ekonomi di Eropa, terutama di Yunani kalau ingin ASEAN punya mata uang tunggal. Pasti ente akan menolak mata uang tunggal.

ahaahhaha kidding om semua ada plus minusnya 08-03-2018 10:44 08-03-2018 10:46 Kaskus Freak Posts: Original Posted By bmwm3gtr ahaahhaha kidding om semua ada plus minusnya Yunani itu ekonominya lemah, utangnya banyak. Tapi memaksakan diri untuk memakai euro dan menyejajarkan diri dengan Jerman yang ekonominya lebih efisien.

Akhirnya, selama 10 tahun terakhir krisis dan hampir kolaps.08-03-2018 10:46 Diubah oleh 08-03-2018 10:46 08-03-2018 10:48 Kaskus Addict Posts: Original Posted By gilbertagung Yunani itu ekonominya lemah, utangnya banyak. Tapi memaksakan diri untuk memakai euro dan menyejajarkan diri dengan Jerman yang ekonominya lebih efisien.

Akhirnya, selama 10 tahun terakhir krisis dan hampir kolaps. baru tau ane om, jadi penggunaan euro di uni eropa itu bukan kewajiban yaaa ane kira wajib 08-03-2018 10:48 08-03-2018 10:59 Kaskus Freak Posts: Original Posted By bmwm3gtr baru tau ane om, jadi penggunaan euro di uni eropa itu bukan kewajiban yaaa ane kira wajib Sebenarnya wajib gan.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Bagaimana Cara Mengajukan Kartu Kredit Bca?

Apakah Selandia Baru mata uang resmi?

Negara-negara yang Tak Memiliki Mata Uang Sendiri KASKUS https://s.kaskus.id/e3.1/images/layout/home-logo-n.png 51 244 https://www.kaskus.co.id/thread/5aa00c6c60e24b3e328b458d/negara-negara-yang-tak-memiliki-mata-uang-sendiri 07-03-2018 22:59 Kaskus Freak Posts: Negara Yang Tidak Punya Mata Uang

  • Perhatian
  • Klik gambar untuk menuju sumber gambar
  • Ekuador, El Salvador, Federasi Mikronesia, Kepulauan Marshall, Palau, Timor Leste, dan Panama – Dolar AS
  • Zona Euro, Andorra, Monako, Vatikan, San Marino, Kosovo, Montenegro – Euro
  • Benin, Burkina Faso, Guinea-Bissau, Mali, Niger, Pantai Gading, Senegal, dan Togo – Franc CFA Afrika Barat

Salah satu ciri negara berdaulat adalah memiliki mata uang yang dicetak dan diedarkan sendiri di wilayahnya sebagai lambang kedaulatan. Mata uang yang dicetak sendiri memungkinkan sebuah negara untuk mengatur kebijakan fiskal dan moneternya secara independen, dan menggerakan perekonomiannya sesuai keinginannya sendiri.

  • Namun, ada beberapa negara yang tak memiliki mata uang sendiri dan menggunakan mata uang negara lain atau mata uang bersama.
  • Negara apa sajakah itu? Definisi “Tak Memiliki Mata Uang Sendiri” adalah tak memiliki mata uang yang dicetak dan diterbitkan oleh negara / bank sentral sendiri sama sekali atau semua mata uang yang ada diterbitkan oleh negara / bank sentral lain.

Contoh, Korea Utara menggunakan euro, renminbi, dan dolar AS namun juga mencetak dan menerbitkan mata uang sendiri, won Korea Utara. Sehingga, Korea Utara tak termasuk dalam definisi ini. Mata uang Amerika Serikat, dolar AS, tak hanya digunakan di AS saja, namun juga di beberapa negara lain sebagai mata uang resmi.

  • Ebanyakan dari negara-negara ini terletak di Amerika Selatan.
  • Ekuador pernah mengalami kemerosotan ekonomi yang parah pada 1980-an dan nilai mata uang lamanya, sucre, merosot drastis.
  • Pada 13 Maret 2000, Ekuador resmi menggunakan dolar AS sebagai mata uang resminya menggantikan sucre.
  • Rakyat Ekuador dapat menukar sucre dengan dolar AS dengan kurs 25.000 sucre per dolar AS.

Untuk pecahan di bawah dolar (sen), Ekuador mencetaknya sendiri, disebut centavos, dan bernilai sama dengan sen AS. El Salvador menggunakan dolar AS sejak 1 Januari 2001 menggantikan colon. Mikronesia dan Palau menggunakan dolar AS sejak 1944, saat keduanya dibebaskan AS dari cengkeraman Jepang.

  1. Epulauan Marshall menggunakan dolar AS sejak pendiriannya pada 1979 dengan fakta bahwa wilayah ini dulu pernah di bawah administrasi AS bahkan menjadi lokasi uji coba senjata nuklir AS.
  2. Panama mengadopsi dolar AS sejak 1904 dan Timor Leste sejak kemerdekaannya pada 2002.
  3. Seperti Ekuador, kedua negara ini juga mencetak koinnya sendiri.

Selain negara-negara tersebut, beberapa dependensi negara lain juga menggunakan dolar AS seperti Karibia Belanda (sejak 2011). Euro adalah mata uang Uni Eropa dan sampai 2018 digunakan di 19 dari 28 negara anggota Uni Eropa, disebut Zona Euro – Austria, Belanda, Belgia, Estonia, Finlandia, Jerman, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Portugal, Prancis, Siprus, Slowakia, Slovenia, Spanyol, dan Yunani.

Euro mulai diadopsi sebagai mata uang akuntansi (muncul dalam pembukuan / laporan keuangan perusahaan) pada 1999 dan uang kertas serta logamnya muncul pada 1 Januari 2002, menggantikan mata uang negara anggota sebelumnya seperti Deutschemark, Pound Irlandia, dan Lira Italia. Selain anggota Uni Eropa, negara lain di Eropa seperti Andorra, Vatikan, dan San Marino juga menggunakan euro sebagai mata uang resmi berkat perjanjian moneter dengan Uni Eropa.

Kosovo dan Montenegro juga menggunakan euro secara sepihak. Euro diterbitkan oleh Bank Sentral Eropa dan dicetak oleh masing-masing negara penggunanya. Uang kertas euro produksi antarnegara tak memiliki perbedaan namun uang logamnya diberi lambang masing-masing oleh negara pencetaknya.

Penggunaan euro memudahkan transaksi bisnis dan perdagangan antar negara pemakainya. Namun, kelemahannya adalah membuat negara yang secara ekonomi lebih lemah dari negara pemakai lain menanggung beban yang berat karena harga barang yang meningkat bila disesuaikan ke euro dan membuat krisis di salah satu negara pemakai akan berdampak ke negara pemakai lainnya.

Contohnya adalah Yunani yang memiliki masalah utang yang pelik namun tak memiliki independensi dalam kebijakan moneter karena menggunakan mata uang yang tak diterbitkan sendiri (dan pada akhirnya, kebijakan moneternya ditentukan oleh Bank Sentral Eropa) sehingga kesulitan dalam mengatasi krisis.

  1. Yunani tak bisa melakukan aksi moneter secara mandiri (misalnya dengan mencetak lebih banyak mata uang agar kursnya melemah dan merangsang ekspor) untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.
  2. Prancis menguasai wilayah yang sangat luas di Afrika pada akhir abad ke-19 hingga pertengahan abad ke-20.
  3. Pada 1945, negara-negara koloni Prancis di bagian barat Afrika menggunakan mata uang bersama yang disebut franc CFA Afrika Barat.

CFA adalah singkatan dari Communauté Financière d’Afrique atau Komunitas Finansial Afrika. Mata uang ini diterbitkan oleh Banque Centrale des États de l’Afrique de l’Ouest atau Bank Sentral Negara-negara Afrika Barat yang bermarkas di Dakar, Senegal. Mata uang ini memiliki kurs tetap terhadap euro pada level 655,957 franc CFA Afrika Barat per 1 euro.

Mauritania pernah menggunakan mata uang ini hingga tahun 1973 dan Guinea-Bissau, bekas koloni Portugal, menggunakan mata uang ini sejak 1997. Chad, Gabon, Guinea Khatulistiwa, Kamerun, Republik Afrika Tengah, dan Republik Kongo – Franc CFA Afrika Tengah Seperti rekan-rekan mereka sesama koloni Prancis di bagian barat Afrika, koloni Prancis di bagian tengah Afrika juga menggunakan mata uang bersama, franc CFA Afrika Tengah, sejak 1945.

CFA adalah singkatan dari Coopération financière en Afrique centrale (Kerjasama Finansial Afrika Tengah) dan mata uang ini diterbitkan oleh Banque des États de l’Afrique Centrale (Bank Negara-negara Afrika Tengah) yang bermarkas di Yaoundé, Kamerun. Nilai franc CFA Afrika Tengah sama dengan franc CFA Afrika Barat.

  1. Kepulauan Pitcairn, Nauru, Niue, dan Tokelau – Dolar Selandia Baru
  2. Liechtenstein – Franc Swiss
  3. Palestina – Pound Mesir, Shekel, dan Dinar Yordania
  4. Zimbabwe – Dolar AS, Euro, Yen, Renminbi, Rand, Pula, Pound Sterling, Dolar Australia, dan Rupee India

Dua wilayah dependensi Selandia Baru, Nieu dan Tokelau, satu wilayah dependensi Britania Raya, Kepulauan Pitcairn, dan Nauru (bersama dolar Australia) menggunakan dolar Selandia Baru sebagai mata uang resminya. Negara kepangeranan yang terletak di Pegunungan Alpen di Eropa Tengah ini menggunakan franc swiss sebagai mata uang resmi karena ikatan kuat negara ini dengan Swiss sejak lama.

  1. Palestina tak memiliki mata uang sendiri.
  2. Sebagai gantinya, Palestina menggunakan mata uang negara-negara tetangganya.
  3. Shekel Israel mendominasi transaksi sehari-hari di Palestina manakala Pound Mesir sering digunakan di Jalur Gaza dan Dinar Yordania dipakai di Tepi Barat.
  4. Anda mungkin sudah mengetahui kalau Zimbabwe pernah mengalami hiperinflasi terburuk kedua dalam sejarah setelah Hongaria pada 2000-an sampai-sampai 3 butir telur berharga 100 miliar dolar Zimbabwe saat inflasi menyentuh 231 juta persen pada 2008.

Pada 2009, rakyat Zimbabwe mulai menggunakan mata uang lain seperti dolar AS untuk transaksi dan pada 2015, mata uang Zimbabwe resmi ditinggalkan dengan kurs 35 kuadriliun (35.000.000.000.000.000) dolar Zimbabwe per dolar AS. Rakyat Zimbabwe dapat menggunakan tak hanya satu, tetapi sembilan mata uang asing untuk transaksi sehari-hari : Dolar AS, Euro, Yen, Renminbi, Rand Afrika Selatan, Pula Botswana, Pound Sterling, Dolar Australia, dan Rupee India.

Dolar AS menjadi mata uang resmi pemerintah Zimbabwe. Demikian thread dari saya kali ini. Negara-negara tersebut memiliki kepentingan dan alasan masing-masing untuk tak memiliki mata uang tersendiri. Ada yang melakukannya karena kedekatan secara ekonomi atau politik dengan negara tertentu, ada yang melakukannya untuk memperbaiki perekonomiannya yang ambraudul, ada pula yang melakukannya sebagai bentuk kerjasama dengan negara lain dalam satu kawasan.

Terima kasih telah berkunjung dan semoga pengetahuan Anda semakin berkembang. Semoga hari Anda menyenangkan. 07-03-2018 22:59 iqwandarmawan86 memberi reputasi Diubah oleh 19-09-2018 17:51 07-03-2018 23:00 Kaskus Freak Posts: RESERVED 07-03-2018 23:00 07-03-2018 23:02 Kaskus Addict Posts: Palestina yg katanya negara ratusan abad malah gak punya Kayaknya ada yg kurang bre 07-03-2018 23:02 07-03-2018 23:06 Kaskus Maniac Posts: beli hp di zimbabwe bayar duwitnya satu truk bray 07-03-2018 23:06 07-03-2018 23:06 Jokes And Cartoon Enthusiast Posts: Ternyata ada juga ya 07-03-2018 23:06 07-03-2018 23:12 Kaskus Addict Posts: 35 quadrillion?! Holy shi-! 07-03-2018 23:12 zharki memberi reputasi 07-03-2018 23:27 KASKUS Plus Posts: zimbabwe beli kondom pake uang apa tuh? 07-03-2018 23:27 07-03-2018 23:43 Kaskus Maniac Posts: Di Zimbabwe sebelum bank central nya iseng bikin angka 0 banyak gitu, mbok dari kemaren ganti mata uang sekalian.

Ngeri bgt jajaran angka 0 nya 07-03-2018 23:43 Kaskus Geek Posts: 08-03-2018 00:17 08-03-2018 00:31 Made In Kaskus Posts: kalo dirupiahin berapa tuh mata uang zimbabwe 08-03-2018 00:31 08-03-2018 00:46 Kaskus Freak Posts: udah 24 jam pekwan masih kosong ?? astaga 08-03-2018 00:46 08-03-2018 05:52 Aktivis Reg.

Banyuwangi Posts: buset dah, tuh zimbabwe, tapi kalo sudah pake mata uang lain, gimana kursnya yak? gak ada dong.08-03-2018 05:52 Kaskus Geek Posts: Lumayan banyak juga negara yg gak punya mata uang sendiri gan 08-03-2018 06:05 08-03-2018 06:26 Made In Kaskus Posts: Original Posted By yunda.me buset dah, tuh zimbabwe, tapi kalo sudah pake mata uang lain, gimana kursnya yak? gak ada dong.

Ya pake yuan karena udah gak guna Jadi dollar zimbabwe dripada dituker mending dibuat masak aja tuh 08-03-2018 06:26 08-03-2018 10:12 Kaskus Freak Posts: Original Posted By Joe.One.Choke Palestina yg katanya negara ratusan abad malah gak punya Kayaknya ada yg kurang bre Apa gan? Original Posted By tukang.semprot beli hp di zimbabwe bayar duwitnya satu truk bray Itu sudah tinggal sejarah gan.

Original Posted By nissan.gtr.35 35 quadrillion?! Holy shi-! Iya gan. Original Posted By edsixteen kalo dirupiahin berapa tuh mata uang zimbabwe 35 ribu triliun dolar Zimbabwe ‘kan sama dengan 1 dolar AS berarti sama dengan 13 ribuan.08-03-2018 10:12 08-03-2018 10:39 Kaskus Addict Posts: nice inpoh breee moga2x besok, ASEAN juga bikin mata uang sendiri bosen ama rupiah 08-03-2018 10:39 08-03-2018 10:41 Kaskus Freak Posts: Original Posted By bmwm3gtr nice inpoh breee moga2x besok, ASEAN juga bikin mata uang sendiri bosen ama rupiah Sebaiknya agan lihat dulu apa yang terjadi dengan kondisi ekonomi di Eropa, terutama di Yunani kalau ingin ASEAN punya mata uang tunggal.

  1. Pasti ente akan menolak mata uang tunggal.08-03-2018 10:41 08-03-2018 10:44 Kaskus Addict Posts: Original Posted By gilbertagung Sebaiknya agan lihat dulu apa yang terjadi dengan kondisi ekonomi di Eropa, terutama di Yunani kalau ingin ASEAN punya mata uang tunggal.
  2. Pasti ente akan menolak mata uang tunggal.

ahaahhaha kidding om semua ada plus minusnya 08-03-2018 10:44 08-03-2018 10:46 Kaskus Freak Posts: Original Posted By bmwm3gtr ahaahhaha kidding om semua ada plus minusnya Yunani itu ekonominya lemah, utangnya banyak. Tapi memaksakan diri untuk memakai euro dan menyejajarkan diri dengan Jerman yang ekonominya lebih efisien.

Akhirnya, selama 10 tahun terakhir krisis dan hampir kolaps.08-03-2018 10:46 Diubah oleh 08-03-2018 10:46 08-03-2018 10:48 Kaskus Addict Posts: Original Posted By gilbertagung Yunani itu ekonominya lemah, utangnya banyak. Tapi memaksakan diri untuk memakai euro dan menyejajarkan diri dengan Jerman yang ekonominya lebih efisien.

Akhirnya, selama 10 tahun terakhir krisis dan hampir kolaps. baru tau ane om, jadi penggunaan euro di uni eropa itu bukan kewajiban yaaa ane kira wajib 08-03-2018 10:48 08-03-2018 10:59 Kaskus Freak Posts: Original Posted By bmwm3gtr baru tau ane om, jadi penggunaan euro di uni eropa itu bukan kewajiban yaaa ane kira wajib Sebenarnya wajib gan.
Lihat jawaban lengkap

Apa perbedaan mata uang di Indonesia dan Jepang?

Selasa, 11 Januari 2022 – 05:44 WIB loading. Negara Yang Tidak Punya Mata Uang Sebuah negara memiliki mata uangnya masing-masing. Namun, ada beberapa negara yang justru tidak memiliki mata uang, berikut daftarnya. Foto/Dok A A A JAKARTA – Hampir setiap negara di dunia memiliki mata uangnya sendiri, namun ada beberapa negara memiliki jenis mata uang yang sama.

  1. Misalnya, di Indonesia, mata uangnya adalah Rupiah, sedangkan di Jepang mata uangnya adalah Yen.
  2. Sedangkan negara yang menggunakan mata uang yang sama di antaranya Amerika, Ekuador, Kamboja, Panama, dan Kawasan Samudera Hindia Britania.
  3. Fungsi dari mata uang sama dengan uang pada umumnya yaitu sebagai alat tukar.

Perbedaannya adalah nilainya, dimana setiap mata uang memiliki nilai tukar yang berbeda-beda. Baca Juga: IMF Cemas dengan Perkembangan Mata Uang Kripto, Ini 3 Alasannya Mata uang adalah satuan harga uang yang disetujui oleh pemerintah dan rakyatnya dalam sebuah negara.

Sebuah negara memiliki mata uangnya masing-masing. Namun, ada beberapa negara yang justru tidak memiliki mata uang, berikut daftarnya.1. Timor Leste Timor Leste adalah salah satu negara yang belum memiliki mata uang sendiri. Negara yang memisahkan diri dari Indonesia ini memilih dolar AS sebagai mata uang resmi di Timor Leste sejak tahun 2000 dengan dikeluarkannya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000.

Meskipun demikian, masyarakat masih diperbolehkan menggunakan mata uang lain yang juga masih beredar cukup banyak seperti rupiah, bath (Thailand), escudo (Portugis), dan dolar Australia.2. Monako Monako merupakan negara merdeka terkecil kedua di dunia.

Negara itu dikelilingi oleh Prancis di tiga sisi, serta memiliki garis pantai di Laut Mediterania di sisi keempat. Melansir dari BBC, mata uang Monako adalah Euro. E Euro menggantikan mata uang lokal bagi 11 negara anggota Uni Eropa. Monako menjadi negara non-Uni Eropa yang menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang resmi dengan perjanjian Maastrich tentang Uni Eropa pada 1992.

Perjanjian ini menyingkirkan sejumlah persyaratan berat seperti stabilitas harga dan inflasi rendah bagi negara-negara yang ingin menggunakan mata uang tersebut. Meski tidak seluruhnya, mayoritas negara-negara Uni Eropa menggunakan Euro sebagai alat tukar. 3 jam yang lalu 3 jam yang lalu 4 jam yang lalu 4 jam yang lalu 4 jam yang lalu 4 jam yang lalu
Lihat jawaban lengkap