Dibawah Ini Yang Termasuk Kredit Pasif Yaitu?

Dibawah Ini Yang Termasuk Kredit Pasif Yaitu
Produk kredit pasif: Tabungan, Giro, Deposito, Deposit on call, dan Deposit Automatic Roll Over. Produk kredit aktif : Kredit rekening Koran, kredit reimburse, kredit aksep, kredit dokumenter, dan kredit dengan jaminan surat berharga. – Produk kredit pasif: Tabungan, Giro, Deposito, Deposit on call, dan Deposit Automatic Roll Over.
Lihat jawaban lengkap

Kredit aktif apa saja?

Perbedaan Kredit Pasif dan Kredit Aktif – Meski sama-sama bagian dari kredit, tetapi kredit aktif dan kredit pasif berbeda. Kredit aktif adalah kredit usaha kecil dan mikro,, kredit modal kerja, pembelian surat berharga, dan lain-lain yang diberikan bank kepada nasabah untuk kepentingan produktif.

  • Sedangkan kredit pasif merupakan aliran dana dari masyarakat yang masuk ke bank.
  • Dengan kata lain, kredit pasif adalah dana tabungan dari nasabah yang disetor bank.
  • Produk yang masuk kategori kredit pasif dan kredit aktif adalah sebagai berikut: ● Kredit Pasif 1.
  • Tabungan: ini adalah tempat nasabah menyimpan uang di bank.

Nasabah dapat kapan saja menyimpan, mengambil, atau memindahkan uangnya dari rekening tabungan. Dalam tabungan, bank akan memberikan nasabah berupa bunga, dan nasabah wajib membayar biaya administrasi.2. Deposito Berjangka: Tabungan berjangka atau biasa disebut dengan deposito berjangka adalah sistem penyimpanan uang nasabah yang tak bisa diambil sewaktu-waktu.

Misal deposito berjangka tiga bulan, nasabah hanya bisa mengambil dana ketika jatuh tempo atau mencairkan bunga setiap tiga bulan sekali. Pada umumnya, bunga deposito lebih tinggi dibanding bunga tabungan. Sehingga deposito sering digunakan nasabah sebagai tempat berinvestasi. Karena caranya mudah, cukup likuid, keuntungannya stabil, serta minim risiko.

Namun deposito hanya cocok untuk investor tipe konservatif. Investor tipe moderat dan agresif kurang cocok. Karena tipe moderat memilih produk investasi yang memberikan keuntungan lebih tinggi dengan risiko sepadan, seperti atau obligasi. Tipe agresif menginginkan investasi yang memberikan keuntungan paling besar, meski risikonya juga besar.

  1. Seperti saham atau reksa dana saham yang pergerakannya sangat fluktuatif dan dipengaruhi kondisi pasar saat itu.
  2. Namun saat menyimpan saham dalam jangka waktu lama, kemungkinan besar investor memperoleh keuntungan yang menggiurkan.
  3. Unduh untuk informasi lengkap mengenai investasi.3.
  4. Deposit On Call: ini adalah tabungan yang bisa diambil setelah ada pemberitahuan dahulu dari penabung.4.
You might be interested:  Dokumen Yang Diterima Setelah Akad Kredit Kpr?

Deposit Automatic Roll Over: ini adalah salah satu jenis deposito, di mana jika nasabah tidak mengambil dananya hingga waktu jatuh tempo, maka deposito otomatis diperpanjang dan bunganya langsung dihitung.5. Giro: giro merupakan simpanan atau tabungan nasabah yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

Untuk memudahkan nasabah dalam menggunakan uangnya, bank mengeluarkan cek atau, ● Kredit Aktif 1. Kredit Rekening Koran (R/K): ini adalah kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah sesuai dengan kebutuhan, seperti mutasi atau pemindahan buku. Selain itu, jaminan dari kredit rekening koran berupa surat berharga, sertifikat tanah, mobil dan BPKB, dan masih banyak lagi.

Misal Pak Ahmad mengajukan kredit usaha ke bank untuk membiayai bisnisnya yang makin berkembang. Maka ia harus memenuhi syarat administratif, yaitu melampirkan rekening koran dan jaminan sertifikat tanah sebelum pengajuan kredit disetujui oleh pihak bank.2.

Kredit Reimburs (): berikutnya tentang kredit aktif adalah kredit reimburs, yaitu bank yang memberikan pinjaman kepada nasabah dengan cara membayar harga beli sebuah barang.3. Kredit Dokumenter: ini merupakan kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah, karena ia telah menyerahkan jaminan dokumen kepada bank.4.

Kredit Aksep: kredit ini diberikan oleh pihak bank, caranya bank menandatangani aksep yang ditarik oleh nasabah.5. Kredit Dengan Jaminan Surat Berharga: seperti namanya, ini merupakan kredit dari bank kepada nasabah untuk membeli surat-surat berharga.

  • – Mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.
  • – Meningkatkan usaha serta penghasilan masyarakat.
  • – Membuka lapangan pekerjaan lebih banyak.
  • – Mengembangkan dunia usaha, baik skala UMKM maupun industri.
  • – Memperluas pasar sekaligus menambah pendapatan negara.
  • – Mempertahankan dan membantu usaha perbankan.

Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Rekening Yang Dicatat Disebelah Kredit Pada Neraca Saldo Penutupan Adalah?

Undang-undang no 10 tahun 1998 usaha apa yang boleh dijalankan oleh bank umum?

Kegiatan Usaha Bank Umum – Kegiatan usaha yang dapat dilaksanakan oleh Bank Umum:

Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan, dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.Memberikan kredit.Menerbitkan surat pengakuan utang.Membeli, menjual, atau menjamin atas risiko sendiri maupun untuk kepentingan dan atas perintah nasabahnya:

Surat-surat wesel termasuk wesel yang diakseptasi oleh bank yang masa berlakunya tidak lebih lama daripada kebiasaan dalam perdagangan surat-surat dimaksud.Surat pengakuan utang dan kertas dagang lainnya yang masa berlakunya tidak lebih lama dari kebiasaan dalam perdagangan surat-surat dimaksud.Kertas perbendaharaan negara dan surat jaminan pemerintah.Sertifikat Bank Indonesia (SBI).Obligasi.Surat dagang berjangka waktu sampai dengan satu (1) tahun.Instrumen surat berharga lain yang berjangka waktu sampai dengan satu (1) tahun

Memindahkan uang baik untuk kepentingan sendiri maupun untuk kepentingan nasabah.Menempatkan dana pada, meminjam dana dari, atau meminjamkan dana kepada bank lain, baik dengan menggunakan surat, sarana telekomunikasi maupun dengan wesel unjuk, cek atau sarana lainnya.Menerima pembayaran dari tagihan atas surat berharga dan melakukan perhitungan dengan antar pihak ketiga.Menyediakan tempat untuk menyimpan barang dan surat berharga.Melakukan kegiatan penitipan untuk kepentingan pihak lain berdasarkan suatu kontrak.Melakukan penempatan dana dari nasabah kepada nasabah lainnya dalam bentuk surat berharga yang tidak tercatat di bursa efek.Melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan wali amanat.Menyediakan pembiayaan dan atau melakukan kegiatan lain berdasarkan Prinsip Syariah, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.Melakukan kegiatan lain yang lazim dilakukan oleh bank sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

You might be interested:  Bagaimana Cara Pinjam Uang Di Shopee?

Lihat jawaban lengkap

Apa arti kredit aksep?

Kredit Aksep adalah Kredit yang diberikan kepada nasabah dengan cara menandatangani wesel ( aksep ) yang ditarik oleh nasabah. Aksep ini bisa diperjual belikan.
Lihat jawaban lengkap

Mengapa bank asing di Indonesia dilarang menghimpun dana dalam bentuk tabungan?

Jawaban Karena dikhawatirkan akan mempengaruhi pangsa pasar bank nasional. Pembahasan Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang berperan menghimpun dana dalam bentuk simpanan bagi nasabah dan memberikan pinjaman kepada pihak yang membutuhkan dengan perjanjian kesanggupan bayar.

Bank Asing adalah nak yang kepemilikan modalnya didominasi oleh pihak asing contohnya adalah bank of china, bank of korea, dan lain sebagainya. Bank asing dilarang menghimpun dana dalam bentuk tabungan karena dikhawatirkan akan mempengaruhi pangsa pasar bank nasional. Hal ini disebabkan kecenderungan modal bank asing lebih tinggi dibandingkan modal yang dimiliki bank nasional.

Jadi, larangan bank asing menghimpun dana dalam bentuk tabungan karena dikhawatirkan akan mempengaruhi pangsa pasar bank nasional.
Lihat jawaban lengkap