Celengan Yang Aman Untuk Uang Kertas?

Celengan Yang Aman Untuk Uang Kertas
Cara Memilih Celengan yang Aman untuk Menabung Uang Kertas Desember 02, 2021 Cara Memilih Celengan yang Aman untuk Menabung Uang Kertas_ Uang kertas memiliki karakter yang berbeda dengan uang koin. Perawatannya pun tentunya juga berbeda dengan uang koin.

  • Jika uang koin bisa di simpan selama bertahun-tanuh di tempat sembarangan, tetapi uang kertas tidak bisa.
  • Sebab pastinya akan di makan rayap atau lapuk akibat terpapar udara bebas dalam waktu yang lama.
  • Jadi buat Anda yang berniat menyimpan atau menabung dalam bentuk uang kertas, alangkah baiknya jika benar-benar mencarikan tempat yang aman.

Yang tidak gampang kita ambil atau di ambil orang lain, dan juga yang tidak menyembabkan fisik uang tersebut menurun kualitasnya.Jika uang kertas tersebut kita simpan atau tabung di bank, pastinya akan aman, tanpa perlu khawatir terjadi resiko di atas, karena penjagaan seluruhnya di tanggung oleh pihak bank.

Namun, karena penitiapan di bank itu terkena pajak di setiap bulannya dan tidak bisa diambil setiap watu, tidak sedikit di antara kita masih lebih memilih untuk menabung secara konvensional di celengan.Lantas, bagaimana cara memilih celengan yang tepat dan aman untuk tempat menabung atau menyimpan uang kertas kita, agar aman dan bentuk fisiknya tidak berubah? Nah berikut ini kami bagikan ulasannya untuk Anda.

Silahkan disimak.

Cara Memilih Celengan Yang Tepat dan Aman Untuk Menabung Uang Kertas 1. Pilihlah Celengan yang Bentuknya Agak Lapang atau Besar 2. Pilihlah Celengan yang Lubang Untuk Memasukkan Uangnya Lebih Lebar

Memilih celengan yang agak lega atau agak luas, bisa menghindarkan uang kertas Anda dari kerusakan. Selain itu dengan memilih celengan yang ukurannya agak besar, maka daya tampungnya akan banyak. Jadi bisa memuat simpanan uang kertas Anda selama bertahun-tahun.Uang kertas yang dimasukkan secara paksa karena ukuran lubangnya tidak sesuai dapat membuat uang kertas rusak karena lecek.Oleh karena itu, Anda harus membedakan celengan uang kertas dengan celengan uang koin.

  1. Lebih baik menabung uang kertas pada celengan yang lubangnya lebih lebar,Jadi idealnya antara uang kertas dan uang koin, sendiri-sendiri celengannya.
  2. Arena untuk uang koin jika lubangnya di buat lebar, akan membuat uang tersebut mudah keluar jika posisi celengannya terbalik.3.
  3. Tempatkan di Tempat Kering dan Tidak Lembap.

Uang kertas yang dimasukkan dalam celengan tertutup dan dalam kurun waktu yang lama karena tidak pernah dibuka bisa beresiko merusak kualitas fisik dari uang kertas tersebut, karena lembap.Nah, untuk mengatasi atau menghindari hal tersebut Anda bisa menambahkan arang kelapa atau slica jel untuk menyerap kelembapan dan bisa juga di masukkan kapur barus untuk menghindari ngengat.Dan yang lebih penting, tempatkan celengan tersebut di tempat yang sirkulasinya bagus dan kering, untuk menghindari kerusakan akibab lembab.4.

Pilih Celengan dari Bahan yang Tepat Memilih celengan sebaiknya jangan hanya di lihat dari bentuk atau model fisiknya saja. Walaupun bentuk celengan yang bagus bisa membuat buah hati kita lebih semangat untuk menabung, tetapi jika bahan celengan tersebut tidak tepat, bisa merusak uang kertas kita yang tersimpan di dalamnya.Dalam hal ini, hindari celengan yang terbuat dari bambu atau kayu, atau bahan lain yang bisa di makan rayap.

Terlebih jika kita berencana membuka celengan tersebut dalam jangka waktu yang lama, di atas 5 tahun atau bahkan 10 tahun. Sebaiknya cari celengan yang kuat, kokoh dan terbuat dari bahan besi, alumunium ataupun plastik yang kwalitasnya bagus dan tebal.5.

  • Menggunakan Celengan ATM Mini Jika Anda ingin membuat buah hati Anda lebih semangat lagi dalam menabung, maka tidak ada salahnya jika Anda membelikan celengan ATM mini.
  • Celengan ATM mini adalah salah satu mainan edukatif yang saat ini sudah populer di kalangan masyarakat, terlebih masyarakat perkotaan.Celengan ATM mini ini bentuk fisiknya sangat mirip dengan ATM, tetapi bahan dan ukurannya saja yang berbeda.

Uniknya, di ATM mini ini Anda dapat menabung uang kertas Anda, dan mengamankannya dengan pasword atau pin layaknya ATM beneran. Anda bisa mengecek saldo, melakukan tarik tunai, dan tentunya menabungkan uang kertas Anda.Bentuknya yang menarik, di tambah teknologi yang tersemat di dalamnya, pastinya selain membuat uang tersebut aman tersimpan, juga membuat anak Anda semakin semangat lagi untuk terus menabung.
Lihat jawaban lengkap

Apakah aman nabung uang kertas di celengan?

TIPS Menabung di Celengan Agar Tidak Dimakan Rayap, Ini yang Wajib Diperhatikan – Tribun-bali.com Jumat, 16 September 2022 14:34 PIXABAY TIPS Menabung di Celengan Agar Tidak Dimakan Rayap, Ini yang Wajib Diperhatikan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – TIPS Menabung di Agar Tidak Dimakan Rayap, Ini yang Wajib DiperhatikanBaru-baru ini nasib malang menimpa seorang penjaga sekolah di Solo, Jawa Tengah. Baca juga: Baca juga: Uang tabungan yang ia simpan di dalam celengan, hancur dimakan rayap.Tak tanggung-tanggung, jumlah uang ini kabarnya mencapai Rp 50 juta.Nah, agar tak mengalami kejadian seperti ini, bagaimana cara menyimpan uang tabungan agar tak dimakan rayap?Direktur Departemen Komunikasi (BI) Junanto Herdiawan mengatakan, menyimpan atau uang kertas di celengan memang berisiko dirusak oleh hewan-hewan seperti rayap.”Iya, kalau disimpan (di celengan) kayak gitu memang risiko ya, karena uang kertas ini bahan dasarnya mengandung kertas sehingga perawatannya menjadi penting,” ujar Junanto dilansir Kompas.com (16/9)Ia mengingatkan, saat menyimpan uang kertas di celengan, pastikan semuanya dalam keadaan bersih. harus dalam keadaaan kering dan tidak lembab.Kondisi lembab bisa mengundang datangnya rayap.”Apabila ingin menyimpan (tabungan) di rumah ya harus dijaga kebersihan dan kerapiannya, seperti kita menyimpan pakaian atau dokumen penting, tentu perlu disimpan di tempat yang bersih dan terjaga,” ujar Junanto.Jika ingin uang di rumah, Junanto menyarankan agar agar menyimpannya di tempat berbentuk boks yang menggunakan kunci.Ia juga mengimbau agar memperlakukan uang kertas dengan cara yang aman dan tidak bersifat merusak.”Sebaiknya masyarakat tidak melipat-lipat, membasahi, men-stapler, mencoret-coret, dan sejenisnya karena itu juga akan merusak uang kertas,” kata dia.

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Memo Kredit Dalam Transaksi Retur Penjualan?

: TIPS Menabung di Celengan Agar Tidak Dimakan Rayap, Ini yang Wajib Diperhatikan – Tribun-bali.com
Lihat jawaban lengkap

Apakah celengan plastik aman dari rayap?

JAKARTA – Apakah celengan bisa dimakan rayap? ini jawabannya. Pertanyaan apakah celengan bisa dimakan rayap muncul usai viralnya tabungan haji puluhan juta rupiah dalam celengan hancur dimakan rayap. Kejadian tabungan puluhan juta dimakan rayap ini membuat orang takut menabung di celengan.

Lantas apakah celengan bisa dimakan rayap? Melansir data Puslitbang Hasil Hutan Departemen Pertanian/Kehutanan, Kamis (15/9/2022), makanan utama rayap adalah bahan tanaman baik yang masih hidup maupun yang mati. Bagian tanaman atau kayu yang lapuk dan tanah yang berhumus merupakan makanan utama rayap.

Semua bahan yang mengandung selulosa dapat menjadi makanan rayap. Artinya, celengan yang terbuat dari kayu atau tanah liat rawan dimakan rayap. Namun, dalam data tersebut disebutkan juga bahwa dalam keadaan tertentu, bahan lain seperti kulit atau plastik bisa diserang rayap.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan celengan target?

Celengan Target adalah Tantangan nabung dengan target tertentu dalam sebulan atau setahun, coret kotaknya ketika menabung, setiap hari untuk tantangan menabung dalam sebulan atau setiap minggu untuk tantangan menabung dalam setahun. Celengan Target Target 1 bulan 30 kotak = 30 hari Target 1 tahun 52 kotak = 52 minggu Celengan Target ini memudahkan untuk kebutuhan atau keinginan kamu nantinya.
Lihat jawaban lengkap

Celengan bentuk nya apa?

Manfaat Menabung Tradisional dengan Menggunakan Celengan untuk Kamu Orang tua pada masa lalu memiliki kebiasaan menabung dengan menggunakan celengan. Celengan adalah wadah yang terbuat dari tanah liat, plastik, atau bahan lainnya dengan bentuk-bentuk menyerupai binatang yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan uang.
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang bisa berjamur?

Menyimpan dengan Aman – Menyimpan uang di rumah memang berisiko tinggi. Dari mulai hilang karena pencurian hingga hancur dimakan rakyat. Banyak pihak menganjurkan untuk menyimpan uang di perbankan karena akan lebih aman. Namun masih banyak warga yang memilih menyimpan uang di rumah.

Ada beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk menjaga uang tidak rusak walaupun disimpan di rumah. Brankas mungkin menjadi tempat yang aman untuk menyimpan uang. Hanya saja, harga brangkas masih cukup mahal, sehingga banyak orang yang memilih menyimpannya di bawah kasur. Saran lainnya, sebaiknya tempatkan uang yang akan disimpan dalam kantung plastik.

Kalau perlu, gunakan plastik khusus yang bisa menjaga kualitas uang lebih baik karena tidak menempel pada lembaran yang bisa merusak tampilan fisiknya. Hindari menyimpannya di lemari kayu apalagi tanpa dibungkus dengan plastik. Karena kayu sering menjadi tempat berkembang biaknya rayap.

Selain rayap, sebenarnya risiko lain dari menyimpan uang di rumah adalah jamur. Uang yang disimpan di tempat lembab akan rentan dihinggapi jamur. Ini tentu akan merusak uang yang disimpan. Simpanlah di tempat yang kering. Sementara itu, mengutip Banknoteworld, penting bagi Anda apalagi bagi penggemar urang kertas untuk memperhatikan cara penyimpanan yang benar agar tidak mengalami kerusakan.

Di mana Anda menyimpan uang sama pentingnya dengan bahan apa yang akan digunakan untuk menyimpan uang itu. “Hal utama adalah menyimpan uang di tempat yang sejuk dan kering. Anda harus memastikan bahwa uang berada di tempat dengan kelembaban rendah, dengan kelembaban yang disarankan antara 45 dan 55 persen,” ungkapnya.

  • Uang juga tidak boleh terkena sinar matahari langsung.
  • Tidak disarankan juga untuk menyimpan uang kertas di loteng atau ruang bawah tanah karena terlalu banyak panas atau kelembaban akan mempengaruhi kualitas bahan.
  • Pastikan suhu di tempat penyimpanan tidak melebihi 23 derajat Celsius.
  • Saat menangani uang, disarankan agar Anda mengenakan sarung tangan katun lembut atau nitril.

Selain itu, cobalah untuk membatasi frekuensi penanganan uang kertas untuk menghindari kerusakan. Noda pada uang kertas bisa terjadi karena Anda memegangnya dengan tangan kosong. Anda mungkin berpikir bahwa telapak tangan tidak lembab, tetapi pada kenyataannya, mengandung air dan minyak, yang akan berpindah ke uang dan menurunkan kualitasnya.

  • Lakukan pemeriksaan rutin untuk melihat bagaimana kondisi uang Anda.
  • Dengan cara ini, Anda dapat menemukan dengan segera kerusakan sekecil apa pun sebelum uang rusak terlalu jauh,” jelasnya.
  • Sedangkan Kepala KPw BI Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan, meskipun saat ini bahan uang kertas semakin baik, namun masyarakat harus berhati-hati ketika menyimpannya agar tidak rusak.

Ia memberi saran agar uang disimpan di tempat kering jangan di tempat yang lembab. Hal ini dilakukan agar uang tidak berjamur. Ia juga mengingatkan jangan terlalu lama menyimpan uang di rumah. Tempat penyimpanan pun harus dicek berkala. “Namun tempat yang paling aman dan terbaik menyimpan uang adala di bank,” katanya.

Setuju, cara menyimpan uang terbaik adalah di perbankan. Hal ini mengingat salah satu fungsi bank adalah untuk menyimpan uang. Uang di bank juga dicatat dengan baik dan bisa menyimpan uang dengan jumlah yang banyak serta berjangka waktu lama. Selain itu, menyimpan uang di bank juga bebas dari risiko pencurian seperti saat menyimpan uang di rumah.

: Masih Mau Simpan Uang di Rumah? Ikuti Tips Ini Agar Tidak Rusak
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang kertas bisa dimakan rayap?

Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial Minggu, 23 Oktober 2022 | 16:09 WIB Celengan Yang Aman Untuk Uang Kertas Kasus uang kertas senilai puluhan juta rupiah rusak karena dimakan rayap kembali terjadi. Kali ini dialami Raswiyanto, warga Madiun, Jawa Timur. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV) Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam dua bulan terakhir, setidaknya sudah ada dua kasus uang kertas bernilai puluhan juta rupiah yang dimakan rayap saat disimpan di rumah.

Terbaru, uang kertas senilai lebih dari Rp35 juta milik Raswiyanto, warga Madium, Jawa Timur, ludes dimakan rayap setelah disimpannya di lemari. “Ceritanya, waktu itu saya habis menjual mobil, uang saya taruh di wadah snack kardus itu, terus saya taruh di atasnya kertas yang ada di almari,” kata dia, Minggu (23/10/2022), dikutip dari tayangan Kompas Siang KOMPAS TV,

You might be interested:  Jelaskan Bagaimana Terciptanya Kebijakan Mata Uang Ori?

“Tidak tahunya, lain waktu saya mau ambil, saya mau pindah ke tabungan ke bank, sudah hancur karena sebelum kami tumpuki kardus, di bawahnya rayapnya sudah ada,” tutur Raswiyanto. Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menjelaskan, menyimpan uang kertas di celengan memang berisiko dimakan rayap.

Iya, kalau disimpan (di celengan) kayak gitu memang risiko ya, karena uang kertas ini bahan dasarnya mengandung kertas sehingga perawatannya menjadi penting,” ujar Junanto saat dihubungi Kompas.com, Jumat, 26 November 2021 lalu. Agar tak mengalami kejadian seperti ini, ia mengingatkan agar celengan dalam keadaaan bersih saat dipakai untuk menyimpan uang kertas.

Celengan juga harus dalam keadaaan kering dan tidak lembab. Kondisi lembab bisa mengundang datangnya rayap. Baca Juga: Terjadi Lagi, Uang Puluhan Juta Ludes Dimakan Rayap, Pemilik: Ya Udah Ndak Apa-apa “Apabila ingin menyimpan (tabungan) di rumah ya harus dijaga kebersihan dan kerapiannya, seperti kita menyimpan pakaian atau dokumen penting, tentu perlu disimpan di tempat yang bersih dan terjaga,” ujar Junanto.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang di benci rayap?

1. Turunkan Suhu Ruangan – Cara membasmi rayap secara alami yang pertama adalah dengan menurunkan suhu ruangan. Rayap tak hanya benci cahaya dan suhu panas, mereka juga ternyata cenderung benci suhu dingin yang ekstrem. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu hanya perlu meletakkan perabotan kayu yang mungkin dapat diserang rayap di ruangan ber-AC dan atur agar AC tersebut bersuhu rendah.
Lihat jawaban lengkap

Celengan babi itu apa?

Celengan Babi adalah wadah untuk menyimpan lebih banyak Token di akhir Musim Lembah! Selain token reguler yang langsung masuk ke dompet token, akan ada token ekstra yang diberikan saat kamu menyelesaikan permintaan bangunan seperti biasa (termasuk permintaan grup). Token ekstra ini akan disimpan di Celengan Babi.
Lihat jawaban lengkap

Kenapa celengan berbentuk babi?

Simbol kesuburan, kekayaan, dan keberuntungan – Terlepas dari bahan tanah liat yang bernama pygg, beberapa ahli menganggap bahwa babi memiliki makna budaya dan sering dianggap sebagai simbol kemakmuran, kekayaan, atau keberuntungan. Banyak sejarawan China berpendapat bahwa selama Dinasti Qing, gagasan wadah uang berbentuk babi muncul karena babi adalah simbol kekayaan dan kelimpahan di bawah Dinasti Qing.

Selain itu di Jerman, babi dianggap sebagai simbol kesuburan dan kesederhanaan. Di Jerman, ketika seorang beruntung sering disebut schwein gehabt yang artinya mendapat babi. Baca juga: Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. : Mengapa Celengan Identik dengan Bentuk Babi? Halaman all – Kompas.com
Lihat jawaban lengkap

Sedekah Subuh celengan?

Celengan sedekah subuh merupakan tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan uang. Tak berbeda dengan celengan pada umumnya, celengan sedekah pagi memiliki fungsi sama. Hanya saja penggunaan uangnya yang berbeda. Uang yang terkumpul nantinya akan disalurkan untuk membantu orang lain.
Lihat jawaban lengkap

Apa manfaat celengan dari kardus?

Celengan dari kardus ini sebenarnya menjadi instrumen pembelajaran menabung sejak dini yang sangat baik dan efektif. Sebab, dengan memiliki celengan yang dibuat sendiri, maka anak-anak akan belajar menyisihkan uangnya dan berhemat.
Lihat jawaban lengkap

Menabung 5000 per hari setahun berapa?

5. Investasi – Jika ditotal secara keseluruhan empat kegiatan seru di atas. Maka, dana yang kamu keluarkan yaitu sebesar Rp 1.575.000. Nah, uang yang terkumpul dalam satu tahun dengan menabung 5 ribu rupiah, yaitu Rp 1,8 juta. Maka, masih tersisa uang sebesar Rp 225 ribu.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang mengundang rayap?

©Shutterstock – Rayap bisa dibilang mengancam hampir semua jenis bangunan, dari rumah biasa hingga gedung bertingkat. Binatang kecil ini bisa masuk dari celah-celah yang tersembunyi dari dalam tanah hingga ke dalam ruangan. Terlebih di wilayah tropis, curah hujan yang tinggi membuat tanah lembap dan membuat rayap makin cepat berkembang biak.

  1. Pemilik rumah sering kali tidak menyadari saat rayap mulai menyerang furnitur dan bagian-bagian rumah yang terbuat dari kayu.
  2. Lama-kelamaan furnitur dan kayu pada rumah mulai keropos dan rusak akibat digerogoti rayap.
  3. Begitu juga dengan koleksi buku kesayangan yang tidak luput dari serangan rayap.
  4. Untuk menghindarinya, 6 tips berikut bisa Anda ikuti.

Semoga membantu! Tutup retakan di dinding dan lantai Makhluk kecil ini biasanya masuk ke rumah dengan menggerogoti celah yang ada di rumah. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya segera tutup retakan maupun celah pada dinding dan lantai rumah karena berpotensi jadi jalan masuknya rayap ke rumah Anda.

  1. Artikel lainnya: Mengenal Jenis-jenis Talang Air dan Cara Merawatnya Lindungi kayu Kayu sebagai makanan utama rayap membuat bagian-bagian rumah mulai dari kusen, rangka atap dari kayu, hingga furnitur perlu diberi perlindungan ekstra.
  2. Sebaiknya jemur furnitur kayu Anda secara rutin agar tidak lembap.

Kemudian lapisi furnitur maupun bagian rumah lainnya yang terbuat dari kayu dengan cairan anti rayap untuk menghalau serangan rayap. Peletakan unsur kayu pada rumah juga perlu diperhatikan. Sebisa mungkin hindari meletakkan kusen maupun material kayu lainnya pada rumah langsung menyentuh tanah.

Hindari genangan air Segera tutup genangan air bila terjadi di pekarangan rumah Anda karena berpotensi membuat tanah semakin lembap dan mengundang rayap membuat sarang. Usaha menutup genangan ini juga perlu dilakukan bersama-sama dengan tetangga karena tak jarang lokasi sarang rayap tidak tepat di bawah rumah yang terserang rayap, melainkan di tanah sekitar rumah tersebut.

Dengan bekerja sama, Anda dan tetangga akan lebih terlindungi dari serangan rayap yang mungkin terjadi. Artikel lainnya: 6 Masalah di Kamar Mandi dan Cara Menghindarinya Perbaiki ventilasi Udara lembap adalah faktor utama yang mengundang rayap. Buat sirkulasi udara selancar mungkin dan sediakan jendela maupun ventilasi untuk masuknya sinar matahari.

You might be interested:  Berikut Yang Termasuk Dalam Unsur-Unsur Kredit Adalah?

Dengan begitu rayap akan enggan menghampiri rumah Anda. Bersihkan area buku secara berkala Seperti yang kita tahu, kertas terbuat dari serat-serat kayu yang diolah. Rayap sebagai pemakan kayu, tentu menyukai serat-serat ini sehingga tak heran kita sering menemui buku yang hancur dimakan rayap. Buat Anda pecinta buku, rawat buku-buku koleksi Anda dengan membersihkannya secara berkala.

Perhatikan kondisi rak buku dan segera ganti ke rak baru bila sudah terlihat tanda-tanda serangan rayap seperti noda tanah berwarna cokelat. Periksa pest control Untuk pencegahan yang lebih efektif, gunakan jasa pest control secara berkala sekitar 3 sampai 6 bulan sekali.

  1. Petugas pest control akan mendeteksi risiko serangan rayap dan memberikan langkah antisipasi misalnya lewat injeksi atau penyuntikan zat khusus anti rayap ke dalam tanah dan penyemprotan bahan anti rayap.
  2. Artikel lainnya: 6 Tips Memilih Furnitur Eco-friendly Demikianlah enam tips hindari serangan rayap di rumah yang bisa Anda lakukan.

Simak juga berbagai tips seputar rumah lainnya di Archify, Anda juga dapat menyimak beragam inspirasi desain serta pilihan desainer interior yang siap membantu Anda mewujudkan desain rumah impian. Archifynow blog platform ArchifyNow is an online design media that focuses on bringing quality updates of architecture and interior design in Indonesia and Asia Pacific.
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang di celengan kaleng aman dari rayap?

Uang di dalam celengan bisa dimakan rayap. Kalau tikus agak kesulitan untuk makan. Kalay celengannya terbuat dari logam atau plastik rayap juga kemungkinan besar tidak masuk. Yang perlu diwaspadai adalah jika celengannya dari kayu, bambu atau dari tanah liat.
Lihat jawaban lengkap

Apa bedanya menabung di bank dengan menabung di celengan?

Bobo.id – Siapa di antara teman-teman yang suka menabung? Sama dong dengan Bobo, Bobo juga suka menabung! Dalam program Belajar dari Rumah hari ini ada materi tentang Uang dan Kegiatan Jual Beli, lo. Salah satunya adalah tentang keuntungan menabung di Bank,

  1. Memangnya apa bedanya menabung di celengan dan menabung di Bank, ya? Menyimpan Uang di Celengan dan di Bank Apakah kamu rajin menabung di celengan di rumah? Ini adalah kebiasaan baik, lo.
  2. Tapi, kita juga bisa menyimpan uang yang kita miliki di Bank.
  3. Apa bedanya menyimpan uang di celengan dan di Bank, ya? Menabung di Bank lebih aman jika dibandingkan menabung di celengan, teman-teman.

Uang yang disimpan tidak mudah dicuri ataupun tercecer. Bank merupakan tempat di mana orang bisa menabung dan meminjam uang. Jadi, uang yang ditabung seseorang di Bank juga akan dipinjamkan oleh Bank ke orang lainnya atau diinvestasikan, misalnya untuk orang yang memiliki usaha atau bisnis.

  1. Ini karena Bank merupakan Lembaga keuangan yang memiliki wewenang untuk menyimpan dan menyalurkan dana masyarakat.
  2. Nah, orang yang mendapatkan pinjaman itu harus mengembalikan pinjaman dalam jangka waktu tertentu denga jumlah uang yang dipinjam ditambah bagian keuntungan bagi hasil yang disepakati.
  3. Baca Juga: Bagaimana Caranya Supaya Kita Bisa Menabung? Ikuti 3 Cara Menabung untuk Anak-Anak Ini Selain aman, manfaat lain menyimpan uang di Bank adalah tabungan kita terjamin karena ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Menabung di Bank juga praktis, karena sekarang sudah ada teknologi yang mendukung kita menabung atau mengambil tabungan selama 24 jam, seperti ATM, Mobile-Banking, SMS-Banking, dan Internet-Banking. Kemudian menabung di Bank juga hemat, apalagi kalau kita rajin menabung.

  1. Alau kita terbiasa menabung di Bank kita terhindar dari kebiasaan membeli barang yang tidak dibutuhkan.
  2. Euntungan yang terakhir ini sebenarnya juga bisa kita dapatkan dengan menabung di celengan.
  3. Hanya saja, kalau celengan mudah dibuka, bisa-bisa kita terus mengambil uang dari celengan dan tabungan tidak lekas terkumpul, deh.

Bagaimana Cara Menabung di Bank? Anak-anak juga bisa membuka rekening di Bank, kok. Ada tabungan khusus anak di bawah 17 tahun yang bisa dibuat atas nama orang tua. Kita bisa mendatangi Bank dengan membawa dokumen seperti data diri. Nanti orang tua akan membantu kita menyiapkan dan mengisinya di Bank.

Menabung di Bank membutuhkan setoran awal, teman-teman. Kita bisa menyiapkannya lebih dulu dengan menabung di rumah. Saat membuat tabungan di Bank, kita akan bertemu kakak Customer Service yang menjelaskan aturan menabung, juga berbagai hal lainnya. Pastikan kamu menyimak baik-baik penjelasannya agar paham, ya.

Baca Juga: Ingin Mulai Rajin Menabung? Ikuti 4 Tips Menabung Cepat Ini, yuk! Manfaat Menabung Kalau teman-teman belum bisa menabung di Bank, tabunglah dulu di celengan, kemudian saat sudah terkumpul kita bisa menyetornya ke Bank. Yang terpenting, buatlah kebiasaan menabung, ya.

  • Arena baik menabung di celengan dan di bank sama-sama memberikan banyak manfaat.1.
  • Belajar Hemat Menabung akan membiasakan kita untuk berpikir panjang sebelum membelanjakan uang, yaitu mendahulukan kebutuhan yang mendesak daripada keinginan yang bisa ditunda.2.
  • Belajar Menghargai Jika menabung, uang saku kita pasti berkurang, kita jadi lebih menghargai uang yang kita miliki.

Ditambah lagi, uang didapatkan orang tua kita dari kerja keras, sehingga kita harus menghargai jerih payah untuk mendapatkannya.3. Belajar Mengatur Uang Kebiasaan menabung akan melatih kita mengatur uang, yaitu dengan membaginya menjadi bagian yang ditabung dan bagian yang digunakan untuk kebutuhan dan keinginan.4.

  1. Belajar Mandiri Kalau kita menabung untuk suatu tujuan tertentu, misalnya membeli buku novel atau sepeda, ini melatih kita mandiri karena membeli hal yang kita inginkan dengan uang kita sendiri.
  2. Tapi ingat untuk menggunakan uang tabungan dengan bijak dan tidak dibelanjakan semuanya, ya.5.
  3. Belajar Tepat Janji Membiasakan diri menabung artinya menepati janji pada diri sendiri, teman-teman.

Karena kita sudah berjanji untuk menabung dengan rutin. Ini juga membantu kita lebih disiplin. Baca Juga: 4 Tips Menabung Cepat Agar Tabungan Lekas Terkumpul, Coba, yuk! Yuk, lihat video ini juga! – Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa, dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.
Lihat jawaban lengkap