Apakah Uang Yang Tidak Keluar Dari Atm Bisa Kembali?

Apakah Uang Yang Tidak Keluar Dari Atm Bisa Kembali
Apakah Uang Yang Hilang Di ATM Bisa Kembali? – Jika penyebab saldo atm bri berkurang sendiri karena adanya skimming bukan karena diambil orang terdekat kamu, maka uang bisa kembali lagi. Termasuk uang tidak keluar tapi saldo berkurang, itu juga bisa kembali.

Uncinya, saat transaksi atm bri gagal tapi saldo berkurang, segera lapor saja. Begitu juga saat atm bri hilang saldo berkurang, transaksi tidak kamu kenal, segera laporkan ke BRI. Semakin canggih dunia perbankan, ternyata si penipu tetap lebih canggih, jadi harus tetap waspada. Dan ingat ingat selalu untuk gunakan PIN dengan bijak.

Baca juga: Cara Ganti PIN ATM BRI,
Lihat jawaban lengkap

Berapa lama uang kembali setelah gagal tarik tunai?

Jangan Panik Ini Solusi Jika Saldo Berkurang Tapi Tarik Uang di ATM Gagal – Semua Halaman – Grid Fame Apakah Uang Yang Tidak Keluar Dari Atm Bisa Kembali mrganso Gagal tarik dana namun saldo berkurang di mesin ATM GridFame.id –Hampir setiap orang pasti pernah melakukan aktivitas tarik dana pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

  • Namun, pernahkah Anda mengalami kondisi saat gagal transaksi melakukan tarik tunai di mesin ATM misalnya.
  • Di mana saat gagal melakukan transaksi tarik tunai namun saldo di ATM kita tiba-tiba berkurang otomatis?
  • Apa yang Anda pikirkan?

Panik bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Karena untuk diketahui bersama, masalah seperti itu hampir juga pernah dialami nasabah bank yang lain.

  1. Jadi agar tidak salah dalam mengatasi hal tersebut, simak tipsnya berikut ini ya.
  2. Jika suatu saat Anda mengaami kondisi gagal transaksi namun saldo berkurang otomatis yang harus Anda lakukan tentu jangan panik.
  3. Karena bisa dipastikan uang Anda bisa kembali, jika hal tersebut memang berasal dari kendala teknis dari mesin ATM.
  4. Meski kenyataannya kendala ini membutuhkan waktu untuk mengembalikan saldo Anda ke kartu ATM.
  5. Baca Juga:
  6. Secara umum untuk mengatasi hal tersebut biasanya beberapa cara ditempuh oleh beragam nasabah bank.
  7. Misalnya coba melapirkan kendala tersebut melalui kantor cabang ataupun dengan menghubungi pihak call center.
  8. Jika Anda ingin mendatangi kantor cabang secara langsung maka jangan lupa membawa beberapa kelengkapan dokumen yang diperlukan seperti foto nomor mesin ATM, catat waktu dan juga lokasi transaksi, kartu ATM dan dokumen pendukung yang relevan lainnya.
  9. Cobalah untuk menyampaikan kejadian yang sebenarnya kepada pihak Customer Service di bank yang Anda miliki.
  10. Biasanya proses pengembalian dana ini tergantung pada kebijakan masing-masing bank tersebut.
  11. Namun normalnya 7-14 hari kendala tersebut akan diproses dan dicek oleh pihak bank melalui pantauan CCTV.
  12. Penyebab seperti ini sudah normal terjadi di beberapa bank bisa diakibatkan karena sistem yang sedang down.
  13. Jika terbukti benar, maka pihak bank akan melakukan proses pengembalian dana tersebut ke ATM Anda.

Prosedur laporan terkait kendala ini hampir sama di setiap bank yang ada di Indonesia. Jadi jangan ragu untuk melaporkan ke pihak bank ya. Baca Juga: Cek Berita dan Artikel yang lain di : Jangan Panik Ini Solusi Jika Saldo Berkurang Tapi Tarik Uang di ATM Gagal – Semua Halaman – Grid Fame
Lihat jawaban lengkap

Berapa lama uang ATM kembali?

Pada umumnya mesin ATM akan memberi jeda waktu 3 hingga 5 menit sebelum fungsi mesin ATM kembali ke menu pilihan awal. Uang yang tidak sempat atau lupa diambil nasabah akan otomatis tertelan kembali ke dalam mesin. Yang akan jadi masalah jika ada antrian lain yang dengan sigap mengamankan uang tersebut.
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang di ATM akan hangus?

Ini Saldo Minimal Tabungan Bank BNI, Mandiri, BCA & BRI Jakarta, CNBC Indonesia – Sebelum membuka rekening baru, nasabah wajib mengetahui informasi terkait saldo minimal tabungan dari tiap produk yang ditawarkan oleh bank. Nasabah bisa mempertimbangkan hal tersebut ketika ingin membuka rekening tabungan.

  1. Setiap bank, memiliki produk tabungan dan saldo minimal yang berbeda-beda.
  2. Saldo tersebut berfungsi sebagai pengaman jika nasabah tidak aktif menggunakan rekening.
  3. Sehingga, saldo yang mengendap akan digunakan oleh pihak bank untuk menutupi biaya-biaya transaksi.
  4. Jika saldo di ATM sudah menyentuh saldo minimal bank, maka nasabah tidak akan bisa menarik uang tersebut.

Untuk itu, penting bagi para nasabah mencatat minimal saldo dari produk-produk tabungan bank sebelum memilih dan menggunakannya. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Daftar Saldo Minimal dari Berbagai Bank Masing-masing bank memiliki kebijakan yang berbeda untuk menetapkan minimum saldo di ATM nasabah.

  • Bahkan, tiap jenis tabungan di satu bank saja bisa memiliki batas minimal saldo yang berbeda.
  • Beberapa bank menggunakan sisa saldo tersebut sebagai biaya penutupan rekening tabungan yang tidak aktif.
  • Ada juga bank yang menggunakannya agar menjaga rekening tabungan nasabah tetap aktif.
  • Sebelum memilih produk atau jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank swasta maupun BUMN, simak terlebih dahulu jumlah saldo minimal dari masing-masing produk bank berikut ini.1.

Bank BCA

Tahapan BCA : Rp 50 ribu Tahapan Berjangka : Rp 50 ribu Tahapan Gold : Rp 50 ribu Tahapan Xpresi : Rp 10 ribu Tabunganku : Rp 20 ribu Simpanan Pelajar : Rp 5 ribu Tapres BCA : Rp 5 juta BCA Syariah : Rp 100 ribu BCA Dollar : USD 100

2. Bank BNI

BNI Taplus : Rp 150 ribu BNI Taplus Bisnis : Rp 1 juta BNI Taplus Pegawai : Sesuai perjanjian BNI Taplus Muda : Rp 50 ribu BNI Taplus Muda Co-Brand : Sesuai perjanjian BNI Tapenas : Rp 100 ribu BNI Pandai : Tidak dibatasi BNI Simpanan Pelajar : Rp 5 ribu BNI Dollar : USD/SGD 100

3. Bank Mandiri

Tabungan Rupiah : Rp 500 ribu Tabungan Bisnis : Rp 10 juta TabunganKu : Rp 20 ribu Tabungan Payroll : Rp 10 ribu Tabungan NOW : Rp 50 ribu Syariah Tanpa ATM : Rp 20 ribu Syariah dengan ATM : Rp 50 ribu Tabungan Valas : USD 100

4. Bank BRI

BritAma : Rp 50 ribu BritAma Bisnis : Rp 50 ribu Simpedes : Rp 50 ribu Tabungan Haji : Rp 50 ribu Tabungan Junior : Rp 50 ribu BritAma TKI : Rp 20 ribu Simpedes TKI : Rp 10 ribu BritAma X : Rp 10 ribu BritAma Valas : USD 10

5. Bank BTN

BTN Cermat Ponsel : Tidak dibatasi BTN Cermat : Tidak dibatasi Simpanan Pelajar : Rp 5 ribu BTN Pensiunan : Rp 10 ribu BTN e’Batarapos : Rp 20 ribu BTN Junior : Rp 20 ribu TabunganKu : Rp 20 ribu BTN e’Batarapos TKI : Rp 25 ribu BTN Juara : Rp 50 ribu BTN Batara : Rp 50 ribu

6. CIMB Niaga

CIMB Niaga Octo Savers-iB : Rp 2 juta CIMB Niaga iB Goal Savers : Tidak dibatasi CIMB Niaga Indie Account : Rp 50 ribu CIMB Niaga iB Indie Account : Rp 50 ribu CIMB Niaga Junior : Rp 50 ribu CIMB Niaga iB Junior : Rp 50 ribu CIMB Niaga Tabungan SimPel : Rp 5 ribu CIMB Niaga iB SimPel : Rp 1 ribu CIMB Niaga Xtra : Rp 50 ribu CIMB Niaga iB Xtra : Rp 100 ribu CIMB Niaga Xtra Payroll : Rp 10 ribu Tabungan Usaha Individu : Rp 10 ribu Tabungan Usaha Perusahaan : Rp 1 juta TabunganKu : Rp 20 ribu CIMB Niaga Xtra Pandai : Tidak dibatasi CIMB Niaga iB Xtra Pandai : Tidak dibatasi Xtra Savers Manfaat : Rp 100 ribu CIMB Niaga iB Pahala : Rp 100 ribu atau USD 50 CIMB Niaga Xtra Valas : USD 50 CIMB Niaga iB Xtra Valas : USD 50

Apabila saldo minimal bank dibiarkan saja secara terus menerus di ATM, maka sisa uang tersebut akan hangus dan terblokir jika nasabah tersebut tidak aktif. Beberapa produk tabungan bank memang tidak memiliki biaya admin sehingga tidak ada batasan saldo minimal bank. Semoga membantu! (cha/cha) : Ini Saldo Minimal Tabungan Bank BNI, Mandiri, BCA & BRI
Lihat jawaban lengkap

Berapa lama proses pengembalian uang di ATM BRI?

Proses pengembalian dana membutuhkan waktu 3-5 hari kerja.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud skimming ATM?

Bagaimana Cara Kerja Skimmer ATM? – Dalam praktik skimming, pelaku melakukan pencurian data dengan menyalin informasi yang terdapat dalam strip hitam magnetik pada kartu debit atau kredit. Penyalinan data ini akan dilakukan oleh alat yang bernama skimmer.

Pelaku telah merancang skimmer untuk membuatnya menjadi menyerupai mulut mesin ATM sehingga sulit untuk mengidentifikasi keberadaannya. Ketika kartu dimasukkan ke mulut mesin ATM, skimmer akan langsung menyalin informasi yang ada pada kartu tersebut. Bahkan, praktik kejahatan ini jadi makin mengerikan karena pelaku meletakkan kamera tersembunyi.

Kamera ini akan merekam nasabah bank ketika mereka mengetikkan nomor pin mereka dan pin tersebut akan dimanfaatkan pelaku untuk melancarkan kejahatannya.
Lihat jawaban lengkap

Uang yang ditransfer apakah bisa ditarik kembali?

Foto: BRI Mobile, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencatat kenaikan transaksi e-channel dan e-banking yang signifikan akibat efek dari penyebaran virus Corona di Indonesia. Pada akhir Maret 2020, transaksi internet banking BRI diproyeksikan meningkat hingga 38% dibandingkan bulan Februari 2020.

  • Dok BRI) Jakarta, CNBC Indonesia – Risiko salah transfer ke rekening bank orang lain sangat mungkin terjadi, terutama kalau Anda orang yang ceroboh.
  • Alau sudah begini, Anda mungkin langsung panik karena merasa sudah kehilangan uang.
  • Lalu, bagaimana cara mengembalikan uang yang salah transfer? Pengamat perbankan Paul Sutaryono menyarankan Anda untuk langsung menghubungi bank yang bersangkutan.
You might be interested:  Cara Buat Konten Youtube Yang Menghasilkan Uang?

“Nasabah harus segera lapor ke bank terdekat. Yakni dengan membawa bukti-bukti, seperti buku tabungan dan ATM-nya,” kata Paul, dikutip dari detikcom, Rabu (7/9/2022). Pada dasarnya, uang Anda tidak hilang dan bank bersedia mengembalikan uang tersebut dengan sejumlah syarat.

  • Biasanya, pertama-tama bank akan melakukan pengecekan silang terhadap laporan dari nasabah.
  • Jika terbukti benar salah transfer, maka uang akan dikembalikan.
  • Pada prinsipnya, bank akan mengembalikan uang itu.
  • Setelah melakukan penelitian secara seksama,” tutup Paul.
  • Meski uang Anda bisa kembali, lebih berhati-hatilah setiap akan melakukan transaksi.

Pastikan nomor rekening dan nama nasabah yang tertera sudah sesuai, agar tidak repot-repot berurusan dengan bank karena insiden salah transfer. (hsy/hsy)
Lihat jawaban lengkap

Jika ATM tidak ada saldo apakah akan terblokir?

2 Hal yang Bisa Terjadi Saat Saldo Rekening Tidak Diisi, Apakah Otomatis Terblokir? – Berita DIY BERITA DIY – Berikut dua hal yang bisa terjadi saat tidak, apakah otomatis ? Informasi mengenai hal yang bisa terjadi jika tidak bisa diketahui di artikel ini, apakah benar akan ? Sering nasabah lupa untuk mengisi,

Akibatnya terkadang di menjadi 0. Biasanya, tersebut jarang digunakan. Sekalinya digunakan adalah mengambil uang atau membelanjakannya tanpa mengisi kembali, Baca Juga: Selain itu, tiap bulannya nasabah akan terpotong biaya bulanan yang harus dibayarkan. Sudah tidak pernah, dikenakan biaya bulanan juga dari,

Lantas, apa yang terjadi jika terpotongnya hingga 0 dan tidak dilakukan pengisian selama beberapa bulan? Akankah kamu ? Saldo Rekening Tidak Diisi Apakah Akan Terblokir? Meski kamu tidak pernah mengisi dan tidak melakukan aktivitas transaksi di namun mempunyai yang cukup, kamu tidak akan oleh pihak,
Lihat jawaban lengkap

Apa itu reversal rekening?

Pengertian Reversal – Reversal secara umum diartikan sebagai pembalikan. Dilansir dari chargebacks911.com, reversal terjadi ketika dana dari transaksi dikembalikan ke rekening bank pemegang kartu. Pembalikan pembayaran dapat diinisiasi oleh pemegang kartu, pedagang, bank atau jaringan kartu dan dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda.
Lihat jawaban lengkap

Berapa lama proses blokir ATM?

Bisnis.com, SOLO – Melupakan pin atau melakukan kesalahan lain hingga membuat ATM terblokir memang membuat panik. Pemblokiran ATM ini dilakukan untuk menghindari risiko terburuk hingga menyebabkan kerugian pagi pengguna. Membuka ATM yang terblokir ternyata bisa dilakukan tanpa harus ke bank.

  1. Berikut cara membuka blokir ATM yang bisa Anda lakukan secara mudah: 1.
  2. Hubungi call center Tanpa harus datang ke bank, Anda bisa menyelesaikan permasalahan ATM terblokir melalui call center.
  3. Hubungai call center resmi bank dan ikuti instruksi yang diminta.
  4. Anda akan diminta melakukan verifikasi dengan memberikan sejumlah data.

Setelah itu, proses pembukaan ATM yang terblokir bisa dilakukan dalam kurun waktu 1 jam. Namun apabila ATM Anda terblokir karena tertelan dalam mesin, maka Anda harus datang ke kantor cabang bank yang berada di dekat lokasi Anda. Pembukaan kartu juga akan memakan biaya administrasi dengan biaya yang berbeda tiap banknya.2.

  • Datangi kantor cabang Apabila ATM Anda terblokir karena kejadian ATM tertelan, langsung datangi kantor cabang terdekat.
  • Untuk mengaktifkan kembali kartu ATM yang Anda miliki, siapkan dokumen seperti buku tabungan, KTP dan Kartu ATM (apabila lupa PIN).3.
  • Buka blokir dari aplikasi Selain dua cara di atas, mengaktifkan kembali kartu ATM bisa dilakukan menggunakan aplikasi perbankan.

Anda dapat menghubungi customer service yang ada dalam aplikasi tersebut untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Simak Video Pilihan di Bawah Ini : Editor : Restu Wahyuning Asih Konten Premium Nikmati Konten Premium Untuk Informasi Yang Lebih Dalam
Lihat jawaban lengkap

Berapa biaya ATM BRI per bulan?

Biaya admin BRI Simpedes – Adapun biaya admin BRI tabungan Simpedes relatif lebih rendah dibandingkan dengan tabungan BRI BritAma. Biaya admin BRI untuk jenis tabungan ini adalah Rp 5.500 per bulan. Berikut perinciannya:

Setoran awal: Rp 100.000. Setoran berikutnya: Rp 10.000. Biaya admin BRI saldo berapapun: Rp 5.500. Biaya admin BRI untuk penarikan di teller (kurang dari Rp 2,5 juta): Rp 10.000. Biaya admin Bank BRI untuk penarikan di teller (Rp 2,5 juta-5 juta): Rp 10.000. Saldo minimum mengendap: Rp 50.000. Denda di bawah saldo minimum: Rp 5.000. Biaya tutup rekening: Rp 25.000. Biaya admin BRI untuk buku rusak: Rp 25.000. Biaya admin BRI untuk buku penuh: Gratis. Limit penarikan tunai per hari: Rp 5 juta.

Lihat jawaban lengkap

Saldo BRI 50 ribu apa bisa ditransfer?

Bagaimana Jika Saldo ATM BRI Di Bawah 50 Ribu, Apakah Bisa Diambil atau Ditransfer? – Dari uraian di atas, maka kita dapat mengambil kesimpulan, bagaimana jika saldo ATM BRI kurang dari 50ribu atau sama dengan 50.000:

Britama : Saldo Minimal 50.000, biaya penutupan rekening 50.000, sehingga saldo di bawah itu tidak bisa diambil atau ditransfer. BRI Junio : Saldo minimal 50.000, biaya menutup rekening 25.000, jika ingin diambil bisa dengan menutup buku tabungan. BRI Simpedes, sama dengan Junio. BRI Simpedes TKI : Saldo minimal 10.000 dan biaya menutup rek 25.000, bisa diambil dengan menutup rekening.

Karena rekening-rekening di atas memiliki saldo minimum 50.000, maka jika saldo ATM BRI masih 100ribu, bisa diambil 50 ribu di atm bri pecahan 50 ribu terdekat, Atau jika ada saldo 60.000-99.999, bisa ditransfer sejumlah saldo tersebut dikurangi 50.000 (10.000 s.d.49.999). Jika ada kendala, jangan sungkan untuk menghubungi Call Center BRI.
Lihat jawaban lengkap

Kenapa saldo berkurang tapi uang tidak keluar?

Masalah uang tidak keluar tapi saldo berkurang ini, penyebabnya bervariasi tetapi kebanyakan dikarenakan sistem bank yang sedang down ataupun ATM rusak. Jika mengalami hal ini saat menggunakan bank tertentu, prosedur laporan yang digunakan adalah sama. Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang.
Lihat jawaban lengkap

Uang Hilang di Bank BRI apakah bisa kembali?

Uang Nasabah BRI yang Sempat Hilang Telah Dikembalikan 19:00, Luapan Kali Kening Rendam Ratusan Rumah Warga Parengan | 18:00, Produksi Besar, JTB Bakal Jadi Tulang Punggung Energi Gas Nasional | 17:00, Kemenag Bojonegoro Gelar Rakor Penyuluh Agama Islam di TPG | 16:00,

Peringatan HSN, DPD PKS Bojonegoro Gelar Lomba Baca Kitab Kuning | 15:00, Meriah! KKN UNUGIRI Kelompok 44 Desa Jetakwanger Gelar JNS | 13:00, Seorang Saksi Diperiksa, Total Kerugian Capai Rp2,4 Milyar | 11:00, Berikut Jadwal Pertandingan Piala Dunia Hari Ini | 07:00, Sisi Positif Bermain Bersama Anak, Bikin Perkembangan Fisik dan Emosional Si Kecil Lebih Pesat Lho | 18:00,

Secara Resmi Bupati Anna Serahkan 28 Unit Kendaraan Dinas Camat | 16:00, Dewan Pengupahan Rencanakan Kenaikan UMK 2023 Sebesar 3,4 Persen | 13:00, Desainer Yustin Mariani Bangga Rancangannya Tampil di BNFF | 20:00, Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal | 19:00,

  • blokbojonegoro.com | Thursday, 04 March 2021 16:00
  • Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com – Beberapa hari lalu, sempat digemparkan dengan kabar beberapa nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah mengalami dugaan pembobolah rekening dengan penarikan saldo secara misterius. Setelah beberapa hari kemudian, seiring berjalannya waktu, beberapa pihak yang kehilangan tersebut setelah melapor ke bank Bri Cabang Bojonegoro kini uangnya telah berangsur kembali.Salah satu petugas bank BRI, Hendrik mengatakan bahwa ada 5 pelapor yang telah kembali dan mengatakan bahwa uangnya sudah kembali ke rekening masing-masing.

Namun pengembalian uang tersebut secara berangsur.”Setelah beberapa hari pada akhir bulan lalu banyak nasabah yang lapor bahwa telah kehilangan uang secara misterius dan kini mereka telah kembali untuk lapor apabila uangnya telah kembali ke rekening masing-masing,” ujarnya.Hendrik berimbuh bahwasannya belum 100% uang nasabah semua kembali.

Namun secara bengangsur dan bergantian nasabah.Pihaknya menambahkan bahwa hari ini ada nasabah yang uangnya telah kembali. Dan dibuktikan dengan print buku Gabungan milik nasabah tersebut.”Ada yang sudah kembali, ada juga yang belum. Semua nasabah harap bersabar.

Arena semua akan bergantian kembali. Insya Allah semua akan kembali,” jelasnya.Petugas Bank BRI itu menuturkan pula bahwa setelah nasabah melapor akan kehilangan uang tersebut, pihak bank memberikan janji selama 14 hari kerja uang akan kembali. Dan apabila belum kembali ke rekening, maka nasabah bisa datang lagi ke kantor Cabang BRI lagi.

“Jadi pelapor harus Menunggu selama 14 hari kerja. Namun apabila selama 14 hari uang belum kembali, maka nasabah dipersilahkan ke kantor lagi untuk meminta kejelasan,” tutupnya.

  1. Tag :,,,
  2. * Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

PEDOMAN KOMENTAR Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Lihat jawaban lengkap

Apa itu Pengembalian uang?

Perkiraan Waktu Membaca: 15 menit Refund diartikan sebagai pengembalian dana akibat dibatalkannya atau tidak dijalankannya suatu kewajiban oleh salah satu pihak dan mengharuskannya mengembalikan uang yang telah diterima dari pihak lain. Berdarkan KUHPerdata refund masuk dalam kategori ganti kerugian akibat tidak dijalankannya suatu prestasi (wanprestasi).

Wanprestasi terjadi apabila terjadi (1) Tidak melakukan apa yang disanggupi untuk dilakukan, (2) Melakukan apa yang diperjanjikan tapi tidak sebagaimana yang diperjanjikan, (3) Melakukan apa yang sudah diperjanjikan tapi terlambat Dalam KUH Perdata wanprestasi bisa terjadi dalam jual beli barang maupun jasa dan bisa dilihat di pasal 1236 yaitu apabila satu pihak tidak mampu untuk menyerahkan barang dan pasal 1239 apabila tidak mampu untuk melakukan perbuatan tertentu.

Sebagai konsekuensinya KUHPerdata mengatur bahwa pihak yang telah wanprestasi harus melakukan penggantian biaya, kerugian dan bunga. Refund atau pengembalian biaya termasuk dalam salah satu jenis ganti kerugian. Dalam hubungan Konsumen dan Pelaku Usaha perihal refund ini diatur dalam Pasal 4 huruf (h) mengenai hak konsumen yaitu “hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;” Dan juga diatur dalam pasal 7 huruf g tentang Kewajiban Pelaku Usaha yang mengatur “memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang dterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian.” Dibagian lain yaitu pasal 19 ayat 2 sangat jelas diatur tentang tanggung jawab pelaku usaha apabila akibat mengkonsumsi barang/jasa menimbulkan kerusakan, pencemaran dan atau kerugian konsumen.

Ganti rugi tersebut dapat berupa pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa yang sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Konsep pengembalian dana atau refund terdapat juga dalam peraturan perunfangan tentang penerbangan yaitu pengembalian dana (refund) akibat pembatalan penerbangan.

Dalam Pasal 146 Undang Undang No.1 tahun 2009 tentang penerbangan disebutkan bahwa “Pengangkut bertanggung jawab atas kerugian yang diderita karena keterlambatan pada angkutan penumpang, bagasi, atau kargo, kecuali apabila pengangkut dapat membuktikan bahwa keterlambatan tersebut disebabkan oleh faktor cuaca dan teknis operasional.” Kategori keterlambatan sendiri selanjutnya diatur dalam Peraturan Menteri No.89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal Di Indonesia.

Dalam Pasal 2 disebutkan ” Keterlambatan penerbangan pada badan usaha angkutan udara niaga berjadwal terdiri dari: a. keterlambatan penerbangan (flight delayed); b. tidak terangkutnya penumpang dengan alasan kapasitas pesawat udara (denied boarding passenger); dan c. pembatalan penerbangan (cancelation off light).” Ganti rugi akibat pembatalan penerbangan diatur dalam pasal 9 ayat (1) butir f yang menyebutkan “keterlambatan kategori 6, ( pembatalan penerbangan) badan usaha angkutan udara wajib mengalihkan ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan seluruh biaya tiket (refund ticket); dan ” Permenhub No 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri menyebutkan tentang Standar pelayanan pemesanan tiket (reservation) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf b, antara lain: a.

media reservasi; b. contact person calon penumpang; c. prosedur perubahan tiket; dan d. pembatalan tiket dan jangka waktu pengembalian uang tiket (refund ticket). Dari sini sangat jelas pembatalan penerbangan dikonpensasikan dengan pengembalian uang. Dalam transaksi elektronik, pengembalian dana akibat pembatalan transaksi juga terdapat dalam Pasal 71 Peraturan Menteri No.80 tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yaitu: ” Setiap PPMSE dalam negeri dan/atau PPMSE luar negeri yang menerima pembayaran wajib memiliki atau menyediakan mekanisme yang dapat memastikan pengembalian dana Konsumen apabila terjadi pembatalan pembelian oleh Konsumen.” Dari beberapa ketentuan diatas dapat ditarik kesimpulan apabila terjadi pembatalan transaksi atau pembatalan pemakaian jasa maka pihak yang dirugikan akibat pembatalan tersebut harus diberikan ganti rugi berupa pengembalian uang atau pengembalian dana (refund) Refund haruslah berwujud pengembalian uang karena pihak yang telah memesan suatu barang atau jasa membayar dengan uang, namun saat ini baik pedagang offline maupun online atau perusahaan pengangkutan mengambil inisiatif untuk memberikan refund dalam wujud lain misalnya voucher.

  1. Pada dasarnya hal ini tidak bisa dibenarkan karena melabrak konsep dasar refund dan peraturan yang ada namun pada prakteknya karena dalam posisi terpaksa salah satu pihak menerimanya.
  2. Sebagai contoh dalam Peraturan Menteri Perhubungan No.25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) ganti rugi akibat pembatalan penerbangan pada tanggal 24 April 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei 2020 yaitu pengembalian biaya tiket secara penuh atau 100% yang diatur dalam Pasal 23 yang menyatakan “Badan usaha angkutan udara wajib mengembalikan biaya tiket secara penuh atau 100% (seratus persen) kepada calon penumpang yang telah membeli tiket yang untuk perjalanan pada tanggal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1.” Namun ternyata dalam pasal 24 disebutkan bahwa pengembalian biaya tiket secara penuh atau 100% tersebut tidak berbentuk uang namun dengan cara melakukan penjadwalan ulang (re-schedule), melakukan perubahan rute penerbangan (re-route), mengkompensasikan besaran nilai biaya jasa angkutan udara menjadi perolehan poin dalam keanggotaan badan usaha angkutan udara yang dapat digunakan untuk membeli produk yang ditawarkan oleh badan usaha angkutan udara; atau memberikan kupon tiket (voucher ticket) sebesar nilai biaya jasa angkutan udara (tiket) yang dibeli oleh penumpang dapat digunakan untuk membeli kembali tiket untuk penerbangan lainnya dan berlaku paling singkat 1 (satu) tahun serta dapat diperpanjang paling banyak 1 (satu) kali.
You might be interested:  Rekening Yang Dicatat Disebelah Kredit Pada Neraca Saldo Penutupan Adalah?

Ketentuan diatas jelas jelas bertentangan dengan UU Penerbangan dan beberapa Peraturan Menteri Perhubungan sebelumnya. Mengenai besarnya nilai refund bisa bergantung dari sisi mana pembatalan dilakukan. Biasanya penjual yang membatalkan transaksi karena berbagai alasan misalnya dalam transaksi online barang yang dipesan/dibeli sudah habis atau ternyata barang palsu atau bekas sehingga dibatalkan oleh pemilik platform maka penjual atau pemilik platform harus mengembalikan uang 100%.

Dalam dunia penerbangan pengaturan tentang jumlah refund sudah sangat jelas diatur baik karena pembatalan oleh maskapai maupun pembatalan oleh penumpang. Jadi misalnya ada penumpang membatalkan penerbangan 72 jam sebelum penerbangan maka akan memperoleh paling sedikit 75% pengembalian uang sebaliknya apabila maskapai yang membatalkan penerbangan maka maskapai harus mengembalikan uang 100% kepada penumpang.

Jangka waktu pengembalian refundpun sangat beragam. Seharusnya yang bisa menjadi acuan adalah pasal 19 UU Pelindungan Konsumen dimana pengembalian uang dilakukan 7 hari setelah transaksi. Dalam aturan penerbangan ada ketentuan dimana apabila pembayaran dilakukan oleh penumpang dengan uang tunai maka maskapai harus mengembalikannya selambat lambatnya 15 hari kerja setelah pengaduan dan apabila pembayaran dilakukan dengan kartu kredit atau debet selambat lambatnya 30 hari setelah pengajuan.

  1. Pada prakteknya pengembalian dana bisa dilakukan lebih cepat misalnya PT Kereta Api Indonesia yang telah melakukan pengembalian dana dalam 3 hari dari semula 45 hari.
  2. Cepatnya pengembalian dana sangat berpengaruh terhadap pemulihan kerugian yang diderita konsumen karena bagi konsumen yang mempunyai uang terbatas, pengembalian uang sangat berguna bagi dirinya maupun keluarganya.

Jadi di era teknologi perbankan sekarang seharusnya pengembalian dana hanya hitungan detik dan tidak perlu berhari hari atau berbulan bulan. Pada transaksi online pengembalian dana sering dilakukan bukan ke rekening bank atau kartu kredit pembeli tetapi pembeli dipaksa untuk membuka sistem pembayaran elektronik (uang elektronik) yang diwajibkan pengelola platform karena pengembalian dana akan dilakukan ke sistem pembayaran elektronik tersebut.

Hal ini sangat merugikan konsumen karena konsumen tidak dapat menggunakan uangnya untuk membeli barang yang dibutuhkan ditempat lain. Pada dasarnya hanya transaksi jual beli yang tidak sempurna pelaksanaannya yang bisa dilakukan refund namun sudah menjadi kebiasaan pelaku usaha memuat klausula baku “barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar” padahal ada kemungkinan barang tersebut ada cacat produksi, tidak berfungsi atau pemanfaatannya tidak sesuai dengan yang dipromosikan.

Klausula baku seperti itu bertentangan dengan pasal 18 UU Perlindungan Konsumen khusunya pasal 1 huruf c yang menyatakan “1. Pelaku Usaha dalam menawarkan barang dan/atau jasa yang ditujukan untuk diperdagangkan dilarang membuat atau mencantumkan klausula baku pada setiap dokumen dan atau perjanjian apabila c) menyatakan bahwa pelaku usaha berhak menolak penyerahan kembali uang yang dibayarkan atas barang dan/atau jasa yang dibeli konsumen.” Bentuk lain dari aturan yang “melarang” pengembalian dana bisa kita temui pada transaksi online pemesanan hotel dan tiket pesawat dimana konsumen sudah diberitahukan terlebih dulu bahwa tiket dengan harga tertentu “non refundable” atau sering juga di toko ritel untuk barang barang promo juga diterapkan “tidak dapat ditukar atau dikembalikan”.

Terhadap klausula seperti ini konsumen harus cermat dalam menentukan jadi tidaknya bertransaksi. Ada juga ritel yang memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menukar barang misalnya karena berubah pikiran, salah ukuran, warna maupun model, namun apabila ingin ditukar ternyata barang sejenis tidak ada sehingga toko ritel memberikan voucher senilai barang dan bukan pengembalian dalam bentuk uang Dengan maraknya transaksi online maka besar kemungkinan terjadi pembatalan transaksi dan mengingat kebutuhan konsumen atas barang yang dibutuhkan maka pengembalian uang harus cepat dan dikembalikan kepada rekening asal konsumen membayar bukan dikembalikan ke uang elektronik pengelola platform atau dalam bentuk lain seperti voucher yang hanya bisa digunakan di platform tersebut.

Regulasi2 yang sudah ada sebelumnya yang mengatur tentang refund berupa pengembalian uang tidak bisa dikesampingkan dan regulasi baru tidak boleh meniadakan penggantian pengembalian uang. Kalaupun karena situasi tertentu seperti Covid 19 dikeluarkan regulasi seperti Permenhub 25 tahun 2020 maka pengembalian uang sebagai kompensasi refund haruslah yang pertama dan terutama barulah jika ada pilihan lain bisa diatur selanjutnya.

Yang menarik dalam Permenhub 25 tahun 2020 tersebut untuk pembatalan pengangkutan dengan kereta api dan kapal laut pilihan pertama kompensasi adalah pengembalian uang barulah kemudian penjadwalan ulang, perubahan rute dan penggantian dengan voucher sementara untuk kompensasi pembatalan penerbangan tidak ada pilihan pengantian dengan uang sehingga terlihat adanya diskriminasi bagi pemakai transportasi udara.

Ketiadaan pilihan pengembalian berupa uang telah merugikan sebagian besar konsumen apalagi sebelum Permenhub No 25 tahun 2020 dikeluarkan, hampir semua maskapai menerapkan refund dengan penjadwalan ulang, perubahan rute ataupun penggantian dengan voucher.

  1. Perlu diingat penerapan Permenhub 25 tahun 2020 hanya berlaku untuk penerbangan pada 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020 dan untuk penerbangan dalam rangka mudik sebagaimana maksud dan tujuan dibuatnya permenhub tersebut yaitu melarang masyarakat untuk mudik.
  2. Pertanyaannya bagaimana memilah tiket yang digunakan untuk mudik atau liburan atau keperluan lain selain mudik ? Karena dalam periode 24 April 2020 sd 31 Mei 2020 penumpang angkutan udara pastilah beragam.keperluannya dan bukan hanya dalam rangka mudik.

Bagi konsumen yang tingkat ekonominya tinggi penjadwalan ulang dan penggantian dengan voucher mungkin tidak masalah karena mereka masih bisa menjadwal ulang liburannya dikemudian hari atau bagi konsumen yang melakukan perjalanan dinas dan dibiayai kantor maka bisa dijadwal ulang, namun bagi konsumen yang tingkat ekonominya rendah pengembalian dalam bentuk uang sangat diperlukan apalagi dalam masa Covid 19 dimana uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain. David Maruhum Lumban Tobing atau lebih dikenal sebagai David Tobing adalah seorang Advokat sekaligus Mediator Terdaftar, Kurator dan Pengurus. David Tobing lahir pada 12 September 1971, di rumah sakit Raden Saleh Jakarta. Menghabiskan masa remajanya di antara masyarakat Betawi yang beragama Islam di Jalan Penegak, Matraman, David bukan saja tak pernah memandang perbedaan agama sebagai kendala untuk menolong kliennya secara gratis, tapi juga membuat ia kehilangan logat bataknya.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Apa Saja Modal Usaha Membuat Percetakan Selain Uang?

Bagaimana jika kita terkena skimming?

Uang Raib dari Bank? Apa Kamu Kena Skimming? Simak Apa itu Skimming & Cara Menghindarinya – Kongres Advokat Indonesia Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit/ debit menggunakan bantuan alat khusus atau skimmer. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengatasi skimming.

  • Ada banyak tindak pencurian yang terjadi di mesin ATM, mulai dari membobol mesin ATM sampai melakukannya dengan cara licik menggunakan bantuan alat khusus atau biasa disebut skimming.
  • Apa itu Skimming? Skimming adalah aksi pencurian yang mengincar para nasabah bank.
  • Tindak kriminal ini dilakukan dengan mencuri informasi data kartu ATM, baik debit maupun kredit.

Mengutip laman Sikapiuangmu.ojk.go.id, skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. Skimming adalah jenis penipuan yang masuk ke dalam metode phising.

  • Metode ini dilakukan dengan cara mencuri data penting orang lain.
  • Ejahatan ini pertama kali teridentifikasi pada 2009 silam di Woodlands Hills, California.
  • Dalam skimming, pencurian data dilakukan dengan menyalin informasi yang tercantum dalam strip hitam magnetik setiap kartu dengan cara memodifikasi hardware atau software alat pembayaran atau menggunakan alat khusus bernama skimmer.

Skimmer dirancang menyerupai mulut slot mesin ATM sehingga sulit untuk mengidentifikasinya secara sekilas. Ketika kartu dimasukan ke mesin ATM atau Electronic Data Capture (EDC), skimmer akan langsung merekam informasi dari kartu tersebut. Bukan cuma itu, secara bersamaan, kamera tersembunyi yang telah diletakan pelaku turut merekam ketika korban mengetikan PIN kartunya di keyboard mesin ATM.

  • Kalau sudah begini, pelaku leluasa untuk menguras isi saldo korban atau menghabiskan sisa limit yang ada di kartu kredit korban.
  • Cara Menghindari Skimming
  • Kendati licik dan sulit untuk diidentifikasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari muslihat pelaku skimming, yaitu:
  • Pastikan tidak ada kejanggalan pada mesin ATM atau EDC.
  • Periksa mulut ATM dan pastikan tidak ada benda asing apa pun.
  • Sebaiknya lakukan transaksi di mesin ATM yang dijaga ketat, seperti dilengkapi dengan pencahayaan, CCTV, dan satpam.
  • Sebaiknya lakukan transaksi di ATM kantor cabang resmi bank penerbit ATM Anda.
  • Jangan memberi informasi kartu ke sembarang orang atau menandatangani slip transaksi kosong.
  • Buatlah nomor PIN menggunakan kombinasi angka yang kuat dan lakukan pengubahan PIN secara berkala.
  • Bertransaksi secara cardless atau transaksi online melalui mobile banking dan sebagainya.
  • Selain cara di atas, Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan ketentuan terkait migrasi kartu ATM dari teknologi pita magnetik ke chip yang berlaku secara keseluruhan.
  • Sesuai ketentuan tersebut, kartu ATM pita magnetik tak lagi dapat digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM maupun EDC.
  1. PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dalam keterangan di situs resminya menjelaskan, ada tiga alasan mengapa nasabah harus mengganti kartu debit ke chip:
  2. Jika beralih ke kartu debit BCA berteknologi cip, misalnya kartu Mastercard, nasabah tidak hanya bisa melakukan transaksi di ATM dan mesin EDC.
  3. Nasabah juga dapat melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkan fiturnya melalui BCA mobile sehingga dapat membayar belanja online, berlangganan streaming musik/film, hingga membeli voucher gim di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard.
  4. Sejak 2015, Bank Indonesia sudah mencanangkan implementasi standar nasional teknologi cip dan penggunaan enam digit PIN untuk kartu ATM/kartu debit yang diterbitkan di Indonesia,

Mengurangi risiko kejahatan kartu

Kartu debit on chip yang menggunakan teknologi magnetic strip secara teknologi lebih mudah di-copy. Oleh karena itu, risiko pencurian data lewat magnetic strip pada kartu atau skimming lebih besar, dibandingkan kartu debit chip yang secara teknologi lebih maju dan aman.

  • Laporkan kejadian yang dialami ke call center resmi bank Anda.
  • Pihak bank akan memblokir kartu ATM yang terlanjur kena skimming sehingga tidak dapat disalahgunakan pelaku.
  • Pihak bank akan menelusuri apa yang terjadi pada transaksi di rekening dan memastikan apakan memang terjadi skimming atau tidak.
  • Jika memang terbukti nasabah telah menjadi korban skimming, pihak bank akan mengambil langkah selanjutnya sesuai kebijakan masing-masing.

: Uang Raib dari Bank? Apa Kamu Kena Skimming? Simak Apa itu Skimming & Cara Menghindarinya – Kongres Advokat Indonesia
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang yang tertelan mesin ATM BNI bisa kembali?

Proses Pengembalian Uang Tertelan di Mesin ATM – Jika uang Anda tertelan di mesin setor tunai, solusinya adalah :

  1. Yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencatat detail kejadian sebelum lupa, seperti:
    • Lokasi kejadian
    • Nomor mesin CDM
    • Jumlah uang yang tertelan
    • Nomor rekening tabungan
  2. Menghubungi call center bank BNI.
  3. Ceritakanlah kejadian uang tertelan yang Anda alami.
  4. Selanjutnya sebutkan lokasi kejadian dan nomor mesin setor tunai yang Anda gunakan.
  5. Lalu sebutkan juga jumlah uang yang tertelan.
  6. Sebutkan nomor rekening tabungan.

Setelah itu customer service bank akan memberikan nomor aduan yang harus Anda catat, kemudian aduan Anda akan segera diproses. Pihak bank BNI akan mengembalikan uang yang tertelan ke rekening tabungan Anda dalam kurun waktu 14 hari kerja (hari libur tidak dihitung). Setelah itu ada beberapa hal yang harus Anda lakukan seperti:

  1. Yang terpenting adalah simpan baik-baik nomor aduan, jangan sampai hilang.
  2. Periksalah saldo tabungan Anda secara berkala, cek apakah saldo sudah bertambah sesuai jumlah uang yang tertelan atau belum.
  3. Jika telah sampai batas waktu yang telah dijanjikan saldo Anda belum bertambah juga, hubungi call center dan sebutkan nomor aduan ke customer service. Anda bisa menanyakan status aduan Anda.
  4. Jika saldo rekening tabungan Anda sudah bertambah sesuai jumlah uang yang tertelan, berarti uang yang tertelan telah dikembalikan. Supaya Anda lebih yakin bahwa uang tersebut bukan dari sumber lain (misalnya : dari teman Anda), cek status aduan ke call center bank dengan menyebut nomor aduan.

Lihat jawaban lengkap

Berapa lama saldo Mandiri kembali?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Mandiri sudah memberikan jaminan kalau saldo rekening nasabah yang hilang karena gangguan sistem IT akan kembali dalam tempo 2-3 jam. Lantas bagaimana bila saldo tidak kunjung kembali setelah melewati waktu yang dijanjikan oleh Bank Mandiri? Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, ada sejumlah hal yang perlu diakukan oleh nasabah bila saldonya tak kunjung kembali.

  1. Baca juga: Bank Mandiri: Tidak Ada Fraud, Ini Murni Error System.
  2. Ami banyak jalur untuk (melayani) itu, bisa (menghubungi) melalui customer care, instagram, email atau call center kami,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).
  3. Atau (datang) ke kantor cabang Bank Mandiri silahkan kami sudah siap melayani,” sambungnya.

Bahkan kata dia, saat ini sejumlah nasabah Bank Mandiri ada yang sudah datang ke kantor cabang untuk menanyakan masalah perubahan saldo rekening. Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Bank Mandiri kata dia, memiliki data saldo setiap rekening nasabahnya sebelum terjadi perubahan akibat error sistem. Hanya kata dia, perlu waktu untuk normalisasi. “Tetapi insya Allah kami akan perbaiki itu by system karena datanya ada semua jadi akan kembali seperti sedia kala,” kata dia. Baca juga: Bank Mandiri Jamin Saldo Rekening Nasabah Kembali dalam 2-3 Jam Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Lihat jawaban lengkap

Kenapa ATM BRI tidak bisa keluar uang?

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kamu tidak bisa tarik tunai yaitu kartu ATM diblokir. Biasanya rekening kamu dianggap melakukan transaksi yang mencurigakan atau tidak biasa. Hal ini dapat terjadi sesudah kamu menggunakan transaksi rekening BRI di luar layanan BRI selama beberapa kali.
Lihat jawaban lengkap

Kenapa saldo ATM BRI ada tapi tidak bisa diambil?

Pelaporan Kendala Kartu ATM Tidak Bisa Ditarik Melalui Call Center – Bila kamu mengalami masalah kartu ATM tidak bisa tarik tunai seperti dijelaskan di atas, kamu bisa melaporkannya dengan mendatangi kantor cabang bank bersangkutan atau layanan call center, Pilihan mendatangi kantor bank cabang memang lebih repot. Kamu harus datang pada jam operasional bank dan mungkin lokasinya jauh dari tempat kediamanmu.

BCA dan BCA Syariah : 1500888 Bank Mandiri: 1400 Bank Syariah Mandiri (BSM): 14040 Bank CIMB dan CIMB Niaga Syariah: 14041 Bank Muamalat: 1500016 Bank BTPN: 1500300 Jenius: 1500365 BTN: 1500286 Bank Permata: 1500111 Bank Danamon: 1500090 Maybank: 69811 Bank Mega: 60010 atau 1500010 Bank Sinarmas: 1500153 Bank Commonwealth: 1500030 Bank Bukopin: 14005 Citibank: 69999 Bank Panin: 1500678 atau 60678 Standard Chartered Bank: 68000

Semoga pembahasan mengenai kenapa kartu ATM tidak bisa tarik tunai di artikel ini bisa menjadi referensi dan informasi untuk kamu yang mengalami kendala serupa. Ingatlah untuk tidak panik dan khawatir mengenai uang yang tidak keluar meski transaksi sudah diproses.

  • Rasa panik justru akan mendorong kamu untuk bertindak tidak bijaksana.
  • Permasalahan uang tidak keluar saat penarikan keluar pasti akan ditangani oleh bank.
  • Saldo tabungan akan kembali utuh tanpa potongan karena ini adalah kesalahan bank.
  • Bila kamu masih mengalami kesulitan mengenai kendala penarikan uang di ATM atau kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kartu debit BNI, BRI, atau bank-bank lainnya, konsultasikan segera dengan pakar perbankan di MoneyDuck dengan klik tombol Konsultasi Gratis di bawah ini.

: Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai? Ini Penyebab & Solusinya
Lihat jawaban lengkap