Uang Yang Berlaku Di Seluruh Dunia Disebut Uang?

Uang Yang Berlaku Di Seluruh Dunia Disebut Uang
Uang internasional, yaitu uang yang berlaku tidak hanya di dalam wilayah suatu negara tertentu saja, tetapi juga berlaku di berbagai wilayah negara di dunia ( internasional ). Misalnya, dolar, yen, dan poundsterling. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.
Lihat jawaban lengkap

Apa saja jenis uang?

Pengertian Fungsi, Jenis, dan Syarat Uang Uang Yang Berlaku Di Seluruh Dunia Disebut Uang Tepat dua hari yang lalu, salah satu influencer muda Indonesia yaitu Saaih Halilintar ramai diperbincangkan di sosial media. Adakah RG squad yang tahu apa alasannya? Well, dalam salah satu video yang diunggahnya, terlihat ia merobek selembar uang sebesar Rp100.000.

  • 1. Fungsi uang
  • Menurut ilmu ekonomi, uang digunakan sebagai alat perantara dalam berdagang dan memiliki dua kelompok fungsi, yaitu:
  • a. Fungsi asli
  • Uang sebagai alat tukar guna mempermudah kita untuk mendapatkan suatu barang. Dengan begitu, kita dapat menghemat waktu serta tenaga karena tinggal menukarkan uang untuk membeli kebutuhan.
  • Uang sebagai alat ukur mampu menentukan besaran nilai suatu barang. Misalnya, harga penggaris yang akan dibeli Tedy senilai Rp3.000, menunjukkan bahwa Tedy cukup membayar uang sejumlah Rp3.000 untuk mendapatkan penggaris.

Ragam uang di Indonesia (Sumber: akurat.co) b. Fungsi turunan

  • Uang sebagai alat pembayaran berbeda dengan uang sebagai alat tukar. Maksudnya di sini adalah ketika uang dibayarkan tanpa ditukar dengan benda/jasa apapun. Contohnya,,
  • Uang sebagai penunjuk harga memiliki nilai yang berbeda-beda, misalnya harga jeruk 1 kg Rp8.000 sementara harga apel Rp9.000.
  • Uang sebagai alat pembayaran utang digunakan untuk melunasi utang piutang.
  • Uang sebagai alat penimbun kekayaan dapat digunakan ketika ada keperluan mendadak.
  1. 2. Jenis uang
  2. Berdasarkan pengelompokkannya, jenis uang dibagi menjadi 4 yaitu:
  3. a. Berdasarkan bahan pembuatnya
  • Uang logam terbuat dari logam, emas, atau perak dan nominalnya kecil seperti Rp100, Rp200, Rp500, dan Rp1.000.
  • Uang kertas dibuat agar tidak mudah robek, luntur, dan tahan terhadap air. Nominalnya besar contohnya Rp10.000, Rp20.000, atau Rp100.000.

Uang Yang Berlaku Di Seluruh Dunia Disebut Uang b. Berdasarkan nilai

  • Full bodied money (bernilai penuh) merupakan uang yang nilai intrisiknya sama dengan nilai nominal, misalnya nilai emas pada uang logam Rp500 bernilai sama dengan nominalnya.
  • Representative full bodied money (tidak bersifat penuh) yaitu nilai instrisik lebih kecil dari nilai nominal. Biasanya terdapat pada jenis uang kertas.

c. Berdasarkan lembaga yang menerbitkan

  • Uang kartal diterbitkan oleh Bank Sentral yaitu Bank Indonesia serta digunakan oleh seluruh masyarakat dalam bentuk logam dan kertas.
  • Uang giral diterbitkan oleh bank umum dalam bentuk cek atau bilyet giro.

Uang Yang Berlaku Di Seluruh Dunia Disebut Uang d. Berdasarkan kawasan

  • Uang lokal hanya berlaku di satu negara tertentu, misalnya mata uang peso hanya dapat digunakan di negara Filipina.
  • Uang regional berlaku di suatu kawasan yang lebih luas daripada uang lokal, misalnya mata uang euro dapat digunakan untuk beberapa negara yang ada di benua Eropa seperti Jerman, Spanyol, Austria, Spanyol, dan lain-lain.
  • Uang internasional berlaku di seluruh dunia sebagai standar pembayaran, contohnya US dollar.

3. Syarat uang Uang yang telah disepakati oleh masyarakat harus memenuhi 7 syarat sebagai berikut:

  • Ada jaminan artinya harus dijamin pemerintah sehingga penggunaannya untuk berbagai keperluan dapat dipercaya oleh masyarakat.
  • Diterima secara umum ( acceptability) yakni kegunaannya harus diterima sebagai alat tukar, penimbun kekayaan, atau pembayar utang.
  • Nilainya stabil ( stability of value) artinya tidak naik-turun (fluktuatif) supaya orang-orang mau menggunakaannya sebagai alat tukar.
  • Mudah disimpan ( storable ) berarti bentuk fisiknya tidak boleh terlalu besar.
  • Mudah dibawa ( portability ) berarti harus mudah dipindahkan dari satu tangan ke tangan lain.
  • Tidak mudah rusak ( durability ) agar dapat bertahan untuk jangka waktu yang relatif lama.
  • Mudah dibagi ( divisibility ) maksudnya apabila nominal uang hanya terdiri dari satu jenis pecahan, maka tidak memungkinkan kita untuk bertransaksi. Bayangkan kalau kamu ingin membeli baju seharga Rp80.000, namun pecahan nominal yang ada hanya Rp100.000. Lalu, bagaimana dengan kembaliannya? Sulit ‘ kan kalau tidak ada nominal lainnya?

Nah, sampai di sini apa kamu sudah merasa cukup jelas, Squad? Kalau ingin berlatih soal tentang materi di atas, yuk ikut tryout gratis dari sekarang! Selain soal, juga langsung ada pembahasan dan penilaian, lho Squad! Referensi: Alam S. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

  • Sumber Foto:
  • Foto ‘Ragam Uang di Indonesia’ Tautan: https://akurat.co/id-31379-read-bi-bali-distribusikan-rupiah-baru-hingga-pelosok
  • Artikel ini diperbarui pada 1 Desember 2020.
You might be interested:  Berikut Yang Merupakan Contoh Uang Kartal Adalah?

: Pengertian Fungsi, Jenis, dan Syarat Uang
Lihat jawaban lengkap

Apa perbedaan antara uang negara dan uang bank?

– Uang logam Uang logam biasanya terbuat dari emas atau perak karena emas dan perak memenuhi syarat-syarat uang yang efesien. Karena harga emas dan perak yang cenderung tinggi dan stabil, emas dan perak mudah dikenali dan diterima orang. Di samping itu, emas dan perak tidak mudah musnah.

  1. Nilai Intrinsik, yaitu nilai bahan untuk membuat mata uang, misalnya berapa nilai emas dan perak yang digunakan untuk mata uang. Menurut sejarah, uang emas dan perak pernah dipakai sebagai uang. Ada beberapa alasan mengapa emas dan perak dijadikan sebagai bahan uang dikarenakan tahan lama dan tidak mudah rusak.
  2. Nilai Tukar, nilai tukar adalah kemampuan uang untuk dapat ditukarkan dengan suatu barang (daya beli uang). Misalnya uang Rp.500,00 hanya dapat ditukarkan dengan sebuah permen, sedangkan Rp.10.000,00 dapat ditukarkan dengan semangkuk bakso.

Uang kertas Uang kertas adalah uang yang terbuat dari kertas dengan gambar dan cap tertentu dan merupakan alat pembayaran yang sah. Menurut penjelasan UU No.23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia, yang dimaksud dengan uang kertas adalah uang dalam bentuk lembaran yang terbuat dari bahan kertas atau bahan lainnya (yang menyerupai kertas).

  • Uang kertas mempunyai nilai karena nominalnya.
  • Oleh karena itu, uang kertas hanya memiliki dua macam nilai, yaitu nilai nominal dan nilai tukar.
  • Ada 2 (dua) macam uang kertas, yaitu: uang kertas negara (sudah tidak diedarkan lagi), yaitu uang kertas yang dikeluarkan oleh pemerintah dan alat pembayaran yang sah dengan jumlah yang terbatas dan ditandatangani Menteri Keuangan dan uang kertas bank, yaitu uang yang dikeluarkan oleh bank sentral,

Beberapa keuntungan penggunaan alat tukar (uang) dari kertas, yaitu:

  1. Penghematan terhadap pemakaian logam mulia
  2. Ongkos pembuatan relatif murah dibandingkan dengan ongkos pembuatan uang logam.
  3. Peredaran uang kertas bersifat elastis (karena mudah dicetak dan diperbanyak) sehingga mudah diseusaikan dengan kebutuhan akan uang
  4. Mempermudah pengiriman dalam jumlah besar

Lihat jawaban lengkap

Apa mata uang paling banyak digunakan di dunia?

10 mata uang paling banyak digunakan di dunia – Meskipun beda mata uang, namun setiap negara tetap saling membutuhkan satu sama lain. Dalam bidang ekonomi mereka melakukan ekspor-impor. Memang sih kalau transaksi dengan negara lain, biasanya pembayaran dan kurs yang dipakai menggunakan dolar Amerika.

  1. Namun adakalanya tidak juga.
  2. Jadi bisa ditebak, makin majunya negara biasanya makin banyak pula yang menggunakan mata uangnya.
  3. Tidak hanya oleh warga negaranya sendiri, bahkan dipakai juga oleh warga negara lain.
  4. Nah kira-kira 10 mata uang mana saja kah yang banyak dipakai di dunia? Berikut ini adalah daftarnya.1.

Dolar Amerika Serikat Uang yang menempati posisi pertama sebagai mata uang paling banyak digunakan di dunia adalah dolar Amerika serikat. Uang yang resmi digunakan di negara Paman Sam ini berkode ISO 4217 USD dan bersimbol $. Posisi teratas ini pantas saja ditempati oleh mata uang ini mengingat dolar USA banyak digunakan internasional secara luas sebagai kurs cadangan devisa di luar AS.

Selain itu negara Timor Leste yang dulunya merupakan salah satu provinsi di Indonesia juga menggunakan mata uang ini. Ada juga negara Zimbabwe. Setelah mata uangnya mengalami hiperinflasi, negara ini menggunakan beberapa mata uang asing untuk alat tukar. Salah satunya menggunakan dolar Amerika. Baca: Alasan mengapa dolar USA menjadi mata uang internasional 2.

Euro Eropa Mata uang paling banyak digunakan di dunia pada posisi kedua diduduki oleh euro. Euro ini bukanlah mata uang yang dibuat untuk alat tukar menukar resmi pada sebuah negara. Euro diluncurkan pada tanggal 1 Januari 1999 untuk menangani urusan bayar-membayar pada negara-negara kawasan Eropa khususnya anggota Uni Eropa.

  • Dengan begitu secara otomatis euro digunakan secara resmi di banyak negara, kurang lebih sekitar 18 negara.
  • Meskipun termasuk baru dan awal-awal beredarnya sempat mengalami kesulitan, namun sekelompok orang memprediksi euro bakalan bisa menggantikan posisi dolar Amerika sebagai mata uang internasional.
You might be interested:  Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Waktu Uang?

Baca: Mengenal mata uang euro yang dipakai kawasan benua Eropa 3. Pound sterling Britania Raya/Inggris Sebenarnya negara Inggris masih merupakan anggota Uni Eropa. Tapi dia tidak mau ikut-ikutan kompak menggunakan mata uang euro dikarenakan mempunyai mata uang tertua di dunia, Pound sterling.

Selain itu mata uang bersimbol £ ini juga pernah menjadi mata uang internasional sebelum posisinya digantikan oleh dolar Amerika. Kabarnya alasan gengsi inilah negara yang biasa disebut United Kingdom ini enggan tetap mempertahankan Pound sterling. Namun biar bagaimanapun, Inggris mampu membuat mata uangnya memiliki kurs lebih tinggi dari euro.

Tidak hanya itu, dia pun bisa membawa uang yang kode ISO 4217 GBP ini menempati urutan ketiga sebagai mata uang yang paling banyak digunakan di dunia.4. Yen Jepang Jepang merupakan negara termaju di kasawan Asia. Dalam kancah internasional pun negara sakura ini mampu membuat mata uang resminya, yen, menempati urutan keempat sebagai mata uang paling banyak digunakan di jagat raya.

  • Ngomong-ngomong tentang mata uang yang kode ISO 4217-nya JPY ini, uangindonesia.com sudah sempat membahasnya lebih lanjut di artikel yang berjudul Sejarah mata uang yen Jepang,
  • Jadi untuk kali ini saya tidak perlu membahasnya lebih lanjut.5.
  • Dolar Kanada Uang yang menempati urutan ke-5 sebagai mata uang paling favorit digunakan di dunia iyalah dolar Kanada.

Dolar Kanada resmi diedarkan mulai tahun 1858 setelah sebelumnya menggunakan Pound Kanada. Kode ISO 4217 mata uang ini adalah CAD. Simbolnya $ atau C$ atau CAD$. Sedangkan nilai kurs-nya terhadap rupiah saat tulisan ini dibuat adalah sebesar 9.753, Dolar Kanada dikenal juga dengan sebutan loonie.6.

Dolar Australia Dolar Australia berhasil menempati posisi ke-6 sebagai mata uang yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Meskipun namanya sama-sama dolar, namun dolar Australia tidaklah sama dengan dolar yang dipakai di Amerika Serikat atau pun Kanada. Dolar Australia mempunyai kode ISO 4217 AUD.

Oh ya Dolar Australia tidak hanya digunakan di negara kanguru saja, tapi Pulau Natal dan Kepulauan Cocos hingga Kiribati juga menggunakannya secara resmi. Mengenai kapan mata uang ini mulai diperkenalkan, agaknya bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia) melakukannya sejak tanggal 14 Februari 1966.

  • Baca: 7 negara yang nama mata uangnya hampir mirip dengan rupiah 7.
  • Yuan China Selain Jepang, negara maju di Asia lainnya iyalah China.
  • Disamping negaranya yang besar, penduduk China juga tergolong paling banyak di dunia.
  • Mengenai mata uangnya, negara tirai bambu ini mampu menempati posisi ke-7 sebagai mata uang paling banyak di digunakan di planet bumi ini.

Mata uang China mempunyai nama Yuan yang mana dalam bahasa Tionghoa berarti satuan dasar mata uang. Oh ya sekedar info tambahan, meskipun ada sedikit perbedaan, namun banyak orang yang menganggap yuan dan renminbi sama.8. Franc Swiss Selain digunakan di negara Swiss, franc juga dipakai di Liechtenstein.

  1. Mata uang ini diterbitkan sejak tahun 1798.
  2. Jika kita membuat daftar mata uang paling banyak digunakan di seluruh dunia, franc menempati urutan ke-8.
  3. Dalam pasar forex sendiri mata uang ini banyak dianggap sebagai mata uang netral.
  4. Lebih tepatnya mata uang yang aman.9.
  5. Dolar Singapura Meskipun negara kecil, namun Singapura termasuk negara paling maju di Asia selain Jepang dan Cina.

Negara yang nama ibu kotanya sama, Singapura juga, mempunyai mata uang bernama dolar Singapura. Ingat ya, meskipun namanya sama-sama dolar tapi bukan berarti sama seperti dolarnya Amerika serikat. Dolar yang ini mempunyai kode ISO 4217 SGD. Oh ya mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Otoritas Moneter Singapura.

  • SG$ 1 dibagi menjadi 100 sen.10.
  • Dolar Hongkong Uang yang menempati posisi terakhir, ke-10, dalam kategori mata uang paling banyak digunakan di seluruh permukaan bumi ini adalah dolar Hongkong.
  • Dalam masa awal-awal keluarnya, mata uang ini sempat diterbitkan oleh pemerintah Hongkong.
  • Namun dalam perkembangannya, sejak tahun 1993 dolar Hongkong mulai dikeluarkan oleh Otoritas Moneter Hong Kong.

Baca selanjutnya: Pengertian ISO 4217 dan mengapa rupiah disebut IDR?
Lihat jawaban lengkap

Apa perbedaan antara uang regional dan uang internasional?

Pengertian Fungsi, Jenis, dan Syarat Uang Uang Yang Berlaku Di Seluruh Dunia Disebut Uang Tepat dua hari yang lalu, salah satu influencer muda Indonesia yaitu Saaih Halilintar ramai diperbincangkan di sosial media. Adakah RG squad yang tahu apa alasannya? Well, dalam salah satu video yang diunggahnya, terlihat ia merobek selembar uang sebesar Rp100.000.

  • 1. Fungsi uang
  • Menurut ilmu ekonomi, uang digunakan sebagai alat perantara dalam berdagang dan memiliki dua kelompok fungsi, yaitu:
  • a. Fungsi asli
  • Uang sebagai alat tukar guna mempermudah kita untuk mendapatkan suatu barang. Dengan begitu, kita dapat menghemat waktu serta tenaga karena tinggal menukarkan uang untuk membeli kebutuhan.
  • Uang sebagai alat ukur mampu menentukan besaran nilai suatu barang. Misalnya, harga penggaris yang akan dibeli Tedy senilai Rp3.000, menunjukkan bahwa Tedy cukup membayar uang sejumlah Rp3.000 untuk mendapatkan penggaris.
You might be interested:  Jenis Uang Yang Digunakan Secara Umum Dalam Transaksi Sehari-Hari Disebut?

Ragam uang di Indonesia (Sumber: akurat.co) b. Fungsi turunan

  • Uang sebagai alat pembayaran berbeda dengan uang sebagai alat tukar. Maksudnya di sini adalah ketika uang dibayarkan tanpa ditukar dengan benda/jasa apapun. Contohnya,,
  • Uang sebagai penunjuk harga memiliki nilai yang berbeda-beda, misalnya harga jeruk 1 kg Rp8.000 sementara harga apel Rp9.000.
  • Uang sebagai alat pembayaran utang digunakan untuk melunasi utang piutang.
  • Uang sebagai alat penimbun kekayaan dapat digunakan ketika ada keperluan mendadak.
  1. 2. Jenis uang
  2. Berdasarkan pengelompokkannya, jenis uang dibagi menjadi 4 yaitu:
  3. a. Berdasarkan bahan pembuatnya
  • Uang logam terbuat dari logam, emas, atau perak dan nominalnya kecil seperti Rp100, Rp200, Rp500, dan Rp1.000.
  • Uang kertas dibuat agar tidak mudah robek, luntur, dan tahan terhadap air. Nominalnya besar contohnya Rp10.000, Rp20.000, atau Rp100.000.

Uang Yang Berlaku Di Seluruh Dunia Disebut Uang b. Berdasarkan nilai

  • Full bodied money (bernilai penuh) merupakan uang yang nilai intrisiknya sama dengan nilai nominal, misalnya nilai emas pada uang logam Rp500 bernilai sama dengan nominalnya.
  • Representative full bodied money (tidak bersifat penuh) yaitu nilai instrisik lebih kecil dari nilai nominal. Biasanya terdapat pada jenis uang kertas.

c. Berdasarkan lembaga yang menerbitkan

  • Uang kartal diterbitkan oleh Bank Sentral yaitu Bank Indonesia serta digunakan oleh seluruh masyarakat dalam bentuk logam dan kertas.
  • Uang giral diterbitkan oleh bank umum dalam bentuk cek atau bilyet giro.

Uang Yang Berlaku Di Seluruh Dunia Disebut Uang d. Berdasarkan kawasan

  • Uang lokal hanya berlaku di satu negara tertentu, misalnya mata uang peso hanya dapat digunakan di negara Filipina.
  • Uang regional berlaku di suatu kawasan yang lebih luas daripada uang lokal, misalnya mata uang euro dapat digunakan untuk beberapa negara yang ada di benua Eropa seperti Jerman, Spanyol, Austria, Spanyol, dan lain-lain.
  • Uang internasional berlaku di seluruh dunia sebagai standar pembayaran, contohnya US dollar.

3. Syarat uang Uang yang telah disepakati oleh masyarakat harus memenuhi 7 syarat sebagai berikut:

  • Ada jaminan artinya harus dijamin pemerintah sehingga penggunaannya untuk berbagai keperluan dapat dipercaya oleh masyarakat.
  • Diterima secara umum ( acceptability) yakni kegunaannya harus diterima sebagai alat tukar, penimbun kekayaan, atau pembayar utang.
  • Nilainya stabil ( stability of value) artinya tidak naik-turun (fluktuatif) supaya orang-orang mau menggunakaannya sebagai alat tukar.
  • Mudah disimpan ( storable ) berarti bentuk fisiknya tidak boleh terlalu besar.
  • Mudah dibawa ( portability ) berarti harus mudah dipindahkan dari satu tangan ke tangan lain.
  • Tidak mudah rusak ( durability ) agar dapat bertahan untuk jangka waktu yang relatif lama.
  • Mudah dibagi ( divisibility ) maksudnya apabila nominal uang hanya terdiri dari satu jenis pecahan, maka tidak memungkinkan kita untuk bertransaksi. Bayangkan kalau kamu ingin membeli baju seharga Rp80.000, namun pecahan nominal yang ada hanya Rp100.000. Lalu, bagaimana dengan kembaliannya? Sulit ‘ kan kalau tidak ada nominal lainnya?

Nah, sampai di sini apa kamu sudah merasa cukup jelas, Squad? Kalau ingin berlatih soal tentang materi di atas, yuk ikut tryout gratis dari sekarang! Selain soal, juga langsung ada pembahasan dan penilaian, lho Squad! Referensi: Alam S. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

  • Sumber Foto:
  • Foto ‘Ragam Uang di Indonesia’ Tautan: https://akurat.co/id-31379-read-bi-bali-distribusikan-rupiah-baru-hingga-pelosok
  • Artikel ini diperbarui pada 1 Desember 2020.

: Pengertian Fungsi, Jenis, dan Syarat Uang
Lihat jawaban lengkap

Apa mata uang tertua di dunia?

5. Poundsterling (GBP) – Uang Yang Berlaku Di Seluruh Dunia Disebut Uang 1 Pound Sterling = 1.36 USD Mata uang negara inggris ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Sebelumnya mata uang ini juga pernah menjadi yang tertinggi di dunia, namun saat ini Poundsterling kalah dengan mata uang dari beberapa negara di Timur Tengah.
Lihat jawaban lengkap