Surat Kredit Yang Diberikan Kepada Para Eksportir Dan Importir Disebut?

Surat Kredit Yang Diberikan Kepada Para Eksportir Dan Importir Disebut
Kesimpulan – Letter of Credit merupakan salah satu metode pembayaran yang digunakan dalam perdagangan internasional. Metode ini diyakini paling aman bagi pihak importir dan eksportir karena dana pembayaran akan ditangguhkan oleh pihak bank. Dengan begitu, eksportir dapat menerima pembayaran tanpa perlu menunggu berita dari luar negeri setelah barang datang, sedangkan importir tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menerima barangnya.

Ada beberapa jenis LC tergantung pada jenis pasar dan solusi pembayaran yang ditawarkan. Contohnya, ada yang surat kredit yang dapat dibatalkan secara sepihak tanpa pemberitahuan dan ada yang tidak dapat dibatalkan, ada yang dapat dipakai berulang kali untuk transaksi yang berbeda, ada yang memberikan jangka waktu pembayaran pada eksportir, ada jenis surat kredit dengan klausa khusus, dan sebagainya.

Dalam melakukan metode pembayaran LC, ada beberapa pihak yang terlibat, seperti importir, eksportir, opening bank, advising bank, dan paying bank, Lalu, ada sejumlah dokumen yang perlu diserahkan demi kelancaran pembayaran, salah satunya adalah bill of lading dan commercial invoic e.

  • Pembayaran transaksi antar negara ini memang terlihat cukup kompleks.
  • Arena itu, pastikan untuk mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk kelancaran transaksi, misalnya dengan membuat dan mencatat faktur komersial di OnlinePajak.
  • Sebagai aplikasi penyedia jasa perpajakan mitra resmi DJP, OnlinePajak memiliki fitur yang memudahkan pelaku usaha untuk membuat faktur komersial secara digital.

Tidak hanya membuat, tetapi juga mengirimkannya pada lawan transaksi. Dengan begitu, pengelolaan faktur menjadi lebih rapi. Selain membuat faktur, pelaku usaha juga dapat membuat faktur pajak dan mengelolanya di OnlinePajak. Pelaku usaha juga dapat membayar dan melaporkan pajak usahanya dengan lebih mudah, semua dalam 1 aplikasi saja.
Lihat jawaban lengkap

Apakah surat kredit harus dilengkapi dengan dokumen lain?

Documentary – Penarikan uang atau kredit yang tersedia harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen lain yang terdapat dalam persyaratan surat kredit. Baca Juga: 5 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan surat ekspor?

Apa itu Letter of Credit – Dalam bahasa indonesia, pengertian letter of credit disebut juga dengan surat kredit, yaitu sebuah cara pembayaran internasional yang memungkinkan eksportir menerima pembayaran tanpa menunggu berita dari luar negeri setelah barang dan berkas dokumen dikirimkan keluar negeri (kepada pemesan/importir) dan akan memudahkan pihak-pihak yang berada didalamnya.

Pengertian letter of credit lainnya adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu bank atas permintaan importir (nasabah) yang ditujukan kepada eksportir. Surat ini dapat memberikan hak kepada eksportir untuk menarik wesel-wesel atau pembayaran atas importir yang bersangkutan. Bank yang dapat memberikan pembayaran kepada eksportir tersebut adalah bank yang menjamin untuk mengakses wesel atau menguangkan wesel yang ditarik, yang mana harus memenuhi syarat-syarat yang tercantum dalam surat tersebut.

Surat kredit dikeluarkan oleh bank, yang bertindak atas permintaan dan instruksi dari pelanggannya (pemohon kredit). Pihak-pihak yang bersangkutan dalam surat ini, antara lain:

Pemohon atau pihak akun (pembeli/importir) Penerima (penjual/eksportir) Advising Bank (biasanya bank yang berlokasi di dekat lokasi pengekspor dan yang telah disarankan)

Lihat jawaban lengkap

Apa manfaat surat kredit?

Bagi eksportir –

Transaksi pembayaran pasti dan menghindari resiko terjadinya tidak mendapatkan pembayaran Penguangan melalui dokumen dapat langsung dilakukan Biaya bank relatif kecil Kemungkinan memperoleh kredit tanpa bunga

You might be interested:  Lembaga Yang Berwenang Mencetak Uang Rupiah Adalah?

Baca Juga: Mengenal Perusahaan Multinasional dan Contohnya di Indonesia
Lihat jawaban lengkap

Apakah surat kredit aman?

Irrevocable dan Confirmed – Surat kredit ini dianggap paling sempurna dan aman dari sudut penerima. Hal itu dikarenakan pembayaran atau pelunasan wesel yang ditarik ini dijamin sepenuhnya oleh bank penerbit maupun bank penerus bila segala syarat-syarat dipenuhi serta tidak mudah dibatalkan Jika di atas adalah jenis berdasarkan kekuatannya, maka ini adalah jenis surat kredit berdasarkan persyaratannya, yaitu:
Lihat jawaban lengkap