Pada Tahun 1799 Voc Mengalami Kebangkrutan Yang Disebabkan Oleh?

Pada Tahun 1799 Voc Mengalami Kebangkrutan Yang Disebabkan Oleh
VOC resmi dinyatakan bubar pada31 Desember 1799. Faktor penyebab bubarnya VOC adalah kemerosotan moral para pengurus VOC yang mengakibatkan krisis dalam tubuh VOC. Kemerosotan moral pengurus VOC ditandai dengan adanya gaya hidup mewah para pengurus, korupsi besar-besaran, nepotisme dalam pengangkatan pengurus baru, hingga penganggaran dana untuk pembelian hal-hal yang tidak perlu seperti kereta emas untuk para pejabat VOC.

Dengan demikian, faktor penyebab bangkrutnya VOC adalahadanya gaya hidup mewah para pengurus, korupsi besar-besaran, nepotisme dalam pengangkatan pengurus baru, hingga penganggaran dana untuk pembelian hal-hal yang tidak perlu. – VOC resmi dinyatakan bubar pada 31 Desember 1799. Faktor penyebab bubarnya VOC adalah kemerosotan moral para pengurus VOC yang mengakibatkan krisis dalam tubuh VOC.

Kemerosotan moral pengurus VOC ditandai dengan adanya gaya hidup mewah para pengurus, korupsi besar-besaran, nepotisme dalam pengangkatan pengurus baru, hingga penganggaran dana untuk pembelian hal-hal yang tidak perlu seperti kereta emas untuk para pejabat VOC.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang menyebabkan VOC bangkrut pada tahun 1799?

Penyebab kemunduran VOC : 1. Banyaknya pegawai yang korupsi.2. Rendahnya kemampuan VOC dalam memantau monopoli perdagangan.3. Perlawanan rakyat secara terus menerus dari berbagai daerah.4. Uang kas negara telah habis.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang membuat VOC mengalami kebangkrutan brainly?

Penyebab kebangkrutan VOC antara lain: Praktik korupsi yang dilakukan oleh para pejabat VOC. Salah satu sebab mereka korupsi adalah gaji dari VOC kecil, sedangkan mereka ingin memperbaiki taraf hidupnya. Besarnya biaya dan tenaga yang dikeluarkan VOC untuk menghadapi perlawanan rakyat Nusantara.

  • Banyaknya perlawanan dari rakyat Nusantara tersebut karena VOC seringkali memakai cara paksa dan kekerasan untuk meraih ambisinya.
  • VOC tidak mampu melakukan persaingan dengan kongsi dagang lain seperti EIC (East India Company).
  • Menurunnya kualitas perusahaan menyebabkan VOC kalah saing dengan kongsi dagang lain, seperti EIC di India.

Ekspansi teritorial (perluasan wilayah kekuasaan) yang semakin luas tetapi keuntungan dagang VOC menurun. Jadi, yang tidak termasuk penyebab kebangkrutan VOC yakni mata uang VOC mengalami deflasi yang besar. – Penyebab kebangkrutan VOC antara lain:

You might be interested:  Mengapa Pemerintah Indonesia Mengeluarkan Uang Ori?

Praktik korupsi yang dilakukan oleh para pejabat VOC. Salah satu sebab mereka korupsi adalah gaji dari VOC kecil, sedangkan mereka ingin memperbaiki taraf hidupnya. Besarnya biaya dan tenaga yang dikeluarkan VOC untuk menghadapi perlawanan rakyat Nusantara. Banyaknya perlawanan dari rakyat Nusantara tersebut karena VOC seringkali memakai cara paksa dan kekerasan untuk meraih ambisinya. VOC tidak mampu melakukan persaingan dengan kongsi dagang lain seperti EIC (East India Company). Menurunnya kualitas perusahaan menyebabkan VOC kalah saing dengan kongsi dagang lain, seperti EIC di India. Ekspansi teritorial (perluasan wilayah kekuasaan) yang semakin luas tetapi keuntungan dagang VOC menurun.

Jadi, yang tidak termasuk penyebab kebangkrutan VOC yakni mata uang VOC mengalami deflasi yang besar.
Lihat jawaban lengkap

Bagaimana proses kebangkrutan VOC?

Sejarah Kebangkrutan VOC di Batavia, Gara-gara Berkolusi dengan Bengkong Kabar Ekonomi & Bisnis Terbit 28.05.2022 : 14:38 Ilustrasi (Foto: ISTIMEWA) KabarJakarta.com – Vereenigde Oostindische Compagnie (), adalah perusahaan Hindia Belanda yang berdiri pada tahun 1602, adalah kongsi dagang terkaya yang pernah ada dalam sejarah. Sebuah artikel di Dutch Review menyebut, kekayaan perusahaan-perusahaan besar saat ini, seperti Google, Facebook, ataupun Apple, tidak mampu menandingi kekayaan VOC.

“VOC memiliki nilai saham perusahaan sebesar 78 juta Gulden Belanda. Itu merupakan nominal yang sangat besar, serta keberhasilan bisnis yang cukup solid,” tulis artikel tersebut. “Pada puncaknya, saham VOC bernilai setara dengan gabungan Apple, Microsof, Amazon, ExxonMobil, Berkshie Hathaway, Tencent, dan Wellls Fargo, dengan total US47,9 triliun,” tulis artikel itu lagi.

Seperti diketahui, VOC pernah sangat berkuasa di Kota Batavia (sekarang DKI Jakarta). Namun di kota ini pula akhirnya VOC mengalami kebangkrutan total dan tidak mampu bangkit lagi. Bukan akibat kalah perang atau persaingan perdagangan, VOC bangkrut melainkan karena para pejabatnya melakukan korupsi.

“Budak-budak ini didatangkan dari Kepulauan Andaman, Malabar, Malaka, dan Goa dengan biaya yang sangat mahal,” tulis Zaenuddin HM.Kalangan elit Belanda juga membangun vila-vila mewah di sekitar Ancol, Jakarta Utara, dekat Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk, untuk tempat bersantai di akhir pekan.Vila-vila yang mereka punya itu memiliki puluhan, bahkan ratusan kamar, karena juga menjadi tempat menginap para budak.Untuk ukuran masa yang cukup lama, penguasa dan orang-orang VOC di Batavia hidup dalam gelimang harta benda serta kemewahan duniawi yang tiada tara.”Akan tetapi, untuk mencari harta dan kemewahaan itu, pejabat kompeni Belanda mulai melakukan kecurangan-kecurangan, yakni berkolusi dengan para pengusaha China yan kala itu memainkan peran penting,” tulis Zaenuddin lagi.Di masa kekuasaan Gubernur Jenderal JP Coen, misalnya, kolusi itu dilakukan dengan seorang China bernama Souw Beng Koen alias Bengkong.

You might be interested:  Pinjaman Online Yang Legal Apa Saja?

Coen dan Bengkong sering bertemu dan melakukan perdagangan dengan cara licik dan korup. Menurut Zaenuddin, uang yang seharusnya masuk ke kas pemerintah VOC, justru masuk ke kantong pribadi mereka. Rupanya, mental Coen itu ditiru oleh para pejabat bawahannya.

Korupsi kemudian dilakukan oleh banyak oknum pejabat VOC dan di hampir di seluruh sektor perniagaan. VOC menjadi sarang koruptor. Sejak itulah korupsi kian ganas dan merajalela di Batavia. Pada 31 Mei 1799, akibat utang-utang yang menumpuk (sebesar 140 juta Gulden), VOC dinyatakan bangkrut. Oleh pemerintah Hindia Belanda, kongsi dagang itu akhirnya dibubarkan.

Tamatlah riwayat VOC. Namun, tak terdengar kabar apakah para koruptor itu dihukum gantung. Padahal, pemerintah kolonial Belanda saat itu kerap menghukum gantung kaum pribumi yang mereka anggap telah melakukan pelanggaran hukum mereka. Penulis : Adi S Editor : Zultamzil : Sejarah Kebangkrutan VOC di Batavia, Gara-gara Berkolusi dengan Bengkong
Lihat jawaban lengkap

Apa saja faktor yang menyebabkan VOC mengalami kemuduran hingga dibubarkannya pada 1799 * jawaban Anda kembali kirim Kosongkan formulir?

VOC bertahan di Nusantara sejak 1602 hingga 1799. Pada akhirnya, VOC mengalami kemunduran sehingga dibubarkan oleh pemerintah Belanda. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan dibubarkannya VOC adalah sebagai berikut. Banyaknya kasuskorupsi disemuatingkatan birokrasi, dari pegawai rendah sampai pejabat tinggi VOC.

  • Sebagian pegawai VOCikutsertadalam kegiatan perdagangan rempah-rempah yang menguntungkan kepentingan pribadi.
  • Perdagangangelapmerajalelayangmenerobos monopoliperdaganganVOC.
  • Anggaran biaya untuk para pegawaisangatbesar karena makin meluasnya kekuasaanVOC.
  • Besarnya biaya perang untuk meredam perlawanan rakyat di Nusantara.

Kalah saing dengan perserikatan dagang lainnya. Pendudukan Prancis di Belanda pada 1795. Dengan demikian,faktor yang menyebabkanVOCmengalami kemuduran hingga dibubarkan adalah adanya korupsi, adanya perdagangan ilegal, anggaran biaya pegawai dan perang yang terlampau besar, kalah saing dengan perserikatan dagang lainnya, serta ternjadinyapendudukan Prancis di Belanda.

Banyaknya kasus korupsi di semua tingkatan birokrasi, dari pegawai rendah sampai pejabat tinggi VOC. Sebagian pegawai VOC ikut serta dalam kegiatan perdagangan rempah-rempah yang menguntungkan kepentingan pribadi. Perdagangan gelap merajalela yang menerobos monopoli perdagangan VOC. Anggaran biaya untuk para pegawai sangat besar karena makin meluasnya kekuasaan VOC. Besarnya biaya perang untuk meredam perlawanan rakyat di Nusantara. Kalah saing dengan perserikatan dagang lainnya. Pendudukan Prancis di Belanda pada 1795.

You might be interested:  Salah Satu Sistem Pembayaran Yang Memakai Uang Kartal Adalah?

Dengan demikian, faktor yang menyebabkan VOC mengalami kemuduran hingga dibubarkan adalah adanya korupsi, adanya perdagangan ilegal, anggaran biaya pegawai dan perang yang terlampau besar, kalah saing dengan perserikatan dagang lainnya, serta ternjadinya pendudukan Prancis di Belanda.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dialami VOC pada akhir abad xviii?

Halo Ahmad, saya bantu jawab ya. Jawaban : 31 Desember 1799 Pembahasan : Pada 31 Desember 1799, VOC dinyatakan bangkrut dan dibubarkan, serta hak miliknya berada di bawah penguasaan kerajaan Belanda. VOC bangkrut dengan utang 136,7 juta Gulden dan kekayaan berupa kantor dagang, gudang, benteng, kapal, serta daerah kekuasaan di Indonesia.
Lihat jawaban lengkap

Apa saja faktor yang menyebabkan VOC mengalami kemunduran hingga dibubarkan pada tahun 1799 brainly?

apa saja faktor yang menyebabkan voc mengalami kemunduran hingga dibubarkan pada tahun 1799? 1. Para pegawai VOC melakukan korupsi dan kecurangan karena bergaji rendah.2. Banyaknya saingan kongsi dagang dari negara lain di Asia, terutama Perancis dan Inggris.3. Banyaknya gaji yang harus dibayar, karena luasnya kekuasaan membutuhkan pegawai yang banyak.4. 1. Perlawanan dari para penguasa lokal2. Banyaknya pegawau VOC yang melakukan korupsi3. Kekosongan keuangan pada kas VOC 4. Banyaknya pegawai VOC yang mengundurkan diri : apa saja faktor yang menyebabkan voc mengalami kemunduran hingga dibubarkan pada tahun 1799?
Lihat jawaban lengkap

Apa faktor dominan yang menyebabkan VOC bangkrut dan dibubarkan?

Para pejabat VOC melakukan korupsi – Faktor internal yang menyebabkan kemerosotan VOC adalah banyaknya pejabat VOC yang melakukan praktik korupsi. Hal ini sekaligus menjadi faktor politis dan faktor utama kongsi dagang Belanda tersebut dibubarkan. Selain karena sistem upeti, tindak korupsi juga terjadi karena para pejabat VOC ingin memperkaya diri.

  • Mereka tidak lagi memikirkan keuntungan bersama, tetapi hanya mengutamakan kepentingan pribadi.
  • Akibatnya, beban utang VOC semakin berat dan berujung pada kebangkrutan.
  • Bahkan VOC menjadi sering diartikan Vergaan Onder Corruptie, yang berarti tenggelam karena korupsi.
  • VOC bangkrut pada masa pimpinan Gubernur Jenderal Van Overstraten dan resmi dibubarkan pada 31 Desember 1799.

Referensi:

Makfi, Samsudar. (2019). Masa Penjajahan Kolonial. Singkawang: Maraga Borneo Tarigas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Lihat jawaban lengkap