Mata Uang Yang Digunakan Di Negara Kamboja Adalah?

Mata Uang Yang Digunakan Di Negara Kamboja Adalah
Mensen zoeken ook naar Vietnamese dong Laotiaanse kip Iraanse rial Indonesische roepia Saoedi‑Arabische riyal Thaise baht Maleisische ringgit
Lihat jawaban lengkap

Apa itu mata uang Kamboja?

Sejarah Riel sebagai mata uang kamboja – Berbicara tentang Riel Kamboja, kamu harus kembali ke zaman Khmer Kuno. Khmer merupakan kerajaan dan etnik dominan yang mendiami wilayah Kamboja sejak berabad-abad lalu. Jejak perdagangan telah ditemukan sejak abad ke-6 di Kamboja.

  • Saat itu mereka menggunakan tembaga, patung, kaca, dan keramik untuk transaksi.
  • Sementara Kekaisaran Khmer sendiri telah memiliki mata uang yang beredar yang digunakan untuk berdagang dengan bangsa India, Malaysia, Iran, Yunani, dan Kekaisaran Romawi.
  • Uang yang digunakan berupa uang logam bulat yang terbuat dari logam, perunggu, perak, dan emas.

Uang logam tersebut digunakan dari tahun 800-an sampai dengan 1800-an, tepatnya saat penjajah Prancis datang ke Kamboja tahun 1860-an. Prancis langsung membuat tempat percetakan uang kertas yang diberi nama Piastre yang kemudian diedarkan untuk Vietnam, Kamboja, dan Laos.

  • Antor percetakan tersebut didirikan di pusat negara, Phnom Penh.
  • Uang tersebut kemudian merubah pola transaksi masyarakat Kamboja, dari logam menuju ke uang kertas,
  • Hingga akhirnya, Kamboja merdeka dari Prancis tahun 1951.
  • Piastre diubah menjadi Riel oleh pemerintahan Kamboja.
  • Tahun 1975, Riel sempat tidak digunakan karena kelompok Khmer Merah berkuasa.

Mereka mencetak mata uangnya sendiri. Tapi kemudian setelah invasi Vietnam ke Kamboja, tahun 1980, Riel kembali dipakai dan ditetapkan sebagai Riel Kamboja. Miliki benefit cover 100 persen tagihan di rumah sakit dengan membeli polis asuransi kesehatan di Lifepal.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Mata Uang Adalah Salah Satu Sumber Sejarah Yang Merupakan?

Apakah mata uang negara Kamboja bisa membuat mata saya hijau?

Ada yang tau ada tidak hubungan antara bunga Kamboja dan negara Kamboja kok sampai bisa-bisanya mempunyai nama yang sama? Kalau Anda tidak tau berarti sama seperti saya. Bedanya, saya tidak pernah berusaha cari tau. Bunga Kamboja memang memberikan pemandangan indah.

  1. Namun bagi saya, mata uang negara Kamboja justru bisa membuat mata saya hijau saat melihatnya.
  2. Maklum saja saya mata duitan, hehe.
  3. Baca juga: Istilah dan idiom yang mengandung kata uang Karena saya mata duitan maka di sini saya akan membahas tentang riel saja, yang mana merupakan mata uang resmi negara yang dalam bahasa Inggris dinamakan Kingdom of Cambodia.

Jika Anda juga pecinta uang, tertarik dengan negara berbahasa Khmer, ingin dan akan pergi ke sana, tidak ada salahnya simak tulisan uangindonesia.com berikut. Mengapa? Karena yang akan dijelaskan di sini cukup lengkap. Mulai dari nama, simbol, kode ISO 4217, dan harga kurs mata uang riel Kamboja akan terurai detail.
Lihat jawaban lengkap

Bagaimana penjajah Kamboja mencetak mata uang kertas?

Penciptaan Riel Kamboja – Kamboja memperoleh kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1953. Pada tahun yang sama, Bank of Cambodia mencetak dan menerbitkan riel dalam berbagai denominasi. Mata uang dibagi menjadi satuan 100 centimes. Koin bulat yang digunakan sebagai mata uang terbuat dari aluminium.

Roman Kamboja digunakan di samping piaster sebagai alat pembayaran yang sah bagi Kamboja. Namun, piaster perlahan kehilangan popularitas ke riel, dan pada akhir tahun 1955, piaster itu tidak lagi beredar. Penggunaan riel Kamboja sebagai alat pembayaran yang sah untuk sementara dihentikan pada tahun 1975 ketika Khmer Merah mengambil kepemimpinan Kamboja.

Ketika gerakan Khmer Merah mengambil alih Kamboja, pemimpin brutal Pol Pot menghapus semua bentuk mata uang di Kamboja. Dia menegakkan kehidupan komunal di mana orang-orang berbagi semua sumber daya. Orang-orang Kamboja terpaksa melakukan barter perdagangan.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Bagaimana Cara Menaikan Limit Pinjaman Di Akulaku?

Berapa pecahan uang Riel Kamboja?

Pecahan-pecahan Riel Kamboja yang beredar – Agar mudah digunakan untuk bertransaksi, tentu sebuah mata uang harus terdiri dari berbagai macam pecahan dengan nilai yang berbeda-beda. Seperti Rupiah Indonesia, kamu bisa menemukan pecahan 500, 1.000, 2.000, 5.000, 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000. Mata Uang Yang Digunakan Di Negara Kamboja Adalah Sama dengan Rupiah, Riel Kamboja juga terdiri dari dua jenis uang, yaitu uang logam dan uang kertas. Untuk uang logam, pecahan yang beredar ada 50, 100, 200, dan 500. Sementara uang Riel kertas yang beredar memiliki pecahan 100, 500, 1.000, 5.000, 10.000, 20.000, 50.000, dan 100.000.

៛100: Bergambar Norodom Sihanouk, Silver Pagoda, dan Buddha. ៛500: Bergambar Norodom Sihamoni dan Japan-funded Bridges. ៛1.000: Bergambar Victory Gate Angkor Thom dan Seaport. ៛5.000: Bergambar HM Norodom Sihanouk dan antique bridge. ៛10.000: Bergambar King Norodom Sihanouk dan water festival. ៛20.000: Bergambar King Norodom Sihamoni dan Angkor Wat. ៛100.000: Bergambar Sihanouk and First Lady dan homage.

Lihat jawaban lengkap