Kredit Yang Digunakan Untuk Membuka Usaha Baru Termasuk Kredit?

Kredit Yang Digunakan Untuk Membuka Usaha Baru Termasuk Kredit
Pengelompokan Jenis-jenis Kredit yang Wajib Kamu Ketahui – Agar kamu lebih memahami, simak beragam jenis kredit berdasarkan pengelompokannya berikut ini.

Sifat Kegunaan

Kredit berdasarkan sifat kegunaan dapat dikategorikan sebagai kredit jenis konsumtif maupun produktif yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan. Kredit berdasarkan sifat kegunaan dibedakan menjadi tiga jenis, yakni:

Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja digunakan untuk kegiatan usaha seperti memulai bisnis ataupun memperluas bisnis. Kredit jenis ini termasuk dalam golongan produktif lantaran menghasilkan keuntungan.

Kredit Investasi

Kredit investasi bertujuan untuk kegiatan investasi, seperti investasi Mulia Personal, Investasi emas batangan bersertifikat dari Pegadaian ini dapat diangsur mulai dari 3 bulan hingga 36 bulan dengan pilihan emas mulai dari 0.5 gram hingga 1 kg.

Kredit Konsumtif

Sesuai dengan namanya, kredit konsumtif digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya pribadi, seperti pembelian kendaraan pribadi, alat elektronik, atau membayar tagihan rumah.

Jangka Waktu Pengembalian

Setiap kredit memiliki jangka waktu pengembalian yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kredit berdasarkan waktu pengembalian dibagi menjadi tiga, yakni:

Kredit Jangka Pendek

Kredit jangka pendek biasanya digunakan untuk kegiatan yang menguntungkan dalam waktu singkat, kurang dari 1 tahun, seperti kredit pertanian.

Kredit Jangka Menengah

Kredit jangka menengah memiliki waktu pengembalian maksimal selama 3 tahun. Kredit jenis ini sering digunakan untuk membantu usaha UKM di bawah 100 juta.

Kredit Jangka Panjang

Kredit jangka panjang memiliki waktu pengembalian hingga 5 tahun. Umumnya kredit jenis ini digunakan untuk pembiayaan usaha industri, pembelian rumah, atau kendaraan.

Cara Pemberian

Kredit berdasarkan cara pemberian diberikan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Jenis kredit ini terbagi menjadi tiga jenis, yakni:

Kredit Aksep

Kredit Askep adalah kredit yang diberikan oleh bank. Kredit jenis ini merupakan yang paling umum dan banyak digunakan masyarakat.

Kredit Penjual

Kredit penjual merupakan kredit yang diberikan oleh penjual pada pembeli. Biasanya kredit ini banyak ditemukan di pasar grosir, contohnya transaksi antara supplier dengan distributor atau pengecer.

Kredit Pembeli

Kredit pembeli adalah kredit yang digunakan untuk membeli barang dengan uang muka di awal.

Sektor Perekonomian

Kredit berdasarkan sektor pertanian ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan kegiatan ekspor. Adapun jenis-jenis kredit berdasarkan sektor pertanian, antara lain:

Kredit Pertanian

Kredit ini diberikan untuk meningkatkan sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan.

Kredit Perindustrian

Kredit ini diberikan untuk memperluas cakupan usaha atau membuka usaha baru, baik skala kecil, menengah, maupun besar.

Kredit Pertambangan

Kredit jenis ini digunakan untuk membiayai kegiatan yang berhubungan dengan pertambangan dalam jangka waktu panjang, seperti pertambangan emas, batu bara, dan minyak bumi.

Kredit Ekspor Impor

Kredit ini digunakan untuk melancarkan kegiatan ekspor impor sehingga dapat menghasilkan barang dengan demand tinggi.

Kredit Koperasi

Kredit ini diberikan oleh koperasi untuk menggerakan pendanaan bagi anggota maupun masyarakat.

Kredit Profesi

Kredit ini biasanya diberikan pada para profesional, seperti dokter, guru, dan karyawan swasta.

Kredit Perumahan

Kredit perumahan merupakan jenis yang dikhususkan untuk pembiayaan bangunan.

Bentuk Jaminan

Jenis kredit berdasarkan bentuk jaminan dibedakan menjadi empat, yakni jaminan orang, efek, barang, dan dokumen.

Tingkat Golongan Ekonomi

Kredit berdasarkan tingkat golongan ekonomi terbagi menjadi dua jenis, yakni:

Golongan Ekonomi Lemah

Kredit ini diberikan untuk golongan ekonomi lemah dengan total kekayaan di bawah 600 juta.

Golongan Ekonomi Menengah dan Konglomerat

Kredit ini diberikan untuk golongan menengah dan konglomerat dengan total kekayaan di atas 600 juta.

Cara Penarikan dan Pelunasan

Setiap kredit memiliki mekanisme penarikan dan pelunasan yang berbeda, yakni:

Rekening Koran

Kredit ini memiliki fleksibilitas tinggi dan dapat dilakukan sewaktu-waktu. Cara penarikannya dapat menggunakan cek, giro, atau bilyet dengan sistem pelunasan angsuran.

Kredit Berjangka

Kredit ini memiliki nilai sesuai platform yang digunakan dan wajib dilunasi dalam jangka waktu tertentu. Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis kredit berdasarkan pengelompokannya. Jangan lupa bagikan, ya!
Lihat jawaban lengkap

Kredit komersial apa saja?

MentorHub | Jenis-jenis Kredit/Pinjaman

  • Ada beberapa jenis kredit yang dikemukakan oleh Kasmir dalam bukunya Manajemen Perbankan (2010: 76), diantaranya:
  • Dilihat dari segi tujuan kredit
  • 1) kredit produktif

kredit yang digunakan untuk peningkatan usaha atau produksi atau investasi. kredit ini diberikan untuk menghasilkan barang atau jasa. sebagai contohnya kredit untuk membangun pabrik yang nantinya akan menghasilkan barang dan kredit pertanian akan menghasilkan produk pertanian, kredit pertambangan menghasilkan bahan tambang atau kredit industri akan menghasilkan barang industri.2) kredit konsumtif kredit yang digunakan untuk dikonsumsi secara pribadi.

  1. Dalam kredit ini tidak ada pertambahan barang dan jasa yang dihasilkan, karena memang untuk digunakan atau dipakai oleh seseorang atau badan usaha.
  2. Sebagai contoh kredit untuk perumahan, kredit mobil pribadi, kredit perabotan rumah tangga dan kredit konsumtif lainnya.3) kredit perdagangan merupakan kredit yang diberikan kepada pedagang dan digunakan untuk membeli aktivitas perdagangannya seperti untuk membeli barang dagangan yang pembayarannya diharapkan dari hasil penjualan barang dagangan tersebut.
You might be interested:  Analisislah Akibat Yang Ditimbulkan Oleh Banyaknya Jumlah Uang Yang Beredar?

kredit ini sering diberikan kepada suplier atau agen-agen perdagangan yang akan membeli barang dalam jumlah besar. contoh kredit ini misalnya kredit ekspor dan impor.

  1. Dilihat dari segi jangka waktu
  2. 1) kredit jangka pendek

Merupakan kredit yang memiliki jangka waktu kurang dari 1 tahun atau paling lama 1 tahun dan biasanya digunakan untuk keperluan modal kerja. contohnya untuk peternakan, misalnya kredit peternakan ayam atau jika untuk pertanian misalnya tanaman padi atau palawija.2) kredit jangka menengah Jangka waktu kreditnya berkisar antara 1 tahun sampai dengan 3 tahun dan biasanya kredit ini digunakan untuk melakukan investasi.

sebagai contoh kredit untuk pertanian seperti jeruk, atau peternakan kambing.3) kredit jangka panjang merupakan kredit yang masa pengembaliannya paling panjang. Kredit jangka panjang waktu pengembaliannya di atas 3 tahun atau 5 tahun. biasanya kredit ini untuk investasi jangka panjang seperti perkebunan karet, kelapa sawit atau manufaktur dan untuk kredit konsumtif seperti kredit perumahan.

Dilihat dari segi jaminan 1) kredit dengan jaminan merupakan kredit yang diberikan dengan suatu jaminan. jaminan tersebut dapat berbentuk barang berwujud atau tidak berwujud atau jaminan orang. artinya setiap kredit yang dikeluarkan akan dilindungi minimal senilai jaminan atau untuk kredit tertentu jaminan harus melebihi jumlah kredit yang diajukan si calon debitur.2) kredit tanpa jaminan merupakan kredit yang diberikan tanpa jaminan barang atau orang tertentu.

  1. Keluarga
  2. Teman
  3. Lembaga Keuangan, seperti Bank, Koperasi dan lain – lain.

Di dalam sebuah kredit ada dikenal namanya kredit komersial dan konsumtif. Namun untuk lebih jelasnya bisa dilihat di materi kita selanjutnya tentang “Mengelola Keuangan Usaha”. Berikut adalah pengertiannya: Kredit komersial, yaitu kredit yang diberikan untuk memperlancar kegiatan nasabah yang bidang usahanya adalah perdagangan (ditujukan untuk membiayai kebutuhan dunia usaha).
Lihat jawaban lengkap

Apa yg dimaksud dengan kredit konsumsi?

Kredit Konsumsi Undang Undang No.10 tahun 1998 menyebutkan bahwa kredit adalah “penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga”.

Kredit Konsumsi adalah kredit untuk perorangan utamnya untuk pembiayaan barang-barang kebutuhan pribadi, untuk konsumsi seperti pembelian rumah tinggal, kendaraan bermotor dan lain-lainnya multi guna untuk konsumsidengan skema pembayaran angsurannya flat, dan efektif.

Syarat dan Ketentuan Umum :

  1. Mempunyai usaha dan atau pekerjaan berikut jaminan sebagai sumber pembayaran angsuran
  2. Mempunyai kartu identitas pribadi dan keluarga, izin-izin usaha seperti SIUP, TDP, dll
  3. Cakap hukum dan sanggup mentaati aturan perusahaan terkait dengan perkreditan

Ketika memberikan pinjaman kepada debitur (nasabah peminjam), BPR Sarijaya mengharapkan pinjamannya itu kembali sesuai dengan jadwalyang sudah disepakati bersama yang tertuang didalam perjanjian kredit antara debitur dengan BPR. Dalam perjalanan waktu peminjaman, terdapat risiko tidak tertagih yang diakibatkan oleh factor internal dan ekternal, karenanya untuk sama sama menjaga komitment terkait dengan willingness to dan ability to pay,BPR Sari Jayamewajibkan semua debiturnya menyertakan agunanyang cukup untuk setiap kredit yang diajukan, kecuali utuk kredit mikro yang ditentukan oleh perusahaan tidak diwajibkan menyertakan agunan.

  • Jangka waktu kredit
  • Suku bunga
  • Cara pembayaran
  • Agunan/ jaminan kredit
  • Biaya provisi dan administrasi
  • Asuransi jiwa dan tagihan

# asal mula kata “kredit” dari kata Credere yang artinya kepercayaan, adalah apabila seseorang debitur memperoleh kredit dari pihak lain (perbankan) berarti orang tersebut memperoleh kepercayaan dari pihak bank. Sedangkan bagi si pemberi kredit artinya memberikan kepercayaan kepada seseorang bahwa uang yang dipinjamkan pasti dikembalikan. : Kredit Konsumsi
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan kredit konsumsi?

a. Pengertian

Kredit Konsumtif Umum adalah fasilitas kredit yang diperuntukkan bagi perorangan /pengusaha/ pedagang / profesi / karyawan dengan tujuan untuk membiayai kebutuhan yang bersifat konsumtif. Misalnya : pendidikan,kontrak rumah, renovasi rumah, pembelian alat- alat rumah tangga, biaya pernikahan, tambahan pembelian kendaraan bermotor dan lain-lain. Pencairan kredit dilakukan sekaligus, sedangkan pelunasan pinjaman sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap pengajuan kredit dilakukan proses SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK.

You might be interested:  Berikut Ini Yang Merupakan Pengertian Kurs Mata Uang Adalah?

b. Jaminan Kredit

Benda Tetap :

– Tanah dan/atau bangunan yang dinyatakan dengan bukti pemilikan berupa Sertifikat Hak Milik, Sertifikat Hak Guna Bangunan/Hak Guna Usaha, Surat Ijin/Pemakaian/Sewa Kios, Letter C/D. – Tempat usaha yang dinyatakan dengan bukti kepemilikan berupa SIP (Surat Ijin Penempatan) atau SPP (Surat Penempatan Pedagang).

Benda Bergerak :

– Kendaraan Bermotor yang dinyatakan dengan bukti pemilikan berupa BPKB, Bilyet Deposito, Buku Tabungan dan lain – lain. – Tabungan dan Deposito produk PT. BPR Soka Panca Artha yang diblokir disertai dengan Surat Kuasa Pencairan. – Logam mulia yang disertai dengan surat kuasa gadai.

  1. Emas Perhiasan – Lain – lain.
  2. Untuk agunan berupa Bilyet Deposito, Buku Tabungan harus atas nama Pemohon / suami atau isteri pemohon/ anak pemohon.
  3. Dan apabila atas nama suami atau isteri pemohon atau anak Pemohon yang harus dilampiri Fotocopy Kartu Keluarga / Akta Kelahiran / Buku Nikah dan/atau Kartu Nikah.c.

Jangka Waktu kredit maksimal 84 (delapan puluh empat) bulan.d. Suku Bunga Kredit dan Biaya Kredit

Suku bunga dan biaya kredit (seperti : provisi, biaya administrasi)dipungut sesuai dengan ketentuan BPR. Suku bunga berlaku fixed selama jangka waktu kredit.

e. Plafond kredit disesuaikan dengan kebutuhan Debitur dan ketentuan BPR yaitu :Maksimal plafond sebesar batas maksimal pemberian kredit dan/ atau sesuai nilai likuidasi jaminan.f. Pembayaran angsuran secara bulanan.g. Persyaratan Dokumen :

Mengisi Formulir Permohonan Kredit Fotocopy E-KTP Pemohon Fotocopy E-KTP suami/isteri pemohon Fotocopy Kartu Keluarga Fotocopy Buku Nikah dan/atau Kartu Nikah. Fotocopy Akta Cerai/Surat Kematian. Fotocopy SIUP/TDP/HO/NPWP/ Surat Keterangan Usaha dari pihak yang berwenang dan ijin lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk agunan berupa kendaraan bermotor melampirkan :

– Fotocopy BPKB dan STNK ( yang berlaku ). – Kwitansi Kosong bermaterai Rp.6.000,- ditandatangani atas nama BPKB dan/atau kwitansi jual beli. – Cek fisik kendaraan ( gesek nomor rangka dan nomor mesin) – Fotocopy buku KIR

Untuk agunan berupa tanah & bangunan melampirkan :

– Fotocopy Sertifikat – SPPT PBB (minimal tahun terakhir) dan bukti pembayaran PBB. – IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)

Untuk Debitur / calon debitur : Pegawai berpenghasilan tetap, melampirkan :

– Fotocopy SK Pengangkatan Pegawai dan SK Kepegawaian Terakhir. – Surat Referensi dari Instansi/Lembaga/Perusahaan tempat bekerja. – Daftar Rincian gaji bulan terakhir

Pengusaha, melampirkan :

– Fotocopy SIUP/TDP/HO/NPWP/Surat Keterangan Usaha dari pihak berlaku.
Lihat jawaban lengkap

Apa itu kredit produktif jelaskan?

Pengertian Kredit Produktif – Kredit produktif merupakan gabungan 2 kata kerja dari kredit dan produktif. Kredit sendiri adalah sebuah transaksi keuangan yang melibatkan pihak peminjam/debitur dan pihak pemberi pinjaman atau kreditur dan mewajibkan peminjam membayarkan sejumlah utang yang disepakati sesuai jangka waktu yang ditentukan.
Lihat jawaban lengkap

Apa yg dimaksud dengan kredit usaha?

Beranda > Pinjaman > Jenis Kredit Dan Pembiayaan > Kredit Usaha Kredit Usaha adalah penyediaan dana dalam jumlah tertentu dari bank untuk mendukung tujuan usaha, dengan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam yang mewajibkan peminjam untuk melunasi pinjaman dalam waktu tertentu beserta pembayaran bunga dan biaya lainnya. Solusi Keuangan Pinjaman diberikan untuk mendukung keperluan usaha Nasabah (Peminjam) yang mencakup:

  1. Kebutuhan Modal Kerja, yakni untuk menutupi kebutuhan pembelian persediaan ataupun membiayai piutang dagang. Umumnya jangka waktu pinjaman antara 1-3 tahun dan bank bisa memberikan kesempatan kepada Nasabah untuk memperpanjang fasilitas kreditnya apabila telah jatuh tempo. Pembayaran kredit dapat dilakukan secara mencicil atau sekaligus lunas.
  2. Kebutuhan Investasi, yakni untuk mendukung kebutuhan dana pembiayaan investasi jangka panjang seperti pembelian kios, ruko, mesin, pembangunan pabrik atau pembelian kendaraan dan lain-lain. Jangka waktu kredit investasi pada umumnya cukup panjang dan biasanya lebih dari 3 tahun. Umumnya pelunasan kredit investasi dilakukan dengan mencicil pokok bunga secara bulanan.

Persyaratan Nasabah wajib memenuhi beberapa persyaratan dalam mengajukan kredit, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia atau Badan Usaha yang berkedudukan di Indonesia.
  2. Menyerahkan dokumen yang disyaratkan seperti SIUP, TDP, NPWP dan izin-izin lainnya.
  3. Jenis usaha tidak bertentangan dengan hukum dan tidak bersifat spekulatif.
  4. Menyerahkan agunan apabila disyaratkan bank.
  5. Memenuhi penilaian kelayakan dari Bank.

Agunan Kredit Pada prinsipnya agunan kredit adalah kelayakan usaha berupa arus uang usaha Peminjam, namun ada kalanya bank membutuhkan agunan tambahan berupa aset untuk lebih meningkatkan keyakinan bank. Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam mengajukan kredit usaha dengan bank adalah sebagai berikut :

  • Tanyakan kepada petugas bank mengenai kewajiban pokok, bunga, biaya-biaya yang dikenakan sebelum mengajukan permohonan kredit.
  • Perhitungkan kemampuan usaha Anda dalam membayar cicilan pokok / bunga kredit yang wajib dibayar setiap bulannya.
  • Gunakan fasilitas kredit yang diterima sesuai dengan tujuan, yakni membiayai usaha Anda. Penyalahgunaan dana kredit dapat membahayakan kelangsungan usaha Anda.
  • Sikap terbuka terhadap bank dengan memberi informasi yang jelas mengenai usaha Anda akan sangat membantu bank untuk penilaian kelayakan pemberian kredit.
  • Pastikan Anda memahami perjanjian kredit yang akan ditandatangani.
  • Pemberian kredit dari bank merupakan ukuran kepercayaan. Jagalah reputasi Anda dengan memenuhi kewajiban pembayaran secara tepat waktu dan jumlah sesuai dengan perjanjian kredit, untuk menghindari nama Anda tercantum dalam Daftar Kredit Macet.
You might be interested:  Bagaimana Proses Lahirnya Mata Uang Ori?

Lihat jawaban lengkap

Apa itu kredit perdagangan dan contohnya?

6. Kredit Perdagangan – Kredit Yang Digunakan Untuk Membuka Usaha Baru Termasuk Kredit Foto: artikel_HERO Trik Menjual Barang Preloved.jpg Foto: Orami Photo Stock Kredit perdagangan merupakan kredit yang digunakan untuk berdagang atau membeli barang dagangan, yang pembayarannya berasal dari hasil penjualan barang dagangan tersebut. Biasanya kredit ini diberikan kepada supplier atau agen-agen perdagangan yang akan membeli barang dalam jumlah tertentu.
Lihat jawaban lengkap

Hutang jangka panjang termasuk apa?

Utang jangka panjang termasuk salah satu instrumen utang. Kamu dapat memilih utang jangka panjang apabila kamu mengambil pinjaman dalam jumlah besar.
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kredit modal kerja?

New Kredit Modal Kerja – Mandiri Kredit Modal Kerja adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory / piutang / proyek atau kebutuhan khusus lainnya.

Limit kredit di atas Rp 500 Juta s.d Rp 25 Miliar Kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan valuta asing Pencairan dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan Bunga dibayar tiap bulan, pokok pinjaman dibayar kapan saja paling lambat pada saat jatuh tempo kredit Jangka waktu maksimal 1 tahun dan dapat diperpanjang

b. Kredit Modal Kerja Non Revolving

Limit kredit di atas Rp 500 Juta s.d Rp 25 Miliar Kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan valuta asing Pencairan dilakukan sekaligus Bunga dibayar dan pokok dibayar tiap bulan untuk yang bersifat aflopend (angsuran) Bunga dibayar tiap bulan, pokok pinjaman dibayar kapan saja paling lambat pada saat jatuh tempo kredit untuk yang bersifat non aflopend (bukan angsuran) Jangka waktu maksimal 5 tahun dan tidak dapat diperpanjang

Persyaratan kredit : Untuk pengajuan pembiayaan, dokumen yg dibutuhkan antara lain: a. Nasabah Usaha Perseorangan

Formulir Aplikasi Copy KTP Pemohon & Suami/Istri Copy Surat Nikah/ Cerai (bagi yg telah menikah/cerai) Copy Kartu Keluarga Copy rekening Koran tabungan/giro minimal 6 bulan terakhir Copy NPWP Copy perizinan usaha (seperti SIUP, SITU, TDP/NIB dll) Copy dokumen kepemilikan agunan (seperti SHM/SHGB/SHMSRS dll) Kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan valuta asing

b. Nasabah Badan Usaha

Formulir Aplikasi Copy KTP seluruh pengurus dan pemegang saham perusahaan Copy rekening Koran tabungan/giro minimal 6 bulan terakhir Copy NPWP Pribadi/Perusahaan Copy Laporan Keuangan Copy Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahannya Copy perizinan usaha (seperti SIUP, SITU, TDP/NIB dll) Copy dokumen kepemilikan agunan (seperti SHM/SHGB/SHMSRS dll)

Untuk dokumen lainnya akan disesuaikan pada saat pemrosesan fasilitas.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan utang produktif?

TIPS MEMBUKA USAHA KREDIT BARANG

Mengenal Utang Produktif – Kredit Yang Digunakan Untuk Membuka Usaha Baru Termasuk Kredit Sumber: Pexels Utang produktif adalah pinjaman yang gunanya untuk menghasilkan kembali uang dengan jumlah lebih banyak di masa depan. Contohnya adalah berutang untuk membeli barang atau aset yang harganya bakal naik sehingga menambah penghasilan. Utang produktif ini bisa berupa Kredit Usaha, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan Kredit Modal Kerja.

Utang yang gunanya untuk mengembangkan usaha juga terhitung produktif karena akan dikelola demi menghasilkan keuntungan. Meski bersifat menguntungkan, kamu tidak disarankan mengambil utang produktif terlalu banyak. Pasalnya, utang tetaplah pinjaman yang harus dibayarkan di kemudian hari. Kalau terlalu banyak utang, maka arus kas keuangan bakal terganggu.

Pendapatan bulanan bukan tidak mungkin bakal ikut terpakai untuk menutup utang produktif kamu. Makanya, kamu harus bijak dalam mengambil utang produktif.
Lihat jawaban lengkap