Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Waktu Uang?

Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Waktu Uang
(2011) menambahkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsep nilai waktu uang adalah nilai uang itu sendiri, jangka waktu, dan tingkat bunga. Menurut Kieso et al. (2013), kondisi ini lebih banyak disebabkan karena adanya peluang atas investasi masa kini dan bunga yang diterima atas investasi yang dilakukan.
Lihat jawaban lengkap

Apakah yang dimaksud dengan nilai waktu dari uang dan apa saja factor faktor yang mempengaruhi dari nilai waktu dari uang?

Kesimpulan – Jadi, pengertian nilai uang dari waktu adalah suatu konsep yang menjelaskan bahwa nilai uang pada saat ini akan lebih berharga daripada nilai uang yang sama di masa depan. Pengertian lainnya adalah nilai perbedaan uang yang sama karena adanya perbedaan waktu.

Disisi lain, ekuivalensi adalah nilai yang yang berbeda pada waktu yang juga berbeda, namun secara ekonomi tetap memiliki nilai yang sama. Kesamaan nilai finansial ini bisa diperoleh bila nilai uang dikonversi atau dihitung pada waktu yang sama. Konsep nilai waktu dari uang ini sangat penting untuk individu, investor, serta untuk perusahaan agar bisa mengelola uang dengan baik.

Untungnya, saat ini sudah ada software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online yang siap membantu Anda dalam mengelola keuangan dan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat dan akurat. Selain itu, Accurate juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien. Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Waktu Uang
Lihat jawaban lengkap

Apa yg mempengaruhi nilai uang saat ini dan di masa yg akan datang nilainya tidak sama?

Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Waktu Uang Bagi orang awam, uang hanyalah lembaran kertas dan kepingan koin yang digunakan sebagai alat pembayaran dalam setiap transaksi ekonomi. Namun, orang-orang ekonomi cenderung memiliki pandangan yang lebih luas. Sebab, ilmu ekonomi tidak hanya menjelaskan uang sebagai alat pembayaran saja dengan nilai tetap, tetapi nilai uang dipengaruhi oleh waktu, yang disebut dengan time value of money (TVM) atau nilai waktu dari uang.

  • Nilai uang saat ini akan berbeda nilainya pada satu tahun yang akan datang.
  • Misalnya Anda memiliki uang Rp 1 juta saat ini, maka satu tahun mendatang nilai uang tersebut akan berbeda.
  • Perbedaan nilai uang saat ini dan di masa yang akan datang disebabkan oleh adanya inflasi dan faktor ekonomi lainnya yang mempengaruhi harga barang dan daya beli.

Apa itu time value of money ? Time value of money (TVM) atau nilai waktu dari uang merupakan suatu konsep finansial yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang lebih berharga dibandingkan dengan nilai uang dengan jumlah yang sama di masa mendatang, karena potensi kapasitas penghasilan uang tersebut.

  • Secara prinsip, nilai waktu dari uang ini berbasis pada adanya potensi pendapatan uang tersebut untuk menghasilkan bunga apabila diinvestasikan.
  • Sebaliknya, ada pula risiko kehilangan dalam jumlah tertentu karena penurunan nilai mata uang akibat inflasi dan kegagalan investasi.
  • Dari konsep time value of money ini, orang lebih senang menerima uang sekarang daripada menerimanya dengan jumlah yang sama satu tahun yang akan datang.

Sebab, uang yang dimiliki sekarang berpotensi untuk menghasilkan. Contohnya, uang Rp 100 ribu di tahun 1999 dapat digunakan untuk membeli lebih banyak barang dibandingkan 20 tahun kemudian, yakni pada tahun 2019. Intinya, uang Rp 100 ribu jauh lebih berharga atau bernilai di tahun 1999 daripada tahun 2019.

  1. Uang berpotensi mengalami pertumbuhan nilai apabila diinvestasikan selama periode tertentu.
  2. Sebab itu investor rasional lebih suka menerima uang hari ini daripada di masa depan untuk jumlah uang yang sama.
  3. Uang dapat menghasilkan bunga majemuk, sehingga lebih berharga di masa kini daripada di masa depan.

Sebagai gambaran lebih lanjut preferensi investor rasional, anggap saja ada dua opsi yakni pilihan untuk menerima Rp 100 juta sekarang atau Rp 100 juta dalam lima tahun yang akan datang. Kebanyakan orang pasti akan lebih memilih opsi pertama, yakni menerima Rp 100 juta sekarang. Pentingnya time value of money Untuk apa pusing-pusing memikirkan nilai waktu dari uang? Selama memiliki uang dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sudah cukup. Pemikiran tersebut sah-sah saja, bahkan kebanyakan orang mengadopsinya, terutama mereka yang memang tidak menggeluti ilmu ekonomi secara khusus.

Mereka yang awam tentang ruang lingkup ekonomi, utamanya manajemen keuangan memang tidak mau ambil pusing dengan pentingnya nilai waktu dari uang. Time value of money sangat penting dalam pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien. Tak bisa disangkal bahwa uang memang tidak hanya sekadar sebagai alat pembayaran, tetapi memiliki nilai lebih untuk merencanakan keuangan di masa depan.

Dalam manajemen keuangan, time value of money tak hanya bermanfaat bagi investor dan perusahaan-perusahaan besar yang memang membutuhkan informasi keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan finansial di masa yang akan datang, tetapi juga individu.

Bagi investor

Informasi mengenai time value of money bagi investor penting untuk mengetahui dan menganalisis suatu investasi menguntungkan atau tidak. Time value of money memungkinkan investor untuk membuat keputusan yang lebih tepat terkait dengan pemanfaatan uang yang mereka miliki.

You might be interested:  Kartu Kredit Yang Bebas Iuran Tahunan?

Bagi perusahaan

Manfaat time value of money bagi perusahaan adalah membantu untuk menghitung dan menyusun anggaran. Suatu perusahaan tentu tidak hanya sebatas melakukan kegiatan produksi saja, tetapi juga pengembangan dan inovasi. Pengembangan dan inovasi ini menjadi investasi bagi perusahaan.

Bagi individu

Sementara bagi individu, time value of money juga penting karena dapat digunakan untuk membantu memahami berapa banyak uang yang harus ditabung untuk mencapai jumlah yang diinginkan dalam periode waktu tertentu. Tak hanya itu, dengan time value of money, Anda juga bisa terbantu dalam pengambilan keputusan pembelian suatu barang, apakah lebih menguntungkan apabila dibeli hari ini atau beberapa tahun yang akan datang.

Cara kerja time value of money Nilai uang sekarang jelas akan berbeda dengan nilai uang lima atau sepuluh tahun mendatang untuk jumlah yang sama. Dalam jangka waktu lima atau beberapa tahun, nilai uang bisa mengalami pertambahan atau bahkan penurunan. Nilai uang bertambah karena adanya potensi pendapatan dari uang tersebut berupa bunga majemuk jika ditabung atau diinvestasikan.

Sebaliknya nilai uang juga bisa mengalami penurunan akibat inflasi atau kegagalan investasi. Lantas, bagaimana nilai waktu dari uang bekerja? Sebenarnya cara kerja dari time value of money sudah tergambar dari definisinya, di mana nilai uang saat ini lebih berharga dari nilai uang dengan jumlah yang sama di masa mendatang, karena potensi pendapatan dari uang tersebut.

  • Artinya, nilai uang hari ini bisa jadi mengalami pertambahan karena adanya bunga majemuk ketika ditabung atau diinvestasikan.
  • Dengan demikian, nilai uang hari ini dengan lima tahun yang akan datang jelas akan berbeda.
  • Cara kerja time value of money dapat diilustrasikan dengan contoh sederhana berikut ini.

Jika diasumsikan bahwa Anda mendapat tawaran pekerjaan dengan dua cara pembayaran, yakni sebesar Rp 5 juta yang dibayar sekarang dan Rp 5,5 juta yang dibayar satu tahun yang akan datang. Mana opsi pembayaran yang akan Anda pilih? Dari Rp 5 juta yang dibayar saat ini dengan Rp 5,5 juta yang dibayar satu tahun kemudian, mana yang lebih bernilai? Hal ini tentu tergantung pada jenis pengembalian investasi yang dapat Anda peroleh dari uang Rp 5 juta yang akan dibayarkan sekarang.

Sebab uang sebesar Rp 5,5 juta adalah 110% dari Rp 5 juta. Maka dari itu, apabila Anda yakin dapat menghasilkan tingkat pengembalian atau keuntungan lebih dari 10% pada satu tahun mendatang dari uang yang diinvestasikan, Anda tentu harus memilih opsi pembayaran yang pertama, yakni menerima pembayaran Rp 5 juta sekarang.

Namun, jika Anda ragu bahkan pesimis untuk menghasilkan tingkat pengembalian atau keuntungan lebih dari 10% pada tahun depan dari investasi uang Rp 5 juta tersebut, maka opsi pembayaran yang kedua lebih bermanfaat untuk dipilih. Artinya, Anda harus mengambil pembayaran atas pekerjaan yang ditawarkan sebesar Rp 5,5 juta satu tahun mendatang. Korelasi antara time value of money dengan daya beli Konsep time value of money berkaitan dengan konsep inflasi dan daya beli. Korelasi yang terjalin antara time value of money dengan daya beli cenderung bersifat negatif. Hal ini disebabkan inflasi terus mengikis nilai uang dari tahun ke tahun, sehingga menurunkan daya beli.

Sebagai gambaran, Anda mendapatkan voucher gratis untuk pembelian beras senilai Rp 500 ribu pada tahun 2010. Dengan voucher senilai tersebut, Anda bisa mendapatkan beras dalam jumlah lebih banyak. Untuk nilai yang sama, Anda tidak akan mendapatkan beras dengan jumlah yang sama di tahun 2020, karena selama rentang waktu 10 tahun, nilai uang telah terkikis inflasi sehingga harga barang meningkat dan daya beli menurun.

Dari gambaran tersebut, pengelolaan keuangan berkenaan dengan keputusan investasi tak hanya mempertimbangkan time value of money saja, tetapi juga memperhitungkan inflasi dan daya beli. Sebab kedua faktor tersebut terlibat dalam penghitungan laba riil atas investasi yang akan dilakukan.

  • Berkenaan dengan hal tersebut, jika Anda ingin berinvestasi maka harus mengurangi tingkat inflasi dari persentase pengembalian, berapa pun yang Anda peroleh dari uang Anda.
  • Tingkat pengembalian investasi yang menunjukkan nominal positif, sementara tingkat inflasi lebih tinggi, artinya Anda sebenarnya kehilangan uang dalam hal daya beli.

Bagaimana bisa? Misalnya tingkat pengembalian investasi Anda adalah 20%, namun tingkat inflasi mencapai 25%, Anda sebenarnya kehilangan 5% dalam daya beli setiap tahun. Sebab pendapatan investasi mengalami penurunan nilai yang disebabkan oleh tingginya inflasi.

  1. Artinya, uang dari hasil investasi tersebut jika dibelanjakan, maka Anda hanya akan mendapatkan sedikit barang.
  2. Formula time value of money Bicara tentang time value of money seolah tidak afdol jika tidak membahas tentang formulanya.
  3. Formula merupakan rumusan yang digunakan untuk menghitung time value of money,

Adapun variabel dalam formula time value of money mencakup:

Nilai uang di masa depan (future value) yang dinotasikan dengan FV. Nilai sekarang dari uang (present value) yang dinotasikan dengan PV. Suku bunga (interest) yang dinotasikan dengan i. Periode waktu (time) yang dinotasikan dengan n atau nPer. Jumlah tahun yang dinotasikan dengan t.

Dari variabel-variabel di atas, formula time value of money dapat dirumuskan menjadi seperti berikut: FV = PV x (nxt) Untuk memberikan gambaran cara menghitung nilai uang di masa depan dapat diberikan contoh sebagai berikut. Pak Albert menginvestasikan uangnya yang berjumlah Rp 100 juta selama satu tahun dengan tingkat suku bunga 10%.

  • Berapa nilai uang Pak Albert satu tahun kemudian? Dari contoh di atas dapat dilakukan kalkulasi seperti berikut.
  • FV = Rp 100.000.000 x (1×1) = Rp 100.000.000 x 1 = Rp 100.000.000 x 1,1 = Rp 110.000.000 Formula time value of money di atas juga dapat digunakan untuk menghitung nilai sekarang dari uang yang akan diterima di masa depan.

Contohnya, Billy mendapatkan tawaran kerja dengan dua opsi upah dan waktu pembayaran, yaitu sebesar Rp 1.000.000 dibayar sekarang atau Rp 1.100.000 dibayar satu tahun yang akan datang. Apabila Billy menginvestasikan upah yang diterimanya sekarang, dia akan mendapatkan 5% dari investasi tersebut.

You might be interested:  Teknik Yang Sering Digunakan Untuk Mengukur Risiko Kredit?

Apakah nilai uang sekarang yang akan diterima Billy sama dengan nilai masa depan sebesar Rp 1.100.000? PV = FV / (nxt) = Rp 1.100.000 / (1×1) = Rp 1.100.000 / 1,05 = Rp 1.047.619 Dari kalkulasi di atas memperlihatkan bahwa dengan tingkat pengembalian investasi sebesar 5% setahun, Anda akan menerima uang sebesar Rp 1.047.619 di masa sekarang agar sama dengan nilai masa depan dari uang Rp 1.100.000 yang akan diterima satu tahun mendatang.

Artinya, uang di masa depan Rp 1.100.000 memiliki nilai yang sama dengan Rp 1.047.619 di masa sekarang. Artikel Terkait

Apa itu Inflasi? Apa Itu Carbon Trading? Mengapa Berlian Mahal? Tujuan Manajemen Keuangan untuk Perusahaan dan Pribadi

Demikianlah artikel tentang apa itu Time Value Of Money, semoga bermanfaat bagi Anda semua.
Lihat jawaban lengkap

Apakah nilai waktu uang dapat mempengaruhi keputusan dalam berinvestasi?

Mengapa Time Value of Money Penting? – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Waktu Uang © Pexels.com Melansir Investopedia, time value of money dapat membantumu dalam membuat keputusan berinvestasi. Namun, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan seperti;

membantumu menabung secara terencana dengan mempertimbangkan jumlah uang yang harus disimpan untuk mencapai tujuan menabungmu mengetahui kapan kamu harus menggunakan uang, apakah digunakan saat ini atau di waktu yang akan datang jika memiliki bisnis, kamu dapat menghitung dan membuat anggaran produksi, product development, hingga inovasi mengetahui apakah investasi yang dilakukan menguntungkan atau tidak bagi bisnis membantumu untuk lebih hati-hati ketika ingin berinvestasi dengan mencari peluang dan waktu yang tepat supaya bisa meraih profit lebih banyak

Lihat jawaban lengkap

Mengapa faktor nilai waktu uang perlu diperhatikan dalam analisis keuangan?

Present & Future Value – Present value merupakan nilai uang yang anda miliki saat ini yang bisa anda investasikan agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa mendatang. Untuk menghitung present value, anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut: Keterangan: Pv: present value (nilai uang sekarang) Fv: future value nilai uang pada tahun ke-n i: tingkat suku bunga n: periode tahun
Lihat jawaban lengkap

Apa saja yang menyebabkan nilai barang di waktu mendatang bisa menurun?

Salah satu penyebab dari pengurangan nilai uang di masa mendatang ialah inflasi (kenaikan biaya). Hal ini bisa jadi didasarkan pada teori ekonomi yang pernah dikemukakan oleh seorang ekonom asal Austria, Eugen von Böhm-Bawerk (1851 – 1914).
Lihat jawaban lengkap

Mengapa nilai uang bisa berubah seiring berjalannya waktu?

Ketika menukar mata uang rupiah ke mata uang negara lain di money changer, nilai mata uang selalu berubah setiap waktu. Nilai mata uang yang ditukarkan hari ini dan dua hari kemudian belum tentu akan sama, bahkan bisa berubah dalam hitungan jam. Selain itu, saat mendapat informasi mengenai keuangan di berbagai media, bisa jadi nilai tukar suatu mata uang melemah atau menguat terhadap mata uang lain.

Lantas, kenapa nilai mata uang selalu berubah? Berikut beberapa faktor yang menyebabkan nilai mata uang naik atau turun. Permintaan dan penawaran Pada dasarnya, nilai mata uang selalu berubah tergantung pada permintaan dan penawaran terhadap mata uang tersebut. Baca juga: 5 Hal yang Mempengaruhi Harga Emas Naik atau Turun Apabila ada permintaan yang banyak, maka nilai suatu mata uang akan menguat.

Sebaliknya, akan terjadi pelemahan jika banyak yang menjual atau menawarkan mata uang tersebut. Sebagai contoh, dolar Amerika Serikat (AS), menjadi salah satu mata uang utama di dunia. Dolar AS tak hanya digunakan untuk keperluan ekonomi dalam negeri, tetapi juga untuk perdagangan internasional. Perbandingan inflasi antar dua negara Suatu negara dengan tingkat inflasi yang konsisten lebih rendah akan cenderung lebih kuat nilai mata uangnya. Inflasi yang rendah menandakan daya beli masyarakat yang tinggi. Baca juga: Apa Bedanya Resesi, Inflasi, Krisis, dan Depresi Ekonomi? Sebaliknya, apabila tingkat inflasinya cenderung tinggi maka nilai tukar mata uang biasanya melemah dan daya beli masyarakatnya turun. Stabilitas ekonomi dan politik Salah satu hal yang menjadi pertimbangan seorang investor menanamkan modalnya di suatu negara adalah stabilitas ekonomi dan politiknya. Jika situasi negara tersebut sedang positif, investor tidak merasa khawatir untuk berinvestasi.

Baca juga: Apa Itu BI Checking dan Bagaimana Cara Mengeceknya? Tapi, jika sedang terjadi masalah politik atau krisis ekonomi, maka akan berdampak ke berbagai hal termasuk nilai tukar mata uang. Investor bisa jadi ragu untuk menanamkan modalnya dan mencari negara dengan mata uang yang lebih stabil. Neraca perdagangan Neraca perdagangan merupakan selisih nilai ekspor dan impor suatu negara dalam periode waktu tertentu.

Jika ekspor lebih besar dari impor, artinya neraca surplus. Sedangkan jika impor lebih besar dari ekspor, neraca defisit. Baca juga: 5 Tips Investasi Logam Mulia yang Cocok untuk Jangka Panjang Hal itu karena negara lebih banyak membayar ke negara partner dagangnya sehingga negara tersebut butuh mata uang lebih banyak. Utang publik Untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, suatu negara terlibat dalam pembiayaan proyek-proyek kepentingan publik dan pemerintahan, serta akan defisit. Defisit publik dan utang besar akan menurunkan minat investor asing. Pemerintah bisa sajak mencetak uang untuk membayar sebagian utang, tetapi meningkatnya jumlah uang yang beredar akan menyebabkan inflasi.

Inflasi tinggi tentunya berdampak pada melemahnya nilai mata uang. Baca juga: 3 Alasan Suatu Negara Tidak Mencetak Uang Sebanyak-banyaknya Lima hal tersebut merupakan beberapa faktor kenapa nilai mata uang selalu berubah. Naik atau turunnya suatu mata uang akan selalu menjadi perhatian para investor dalam menentukan keputusan untuk berinvestasi atau tidak.

Maka dari itu, bagi kamu yang sudah terjun ke dunia investasi, jangan lupa untuk selalu memantau pergerakan nilai mata uang ya.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan nilai waktu uang berikan contohnya?

Apa Itu Nilai Waktu Uang atau Time Value of Money? Apa itu nilai waktu uang? Nilai waktu uang ( time value of money ) adalah konsep yang menyatakan nilai uang dalam jumlah tertentu (semisal Rp100 juta) yang diterima saat ini memiliki manfaat lebih dibandingkan nilai (Rp100 juta) pada masa depan. Time value of money ini muncul berdasarkan pemikiran bahwa investor lebih memilih untuk menerima uang dalam nominal tertentu (Rp100 juta) hari ini daripada menerimanya (menerima Rp100 juta) di masa depan karena nilainya berpotensi untuk tumbuh dari waktu ke waktu. “} data-sheets-userformat=,”12″:0,”15″:”Calibri”} score=23.23> Pertumbuhan nilai ini bisa digambarkan dalam wujud uang yang tesimpan di deposito. Semakin lama uang tersimpan di deposito, nilainya terus bertambah. Nilai yang bertumbuh ini disebabkan efek bunga berbunga atau bunga bergulung atau bunga majemuk.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Jelaskan Manfaat Dan Keburukan Kredit Bank Yang Kalian Ketahui?

Apakah inflasi mempengaruhi time value of money?

Apa Itu Time Value of Money? – Menurut penjelasan dari, time value of money adalah konsep yang menjelaskan bahwa nilai uang saat ini bisa memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding nilai di masa datang walaupun memiliki jumlah yang sama. Contohnya, jika Anda menggunakan uang Rp100.000 hari ini untuk bertransaksi, Anda akan mendapatkan lebih banyak barang dibandingkan jika Anda menggunakan uang Rp100.000 tersebut di masa mendatang.

Perubahan ini dapat terjadi karena 2 faktor. menyebutkan bahwa dua faktor yang bisa menyebabkan perubahan TVM adalah opportunity cost dan inflasi. adalah sebuah teori yang timbul karena kelangkaan serta kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas manusia. Biaya peluang ini muncul sebagai risiko karena manusia memilih mengorbankan satu hal untuk mendapatkan hal lainnya.

Inflasi juga menjadi salah satu faktor berubahnya time value of money, Di masa depan, akan selalu ada kemungkinan terjadinya inflasi atau melemahnya nilai. Akibatnya, Anda akan mendapatkan barang dengan jumlah lebih sedikit, jika dibandingkan dengan saat sebelum kenaikan harga.
Lihat jawaban lengkap

Mengapa kita harus memahami konsep nilai waktu uang?

Elemen Penting dari Net Present Value – Ada empat elemen penting dalam persamaan nilai. Faktor tersebut mulai dari nilai sekarang, nilai masa depan, jumlah periode, dan tingkat diskonto. Kalian akan selalu memerlukan tingkat diskonto dan jumlah periode untuk mencari present value maupun future value.
Lihat jawaban lengkap

Sebutkan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan untuk melakukan investasi?

Empat faktor perilaku dapat memengaruhi pengambilan keputusan investasi, yaitu Financial literacy, financial experience, locus of control dan experience regret Seperangkat kuesioner dibagikan kepada 420 investor saham individu untuk mengukur keputusan investasi mereka.
Lihat jawaban lengkap

Mengapa dalam menilai investasi jangka panjang konsep nilai waktu uang sangat perlu diperhatikan jelaskan?

Dalam pengambilan keputusan investasi jangka panjang pengambil keputusan harus memperhatikan nilai waktu dari uang (time value of money), karena keputusan tersebut menyangkut pengeluaran dana sekarang dengan harapan untuk dapat memperoleh penghasilan di waktu mendatang.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan nilai waktu uang berikan contohnya?

Apa Itu Nilai Waktu Uang atau Time Value of Money? Apa itu nilai waktu uang? Nilai waktu uang ( time value of money ) adalah konsep yang menyatakan nilai uang dalam jumlah tertentu (semisal Rp100 juta) yang diterima saat ini memiliki manfaat lebih dibandingkan nilai (Rp100 juta) pada masa depan. Time value of money ini muncul berdasarkan pemikiran bahwa investor lebih memilih untuk menerima uang dalam nominal tertentu (Rp100 juta) hari ini daripada menerimanya (menerima Rp100 juta) di masa depan karena nilainya berpotensi untuk tumbuh dari waktu ke waktu. “} data-sheets-userformat=,”12″:0,”15″:”Calibri”} score=23.23> Pertumbuhan nilai ini bisa digambarkan dalam wujud uang yang tesimpan di deposito. Semakin lama uang tersimpan di deposito, nilainya terus bertambah. Nilai yang bertumbuh ini disebabkan efek bunga berbunga atau bunga bergulung atau bunga majemuk.
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa yang dimaksud dengan nilai uang sekarang dengan nilai uang yang akan datang?

Present value adalah nilai sekarang dari kas/uang yang akan diterima dimasa depan. Kas/uang yang seharusnya diperoleh dimasa depan didiskon menggunakan suatu tingkat diskon tertentu untuk menghasilkan nilai sekarang. Semakin besar tingkat diskon, maka akan semakin kecil nilai sekarang dari kas/uang.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan time value of money dan berikan contohnya?

Skip to content Home » Lifestyle » Time Value Of Money: Pengertian, Konsep, dan Contohnya Dibaca Normal : 5 Menit Time Value of Money ( TVM ) atau nilai uang atas waktu adalah konsep bahwa 1 Rupiah sekarang nilainya lebih berharga daripada 1 Rupiah di masa yang akan datang.

Coba Anda bayangkan saat ini uang Rp 5.000 dapat membeli 5 gorengan. Mungkin 10 tahun lagi uang Rp 5.000 hanya dapat membeli 3 gorengan. Hal tersebut terjadi karena adanya faktor inflasi (kenaikan biaya) dan berkurangnya nilai sebuah uang. Konsep time value of money (TVM) atau nilai uang atas waktu banyak digunakan dalam manajemen keuangan perusahaan ( corporate finance ) dan konsep perencanaan keuangan ( personal financial planning ).

Setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda ketahui dalam konsep nilai uang atas waktu yaitu:

  1. Nilai Uang Sekarang ( Present Value )
  2. Nilai Uang yang Akan Datang ( Future Value )
  3. Cicilan atau Pembayaran Bertahap ( Payment )

Anda dapat melakukan perhitungan time value of money (TVM) dengan menggunakan kalkulator finansial, tabel TVM atau aplikasi spreadsheet (seperti: Microsoft Excel). Mari kita bahas satu per satu mengenai Present Value, Future Value dan Payment, Untuk perhitungannya kami akan menampilkan dalam bentuk rumusan matematika dan Ms. Excel. Notasi atau simbol yang digunakan dalam perhitungan:

  • Rate = disebut juga interest rate, bunga, hasil investasi (hati-hati dengan satuan waktu misal 5% per tahun berbeda dengan 5% per bulan).
  • nPer = period atau periode waktu (lihat satuannya tahun, bulan, minggu atau hari).
  • PMT = payment, pembayaran setiap periode, cicilan setiap periode. (Jika Anda menemui pembayaran yang harus dilakukan setiap periode, maka angka tersebut adalah PMT).
  • PV = present value, nilai uang saat ini
  • FV = future value, nilai uang yang akan datang

Lihat jawaban lengkap