Dibawah Ini Yang Termasuk Modal Pinjaman Adalah?

Dibawah Ini Yang Termasuk Modal Pinjaman Adalah
Modal pinjaman dapat berasal dari : Penerbitan obligasi Bank dan Lembaga Keuangan lainnya Simpanan anggota berupa simpanan sukarela dan simpanan lainnya Anggota atau koperasi lainnya Jadi, jawaban yang sesuai adalah B. – Modal pinjaman dapat berasal dari :

Penerbitan obligasi Bank dan Lembaga Keuangan lainnya Simpanan anggota berupa simpanan sukarela dan simpanan lainnya Anggota atau koperasi lainnya

Jadi, jawaban yang sesuai adalah B.
Lihat jawaban lengkap

Apa itu modal pinjaman?

Pengertian modal pinjaman adalah: –

Subjek Definisi
Macam, Jenis, Faktor Produksi ? modal pinjaman : Modal yang bersumber dari pinjaman dari pihak lain, yaitu berupa hutang.
BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) ? modal pinjaman/loan capital : utang yang didukung oleh instrumen atau warkat yang memiliki sifat seperti modal dan mempunyai ciri-ciri: a. tidak dijamin oleh bank yang bersangkutan, dipersamakan dengan modal yang telah dibayar penuh; b. tidak dapat dilunasi atau ditarik atas inisiatif pemilik tanpa persetujuan Bank Indonesia; c. mempunyai kedudukan yang sama dengan modal dalam hal jumlah kerugian bank melebihi laba ditahan dan cadangan-cadangan yang termasuk dalam modal inti meskipun bank belum dilikuidasi; dan d. pembayaran bunga dapat ditangguhkan apabila bank dalam keadaan rugi atau labanya tidak mendukung untuk membayar bunga tersebut; pengertian modal pinjaman tersebut termasuk cadangan modal yang berasal dari penyetoran modal yang efektif oleh pemilik yang belum didukung oleh modal dasar yang mencukupi, dan tidak termasuk instrumen utang (debt instrument) pasar modal beserta semua derivatifnya; untuk bank yang berbadan hukum koperasi, pengertian modal pinjaman sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian; dulu disebut modal kuasi. (bpk.go.id)
Definisi ?
You might be interested:  Pemakai Informasi Keuangan Yang Berkepentingan Untuk Memberikan Pinjaman Adalah?

Lihat jawaban lengkap

Apa saja jenis modal?

Modal Berdasarkan Sifatnya Berdasarkan sifatnya, jenis modal terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal tetap dan modal lancar. Modal tetap adalah modal yang bisa digunakan untuk keperluan kegiatan produksi dalam kurun waktu yang lama atau untuk beberapa kali proses. Contoh modal tetap adalah gedung, tanah, kendaraan, laptop, mesin, dll.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan modal perusahaan?

Pengertian Modal Menurut S. Munawir –

Menurut Munawir, pengertian modal adalah nilai kekayaan perusahaan yang didapat dari pihak internal ataupun eksternal perusahaan, termasuk kekayaan yang diperoleh dari suatu hasil produksi perusahaan.

    Lihat jawaban lengkap

    Apa yang dimaksud dengan barang modal?

    Pengertian Modal Menurut Jacob Louis Meij –

Pengertian modal menurut Meij adalah kolektivitas dari berbagai modal, yaitu seluruh barang yang terdapat dalam rumah tangga perusahaan yang berfungsi untuk membentuk pendapatan yang ada dalam neraca di sebelah debit. Sedangkan kekayaan adalah daya beli yang ada dalam berbagai modal dan berada di neraca sebelah kredit.

    Lihat jawaban lengkap

    Apa itu modal pinjaman?

    Modal inti terdiri dari: –

    • modal disetor,
    • modal disumbangkan,
    • cadangan umum,
    • cadangan tujuan,
    • laba ditahan,
    • laba tahun-tahun lalu,
    • 50% laba tahun berjalan,
    • goodwill, yang telah dikurangi dengan kerugian tahun lalu dan tahun berjalan.

    Pinjaman yang diterima bank dapat dikelompokkan pinjaman subordinasi bila memenuhi persyaratan:

    1. Ada perjanjian tertulis antara bank dengan pemberi pinjaman
    2. Mendapat persetujuan terlebih dahulu dari Bank Indonesia. Dalam hal ini bank yang mengajukan permohonan persetujuan harus menyampaikan program pembayaran kembali pinjaman subordinasi tersebut.
    3. Tidak dijamin oleh bank yang bersangkutan dan telah membayar penuh.
    4. Jangka pinjaman minimal 5 tahun
    5. Pelunasan sebelum jatuh tempo harus mendapat persetujuan dari BI dan dengan pelunasan tersebut permodalan bank yang bersangkutan tetap sehat.
    6. Hak tagihnya berlaku paling akhir dalam hal terjadi likuidasi (kedudukannya sama dengan modal bank)

    Lihat jawaban lengkap

    Apa saja jenis modal?

    Modal Berdasarkan Sifatnya Berdasarkan sifatnya, jenis modal terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal tetap dan modal lancar. Modal tetap adalah modal yang bisa digunakan untuk keperluan kegiatan produksi dalam kurun waktu yang lama atau untuk beberapa kali proses. Contoh modal tetap adalah gedung, tanah, kendaraan, laptop, mesin, dll.
    Lihat jawaban lengkap

    Apa itu modal penyertaan?

    6. Modal Penyertaan – Modal penyertaan berasal dari masyarakat dan atau pemerintah. Modal penyertaan disebut juga sebagai modal pinjaman yang harus menanggung resiko yang diperlukan.

    Modal penyertaan dari pemerintah

    Modal penyertaan dari pemerintah dalam hal ini termasuk BUMN yang memberikan bantuan kepada Koperasi yang berpotensi. Pemerintah bisa melibatkan wakilnya untuk mengelola unit usaha yang bersangkutan. Setelah usaha Koperasi ini berjalan lancar maka modal penyertaan bisa ditarik kembali.

    Modal Penyertaan bukan dari Pemerintah

    Modal yang bukan dari pemerintah bisa berasal dari perorangan atau lembaga swasta. Modal penyertaan adalah suatu usaha yang ditempuh Koperasi guna memperkuat modal yang ikut menanggung resiko dalam mengembangkan usaha. Penempatan modal diatur dengan perjanjian antara Koperasi dengan penanam modal.

    1. Hak atas jasa modal penyertaan dengan sistem bagi hasil atau bisa juga dengan pembayaran bunga tetap.
    2. Memiliki kewenangan untuk ikut merencanakan pengelolaan dan pengawasan dengan menempatkan wakilnya pada usaha Koperasi.

    Semoga artikel 11 Sumber Modal Koperasi (UU 25 Tahun 1992) bisa bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa share ya ! 🙂 Kunjungi juga artikel lainnya:

    1. Cara Mendirikan Koperasi Simpan Pinjam
    2. Cara Mendirikan Koperasi Sekolah
    3. Tingkatan Koperasi Di Indonesia

    Post Views: 5,751
    Lihat jawaban lengkap

    Bagaimana cara mendapatkan modal tambahan dari pinjaman koperasi atau badan usaha lain?

    3. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya – Suatu koperasi bisa mendapat pinjaman modal dari lembaga keuangan seperti bank dan lainnya dengan mengajukan persyaratan yang diantaranya adalah:

    1. Rencana penggunaan modal atau rencana usaha.
    2. Rencana pengembalian kredit
    3. Jaminan barang yang sesuai dengan jumlah besarnya pinjaman.

    Lihat jawaban lengkap