Bank Yang Masih Bisa Tukar Uang Baru?

Bank Yang Masih Bisa Tukar Uang Baru
Jelang Lebaran 2022, Ini Cara Tukar Uang Baru di Bank Indonesia Secara Online Bank Yang Masih Bisa Tukar Uang Baru Source: Pexels Lebih aman, begini cara tukar uang baru secara online! Nggak terasa sebentar lagi kita sudah mau menyambut Hari Raya Idul Fitri. Ini juga menandakan waktunya kita mulai mencari tempat penukaran uang baru. Biasanya sih, penukaran uang baru bisa dilakukan di bank yang membuka layanan ini.
Lihat jawaban lengkap

Dimana bisa menukar uang baru 2022?

Begini Cara Menukar Uang Baru Edisi 2022 – Masyarakat dapat melakukan penukaran uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia. Seiring momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) meluncurkan tujuh pecahan Uang rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022), di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Etujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Menteri Keuangan dengan saya telah resmi meluncurkan uang emisi baru tahun 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang kertas Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Uang TE 2022 ini tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Menurut Gubernur BI, uang kertas ini bukan sekadar alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI. Melainkan juga, untuk memperkuat simbol kesatuan, persatuan, dan negara Republik Indonesia. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam rilisnya menyampaikan bahwa inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan. “Serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Erwin.

  • Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat Undang-Undang Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai undang-undang.
  • Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan uang yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Adapun seluruh uang kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia. Seperti diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.

  1. Masyarakat dapat melakukan penukaran Uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia.
  2. Pemesanan penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id,
  3. Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai 19 Agustus 2022.

Pelaksanaan penukaran dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah. Berikut ini beberapa syarat yang perlu diketahui saat ingin menukar uang baru emisi 2022 melalui online, Syarat dan cara menukar uang baru di bank via aplikasi PINTAR BI:

Login ke aplikasi PINTAR atau https://pintar.bi.go.id di browser; Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling”; Pilih provinsi tempat penukaran uang baru; Lalu pilih jadwal penukaran uang baru sesuai kota. Selanjutnya, lengkapi data seperti NIK, nama, nomor telepon genggam, dan email; Berikutnya masukkan nominal uang yang dikehendaki; Selesaikan petunjuk pemesanan; Jika sudah, simpan bukti pemesanan jadwal tukar uang; Selanjutnya masyarakat datang ke kantor perwakilan yang sudah dipilih; Hitung kembali nominal pecahan dari tukar uang baru di Bank Indonesia.

Cara menukar uang baru emisi 2022 via offline di bank umum:

Membawa kartu identitas, seperti KTP ke kantor cabang bank atau mobil kas keliling bank; Pastikan membawa dan memiliki rekening bank; Perhatikan limit penukaran setiap bank, hal ini dilakukan agar penukaran uang baru merata; Selanjutnya ikuti arahan petugas bank sebelum memproses penukaran uang lama ke uang yang baru.

Penulis: Kristantyo Wisnubroto Redaktur: Ratna Nuraini/Elvira Inda Sari Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Indonesia.go.id
Lihat jawaban lengkap

Apakah Bank BRI Melayani Tukar uang Baru?

BRI Layani Penukaran Uang Baru | Kota Blitar Sejak 24 Agustus hingga 07 September 2010 mendatang, BRI cabang Blitar melayani penukaran uang baru untuk masyarakat. Pelayanan difokuskan setiap hari Selasa dan Kamis setiap minggunya. Suwandi, Asisten Manajer Operasional (AMO) BRI Cabang Blitar, saat ditemui di sela-sela kesibukannya Selasa (30/8) pagi mengaku mendapatkan pasokan uang baru dari Bank Indonesia (BI) Rp.500 juta per minggu.

You might be interested:  Apa Itu Idr Dalam Mata Uang?

Jadi bila penukaran dilaksanakan hingga 7 September 2010, total uang baru yang akan didistribusikan oleh BRI sekitar Rp 2,5 milya lebih. Agar penukaran uang baru merata, BRI memberlakukan syarat khusus bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang, yaitu dengan menunjukkan foto kopi KTP. Selain itu pihaknya juga membatasi jumlah uang bagi setiap orang sebanyak Rp.3 juta 700 ribu saja.

Dengan rincian : nominal 2 ribuan sebanyak Rp.200 ribu, nominal 5 ribuan sebanyak Rp.500 ribu, nominal 10 ribuan sebanyak Rp.1 juta dan nominal 20 ribuan sebanyak Rp.2 juta. Di sisi lain, dibukanya pelayanan penukaran uang baru oleh BRI ternyata tidak berdampak pada berkurangnya pendapatan para penyedia jasa penukaran uang baru di jalanan Kota Blitar.

  • Heru, salah seorang penyedia jasa penukaran uang yang mangkal di Jl.
  • Ahmad Yani Blitar Kota Blitar mengaku, bahwa sejak awal Ramadhan hingga kini ia mampu menjual sekitar Rp.700 ribu per hari. Warga Jl.
  • Anggrek ini juga menambahkan, semakin menjamurnya penyedia jasa tukar uang di Kota Blitar tahun ini membuat omsetnya menurun dibanding tahun lalu.

Katanya, dulu ia mampu menjual uang baru hingga Rp.2 juta lebih per hari. (ram) : BRI Layani Penukaran Uang Baru | Kota Blitar
Lihat jawaban lengkap

Apakah masih bisa tukar uang di Bank BCA?

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Central Asia Tbk telah melayani penukaran uang rupiah tahun emisi 2022 di kantor cabang dan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA. Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan, penukaran uang baru 2022 dapat dilakukan di kantor cabang BCA secara tunai.

Saat ini nasabah dapat melakukan penukaran uang rupiah tahun emisi 2022di Kantor Cabang Utama (KCU) BCA yang berlokasi di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi),” ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Senin (5/9/2022). Baca juga: Uang Rupiah Baru Dikaitkan dengan Redenominasi, Ini Kata BI Dia melanjutkan, Bank BCA juga telah melayani penukaran uang rupiah baru emisi 2022 di beberapa mesin ATM BCA.

Namun penukaran di ATM ini masih terbatas. “Kami menghadirkan uang rupiah tahun emisi 2022 di beberapa mesin ATM BCA secara terbatas, sejalan dengan jumlah uang emisi baru yang terbatas dari regulator,” ucapnya. Sementara untuk penukaran uang baru melalui mesin ATM Setor Tarik atau Cash Recycle Machine (CRM) masih belum dapat dilakukan karena Bank BCA masih dalam proses penyesuaian.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan 7 pecahan uang tahun emisi 2022 sejak 18 Agustus 2022. Adapun uang baru 2022 ini terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2000, dan Rp 1.000. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang baru 2022 melalui perbankan seperti Bank BCA atau kas keliling yang disediakan BI.

Pemesanan penukaran melalui kas keliling BI dapat dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id, Baca juga: Sudah Rp 100 Miliar Uang Baru Ditukarkan, Ini Pecahan Rupiah yang Diminati Masyarakat Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
Lihat jawaban lengkap

Apakah di bank BCA bisa tukar uang koin?

Dukung Upaya BI dalam Penggunaan Uang Koin, BCA Fasilitasi Penukaran Uang di Jakarta, 25 Juni 2016 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama dengan beberapa bank bersinergi dengan Bank Indonesia (BI) mendukung penggunaan uang koin dengan menyediakan fasilitas penukaran uang bagi masyarakat.

BCA menyediakan berbagai pilihan bagi masyarakat, mulai dari penukaran uang koin ke kertas, uang koin ke uang elektronik, dan uang kertas ke uang elektronik. “Gerakan Peduli Koin Nasional” ini diselenggarakan pada 25 Juni 2016 di Jakarta. Hadir dalam gerakan penukaran uang ini Senior General Manager Head of Consumer Card BCA Santoso, Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede, dan sejumlah pimpinan industri perbankan.

“Sebagai alat pembayaran resmi di Indonesia, sirkulasi peredaran uang koin sudah semakin berkurang di masyarakat. Dengan demikian, BCA mendukung upaya Bank Indonesia untuk mengembalikan keberadaan uang koin melalui fasilitas penukaran uang pada hari ini.

Kami ingin bersama-sama mewujudkan masyarakat yang bijak dalam menggunakan rupiah, yaitu memperlakukan uang koin sebagai alat transaksi, bukan sebagai objek untuk disimpan, sebab uang koin juga dapat ditukarkan” ujar Santoso. Santoso menambahkan, dalam kegiatan ini masyarakat bukan hanya dapat menukar uang koin ke dalam pecahan kertas, namun juga ke dalam uang elektronik untuk membangun budaya nontunai di masyarakat.

Kehadiran layanan ini diharapkan dapat semakin memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang koin yang dimiliki selama ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Peduli Koin Nasional yang telah dilaksanakan oleh Bank Indonesia sejak tahun 2010.

  • Dalam satu dasawarsa terakhir menurut data Bank Indonesia, BI telah mengeluarkan uang koin sekitar Rp 6 Triliun, namun yang kembali ke BI hanya Rp900 miliar atau 16% dengan tren semakin menurun.
  • Hal ini disebabkan budaya masyarakat yang masih menganggap uang koin bukan sebagai alat transaksi.
  • Padahal biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi uang koin cukup tinggi.
You might be interested:  Mata Uang Digital Yang Digunakan Untuk Transaksi Digital Disebut Dengan?

“Mari bersama-sama wujudkan masyarakat yang bijak dalam bertransaksi dengan tetap menjaga sirkulasi uang koin di masyarakat. Gerakan ini diharapkan dapat berlangsung secara berkala dan tersebar, mengingat pelaku pengguna uang koin tersebar di seluruh Indonesia,” lanjut Santoso.

Pada kesempatan tersebut, BCA bersama dengan bank-bank lainnya juga menyediakan layanan penukaran uang receh secara gratis. Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan ini merupakan salah satu upaya BCA mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai khususnya uang receh dalam masa libur Lebaran. Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya maksimal dapat menukarkan Rp3.700.000 yang terdiri dari 100 lembar uang Rp20.000, 100 lembar uang Rp10.000, 100 lembar uang Rp5.000, 100 lembar uang Rp2.000.

Untuk meminimalisir terjadinya monopoli, masyarakat harus membawa kartu identitas (KTP) saat hendak menukarkan uang. Layanan penukaran uang yang diberikan oleh BCA dalam format mobil kas ini berlangsung pada 13 s.d 26 Juni 2016 mulai pukul 08.30 hingga pukul 13.00 WIB. Senior General Manager Head of Consumer Card PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Santoso (kedua kanan) memaparkan informasi mengenai Flazz, uang elektronik yang dikeluarkan oleh BCA kepada Deputi Gubernur Bank I Ronald Waas (tengah), Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede (kiri) pada kegiatan “Gerakan Peduli Koin Nasional” di Jakarta, Sabtu (25/06). Pada kesempatan tersebut, BCA bersama dengan bank-bank lainnya juga menyediakan layanan penukaran uang receh secara gratis. Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan ini merupakan salah satu upaya BCA mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai khususnya uang receh.

Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya maksimal dapat menukarkan Rp3.700.000. *** Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2016) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer.

Pada akhir Maret 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 14 juta rekening nasabah melalui 1.194 cabang, 16.999 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking,

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: PT BANK CENTRAL ASIA TBK Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No.1 Menara BCA Grand Indonesia Lt.20 Jakarta Pusat Telepon : (021) 2358-8000 Fax : (021) 2358-8300 E-mail : : Dukung Upaya BI dalam Penggunaan Uang Koin, BCA Fasilitasi Penukaran Uang di
Lihat jawaban lengkap

Dimana kita bisa menukar uang?

Mau Tukar Uang Receh Buat Lebaran, Cek di Sini Lokasinya Jakarta – Hari raya Idul Fitri biasanya identik dengan uang receh baru dan dibagikan ke sanak keluarga. Karena itu Bank Indonesia (BI) bersama perbankan membuka layanan untuk menukar pecahan rupiah selama periode Ramadan tahun ini.

  1. Ada beberapa lokasi penukaran misalnya melalui mobil kas perbankan yang tersedia di pasar, stasiun sampai terminal.
  2. Epala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim menjelaskan ada 5.013 titik penukaran uang.
  3. Ini terdiri dari 453 titik penukaran di wilayah Jabodetabek dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Marlison menyebutkan penukaran uang ini mulai bisa dilakukan pada 4 April – 29 April 2022 mendatang. Untuk penukaran uang di mobil kas perbankan, bisa dilakukan langsung di lokasi yang tersedia. Misalnya di Jabodebek di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kalideres.

“Masing-masing tempat ada 3 bank. Stasiun Gambir ada BRI, BJB, BTN. Terminal Kampung Rambutan ada BCA, Bank OCBC NISP, CIMB Niaga. Terminal Pulo Gebang ada Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata. Terminal Kalideres ada BNI, Sinarmas dan Maybank,” jelasnya. Penukaran uang per orang dibatasi maksimal RP 3,8 juta dengan masing-masing pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000.

Marlison menyebut tak ada syarat khusus untuk penukaran uang ini. Untuk memudahkan antrean masyarakat bisa membuka website PINTAR dan membawa bukti pemesanan pada waktu dan lokasi yang dipilih. “Syarat lain (seperti) KTP, surat vaksin, tidak. Jadi tidak ada persyaratan yang dilakukan untuk melakukan penukaran tersebut,” imbuhnya.

Berikut daftar bank yang menyediakan layanan penukaran uang cek Simak video ‘Trik Solo Kejar Target Booster 70% Sebelum Masa Mudik’:

(kil/dna) : Mau Tukar Uang Receh Buat Lebaran, Cek di Sini Lokasinya
Lihat jawaban lengkap

Apakah tukar uang di bank gratis?

BI Sediakan Tukar ‘Duit Lebaran’, Kena Biaya? Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia kembali membuka penukaran uang pecahan rupiah di periode bulan Ramadan tahun 2022. Penukaran uang ini dipastikan tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab, penukaran uang adalah bentuk transaksi dari pecahan besar ke pecahan lebih kecil tanpa mengurangi dan menambah nominalnya.

ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT “Tidak ada biaya untuk penukaran uang,” ujar Kepala Departemen Pengelolaan Uang (DPU) BI, Marlison Hakim kepada CNBC Indonesia, Senin (4/4/2022). Adapun periode pemesanan sudah bisa dilakukan mulai hari ini melalui aplikasi PINTAR yang baru saja dilaunching BI. Penukaran uang dengan aplikasi PINTAR sangat mudah dan sederhana.

Masyarakat hanya perlu membuka aplikasi, lalu memilih menu penukaran uang. Setelah itu, masyarakat tinggal memilih lokasi terdekat, jam dan kebutuhan pecahan dan jumlah yang akan ditukar. Setelah selesai maka, pada hari berikutnya masyarakat tinggal datang ke lokasi terdekat dan melakukan penukaran sesuai data yang diisi mulai dari jam dan jumlah yang ditukar maka akan langsung dilayani.

  • Jadi masyarakat tidak perlu berdesak-desakan, dan tak perlu mencari-cari dimana mobil kas BI beroperasi.
  • Dengan aplikasi PINTAR ini maka penukaran itu akan bersifat pasti, akurat, mudah, aman, dan nyaman,” jelasnya.
  • Sedangkan, penukaran uang melalui kas keliling perbankan baru dibuka dua pekan menjelang lebaran yakni 18-29 April 2022.
You might be interested:  Orang Yang Hemat Jika Menggunakan Uang Sesuai Dengan?

Namun, untuk penukaran uang di kas perbankan tidak perlu mendaftar terlebih dahulu. “Untuk penukaran melalui perbankan itu melayani operasional sesuai kebutuhan masyarakat dan bisa dilakukan langsung. Syaratnya juga tidak ada,” pungkasnya. (mij/mij) : BI Sediakan Tukar ‘Duit Lebaran’, Kena Biaya?
Lihat jawaban lengkap

1 bendel sama dengan berapa?

BI Siapkan Paket Penukaran Uang Emisi 2016 Senilai Rp 3,8 Juta – Surya.co.id SURYA.co.id | SURABAYA – Beredarnya uang baru emisi 2016 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), membuat animo masyarakat untuk menukarkan uang tersebut cukup tinggi. Bahkan untuk pecahan kecil, dibawah Rp 20.000, peningkatannya mencapai 100 persen.

“Hal ini membuat kami tidak sekedar membuka layanan kas keliling bersama 12 bank untuk menyalani penukaran uang baru, tapi juga menawarkan paket penukaran uang baru senilai Rp 3,8 juta untuk pecahan Rp 20.000 kebawah,” jelas Titien Sumartini, Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (BI) Kantor Perwakilan Jatim, Rabu (31/5/2017).

Pecahan kecil itu berupa satu bendel uang Rp 20.000 atau sebanyak 100 lembar yang nilainya Rp 2 juta. Kemudian satu bendel atau 100 lembar uang Rp 10.000, yang nilainya Rp 1 juta. Satu bendel atau 100 lembar uang Rp 5.000, nilainya Rp 500.000, satu bendel Rp 2.000, nilainya Rp 200.000 dan satu bendel Rp 1.000, senilai Rp 100.000.

Hingga Selasa (30/5/2017), jumlah uang baru emisi 2016 yang sudah dikeluarkan BI Jatim disalurkan ke perbankan mencapai Rp 2 triliun. “Dari jumlah itu, sekitar Rp 700 miliar adalah pecahan dibawah Rp 20.000, sedangkan Rp 1,3 triliun, adalah pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000,” tambah Titien. Untuk layanan penukaran, selain di loket kantor BI di Jl Pahlawan, BI juga menyalurkan ke 440 kantor bank dan 35 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) seluruh Jatim.

Kemudian juga kas keliling dengan menggandeng 12 bank yang akan operasional di lapangan Makodam V Brawijaya pada tiap hari Selasa, Rabu dan Kamis, mulai tanggal 13 Juni mendatang. Untuk akhir pekan, kas keliling ini juga melayani penukaran di halaman kantor BI.

“Selain itu, kami juga siapkan kas keliling penukaran untuk instansi-instansi dengan personil yang besar. Seperti di Mapolda Jatim, Armatim, dan lainnya,” tambah Titien. BI agresif memberikan layanan penukaran uang untuk antisipasi kegiatan penukaran uang yang beresiko. Antara lain resiko kecelakaan, untuk jasa layanan di pinggir jalan, resiko uang palsu, resiko berkurangnya jumlah, dan resiko adanya fee penukaran yang nilainya kadang cukup tinggi.

Titien menambahkan, kebutuhan uang baru di Jatim pada Ramadan dan Lebaran 2017 ini, diprediksi mencapai Rp 29 triliun. Meningkat 36 persen dibanding tahun 2016 lalu. : BI Siapkan Paket Penukaran Uang Emisi 2016 Senilai Rp 3,8 Juta – Surya.co.id
Lihat jawaban lengkap

Dimana kita bisa menukar uang?

Mau Tukar Uang Receh Buat Lebaran, Cek di Sini Lokasinya Jakarta – Hari raya Idul Fitri biasanya identik dengan uang receh baru dan dibagikan ke sanak keluarga. Karena itu Bank Indonesia (BI) bersama perbankan membuka layanan untuk menukar pecahan rupiah selama periode Ramadan tahun ini.

  1. Ada beberapa lokasi penukaran misalnya melalui mobil kas perbankan yang tersedia di pasar, stasiun sampai terminal.
  2. Epala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim menjelaskan ada 5.013 titik penukaran uang.
  3. Ini terdiri dari 453 titik penukaran di wilayah Jabodetabek dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Marlison menyebutkan penukaran uang ini mulai bisa dilakukan pada 4 April – 29 April 2022 mendatang. Untuk penukaran uang di mobil kas perbankan, bisa dilakukan langsung di lokasi yang tersedia. Misalnya di Jabodebek di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kalideres.

“Masing-masing tempat ada 3 bank. Stasiun Gambir ada BRI, BJB, BTN. Terminal Kampung Rambutan ada BCA, Bank OCBC NISP, CIMB Niaga. Terminal Pulo Gebang ada Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata. Terminal Kalideres ada BNI, Sinarmas dan Maybank,” jelasnya. Penukaran uang per orang dibatasi maksimal RP 3,8 juta dengan masing-masing pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000.

Marlison menyebut tak ada syarat khusus untuk penukaran uang ini. Untuk memudahkan antrean masyarakat bisa membuka website PINTAR dan membawa bukti pemesanan pada waktu dan lokasi yang dipilih. “Syarat lain (seperti) KTP, surat vaksin, tidak. Jadi tidak ada persyaratan yang dilakukan untuk melakukan penukaran tersebut,” imbuhnya.

Berikut daftar bank yang menyediakan layanan penukaran uang cek Simak video ‘Trik Solo Kejar Target Booster 70% Sebelum Masa Mudik’:

(kil/dna) : Mau Tukar Uang Receh Buat Lebaran, Cek di Sini Lokasinya
Lihat jawaban lengkap