Bank Atau Lembaga Selain Bank Yang Menerbitkan Uang Elektronik Disebut?

Bank Atau Lembaga Selain Bank Yang Menerbitkan Uang Elektronik Disebut
​ Di tahun-tahun terakhir, inovasi pada instrumen pembayaran elektronis dengan menggunakan kartu telah berkembang menjadi bentuk yang lebih praktis. Saat ini di Indonesia sedang berkembang suatu instrumen pembayaran yang dikenal dengan uang elektronik.

Walaupun memuat karakteristik yang sedikit berbeda dengan instrumen pembayaran lainnya seperti kartu kredit dan kartu ATM/Debit, namun penggunaan instrumen ini tetap sama dengan kartu kredit dan kartu ATM/Debit yaitu ditujukan untuk pembayaran. Secara sederhana, uang elektronik didefinisikan sebagai alat pembayaran dalam bentuk elektronik dimana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu.

Penggunanya harus menyetorkan uangnya terlebih dahulu kepada penerbit dan disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan bertransaksi. Ketika digunakan, nilai uang elektronik yang tersimpan dalam media elektronik akan berkurang sebesar nilai transaksi dan setelahnya dapat mengisi kembali (top-up).

  • Media elektronik untuk menyimpan nilai uang elektronik dapat berupa chip atau server.
  • Penggunaan uang elektronik ini sebagai alat pembayaran yang inovatif dan praktis diharapkan dapat membantu kelancaran pembayaran kegiatan ekonomi yang bersifat massal, cepat dan mikro, sehingga perkembangannya dapat membantu kelancaran transaksi di jalan tol, di bidang transportasi seperti kereta api maupun angkutan umum lainnya atau transaksi di minimarket, food court, atau parkir.

Perkembangan uang elektronik diharapkan pula dapat digunakan sebagai alternatif alat pembayaran non tunai yang dapat menjangkau masyarakat yang selama ini belum mempunyai akses kepada sistem perbankan. Definisi Uang Elektronik (Electronic Money) didefinisikan sebagai alat pembayaran yang memenuhi unsur-unsur sebagai berikut: diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit; nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip;dan nilai uang elektronik yang di kelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tanggal 13 April 2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money). Surat Edaran Bank Indonesia No.11/11/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Uang Elektronik (Electronic Money).​

Manfaat Uang Elektronik Penggunaan Uang Elektronik sebagai alat pembayaran dapat memberikan manfaat sebagai berikut: Memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai. Tidak lagi menerima uang kembalian dalam bentuk barang (seperti permen) akibat padagang tidak mempunyai uang kembalian bernilai kecil (receh).

Risiko uang elektronik hilang dan dapat digunakan oleh pihak lain, karena pada prinsipnya uang elektronik sama seperti uang tunai yang apabila hilang tidak dapat diklaim kepada penerbit.Risiko karena masih kurang pahamnya pengguna dalam menggunakan uang elektronik, seperti pengguna tidak menyadari uang elektronik yang digunakan ditempelkan 2 (dua) kali pada reader untuk suatu transaksi yang sama sehingga nilai uang elektronik berkurang lebih besar dari nilai transaksi.​​

Jenis Uang Elektronik dan Batas Nilai Uang Elektronik

Jenis uang elektronik berdasarkan tercatat atau tidaknya data identitas pemegang pada penerbit Uang Elektronik dibagi menjadi : Uang Elektronik registered, merupakan Uang Elektronik yang data identitas pemegangnya tercatat/terdaftar pada penerbit Uang Elektronik. Dalam kaitan ini, penerbit harus menerapkan prinsip mengenal nasabah dalam menerbitkan Uang Elektronik Registered. Batas maksimum nilai Uang Elektronik yang tersimpan pada media chip atau server untuk jenis registered adalah Rp5.000.000,00 (lima juta Rupiah).Uang Elektronik unregistered, merupakan Uang Elektronik yang data identitas pemegangnya tidak tercatat/terdaftar pada penerbit Uang Elektronik. Batas maksimum nilai Uang Elektronik yang tersimpan pada media chip atau server untuk jenis unregistered adalah Rp1.000.000,00 (satu juta Rupiah).

Pihak-Pihak dalam Penyelenggaraan Uang Elektronik

Pemegang kartu adalah pengguna yang sah dari Uang Elektronik. Prinsipal adalah bank atau lembaga selain bank yang bertanggung jawab atas pengelolaan sistem dan/atau jaringan antar anggotanya, baik yang berperan sebagai penerbit dan/atau acquirer, dalam transaksi Uang Elektronik yang kerjasama dengan anggotanya didasarkan atas suatu perjanjian tertulis.Penerbit adalah bank atau lembaga selain bank yang menerbitkan Uang Elektronik. Acquirer adalah bank atau lembaga selain bank yang melakukan kerjasama dengan pedagang (merchant), yang dapat memproses Uang Elektronik yang diterbitkan oleh pihak lain.Pedagang (merchant) adalah penjual barang dan/atau jasa yang menerima pembayaran dari transaksi penggunaan Uang Elektronik. Penyelenggara kliring adalah bank atau lembaga selain bank yang melakukan perhitungan hak dan kewajiban keuangan masing-masing penerbit dan/atau acquirer dalam rangka transaksi Uang Elektronik. Penyelenggara penyelesaian akhir adalah bank atau lembaga selain bank yang melakukan dan bertanggungjawab terhadap penyelesaian akhir atas hak dan kewajiban keuangan masing-masing penerbit dan/atau acquirer dalam rangka transaksi Uang Elektronik berdasarkan hasil perhitungan dari penyelenggara kliring.

Lihat jawaban lengkap

Siapa yang menerbitkan uang elektronik?

Pihak penyelenggara e money – Adapun penyelenggaraan e money adalah telah diatur dalam Peraturan BI Nomor 11 Tahun 2009 tentang Uang Elektronik dan Surat Edaran BI Nomor 11 Tahun 2009 perihal Uang Elektronik dimana pihak penyelenggara uang elektronik sebagai berikut:

  • Pemegang kartu e money adalah pengguna yang sah dari kartu e money.
  • Prinsipal adalah bank atau lembaga selain bank yang bertanggung jawab atas pengelolaan sistem dan/atau jaringan antar anggotanya.
  • Penerbit uang elektronik adalah bank atau lembaga selain bank yang menerbitkan kartu emoney.
  • Acquirer adalah bank atau lembaga selain bank yang melakukan kerjasama dengan pedagang atau merchant yang dapat memproses kartu e money yang diterbitkan oleh pihak lain.
  • Merchant adalah penjual barang dan/atau jasa yang menerima pembayaran dari transaksi penggunaan uang elektronik.
  • Penyelenggara kliring adalah bank atau lembaga selain bank yang melakukan perhitungan hak dan kewajiban keuangan masing-masing penerbit dan/atau acquirer dalam rangka transaksi uang elektronik.
  • Penyelenggara penyelesaian akhir adalah bank atau lembaga selain bank yang melakukan dan bertanggungjawab terhadap penyelesaian akhir atas hak dan kewajiban keuangan masing-masing penerbit dan/atau acquirer.

Baca juga: Mengenal Transfer SKN serta Bedanya dengan RTGS dan Real Time Online Begitulah pengertian e money adalah secara detail beserta jenis-jenis uang elektronik yang salah satunya berupa kartu e money. Tetap berhati-hati dalam menggunakan uang elektronik adalah tindakan yang harus diutamakan.
Lihat jawaban lengkap

Uang elektronik namanya apa?

Apa Itu E-Money dan Kegunaannya? – © Freepik.com

  1. Sebelum membahas serba-serbinya, pertama-tama kita perlu mengulas apa itu definisi e-money terlebih dahulu.
  2. Dilansir dari, uang elektronik atau e-money adalah uang yang tersimpan di sistem perbankan, untuk melakukan transaksi elektronik.
  3. E-money ini biasanya berbentuk kartu dengan chip di dalamnya untuk transaksi, diterbitkan oleh lembaga perbankan.
  4. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis bank yang mengeluarkan e-money, yaitu BCA – Flazz, Mandiri – e-Money, BNI – TapCash, BRI – Brizzi, dan masih banyak lagi.
  5. Meskipun nilai di dalamnya setara dengan uang tunai yang digunakan sebagai alat jual-beli, nominal di dalam e-money tidak dapat diuangkan.
  6. Hal ini karena memang tujuan kartu ini hanya untuk transaksi elektronik saja.

Apakah e-money ini sama dengan ? Tentu saja tidak.

  • Perbedaan kedua moda pembayaran ini cukup mendasar, yaitu bentuk yang digunakan.
  • E-money berbasis chip dan hanya bisa digunakan kalau ada mesin pembaca, sedangkan e-wallet berbasis server internet.

Baca Juga:

  1. Lalu, apa saja kegunaannya?
  2. Beberapa kegunaan e – money adalah untuk membayar tarif jalan tol, membayar parkir, tiket kereta (KRL Commuter Line), bus, atau bahkan untuk berbelanja di minimarket dan toko swalayan.
  3. Sama dengan kartu debit biasa, ketika kamu menggunakan e-money untuk transaksi nilai di dalamnya akan berkurang, dan bertambah ketika diisi ulang.

Lihat jawaban lengkap

Apa itu bank e-money?

Perbedaan e-money dan e-wallet – Perbedaan tersebut bahkan bisa dilihat dari berbagai aspek. Pertama dilihat dari sisi definisi. Melansir laman Bank Dunia, uang elektronik atau e-money adalah alternatif elektronik untuk uang tunai. Ini adalah nilai moneter yang disimpan secara elektronik pada saat penerimaan dana, dan yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran.

  1. Sementara itu, e-wallet atau dompet elektronik adalah nilai uang tunai yang disimpan pada kartu, telepon, atau perangkat elektronik lainnya.
  2. E-wallet ada yang sifatnya bisa ditop-up ulang, ada pula yang hanya bisa sekali pakai, artinya ketika nilai tunai di dalamnya telah habis maka e-wallet tidak dapat lagi digunakan.

Istilah dompet digunakan untuk menyebut kartu, ponsel, atau perangkat elektronik lain yang digunakan untuk menyimpan uang digital, layaknya dompet fisik yang biasanya digunakan untuk menyimpan uang tunai oleh seseorang. Selain dari sisi pengertian, e-money dan e-wallet juga memiliki sejumlah perbedaan lain, seperti dikutip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Sabtu (18/6/2022): Baca juga: Simak 5 Cara Top Up e-Money Mandiri dengan Mudah
Lihat jawaban lengkap

E-money dikeluarkan oleh bank apa?

Mengenal e-Money, Produk ‘Receh’ yang Kerap Dibutuhkan Jakarta, CNBC Indonesia – Pembayaran konvensional saat ini mulai ditinggalkan seiring berkembangnya digitalisasi transaksi. Uang elektronik atau biasa dikenal dengan e-money berfungsi sebagai pengganti uang tunai yang lebih modern dan praktis.

Menurut Bank Indonesia, e-Money didefinisikan sebagai alat pembayaran yang memenuhi unsur-unsur seperti; diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit, nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip, dan nilai uang elektronik yang dikelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan.

Selain memberi kemudahan transaksi tanpa tunai, e-Money juga sangat applicable untuk transaksi massal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi, seperti transportasi, parkir, tol, fast food, dan lain sebagainya. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Meski begitu, e-Money juga memiliki beberapa kekurangan, seperti saldo yang tidak bsa diuangkan kembali.

  1. Lalu batas maksimal saldo yang tidak besar, serta hanya bisa digunakan pada mesin spesifik untuk pembayaran e-Money.
  2. Di Indonesia, banyak masyarakat mengenal e-Money dalam bentuk kartu dan token.
  3. E-Money berbentuk kartu terdiri dari kartu prabayar dan kartu yang diterbitkan oleh institusi perbankan tertentu.

Sementara itu, e-Money berbentuk token dapat berupa replika koin ataupun kumpulan gambar dan tulisan yang melekat pada smartphone seseorang. Pada e-Money kartu, umumnya dilengkapi dengan kartu chip yang tertanam di dalamnya untuk kegiatan transaksi dan juga dikeluarkan oleh lembaga institusi perbankan.

Arena menggunakan dasar chip dan tidak memerlukan internet, maka e-Money hanya bisa digunakan pada beberapa tempat tertentu yang hanya bisa memiliki mesin pembaca saja. Perizinan dan pengaturan penggunaan e-Money dilakukan oleh Bank Indonesia. Bank sentral di sini berperan sebagai lembaga pengatur sistem pembayaran di Tanah Air.

Untuk di Indonesia sendiri, ada beberapa bank yang saat ini sudah menerbitkan e-Money, seperti Bank BCA dengan Flazz, Bank Mandiri dengan e-Money, BNI dengan TapCash, BRI dengan Brizzi, dan lain-lain. Umumnya, tempat-tempat penggunaan e-Money berada di pusat kota, karena banyak berhubungan dengan kesibukan masyarakat, sehingga berbagai metode pembayaran e-Money tersedia dengan koneksi yang lebih kencang.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Waktu Uang?

Apa perbedaan e-money dan e payment?

E – Money biasanya digunakan untuk pembayaran jalan tol, KRL Commuter Line, bus TransJakarta dan pembelian tiket di tempat hiburan. Sedangkan, e -Wallet adalah salah satu bentuk financial technology (fintech) yang menjadi alternatif metode pembayaran online.
Lihat jawaban lengkap

Apakah kartu e-money?

Teknologi kini semakin canggih sehingga menciptakan berbagai tren baru. Tidak hanya mengubah tren paling umum seperti media sosial, tapi juga terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam perekonomian. Salah satunya yaitu penggunaan e-money atau uang elektronik.

  1. Dahulu mungkin tidak ada yang bertanya, tempat beli e money dimana.
  2. Namun, sekarang e-money menjadi alat tukar selayaknya uang yang digunakan sehari-hari.
  3. Agar lebih memahami tentang e-money, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.
  4. Apa Itu E-Money? E-money merupakan alat pembayaran berupa media elektronik yaitu jaringan komputer serta internet.

Bentuk e-money berupa kartu yang mudah untuk dibawa ke mana saja sekaligus lebih praktis. Salah satu ilmu Kriptografi bahkan menyebutkan kalau e-money benar-benar aman dipakai, karena umumnya sulit dibajak serta disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Maka dari itu dengan menggunakan e-money maka Anda tidak lagi perlu merasa khawatir uang akan hilang dalam jumlah yang banyak.
  • Baca juga : Top Up E-Money Di Alfamart Sangat Mudah Tanpa Ribet! Namun, perlu diingat saja kalau e-money tidak dapat diletakkan sembarangan karena bentuknya berupa kartu yang kecil sehingga bisa jadi mudah hilang.

Mengenal Jenis E-Money Pada dasarnya ada dua jenis e-money yang berbeda. Dengan mengetahui jenisnya, maka Anda juga akan tahu perbedaannya. Berikut jenis-jenis e-money: 1. Prepaid Software E-money prepaid software juga bisa disebut digital cash. E-money ini memiliki nilai uang yang tersimpan di dalam hard disk PC.

  1. Sementara, untuk dananya bisa dipindah dengan melalui jaringan internet.
  2. Sederhananya, mirip dengan transfer melalui cara online.2.
  3. Prepaid Card E-money prepaid card atau juga disebut electronic purchase adalah e-money dengan nilai uang yang disimpan di dalam chip, di mana chip tersebut tertanam di kartu.

Prepaid card ini contohnya yaitu Flazz BCA, Brizzi, BNI Prepaid, dan Mandiri E-Money. Salah satu e-money yang juga tersedia di Alfamart adalah e-money Mandiri. Untuk yang belum mengenal tentang e-money Mandiri mari kita lihat ulasannya sedikit lebih lanjut.

Apa Itu E-Money Mandiri? E-money Mandiri adalah e-money yang merupakan produk dari Bank Mandiri berbentuk kartu, kegunaannya untuk pelayanan transaksi digital di Indonesia. Anda bisa menggunakan e-money Mandiri untuk berbagai transaksi digital. Jadi, kartu e-money tersebut dapat menggantikan transaksi tunai.

E-money Mandiri dibekali dengan teknologi RFID yaitu Radio Frequency Identification yang memudahkan Anda sebagai pemilik kartu untuk melakukan transaksi melalui sentuhan, semuanya hanya dalam hitungan detik saja. Demikian sekilas tentang e-money Mandiri.

  • Sekarang kita dapat kembali mempelajari lebih lanjut tentang e-money secara umum.
  • Ada berbagai fitur sekaligus kemudahan yang ditawarkan oleh e-money dan hanya dapat dinikmati oleh para pengguna e-money.
  • Fitur Umum e-Money Berikut fitur-fitur sekaligus kemudahan serta keuntungan menggunakan e-money: 1.

Semua Transaksi Jadi Lebih Mudah Dengan menggunakan e-money, semua transaksi belanja menjadi lebih mudah. Caranya pun gampang, cukup tempelkan saja kartu e-money ke mesin pembaca. Penggunaannya mudah sekaligus menghemat waktu sehingga belanja akan terasa menjadi semakin nyaman.2.

Pelayanan Cepat dan Memuaskan Di dalam chip kartu e-money terdapat saldo yang pasti tersimpan di dalam kartunya. Dengan begitu, saat transaksi pembayaran, prosesnya berlangsung dalam beberapa detik saja, karena sudah melalui saldo tersebut. Pelayanan dari e-money lebih cepat sekaligus memuaskan.3. Keamanan Terjamin dengan Baik Tidak perlu khawatir soal keamanan dalam penggunaan kartu e-money.

Dijamin semua transaksi pembayaran aman, karena tidak menggunakan uang tunai. Namun, e-money pada umumnya menggunakan enkripsi digital, serta tidak bisa untuk penggunaan lain selain transaksi.4. E-Money Dapat Dimiliki oleh Siapa Saja Siapa pun bisa memiliki e-money.

Biasanya setiap bank mengeluarkan produk e-money sendiri. Umumnya, e-money ini dapat digunakan tidak hanya oleh nasabah bank tersebut saja. Namun, non-nasabah juga dapat memiliki e-money tersebut. Akan tetapi, ada kemungkinan aturan yang berbeda dari masing-masing bank.5. E-Money Dapat Digunakan Siapa Saja Secara umum, e-money dapat dipindahtangankan serta digunakan oleh siapa pun.

Jadi, siapa saja bisa memilikinya dan tidak hanya itu, tapi juga menggunakan e-money tersebut untuk transaksi digital seperti melakukan pembayaran dan sebagainya.6. Banyak Cara untuk Beli E-Money Untuk top up isi ulang saldo e-money, ada banyak pilihan yang tersedia.

  • Anda bisa memilih sendiri cara yang paling nyaman sekaligus sesuai dengan kebutuhan.
  • Cara beli e-money pada umumnya antara lain melalui ATM, aplikasi mobile banking, e-banking online, dan secara langsung.
  • Cara langsung tersebut yaitu dengan isi ulang di kantor cabang bank e-money, ATM bersama, maupun toko atau merchant retail yang sudah bekerja sama, termasuk Alfamart salah satunya.7.

E-Money Bisa Digunakan untuk Apa Saja Tidak hanya untuk berbelanja, tapi e-money dapat digunakan untuk gerbang tol, tiket bus kota, hingga parkir. Maka dari itu, kegunaan e-money bermacam-macam. Jadi kartu e-money memang multifungsi sekaligus praktis untuk dibawa ke mana saja.

  1. Cara Menggunakan E-Money E-money dapat digunakan untuk berbagai keperluan transaksi dan pembayaran di tempat-tempat yang memiliki logo e-money.
  2. Secara umum, penggunaan e-money antara lain untuk pembayaran tol di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, Bali, Surabaya hingga Makassar.

Selain itu, e-money juga dapat digunakan untuk pembayaran parkir dan TPE, transportasi umum seperti contohnya kereta dan transJakarta, SPBU atau pom bensin, toko-toko, wahana hiburan serta rest area, dan juga toko retail seperti Alfamart. Berikut cara untuk menggunakan e-money yang paling umum: 1.

Kartu e-money diserahkan ke kasir tol.Kartu ditempelkan di reader di gardu tol.Transaksi berhasil, saldo kartu e-money akan berkurang sesuai dengan tarif tol yang berlaku.

2. Gerbang Tol di Gardu Otomatis Berikut cara penggunaannya:

Kartu ditempelkan di reader mesin GTOSetelah transaksi berhasil, saldo kartu e-money akan berkurang sesuai dengan tarif tol yang berlaku.

3. Gerbang Tol di Gardu E-Tollpass Berikut cara penggunaannya:

Mobil melaju pada kecepatan kurang lebih 10 km per jam.Terdengar bunyi bip dua kali menandakan bahwa transaksi telah berhasil.Palang pintu otomatis terbuka dan saldo kartu e-money akan berkurang sesuai dengan tarif tol yang berlaku.

4. Tiket Bus Berikut cara penggunaannya:

Kartu e-money ditempelkan di reader halte atau bus.Setelah transaksi berhasil, saldo kartu e-money akan berkurang sesuai dengan tarif bus yang berlaku.

5. Parkir Berikut cara penggunaannya:

Kartu e-money diserahkan ke petugas kasir parkir.Kartu ditempelkan di reader di gardu parkir.Setelah transaksi berhasil, saldo kartu e-money akan berkurang sesuai dengan tarif parkir yang berlaku.

6. Retailer Berikut cara penggunaannya:

Kartu e-money diserahkan ke petugas atau kasir toko.Kartu ditempelkan di pad reader di toko.Setelah transaksi berhasil, saldo kartu e-money akan berkurang sesuai dengan nilai belanjaan.

Demikian tadi cara-cara untuk menggunakan e-money. Anda tentu juga perlu tahu di mana bisa beli e-money agar dapat digunakan untuk semua keperluan. Beli E Money Dimana? Jadi, ada berbagai tempat di mana Anda dapat membeli e-money. Berikut cara-cara dan tempat untuk membeli e-money:

Mendapat kartu dari kantor cabang bank paling dekat dari tempat Anda.Sales representative e-money di sejumlah gerbang tol.Halte-halte Transjakarta.Stasiun commuter line.Vending machine e-money.Merchant online atau di online marketplace.Minimarket seperti Alfamart.

Ya, jadi Anda tinggal mampir saja ke gerai Alfamart yang paling dekat dari tempat Anda untuk membeli e-money. Tidak ada biaya pembelian e-money, jadi Anda cukup mengisi saldonya sesuai dengan nominal uang yang diinginkan. Selain itu, kelebihan lainnya yaitu e-money tidak memberlakukan batasan untuk masa berlaku.

Nah, jadi kartu e-money ini berlaku untuk seterusnya. Menguntungkan, bukan. Setelah membeli saldo e-money, tentu Anda ingin tahu penggunaannya serta update saldonya. Anda bisa cek saldo e-money dengan berbagai cara juga. Cara-Cara Cek Saldo E-Money Untuk mengetahui saldo kartu e-money, berikut cara-caranya.1.

Cek Saldo di Mesin ATM Kalau Anda biasa datang ke mesin ATM untuk melakukan transaksi, maka Anda bisa memilih cara ini. Anda bisa langsung datang saja ke mesin ATM bank e-money Anda yang terdekat lokasinya. Salah satunya seperti e-money Mandiri. Berikut cara cek saldo e-money:

Masukkan kartu ATM. Tekan tombol hijau pada mesin ATM.Pilih menu Mandiri e-Money.Tempelkan kartu e-money di panel dengan logo e-money.Pilih menu Informasi Saldo. Tunggu sebentar.Akan muncul tampilan jumlah saldo di layar mesin ATM.

2. Cek Saldo Pakai Internet Banking Cara ini cocok untuk Anda sebagai nasabah bank yang menerbitkan kartu e-money Anda. Dikarenakan layanan ini bisa diakses hanya oleh pengguna layanan internet bank tersebut. Seperti misalnya Bank Mandiri. Maka Anda harus sudah punya User ID dan PIN untuk login. Berikut cara cek saldo e-money:

Buka Internet Banking Mandiri pada HP atau laptop.Login pakai User ID dan PIN Anda.Pada menu utama, Anda bisa pilih Uang Elektronik.Selanjutnya pilih Mandiri e-Money.Kemudian pilih Informasi Saldo.Ketikkan 16 digit nomor e-money di panel yang disediakan kemudian pilih menu Kirim, tunggu sesaat.Akan tampil informasi saldo pada layar.

3. Cek Saldo Pakai Aplikasi E-Money Umumnya bank yang mengeluarkan produk kartu e-money juga menyediakan aplikasi untuk pengelolaan e-money. Layanan ini tentu saja hanya bisa diakses melalui smartphone. Salah satu layanannya yaitu seperti Mandiri Online. Berikut cara cek saldo e-money:

Kunjungi Google Play Store atau App Store. Unduh aplikasi Mandiri e-money.Instal aplikasi tersebut di smartphone.Buka aplikasi untuk mengecek saldo.Tempel kartu e-money di bagian belakang smartphone, tunggu sesaat.Akan muncul informasi saldo e-money pada layar.

Cara untuk Top Up Isi Ulang E-Money Seperti halnya mengecek saldo, top up atau isi ulang saldonya juga sama-sama penting. Ada berbagai cara untuk top up saldo e-money Anda. Berikut cara-caranya.1. Top Up dengan Kartu Debit Bank Berikut cara untuk top up e-money:

Masukkan kartu debit di mesin ATM.Masukkan nomor PIN kartu debit.Pilih menu e-Money.Pilih menu Isi Ulang.Pilih nominal yang tersedia atau jumlah lain sesuai keinginan.Konfirmasi jumlah nominal top up, tekan Lanjut.Letakkan kartu e-money di reader dengan logo isi ulang.Setelah transaksi berhasil, akan keluar kertas struk dan saldo e-money bertambah.

2. Top Up dengan Kartu Debit Berlogo ATM Bersama Berikut cara untuk top up e-money dengan contoh kartu e-money Mandiri:

Masukkan kartu debit ke ATM Bersama.Masukkan nomor PIN kartu debit.Pilih Transaksi Lainnya.Pilih Mandiri Prabayar.Pilih nominal isi ulang pada tombol atau jumlah lain sesuai keinginan.Konfirmasi jumlah nominal isi ulang, tekan Ya.Tempelkan e-money di reader dengan logo isi ulang.Setelah transaksi berhasil, akan keluar kertas struk dan saldo e-money bertambah.

3. Top Up dengan Aplikasi Bank E-Money Berikut cara untuk top up e-money dengan contoh e-money Mandiri:

You might be interested:  Jasa Penitipan Uang Yang Ada Di Bank Syariah Dinamakan?

Unduh aplikasi Mandiri e-Money isi ulang di smartphone.Registrasi dengan melengkapi form di aplikasi, isikan username, email, nomor HP, password. Setelah mendaftar, Anda akan mendapat kode aktivasi lewat nomor HP yang terdaftar.Pastikan ada fitur NFC di smartphone dan nyalakan NFC.Lanjut dengan login di aplikasi.Tempelkan kartu e-money di belakang smartphone. Disarankan tanpa flipcase atau semacamnya.Akan muncul sisa saldo dan nomor kartu di layar. Ada juga pilihan untuk nominal top up.Masukkan nomor kartu debit, masa berlakunya, dan kode CVV. Kode CVV adalah tiga digit terakhir nomor kartu di balik kartu debit Anda. Kalau sudah, di layar akan muncul konfirmasi isi ulang.Selanjutnya muncul kode OTP di smartphone. Catatlah kode OTP tersebut.Masukkan kode OTP ke kolom Kode Otorisasi.Jika kartu e-money sebelumnya masih menempel, lepaskanlah dan tempel ulang untuk top up.Tunggu sampai proses top up berhasil. Selesai.

4. Top Up Melalui E-Banking SMS Untuk nomor SMS setiap bank berbeda. Berikut cara untuk top up e-money dengan contoh Bank Mandiri:

Buka dial nomor. Tekan *141*6# lalu dial.Pilih nomor 5 Beli.Pilih nomor 3 Top Up E-Money.Masukkan nomor dari kartu e-money.Pilih nominal untuk di-top up.Masukkan PIN Mandiri SMS.Setelah berhasil, Anda perlu update saldo, bisa di Mandiri ATM serta aplikasi Mandiri E-Money Isi Ulang.

5. Top Up Melalui E-Banking Bank Online Berikut cara untuk top up e-money dengan contoh e-money Mandiri:

Login di Mandiri Online.Pilih E-Money.Pilih Isi Ulang E-Money.Masukkan semua data yang diminta di form isi ulang, mulai dari sumber rekening, nomor kartu, serta jumlah.Muncul halaman konfirmasi dan response code. Response code diperoleh dengan memasukkan challenge code di layar ke token Mandiri internet.Setelah berhasil, Anda harus update saldo, bisa di menu Lihat/Perbarui Saldo dengan menempelkan kartu e-money pada bagian belakang HP khusus untuk HP Android NFC, atau lewat ATM Mandiri.

6. Top Up Secara Langsung Selain berbagai cara di atas, Anda bisa langsung top up saldo e-money dengan mendatangi kantor cabang bank yang mengeluarkan kartu e-money Anda, di ATM Link atau ATM Bersama, atau toko retail yang sudah bekerja sama seperti Alfamart.
Lihat jawaban lengkap

Apa fungsi dari e-mOney?

Layanan Pembayaran e-mOney Mandiri – Melalui e-mOney Mandiri, Anda bisa melakukan berbagai jenis pembayaran dan transaksi di tempat-tempat berlogo e-mOney seperti:

Pembayaran Tol (Jabodetabek, Bandung, Medan, Palikanci, Semarang, Bali,Surabaya, Makassar). Pembayaran parkir dan TPE. Pembayaran transportasi umum (kereta, transjakarta, dll). Pembayaran SPBU. Pembelanjaan toko retail, (Indomaret, Alfamart, dll). Pembayaran di toko. Pembayaran wahana hiburan atau rest

Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan e-mOney beserta contoh?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Uang elektronik (uang digital atau e-money ) adalah alat pembayaran yang berbentuk elektronik di mana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu, biasanya transaksinya membutuhkan jaringan internet karena pemakaiannya menggunakan perangkat seperti telepon pintar atau komputer.

  1. Untuk mendapatkan uang elektronik ini, penggunanya harus menyetorkan atau membayar dengan menggunakan uang fisik atau uang tunai kepada perusahaan penerbit uang elektronik untuk kemudian disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan transaksi.
  2. Secara sederhana, untuk mendapatkan uang elektronik, penggunanya harus menukarkannya dengan uang fisik.

Begitupun saat saldo uang elektronik ini sudah habis atau berkurang setelah digunakan untuk transaksi, maka pengguna bisa mengisi ulang kembali. Uang elektronik ini memudahkan dalam berbagai transaksi sehingga penggunanya tak perlu repot membawa uang tunai fisik.

Selain kecepatan dan kemudahan dalam pembayaran, uang elektronik memiliki beberapa manfaat, salah satunya pengguna tak perlu direpotkan dengan kembalian saat transaksi meskipun dalam nominal kecil. Bank Indonesia (BI) sebagai regulator moneter di Indonesia, mendefinisikan nilai uang elektronik apabila memenuhi dua unsur.

Pertama yakni nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip, Kedua nilai uang elektronik yang di kelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Di Indonesia, ada dua jenis uang elektronik, pertama uang elektronik berbasis chip atau kartu. Kedua yakni uang elektronik berbasis server atau aplikasi. Uang digital lewat aplikasi telepon pintar ini biasa dikenal sebagai dompet digital. Kedua jenis uang elektronik ini terus mengalami peningkatan, baik dari sisi penggunanya, maupun jumlah transaksinya.

Merujuk pada data yang dirilis Bank Indonesia menunjukkan bahwa transaksi uang elektronik hingga Juni 2019 mencapai Rp 11,87 triliun. Angka ini sudah naik drastis sebesar 242% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 3,46 triliun. Pada Februari 2019, BI merilis data bahwa uang elektronik tumbuh sampai 66%.

  1. BI mencatat, saat ini sudah ada 37 uang elektronik, baik dari jenis uang elektronik berbasis chip maupun server atau aplikasi.
  2. Naiknya penggunaan uang elektronik karena semakin tersebarnya lokasi yang menyediakan transaksi elektronik seperti transportasi umum, jalan tol, minimarket, tempat wisata, dan restoran.

Tingginya pemakaian uang elektronik juga didorong oleh pertumbuhan jual beli daring.
Lihat jawaban lengkap

DANA itu milik siapa?

Foto: DANA dan Lazada (Dok. Dana & Illustration by Pavlo Gonchar/SOPA Images/LightRocket via Getty Images) Jakarta, CNBC Indonesia – DANA, salah satu penyedia layanan dompet digital terbesar Tanah Air mengalami pergantian kepemilikan dengan nilai transaksi jumbo.

  • Transaksi bernilai triliunan rupiah tersebut rela dikeluarkan investor untuk mengakuisisi sejumlah saham perusahaan yang diramal akan menjadi bagian integral dalam bisnis teknologi finansial masa depan.
  • DANA merupakan perusahaan rintisan ( startup ) yang dikembangkan oleh Grup Emtek dan Alibaba.
  • Didirikan di Indonesia DANA memiliki nama resmi PT Espay Debit Indonesia Koe.

Adapun Espay nyaris secara eksklusif (99,99%) dimiliki oleh PT Elang Sejahtera Mandiri (ESM), sedangkan sisanya dimiliki oleh PT DSST Dana Gemilang (DSST), entitas tidak langsung dari Dian Swastatika Sentosa yang tergabung dalam Grup Sinarmas, berdasarkan data Ditjen AHU.

ESM sendiri diketahui mulai beroperasi pada tahun 2018, dan hingga akhir tahun 2019 nyaris seluruhnya (99,99%) dimiliki oleh PT Elang Andalan Nusantara (EAN). EAN sendiri diketahui merupakan perusahaan patungan yang pada awal pendirian dikendalikan oleh anak usaha Grup Emtek Kreatif Media Karya (KMK) dengan kepemilikan 55%.

Adapun mitra satunya lagi merupakan perusahaan internet raksasa asal China, Alibaba, lewat anak usaha Ant Group, API (Hong Kong) Investment (45%). Investasi Grup Emtek dan Alibaba EAN yang merupakan perusahaan patungan antara Grup Emtek dan Alibaba diketahui setidaknya melakukan tiga kali penambahan dana di ESM yang merupakan pemilik Espay/DANA.

  1. Per akhir tahun 2018, EAN diketahui menambahkan setoran modal di ESM sebesar Rp 100 miliar, selanjutnya pada 11 Desember 2019, EAN menambahkan setoran modal di ESM sebesar Rp 2,14 triliun.
  2. Emudian pada 31 Desember 2019 EAN kembali menambah Rp 30 miliar.
  3. Hingga akhir tahun 2020, Grup Emtek dan Alibaba menyuntik dana hingga 2,28 triliun ke perusahaan pemilik DANA.

Selanjutnya sejak tahun 2021 hingga ESM tidak lagi diungkapkan dalam laporan keuangan Elang Mahkota Teknologi (EMTK). Hal ini disebabkan pada akhir 2020, melepas 6% sahamnya dan tidak lagi menjadi pengendali dari EAN. Akan tetapi hingga 19 Juli 2022, jumlah modal yang disetor di DANA/Espay mencapai Rp 5,09 triliun dengan ESM berkontribusi nyaris sepenuhnya.

Artinya Grup Emtek dan Ant Group menambahkan setoran modal Rp 2,95 triliun ke DANA. Dengan asumsi kepemilikan awal KMK 55% dan API (Hong Kong) 45%, artinya Grup Emtek diperkirakan menyetor modal sekitar Rp 2,80 triliun ke DANA. Investasi artinya berbuah manis, dengan anak usaha EMTK berhasil menjual sejumlah kepemilikan saham EAN kepada Lazada dan dibanderol senilai US$ 304,5 juta atau setara Rp 4,57 triliun (asumsi kurs Rp 15.000/US$).

Dalam transaksi tersebut KMK mengungkapkan telah mengalihkan 202 saham Seri A dan 4.792.986 saham Seri B pada EAN kepada Lazadapay Holding Pte Ltd. Dalam keterangan yang terbit di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, EMTK juga menyebut bahwa pasca transaksi yang terjadi pada tanggal 10 Agustus kemarin, KMK masih memiliki saham di EAN.

  • Dalam laporan keuangan terbaru Juni 2022, EMTK mengungkapkan bahwa perusahaan masih memiliki 49% saham di EAN lewat KMK atau setara dengan 6.144.778 saham.
  • Pengalihan 4.792.986 saham EAN yang dimiliki Emtek ke Lazadapay berarti setara dengan 38,22% kepemilikan saham di EAN.
  • Artinya valuasi EAN, yang secara umum dapat diartikan sebagai DANA, pasca transaksi ini mencapai US$ 796,70 juta atau setara dengan Rp 11,95 triliun.

Valuasi tersebut nyaris mencapai status unicorn. Pasca transaksi ini EMTK lewat KMK masih menguasai 10,77% saham EAN secara tidak langsung. Artinya total keuntungan yang diperoleh oleh EMTK dari pengembangan dompet digital DANA dalam kurun waktu 4 tahun mencapai Rp 3,06 triliun, atau bahkan bisa lebih.

  1. Hal ini diperoleh dari selisih penjualan ke Lazada dengan modal yang disetor Grup Emtek yang keuntungannya diperkirakan mencapai Rp 1,77 triliun.
  2. Selanjutnya Grup Emtek lewat KMK juga masih menggenggam 10,77% saham EAN lewat KMK yang ditaksir bernilai Rp 1,29 triliun.
  3. Pada hari yang sama emiten Grup Sinarmas, Dian Swastatika Sentosa (DSSA), juga mengumumkan rampungnya investasi di Dana.

Investasi tersebut dilakukan lewat DSST Dana Gemilang, entitas anak tidak langsung perseroan, telah menyelesaikan rencana investasi di EAN dengan harga pelaksanaan investasi seluruhnya berjumlah US$ 200 juta (Rp 3 triliun). Tidak disebutkan secara rinci dari pihak mana dan seberapa besar saham yang diakuisisi oleh entitas tidak langsung DSSA tersebut.
Lihat jawaban lengkap

Apakah perbedaan dari kartu ATM dengan E Money?

Halo Ugm F! Saya bantu jawab ya. Jawaban yang tepat dari pilihan di atas adalah “C” Simak pembahasannya ya. Kartu debit adalah alat pembayaran, maupun alat pengambilan uang pada suatu bank yang sudah ditentukan. Jadi kamu tidak perlu repot membawa uang kamu ke mana-mana karena dengan kartu debit kamu dapat membayarkan sesuatu dengan jumlah yang besar.

  1. Banyaknya manfaat dari kartu debit pastinya membuat semua orang memilikinya untuk penyimpanan dan transaksi yang mudah aman dan efektif.
  2. Batasan dari kartu debit adalah sebesar uang yang disimpan dalam rekening tabungan.
  3. Artu e-money adalah sebuah kartu yang diterbitkan oleh bank sebagai alat pembayaran dengan menggunakan RFID yang pembayarannya dapat dilakukan dengan cara di tap disuatu alat pembayaran.

Kartu e-money ini memiliki keunggulan dalam pembayaran yang membutuhkan nominal sedikit seperti parkir, tol, KRL. Kartu e-money memiliki batasan nominal yang dapat di simpan yaitu sebesar 2 juta rupiah. jadi kartu debit tidak terdapat batas maksimal uang dalam kartu, sementara uang e-money terdapat batas maksimal uang dalam kartu “C” Semoga menjawab ya 🙂 –
Lihat jawaban lengkap

Dimana bisa beli Brizzi?

Cara Mendapatkan Kartu BRIZZI – Untuk mendapatkan kartu BRIZZI, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti:

  • Mendapatkan kartu BRIZZI dari kantor cabang BRI terdekat dari lokasi Anda.
  • Melalui minimarket seperti Indomaret atau Alfamart.
  • Sales representative BRIZZI di beberapa gerbang tol tertentu.
  • Stasiun.
  • Halte-Halte transjakarta.
  • Vending machine untuk e-Money.
  • Merchant-merchant online atau online marketplace.
You might be interested:  Apa Nama Mata Uang Negara Thailand?

Lihat jawaban lengkap

Berapa harga kartu tol?

Jenis Kartu Tol dan harganya – 1. E money Mandiri Bank Mandiri juga memberikan fasilitas uang elektronik yang disebut dengan e-money. Baik Anda nasabah Bank Mandiri atau bukan ketika Anda memiliki kartu em-money maka Anda bisa menggunakan. Nah, e-money ini juga bisa digunakan untuk membayar tol.

Adapun harga kartu tol e-money ini tidaklah sama sesuai dengan desainnya. Namun, kebanyakan e-money dijual dengan harga Rp.50.000 dengan saldo di dalamnya yang berisi Rp.20.000. Jika Anda Ingin menambah saldo, maka Anda Bisa langsung mengisi saldo pada saat proses pembelian. Untuk mengisi saldo e-money juga mudah dimana Anda Bisa melakukannya lewat Alfamart ataupun Indomaret.2.

Bank Indonesia akan Terbitkan Uang Digital

BCA Flazz Selain e money Mandiri, ada juga kartu tol yang disebut dengan BCA Flazz. Sesuai namanya, kartu ini dikeluarkan oleh Bank BCA sebagai sebuah metode untuk mempermudah kebutuhan Anda dalam berbelanja sekaligus digunakan sebagai e toll card. Harga kartu tol ini cukup murah dimana harganya hanya Rp.25.000.

  • Untuk membeli kartu ini juga mudah dimana Anda Bisa membelinya di seluruh kantor cabang BCA terdekat, merchant penjualan Flazz dan juga stand penjualan Flazz.
  • Artu ini juga bisa melakukan pengisian saldo minimal Rp.20.000 dan maksimal hanya Rp.1 juta saja.
  • Sebab, ini bukanlah kartu penyimpanan seperti layaknya ATM, sehingga ada kapasitasnya.3.

BNI TapCash Tidak kalah dengan bank lainnya, Bni juga mengeluarkan sebuah kartu yang disebut dengan BNI Tapcash yang bisa digunakan sebagai kartu tol. Harga kartu ini saat ini sekitar Rp.50.000 dengan saldo di dalamnya yang berisi Rp.40.000. ada juga kartu lain yang memiliki harga Rp.150.000 dengan saldo sebanyak Rp.140.000.

Untuk mendapatkan kartu tol ini, Anda Bisa membelinya di kantor cabang BNI terdekat. Selain itu, Anda Juga bisa mendapatkannya di gerbang tol tertentu. Nah, adapun untuk melakukan isi ulang saldo, maka Anda bisa melakukannya di beberapa tempat. Seperti ATM Tunai dan non tunai BNI yang memiliki logo TapCash, kantor Cabang BNI, SMS banking, Internet BNi, mobile banking, FamilyMart, Alfamart, dan juga halte Bus Trans Jakarta.4.

BRI Brizzi BRI juga mengeluarkan kartu yang juga bisa digunakan sebagai kartu tol. Nama kartu ini adalah BRI Brizzi. Harga kartu tol ini juga murah yakni hanya Rp.20.000 saja namun belum ada saldonya sama sekali. Sehingga saat Anda membeli karto ini, pastikan Anda juga melakukan pengisian saldo agar Bri Brizzi bisa langsung digunakan.5.

Pertamina Gas Card Kartu toll selanjutnya yang bisa And agunakan adalah Gazcard, ini merupakan sebuah kartu prabayar atau smart card yang dibuat oleh bank Mandiri yang bekerja sama dengan Pertamina. Pada awalnya, kartu ini digunakan untuk bertransaksi saat menggunakan BBM di SPBU. Namun, saat ini kartu ini juga bisa dijadikan sebagai kartu tol lho.

Harga kartu ini adalah Rp.100.000 dimana saldo di dalamnya juga bersisi Rp.100.000 juga. Nah, untuk Anda Yang ingin menggunakan kartu ini, Anda bisa membelinya di seluruh kantor cabang Mandiri di wilayah Jabodetabek dan cabang bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek.6.

BTN Blink BTN Blink juga tidak kalah ingin andil dalam masalah kartu ini elektronik. Bank ini juga mengeluarkan sebuah kartu yang memiliki harga Rp.30.000 sampai dengan Rp.35.000 namun tidak beraldo. Untuk memiliki kartu ini, Anda juga bisa membelinya di bank BTN atau merchant yang sudah bekerja sama dengan bank tersebut.

Sedangkan untuk melakukan isi ulang saldo, Anda bisa melakukannya di ATM BTN, atau ATM lain yang berlogo e-money dan toko-toko retail yang ada di Indonesia. Kartu ini bisa digunakan sebagai kartu tol juga.7. Indomaret Card Indomaret juga menerbitkan sebuah kartu tol yang bernama Indomaret card.

Harga kartu tol ini juga murah dimana hanya sekitar Rp.25.000 dan bisa langsung isi saldo juga. nah, kartu tol ini ternyata diterbitkan oleh bank Mandiri, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Di Indonesia ada beragam kartu tol yang bisa digunakan. Sebagai seorang pengguna Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, harga kartu tol ini juga terjangkau dan tentunya membuat segalanya lebih praktis. Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya.8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! : Beragam Jenis dan Harga Kartu Tol di Indonesia – Apa Aja Ada
Lihat jawaban lengkap

Bagaimana cara membuat uang elektronik?

Cara Membuat Kartu Uang Elektronik Semua Bank Bisa Dipakai Bayar LRT, Tol, Tiket Kapal, KRL Commuter Line, MRT PRMN Metro Palembang News – Pembayaran menggunakan kartu uang elektronik atau e-money sudah mulai banyak digunakan diberbagai bidang. Tujuan diberlakukannya pembayaran metode kartu uang elektronik dinilai lebih efektif dan efesien.

Masyarakat hanya perlu menge-tap atau menempelkan kartu uang elektronik untuk discan dan otomatis terbayar dengan memotong saldo yang ada di dalam kartu uang elektronik. Penggunaan pembayaran kartu uang elektronik () biasa digunakan saat menggunakan moda umum. Seperti untuk melakukan pembayaran tiket kapal laut di pelabuhan, bayar tol, kereta api dan LRT.

Bank yang ada di Indonesia sudah menyediakan pelayanan pembuatan kartu uang elektronik (). Cara membuat kartu uang elektronik pun cukup mudah. Berikut ini cara membuat kartu uang elektronik () disemua Bank. Pertama pilih bank yang akan menjadi tempat pembuatan kartu uang elektronik.

Semua bank dalam negeri seperti BNI, BCA, Mandiri dan BRI menyediakan layanan kartu uang elektronik. Saat ingin membuat kartu uang elektronik di bank hanya cukup membawa KTP dan uang untuk mengisi saldo awal. Kedua setelah sampai di bank, meminta nomor antrian kepada satpam yang bertugas ke bagian service centre untuk pembuatan kartu uang elektronik.

Setelah itu, kartu uang elektronik () siap digunakan. Untuk pengisian ulang saldo bisa melalui Alfamart atau Indomaret terdekat.*** : Cara Membuat Kartu Uang Elektronik Semua Bank Bisa Dipakai Bayar LRT, Tol, Tiket Kapal, KRL Commuter Line, MRT
Lihat jawaban lengkap

Apa dasar hukum uang elektronik?

​ Di tahun-tahun terakhir, inovasi pada instrumen pembayaran elektronis dengan menggunakan kartu telah berkembang menjadi bentuk yang lebih praktis. Saat ini di Indonesia sedang berkembang suatu instrumen pembayaran yang dikenal dengan uang elektronik.

Walaupun memuat karakteristik yang sedikit berbeda dengan instrumen pembayaran lainnya seperti kartu kredit dan kartu ATM/Debit, namun penggunaan instrumen ini tetap sama dengan kartu kredit dan kartu ATM/Debit yaitu ditujukan untuk pembayaran. Secara sederhana, uang elektronik didefinisikan sebagai alat pembayaran dalam bentuk elektronik dimana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu.

Penggunanya harus menyetorkan uangnya terlebih dahulu kepada penerbit dan disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan bertransaksi. Ketika digunakan, nilai uang elektronik yang tersimpan dalam media elektronik akan berkurang sebesar nilai transaksi dan setelahnya dapat mengisi kembali (top-up).

  1. Media elektronik untuk menyimpan nilai uang elektronik dapat berupa chip atau server.
  2. Penggunaan uang elektronik ini sebagai alat pembayaran yang inovatif dan praktis diharapkan dapat membantu kelancaran pembayaran kegiatan ekonomi yang bersifat massal, cepat dan mikro, sehingga perkembangannya dapat membantu kelancaran transaksi di jalan tol, di bidang transportasi seperti kereta api maupun angkutan umum lainnya atau transaksi di minimarket, food court, atau parkir.

Perkembangan uang elektronik diharapkan pula dapat digunakan sebagai alternatif alat pembayaran non tunai yang dapat menjangkau masyarakat yang selama ini belum mempunyai akses kepada sistem perbankan. Definisi Uang Elektronik (Electronic Money) didefinisikan sebagai alat pembayaran yang memenuhi unsur-unsur sebagai berikut: diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit; nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip;dan nilai uang elektronik yang di kelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tanggal 13 April 2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money). Surat Edaran Bank Indonesia No.11/11/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Uang Elektronik (Electronic Money).​

Manfaat Uang Elektronik Penggunaan Uang Elektronik sebagai alat pembayaran dapat memberikan manfaat sebagai berikut: Memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai. Tidak lagi menerima uang kembalian dalam bentuk barang (seperti permen) akibat padagang tidak mempunyai uang kembalian bernilai kecil (receh).

Risiko uang elektronik hilang dan dapat digunakan oleh pihak lain, karena pada prinsipnya uang elektronik sama seperti uang tunai yang apabila hilang tidak dapat diklaim kepada penerbit.Risiko karena masih kurang pahamnya pengguna dalam menggunakan uang elektronik, seperti pengguna tidak menyadari uang elektronik yang digunakan ditempelkan 2 (dua) kali pada reader untuk suatu transaksi yang sama sehingga nilai uang elektronik berkurang lebih besar dari nilai transaksi.​​

Jenis Uang Elektronik dan Batas Nilai Uang Elektronik

Jenis uang elektronik berdasarkan tercatat atau tidaknya data identitas pemegang pada penerbit Uang Elektronik dibagi menjadi : Uang Elektronik registered, merupakan Uang Elektronik yang data identitas pemegangnya tercatat/terdaftar pada penerbit Uang Elektronik. Dalam kaitan ini, penerbit harus menerapkan prinsip mengenal nasabah dalam menerbitkan Uang Elektronik Registered. Batas maksimum nilai Uang Elektronik yang tersimpan pada media chip atau server untuk jenis registered adalah Rp5.000.000,00 (lima juta Rupiah).Uang Elektronik unregistered, merupakan Uang Elektronik yang data identitas pemegangnya tidak tercatat/terdaftar pada penerbit Uang Elektronik. Batas maksimum nilai Uang Elektronik yang tersimpan pada media chip atau server untuk jenis unregistered adalah Rp1.000.000,00 (satu juta Rupiah).

Pihak-Pihak dalam Penyelenggaraan Uang Elektronik

Pemegang kartu adalah pengguna yang sah dari Uang Elektronik. Prinsipal adalah bank atau lembaga selain bank yang bertanggung jawab atas pengelolaan sistem dan/atau jaringan antar anggotanya, baik yang berperan sebagai penerbit dan/atau acquirer, dalam transaksi Uang Elektronik yang kerjasama dengan anggotanya didasarkan atas suatu perjanjian tertulis.Penerbit adalah bank atau lembaga selain bank yang menerbitkan Uang Elektronik. Acquirer adalah bank atau lembaga selain bank yang melakukan kerjasama dengan pedagang (merchant), yang dapat memproses Uang Elektronik yang diterbitkan oleh pihak lain.Pedagang (merchant) adalah penjual barang dan/atau jasa yang menerima pembayaran dari transaksi penggunaan Uang Elektronik. Penyelenggara kliring adalah bank atau lembaga selain bank yang melakukan perhitungan hak dan kewajiban keuangan masing-masing penerbit dan/atau acquirer dalam rangka transaksi Uang Elektronik. Penyelenggara penyelesaian akhir adalah bank atau lembaga selain bank yang melakukan dan bertanggungjawab terhadap penyelesaian akhir atas hak dan kewajiban keuangan masing-masing penerbit dan/atau acquirer dalam rangka transaksi Uang Elektronik berdasarkan hasil perhitungan dari penyelenggara kliring.

Lihat jawaban lengkap

Bagaimana cara kerja uang elektronik?

Apa Itu Uang Elektronik? – E-money atau uang elektronik adalah alat pembayaran uang dalam bentuk elektronik yang penyimpanannya di media tertentu. Caranya, pengguna akan menyetorkan sejumlah dana ke penerbit untuk kemudian disimpan dalam bentuk server atau chip guna bertransaksi kemudian hari.
Lihat jawaban lengkap