Apakah Yang Dimaksud Dengan Kredit Modal Kerja?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Kredit Modal Kerja
New Kredit Modal Kerja – Mandiri Kredit Modal Kerja adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory / piutang / proyek atau kebutuhan khusus lainnya.

Limit kredit di atas Rp 500 Juta s.d Rp 25 Miliar Kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan valuta asing Pencairan dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan Bunga dibayar tiap bulan, pokok pinjaman dibayar kapan saja paling lambat pada saat jatuh tempo kredit Jangka waktu maksimal 1 tahun dan dapat diperpanjang

b. Kredit Modal Kerja Non Revolving

Limit kredit di atas Rp 500 Juta s.d Rp 25 Miliar Kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan valuta asing Pencairan dilakukan sekaligus Bunga dibayar dan pokok dibayar tiap bulan untuk yang bersifat aflopend (angsuran) Bunga dibayar tiap bulan, pokok pinjaman dibayar kapan saja paling lambat pada saat jatuh tempo kredit untuk yang bersifat non aflopend (bukan angsuran) Jangka waktu maksimal 5 tahun dan tidak dapat diperpanjang

Persyaratan kredit : Untuk pengajuan pembiayaan, dokumen yg dibutuhkan antara lain: a. Nasabah Usaha Perseorangan

Formulir Aplikasi Copy KTP Pemohon & Suami/Istri Copy Surat Nikah/ Cerai (bagi yg telah menikah/cerai) Copy Kartu Keluarga Copy rekening Koran tabungan/giro minimal 6 bulan terakhir Copy NPWP Copy perizinan usaha (seperti SIUP, SITU, TDP/NIB dll) Copy dokumen kepemilikan agunan (seperti SHM/SHGB/SHMSRS dll) Kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan valuta asing

b. Nasabah Badan Usaha

Formulir Aplikasi Copy KTP seluruh pengurus dan pemegang saham perusahaan Copy rekening Koran tabungan/giro minimal 6 bulan terakhir Copy NPWP Pribadi/Perusahaan Copy Laporan Keuangan Copy Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahannya Copy perizinan usaha (seperti SIUP, SITU, TDP/NIB dll) Copy dokumen kepemilikan agunan (seperti SHM/SHGB/SHMSRS dll)

Untuk dokumen lainnya akan disesuaikan pada saat pemrosesan fasilitas.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan kredit investasi dan kredit modal kerja?

Ajaib.co.id – Kita sering mendengar bentuk produk keuangan bentuk kredit modal kerja dan kredit investasi. Walaupun sama-sama berbentuk kredit, apa yang membedakan dua jenis fasilitas kredit ini? Seperti namanya, kredit modal kerja merupakan sebuah kredit yang diperoleh seseorang atau debitur untuk memulai usaha atau bisnis.

  • Sementara kredit investasi merupakan cicilan pembayaran dari bentuk investasi dari Bank Indonesia.
  • Untuk lebih jelasnya, Ajaib akan memaparkan penjelasan secara rinci terkait dengan kredit modal kerja dan kredit investasi.
  • Redit modal kerja adalah bentuk daripada utang yang nantinya akan digunakan dalam membiayai pembelian serta penambahan barang, modal kerja sebagai upaya pelebaran, peremajaan, atau pengembangan usaha.

Kredit modal kerja dalam pembayarannya dapat dicicil dalam tenor atau kurun waktu tertentu. Ada kurun waktu pendek, menengah dan panjang, berdasarkan kemampuan daripada debitur yang mengajukan kredit. Sementara untuk kredit investasi umumnya berupa utang yang dilakukan dalam pembelian dan penambahan barang modal dengan menggunakan sistem two step loan dari Bank Indonesia.
Lihat jawaban lengkap

Kredit modal kerja termasuk kredit apa?

Apa Itu Kredit Modal Kerja? – © Freepik.com Para kerap dibuat bingung dengan persoalan modal. Faktanya, hampir semua lini bisnis memang membutuhkan sumber dana. Tanpa modal yang cukup, seorang pengusaha akan kesulitan mengatur operasional bisnisnya. Untungnya, pemerintah menyadari hal tersebut.

  • Emudian, tercetuslah Kredit Modal Kerja (KMK).
  • Melansir, Kredit Modal Kerja adalah fasilitas kredit yang diberikan ke pelaku usaha, baik perusahaan korporat maupun,
  • Redit tersebut diberikan sebagai pembiayaan terhadap modal kerja atau modal usaha.
  • Selain itu, kamu bisa memanfaatkan KMK untuk membeli persediaan operasional dan membayar utang dagang.

Nantinya, modal ini diberikan dalam bentuk uang rupiah atau valuta asing. Lantas, apa yang membedakan KMK dengan modal pada umumnya? Satu hal yang membedakan KMK adalah jangka waktu yang diberikan. KMK diterima dalam satu siklus usaha dengan jangka waktu maksimal satu tahun.

  • Dalam jangka waktu tersebut, maksimal nilai pencairan kredit adalah 70% dari total kebutuhan modal.
  • Adapun pembayaran KMK dapat dicicil dalam tenor atau kurun waktu tertentu.
  • Untuk melakukan penarikan dan pelunasan kredit, kamu wajib menggunakan rekening koran.
  • Meski demikian, tidak semua usaha berhak menerima KMK.

Jika ingin mendapatkan KMK, kamu harus memiliki perizinan bisnis. Selain itu, pastikan bisnismu sudah berjalan selama setidaknya satu tahun, ya.

  1. Secara garis besar, KMK sebenarnya merupakan bagian dari Kredit Usaha.
  2. Dalam situs, Kredit Usaha didefinisikan sebagai penyediaan dana dari bank untuk mendukung tujuan usaha.
  3. Kredit ini diberikan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjaman.
  4. Nantinya, peminjam wajib melunasi pinjaman dalam waktu tertentu, termasuk pembayaran bunga.
  5. Kredit Usaha sendiri terdiri atas dua macam, yakni Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi.
You might be interested:  Bagaimana Cara Meminjam Uang Di Bank?

Lihat jawaban lengkap

Apakah perbedaan antara kredit modal kerja dan kredit investasi?

Perbedaan Kredit Investasi dengan Modal Kerja – Pinjaman usaha ini biasanya sering dihubungkan dengan kredit modal kerja, tapi keduanya punya ciri khas yang berbeda. Pinjaman investasi biasanya khusus untuk pinjaman tenor jangka panjang minimal 10 tahun dan bisa sampai 15 tahun.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan KMK?

Sekilas Mengenai Kredit Modal Kerja Transaksional Rekanan (KMK-TR) – Kredit Modal KerjaTransaksional Rekanan (KMK-TR) adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada Kontraktor / Rekanan dengan jumlah kontrak dan / atau frekuensi repeat order tinggi, untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang diperlukan dalam pelaksanaan kontrak dan atau penunjukan pekerjaan yang diperoleh. Penyediaan dana selama 1 (satu) tahun berdasarkan proyeksi pekerjaan Penarikan dana kredit berdasarkan kontrak yang diterima Pembiayaan untuk Induk Perusahaan dan anak perusahaan Rasio agunan minimal 50%

Company Profile Rencana Kerja selama 1 (satu) tahun. Bukti Kontrak kerja yang pernah Pernah menjadi debitur Bank Sumut.

Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan modal kerja dan berikan contohnya?

Apa yang Dimaksud Modal Kerja? – Sumber: Pexels Modal kerja atau biasa disebut working capital, secara umum dapat didefinisikan sebagai investasi perusahaan jangka pendek seperti sekuritas yang dapat dijual, kas, piutang, dan persediaan. Modal ini nantinya akan digunakan perusahaan untuk kebutuhan dan pembiayaan kegiatan rencana usaha yang telah dibuat.

Adapun menurut Jumingan, seorang ahli, modal kerja adalah jumlah harta atau aktiva lancar pada neraca perusahaan. Sedangkan konsep modal bersih merupakan pengurangan harta lancar atau aset dengan pasiva lancar atau hutang lancar. Melalui modal kerja, kamu dapat mengetahui adanya modal bersih dan modal kotor yang terdapat dalam sebuah perusahaan.

Untuk waktu tersedianya jenis-jenis modal kerja tergantung pada jenis dan tingkat likuiditas dari aktiva lancar.
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kredit KIK dan KMKP?

Edisi Triwulan I 2020 | Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia | PPBI SINOPSIS Masa depan ekonomi Indonesia ada di “punggung” pengusaha mikro, kecil, dan menengah (Sunarso, Kompas 14.3.2020). Pernyataan itu bukan tanpa dasar, karena berdasarkan data BPS kontribusi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap produk domestik bruto Indonesia mencapai 60,34 persen dan menyerap tenaga kerja 69,2 persen dari jumlah tenaga kerja nasional.

Besarnya kontribusi UMKM tersebut, tentu tidak terlepas dari usaha pembinaan antra lain melalui bantuan pembiayaan yang dilakukan pemerintah, sehingga UMKM berkembang, baik jumlah, skala usaha, maupun kesehatan usahanya. Berbagai skema bantuan pembiayaan telah dikeluarkan untuk mendukung dan mendorong pengembangan UMKM.

Sebut saja Kredit Investasi Kecil (KIK) dan Kredit Modal Kerja Permanen (KMKP) pada dekade 1970 dan 1980-an. Kedua skema bantuan pembiayaan tersebut diberikan kepada pengusaha pribumi golongan ekonomi lemah dengan persyaratan lunak, yaitu bunga rendah dan jangka waktunya relatif panjang.

KIK/KMKP disalurkan oleh perbankan (yang ditunjuk) dengan dukungan dana kredit likuiditas (80%) dari Bank Indonesia. Dengan skema pembiayaan tersebut diharapkan para pengusaha penerima kredit dapat memajukan dan memperluas usaha sampai mereka dapat mandiri dalam membiayai usaha mereka. Setelah KIK/KMKP terhenti muncul Kredit Usaha Tani (KUT).

Sesuai namanya kredit ditujukan untuk pembiayaan usaha dalam pertanian oleh para petani. Kemudian pada 5 November 2007 diluncurkan skema bantuan pembiayaan yang diberikan kepada sektor usaha yang lebih luas, yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kredit ini diberikan kepada pelaku UMKM mulai dari petani, nelayan, pedagang, dan berbagai penyedia jasa.

  1. UR dikucurkan oleh pemerintah melalui bank yang ditunjuk dengan jaminan PT Askrindo dan Perum Sarana Pengembangan Usaha, sehingga pelaku UMKM tidak perlu memberikan agunan.
  2. Sejak diluncurkan hingga kini telah dikeluarkan berbagai kebijakan oleh Pemerintah, yang pada dasarnya semuanya untuk menyukseskan pelaksanaan KUR, sehingga tujuan KUR untuk memberdayakan UMKM dan koperasi, menciptakan lapangan kerja, dan mengatasi kemiskinan, dapat diwujudkan.

Sejalan dengan itu jumlah dana yang dikucurkan oleh Pemerintah pun telah mencapai ratusan trilyun rupiah. Sementara itu, diperkirakan UMKM terdampak oleh pandemik Corvid 19. Banyak pelaku UMK, yang mengalami kesulitan berusaha karena harus mengikuti kebijakan Pemerintah antara lain untuk diam di rumah dan tidak boleh berkumpul banyak orang.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud kredit SME?

Mandiri SME Card merupakan kartu kredit yang diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan transaksi operasional dan perjalanan bisnis perusahaan dengan menyediakan kemudahan bagi perusahaan untuk mengontrol setiap transaksi yang dilakukan oleh pegawai.
Lihat jawaban lengkap

Apa itu kredit modal kerja bank BRI?

Produk Pinjaman Kredit Modal Kerja merupakan Fasilitas kredit untuk membiayai operasional usaha termasuk kebutuhan untuk pengadaan bahan baku, proses produksi, piutang dan persediaan.
Lihat jawaban lengkap

Berapa bunga KMK?

Suku Bunga Kredit Modal Kerja Menurut Kelompok Bank (Jan 2020 – Nov 2021)

You might be interested:  Berikut Ini Yang Termasuk Fungsi Turunan Uang Adalah?

A Font Kecil A Font Sedang A Font Besar

Keputusan Bank Indonesia (BI) untuk mempertahankan suku bunga acuannya BI 7- Days Reserve Repo Rate (BI7DRR) di level 3,5% mampu mendorong turunnya suku bunga kredit modal kerja perbankan. Suku bunga acuan BI berada di level 3,5% sejak Februari 2021 dan untuk yang ke-11 kalinya pada 20 Januari 2022.

  • Ondisi perekonomian nasional yang masih lesu seiring terjadinya pandemi Covid-19 membuat perbankan menurunkan suku bunga pinjamannya agar lebih terjangkau oleh masyarakat.
  • Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), rerata suku bunga pinjaman untuk modal kerja bank umum sebesar 8,72% per tahun pada November 2021, turun 43 basis points (bps) dari posisi Desember 2020 di level 9,15%.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), rerata suku bunga pinjaman untuk modal kerja bank umum sebesar 8,72% per tahun pada November 2021. Angka tersebut turun 43 basis points (bps) dari posisi Desember 2020 di level 9,15%. Suku bunga kredit modal kerja kelompok bank asing dan bank campuran mencatat penurunan terbesar, yakni sebesar 89 bps menjadi 5,87% pada November 2021, diikuti kelompok Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang turun 48 bps menjadi 9,74%.

  1. Emudian suku bunga pinjaman untuk modal kerja kelompok bak swasta nasional juga turun 44 bps menjadi 9,26%, serta kelompok Bank Persero (Bank BUMN) turun 33 bps menjadi 8,44%.
  2. Posisi kredit modal kerja perbankan mencapai Rp 1,48 kuadriliun pad November 2021.
  3. Nilai tersebut hanya tumbuh 2,59% dibanding posisi akhir 2021.

Industri pengolahan merupakan sektor yang mendapat kucuran terbesar, yakni mencapai Rp 240,79 triliun atau 16,23% dari total kredit modal kerja. (Baca: Daftar Suku Bunga Kredit Modal Kerja Bank, Mana yang Tertinggi? )
Lihat jawaban lengkap

Apa bedanya modal usaha dan modal kerja?

Pengertian Modal Kerja – Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan, pengertian modal kerja adalah modal bersih yang merupakan selisih lebih antara aktiva lancar dan utang lancar untuk membiayai kegiatan usaha ( working capital ). Jumingan dalam buku Analisis Laporan Keuangan mendefinisikan working capital sebagai jumlah aktiva lancar atau harta pada neraca perusahaan.

Sementara, konsep modal bersih merujuk pada pengurangan harta lancar atau aset dengan utang atau pasiva lancar. Dari sini dapat diketahui berapa besar modal bersih dan modal kotor sebuah bisnis. Modal kerja perusahaan terdiri dari aset lancar dikurangi kewajiban lancar. Yang termasuk aset lancar biasanya terdiri dari kas, investasi jangka pendek, piutang dagang, dan persediaan.

Sedangkan kewajiban lancar biasanya terdiri dari pinjaman jangka pendek, utang usaha, utang pajak, biaya yang masih harus dibayar, bagian utang jangka panjang yang jatuh tempo, serta utang lain-lain. Modal kerja dan modal uaha mempunyai perbedaan dalam segi fungsi.
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa yang dimaksud dengan modal kerja dan jenis jenisnya?

Modal kerja merupakan investasi dalam harta jangka pendek atau investasi dalam harta lancar (current assets). Modal kerja dapat dikategorikan menjadi dua yaitu modal kerja kotor (gross working capital) dan modal kerja bersih (net working capital).
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan modal kerja dan sebutkan tujuannya?

Modal kerja yaitu modal yang diperlukan perusahaan untuk membiayai semua kegiatan bisnis, sehingga bisnis dapat berjalan sesuai rencana sebelumnya. Mengacu pada definisi dari Munawir, terdapat dua bagian yaitu bagian yang permanen dan bagian variabel.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan kredit produkti dan kredit konsumtif?

JAKARTA, investor.id – Utang dan kredit adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dalam dunia ekonomi. Secara umum, terdapat dua jenis kredit, yaitu produktif dan konsumtif. Kredit produktif seringkali digunakan untuk mencapai tujuan keuangan, sementara kredit yang tidak produktif atau biasa dikenal dengan kredit konsumtif untuk tujuan lain.

Ada banyak jenis varian kredit konsumtif yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kredit konsumtif?. Kredit konsumtif adalah kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumsi, yang mana dapat berupa keperluan medis, perkawinan, pendidikan, dan sebagainya.

Sementara itu, pengertian kredit konsumtif lainnya adalah jenis pinjaman untuk konsumsi dalam bentuk suatu kontrak, di mana lembaga pemberi pinjaman, menyerahkan dana kepada peminjam, yang mengikatkan dirinya untuk mengembalikan kepada pemberi pinjaman dalam sistem pembayaran yang sudah disetujui.

Baca juga: ACC Ingatkan Konsekuensi Gadaikan Mobil yang Masih Kredit Adapun, fungsi kredit konsumtif adalah untuk memenuhi kebutuhan dan membiayai keperluan seseorang yang bersifat konsumtif seperti biaya pernikahan, pembelian furniture dan alat rumah tangga, penambahan jumlah kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

Contoh kredit konsumtif yang paling familiar saat ini adalah pembelian gadget baru dengan menggunakan kartu kredit. Jenis barang dengan basis teknologi ini merupakan objek yang sangat mudah terkena depresiasi. Penurunan nilai jual ini membuatnya menjadi salah satu jenis kredit konsumtif yang juga tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Sedangkan, jika kredit konsumtif cenderung memiliki konotasi yang negatif, kredit konsumtif memiliki banyak aspek encouraging yang membuatnya bisa jadi salah satu pilihan investasi yang ideal. Dikutip dari Pintu Academy, kredit produktif adalah layanan perbankan yang digunakan untuk membeli aset yang terapresiasi dari waktu ke waktu.

Esensi dari kredit produktif adalah keputusan untuk mengambil dana kredit dan menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas si peminjam. Walhasil, kredit produktif pada akhirnya dapat meningkatkan kondisi keuangan peminjam bila digunakan secara benar.

  1. Baca juga: Bankir Harapkan Kebijakan Restrukturisasi Kredit Diperpanjang Dalam skala bisnis yang besar, contoh kredit produktif yang paling umum dilakukan adalah ekspansi bisnis.
  2. Misalnya, terdapat perusahaan ekspedisi yang mengambil opsi kredit ke bank untuk menambah unit mobil logistik baru atau menggunakan dana tersebut untuk membuka cabang dan drop point yang baru.
You might be interested:  Faktor Yang Dipertimbangkan Dalam Melakukan Analisis Kredit?

Berdasarkan kriteria tujuan pinjaman, kredit dapat diklasifikasikan sebagai kredit produktif dan konsumtif. Perbedaan terbesar antara keduanya adalah sifat penggunaannya. Saat kredit konsumtif lebih mementingkan kebutuhan personal dan terkadang bersifat mendadak, kredit produktif berpeluang menumbuhkan aset dan menjadi kanal pemasukan.

Intinya, perbedaan kredit produktif dan konsumtif yang paling utama dapat dilihat dari tujuan utangnya. Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa kredit adalah salah satu layanan yang digunakan seseorang untuk meningkatkan kemampuan finansial seseorang dalam waktu singkat. Namun, perlu diingat juga bahwa layanan perbankan ini juga dapat menyebabkan masalah finansial jika tidak dikelola secara tepat.

Mengemban terlalu banyak kredit, baik itu kredit produktif dan konsumtif bisa berdampak negatif apabila dilakukan secara berlebihan tanpa perencanaan yang matang. Editor : Lona Olavia ([email protected]) Sumber : Investor Daily Apakah Yang Dimaksud Dengan Kredit Modal Kerja
Lihat jawaban lengkap

Apa itu istilah kredit?

Beranda > Keuanganku > Mengenal Lembaga serta Produk Dan Jasa Keuangan > Apa itu Kredit dan Pembiayaan Dalam kehidupan sehari-hari, apakah Anda pernah mendengar kata kredit, atau pinjaman, atau pembiayaan? Umumnya, masyarakat yang mengajukan kredit atau pembiayaan memiliki kebutuhan dana untuk modal usaha atau kebutuhan konsumsinya. Lalu, apa yang membedakan keduanya? Secara ringkas, kredit merupakan fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan dengan dikenakan bunga. Berdasarkan Undang-Undang Perbankan, kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat disamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan ata kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dan pihak lain, yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya seteah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga. Kredit disediakan oleh bank umum konvensional, BPR, dan Pegadaian. Sementara itu, pembiayaan merupakan dukungan pendanaan untuk kebutuhan atau pengadaan barang / aset / jasa tertentu yang mekanisme umumnya melibatkan tiga pihak yaitu pihak pemberi pendanaan, pihak penyedia barang/ aset/ jasa tertentu, dan pihak yang memanfaatkan barang/ aset/ jasa tertentu. Produk pembiayaan disediakan oleh bank umum syariah/ unit usaha syariah/ BPRS, dan perusahaan pembiayaan. Namun, terdapat pula mekanisme yang hanya melibatkan dua pihak seperti pembiayaan emas di bank/BPR Syariah dan pembiayaan dengan cara jual dan sewa balik ( sale and lease bac k).
Lihat jawaban lengkap

Apakah yang dimaksud kredit investasi?

New Kredit Investasi – Mandiri Kredit Investasi Adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, pendirian proyek baru dan atau kebutuhan khusus terkait investasi. Fitur Kredit :

Limit kredit di atas Rp 500 Juta s.d Rp 25 Miliar Kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan valuta asing Pencairan sekaligus atau bertahap sesuai tujuan penggunaan Bunga dan pokok dibayar setiap bulan Jangka waktu disesuaikan dengan usia efektif objek yang dibiayai, maksimal 10 tahun dan dapat diperpanjang Agunan berupa objek yang dibiayai

Persyaratan kredit : Untuk pengajuan pembiayaan, dokumen yg dibutuhkan antara lain: a. Nasabah Usaha Perseorangan :

Formulir Aplikasi Copy KTP Pemohon & Suami/Istri Copy Surat Nikah/ Cerai (bagi yg telah menikah/cerai) Copy Kartu Keluarga Copy rekening Koran tabungan/giro minimal 6 bulan terakhir Copy NPWP Copy perizinan usaha (seperti SIUP, SITU, TDP/NIB dll) Copy dokumen kepemilikan agunan (seperti SHM/SHGB/SHMSRS dll)

b. Nasabah Badan Usaha :

Formulir Aplikasi Copy KTP seluruh pengurus dan pemegang saham perusahaan Copy rekening Koran tabungan/giro minimal 6 bulan terakhir Copy NPWP Pribadi/Perusahaan Copy Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahannya Copy perizinan usaha (seperti SIUP, SITU, TDP/NIB dll) Copy dokumen kepemilikan agunan (seperti SHM/SHGB/SHMSRS dll)

Untuk dokumen lainnya akan disesuaikan pada saat pemrosesan fasilitas.
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa yang dimaksud dengan investasi modal?

Kesimpulan – Modal investasi adalah sejumlah uang yang seseorang alokasikan untuk membeli suatu aset atau membangun aset jangka panjang sebagai usaha mengoptimalkan keuntungan di masa yang akan datang. Adanya modal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja operasional, meraih keuntungan optimal, memperluas kegiatan bisnis, memperbarui aset lama, hingga menjadi strategi jangka panjang.

  1. Untuk memulai investasi, kamu tidak perlu menunggu sampai memiliki modal yang besar.
  2. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa mulai investasi reksadana dan emas mulai dari Rp10 ribu.
  3. Tanamduit adalah aplikasi penyedia layanan investasi yang memungkinkan semua orang investasi reksadana, emas dan Surat Berharga Negara ( SBN ) dengan mudah dan aman.

Jangan khawatir, tanamduit sudah berizin dan berada di bawah pengawasan OJK sejak tahun 2017. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang!
Lihat jawaban lengkap