Universitas Yang Tidak Ada Uang Pangkal?

Universitas Yang Tidak Ada Uang Pangkal
5. Universitas Gadjah Mada (UGM) – Mahasiswa UGM dari jalur Seleksi Mandiri S1 juga tidak dikenakan uang pangkal. Mahasiswa UGM hanya dikenakan UKT berdasarkan penghasilan orang tua, sehingga tak perlu khawatir membayar biaya terlalu tinggi.

  • Berdasarkan aturan UKT UGM per 2021, ada 8 kelompok UKT S1 Jalur Mandiri yang juga berlaku bagi mahasiswa dari jalur SNMPTN dan SBMPTN 2022 yaitu:
  • Kelompok UKT I: Rp 500 ribu
  • Kelompok UKT II: Rp 1 juta
  • Kelompok UKT III: Rp 2,4 juta – Rp 7,35 juta
  • Kelompok UKT IV: Rp 3,15 juta – Rp 10,875 juta
  • Kelompok UKT V: Rp 4,2 juta – Rp 14,5 juta
  • Kelompok UKT VI: Rp 5,5 juta – Rp 20 juta
  • Kelompok UKT VII: Rp 7 juta – Rp 23 juta
  • Kelompok UKT VIII: Rp 8 juta – Rp 26 juta
  • Kategori penghasilan:
  • Kelompok UKT I: penghasilan orang tua kurang dari Rp 500 ribu
  • Kelompok UKT II: penghasilan kurang dari Rp 2 juta
  • Kelompok UKT III: penghasilan kurang dari Rp 3,5 juta
  • Kelompok UKT IV: penghasilan kurang dari Rp 5 juta
  • Kelompok UKT V: penghasilan kurang dari Rp 10 juta
  • Kelompok UKT VI: penghasilan kurang dari Rp 20 juta
  • Kelompok UKT VII: penghasilan kurang dari Rp 30 juta
  • Kelompok UKT VIII: penghasilan lebih dari Rp 30 juta

Nah, itulah daftar yang meniadakan uang pangkal. Apakah ada PTN incaran detikers? Simak Video ” Nadiem Sentil Tes Mandiri PTN, Sebut Tak Ada Standar Transparansi ” (faz/row) : Daftar Jalur Mandiri PTN 2022 Tanpa Uang Pangkal, dari UI hingga UGM
Lihat jawaban lengkap

Apakah UGM tidak ada uang pangkal?

Senin, 29 Agustus 2022 19:35 WIB – Universitas Yang Tidak Ada Uang Pangkal Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta. (FOTO ANTARA) TEMPO.CO, Jakarta – Baru-baru ini nama salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, Universitas Gadjah Mada ( UGM ) menjadi buah bibir. Pasalnya, pemilik julukan Kampus Biru itu akan memberlakukan Sumbangan Sukarela Pengembangan Institusi (SSPI).

Rencananya, pengelolaan tersebut akan mulai diberlakukan tahun ini bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur seleksi mandiri. Sebelumnya, UGM dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang tidak menetapkan uang pangkal bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur seleksi mandiri. Mahasiswa UGM hanya perlu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasarkan penghasilan orang tua.

Oleh sebab itu, kebijakan pemberlakukan SSPI di UGM pun menimbulkan pro dan kontra. Akan tetapi, tidak sedikit orang masih asing dengan istilah Sumbangan Sukarela Pengembangan Institusi atau SSPI, yang juga dikenal dengan nama uang pangkal. Istilah uang pangkal sangat beragam dan tiap perguruan tinggi memiliki namanya masong-masing.

  1. Akan tetapi, nama lain dari uang pangkal yang cukup populer digunakan adalah uang gedung atau uang pembangunan.
  2. Melansir berbagai sumber, uang pangkal adalah biaya yang wajib dibayarkan saat masuk kuliah di perguruan tinggi.
  3. Uang pangkal harus dibayakan satu kali ketika semester awal bagi mahasiswa.
  4. Biasanya, pembayaran uang pangkal bersamaan dengan membayar UKT semester awal atau saat daftar ulang.

Setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan tersendiri mengenai besaran uang pangkal. Umumnya, uang pangkal memiliki nomnal yang cendeurng cukup besar. Oleh karena itu, beberapa perguruan tinggi menyediakan metode pembayaran secara cicil bagi calon mahasiswa untuk membayarkan uang pangkal ini.

Jumlah angsuran yang diberikan pun beragam, antara tiga sampai enam kali bayar dan bisa dilunasi sampai lulus kuliah. Tidak semua perguruan tinggi menerapkan uang pangkal bagi calon mahasiswa yang masuk jalur mandiri, Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia tidak dikenakan uang pangkal meski masuk melalui jalur mandiri.

Sementara ketentuan pembayaran uang pangkal akan sering ditemukan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) karena dalam penyelenggaraan pendidikannya, PTS tidak mendapat subsidi apapun dari pemerintah. NAOMY A. NUGRAHENI Baca: UGM Segera Terapkan SSPI bagi Mahasiswa Jalur Mandiri, Bagaimana Teknis Sumbangan Sukarela itu? Selalu update info terkini.
Lihat jawaban lengkap

Apakah UI tidak ada uang pangkal?

Biaya kuliah UI jalur SIMAK UI – Dilansir dari laman SIMAK UI (16/7/2022), biaya kuliah di UI telah ditetapkan berdasar program pendidikan, bukan berdasar jalur masuk. Artinya, jalur masuk tidak akan menentukan besaran biaya kuliah di UI. Biaya kuliah di UI akan dibedakan sesuai dengan program pendidikan secara umum, yakni:

  • Biaya pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal, jadi cukup membayar biaya per semester atau Biaya Operasional Pendidikan (BOP)
  • Biaya pendidikan Vokasi (D3 dan D4), S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional dibebankan uang pangkal pada saat pertama kali diterima dan tetap membayar biaya BOP per semester.

Dilansir dari SK Rektor UI No 179 Tahun 2022 Tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa Non S1 Reguler, besaran biaya kuliah di UI adalah sebagai berikut:
Lihat jawaban lengkap

Apakah jalur mandiri harus bayar uang pangkal?

2. Mahasiswa Jalur Mandiri Dikenakan Biaya Selain UKT – Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi di Perguruan Tinggi Negeri Pasal 10, PTN diizinkan memungut iuran pengembangan institusi sebagai pungutan selain UKT dari mahasiswa program sarjana atau diploma dari golongan tertentu.

Golongan tersebut terdiri dari mahasiswa asing, mahasiswa kelas internasional mahasiswa jalur kemitraan dan mahasiswa jalur mandiri. Meski begitu, iuran tidak dikenakan pada mahasiswa dengan kelas ekonomi ke bawah. Biaya pengembangan institusi ini sering disebut sebagai uang pangkal. Biaya ini hanya dibayarkan sekali selama menempuh pendidikan.

Umumnya pembayaran dilakukan di semester pertama. Besaran masing-masing PTN juga berbeda dan juga tergantung program studi (prodi) yang diambil. Sebagai contoh, seperti dilansir dari situs masing-masing kampus, Kamis (21/7/2022), di Unair uang pangkal untuk jurusan Kedokteran Hewan minimal Rp 50 juta, sedangkan di IPB sebesar Rp 75 juta.

Umumnya, PTN yang mengenakan kebijakan uang pangkal ini adalah PTN Berbadan Hukum (PTN-BH). Dikutip dari laman resmi Dikti Kemdikbud, Kamis (21/7/2022), Perguruan Tinggi yang bertransformasi menjadi PTN BH akan sepenuhnya menjadi milik negara. Adapun PTN yang kini menyandang status PTN-BH, yaitu: 1. Institut Teknologi Bandung (ITB)2.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)3. Institut Pertanian Bogor (IPB) University4. Universitas Gadjah Mada (UGM)5. Universitas Indonesia (UI)6. Universitas Padjadjaran (Unpad)7. Universitas Airlangga (Unair)8. Universitas Diponegoro (Undip)9. Universitas Sumatera Utara (USU)10.
Lihat jawaban lengkap

Berapa uang pangkal masuk UI?

Biaya kuliah SIMAK UI 2022 – Biaya pendidikan UI bukan ditentukan dari jalur masuk, melainkan dari program pendidikan yang dipilih. Calon mahasiswa baru program S1 Reguler yang diterima melalui SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK UI akan membayar biaya pendidikan yang sama.

  • Begitu juga dengan program pendidikan lain.
  • Berikut biaya UKT Program Sarjana (S1) Universitas Indonesia untuk Jalur S1 Reguler dan S1 Pararel merangkum laman resmi ui.ac.id (calon mahasiswa disarankan untuk melihat laman resmi UI ui.id/biayapendidikan2022 untuk mengetahui informasi biaya kuliah secara lengkap dan akurat, termasuk untuk melihat biaya Kelas Interasional).

Baca juga: Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri 2022 1. Akuntansi Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, di mana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp100.000-5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 10.500.000 per semester dan Rp 25.000.000 untuk uang pangkalnya.2. Antropologi Sosial Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50 persen dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50 persen dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).3. Arkeologi Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50 persen dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50 persen dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp100.000 – Rp 5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Baca juga: Dokumen Wajib Dibawa Saat UTBK SBMPTN 2022, Calon Mahasiswa Cek 4.

Bahasa dan Kebudayaan Korea Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50 persen dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50 persen dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.0000 – Rp 5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).5.

Biologi Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000.

  1. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  2. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.
  3. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.000.000 per semester dan Rp 15.000.000,- untuk uang pangkalnya.6.

Ekonomi Islam Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50 persen dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 5.000.000.

  1. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).7.
  2. Fisika Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

  • Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.
  • Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.000.000,- per semester dan Rp 15.000.000,- untuk uang pangkalnya.
  • Baca juga: Beasiswa S1-S2 Turki 2022 Dibuka, Kuliah Gratis dan Tunjangan Bulanan 8.
  • Geografi Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.000.000,- per semester dan Rp 15.000.000,- untuk uang pangkalnya.9. Hubungan Internasional Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50 persen dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50 persen dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).10. Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) untuk program sarjana kelas regular dan kelas paralel hanya memiliki satu program studi yaitu Program Studi Ilmu Hukum yang menghasilkan Sarjana Hukum (SH).

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – 5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT.

Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 10.000.000 per semester dan Rp 12.000.000 untuk uang pangkalnya.11. Ilmu Ekonomi Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50 persen dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50 persen dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

  1. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 5.000.000.
  2. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).12.
  3. Farmasi Program studi farmasi dibuka di dua program pendidikan, yaitu sarjana reguler dan sarjana paralel.

Di mana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

  1. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.
  2. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT.
  3. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.000.000 per semester dan Rp 15.000.000 untuk uang pangkalnya.13.
  4. Ilmu Filsafat Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50 persen dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50 persen dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.0000 – Rp 5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).14. Ilmu Filsafat Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.0000 – Rp 5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).15. Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia menerapkan kurikulum Ners yaitu mahasiswa yang telah menyelesaikan program sarjana dan mendapat gelar S.Kep (sarjana keperawatan) wajib mengikuti program profesi untuk mendapatkan gelar Ners (sebagai perawat professional).

Kelas yang dibuka pada program ini adalah Sarjana Reguler. Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).16.

  • Ilmu Kesejahteraan Sosial Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.
  • BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000.
  • Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
You might be interested:  Sebutkan Prinsip Dari Bank Yang Diterapkan Untuk Memberikan Kredit?

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.000.000 per semester dan Rp 15.000.000 untuk uang pangkalnya.17. Ilmu Komunikasi Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  1. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  2. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 5.000.000.
  3. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp12.000.000 per semester, dan Rp 14.000.000 untuk uang pangkalnya 18. Ilmu Perpustakaan Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  • Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  • BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – 5.000.000.
  • Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  • Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 10.000.000 per semester dan Rp 15.000.000 untuk uang pangkalnya.19. Ilmu Politik Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  1. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  2. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 5.000.000.
  3. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 12.000.000 per semester, dan Rp 14.000.000 untuk uang pangkalnya.20. Ilmu Sejarah Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp100.000,00-5.000.000,00. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).21. Kedokteran Gigi Program studi kedokteran gigi hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000.22. Kesehatan Lingkungan Program studi Kesehatan lingkungan hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

  • Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).
  • BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000.23.
  • Esehatan Masyarakat Program Studi Kesehatan Masyarakat hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya. Skema pembayaran tersebut dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – 7.500.000.24. Kimia Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.000.000,- per semester dan Rp 15.000.000,- untuk uang pangkalnya.25. Kriminologi Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler, di mana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000,00-Rp 5.000.000,00. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).26. Manajemen Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp100.000-5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).27. Matematika Program studi ini dibuka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT.

Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.000.000 persemester dan Rp 5.000.000 untuk uang pangkalnya.28. Program Sarjana Ilmu Administrasi Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  1. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  2. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 5.000.000.
  3. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp14.000.000 per semester dan Rp25.000.000 untuk uang pangkalnya.29. Psikologi BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 5.000.000.

Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 14.000.000 per semester dan Uang Pangkal Rp 16.000.000.30.

Sarjana Ilmu Komputer BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

  • Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.
  • Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 12.500.000 per semester dan Rp 40.000.000 untuk uang pangkalnya.31.
  • Sarjana Kedokteran Program studi kedokteran hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000.32. Sarjana Sistem Informasi Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 12.500.000,- persemester dan Rp 40.000.000,- untuk uang pangkalnya.33. Sastra Arab Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – 5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp10.00.000 per semester dan Yang Panka (UP) Rp15.000.000.34. Sastra Belanda Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  1. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  2. BOP-B dibayarkan dengan kisaran R p100.000 -Rp5.000.000.
  3. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  4. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp10.000.000 per semester dan Rp15.000.000 untuk uang pangkalnya.35. Sastra Cina Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  1. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  2. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000-5.000.000.
  3. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  4. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 10.000.000 per semester dan Rp 15.000.000 untuk uang pangkalnya.36. Sastra Daerah/Jawa Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  1. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  2. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 -5.000.000.
  3. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  4. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 6.500.000 per semester dan Rp 11.000.000 untuk uang pangkalnya.37. Sastra Indonesia Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  • Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  • BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000,00 – 5.000.000,00.
  • Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 6.500.000,00 per semester dan Rp 11.000.000,00 untuk uang pangkalnya.38. Sastra Inggris Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  1. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  2. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – 5.000.000.
  3. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  4. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 6.500.000 per semester dan Rp 11.000.000 untuk uang pangkalnya.39. Sastra Jepang Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  • Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  • BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – 5.000.000.
  • Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  • Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 6.500.000 per semester dan Rp 11.000.000 untuk uang pangkalnya.40. Sastra Jerman Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – 5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 6.500.000 per semester dan Rp 11.000.000 untuk uang pangkalnya.41. Sastra Prancis Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  • Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  • BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – 5.000.000.
  • Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  • Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 6.500.000 per semester dan Rp 11.000.000 untuk uang pangkalnya.42. Sastra Slavia Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

  1. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.
  2. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 -5.000.000.
  3. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  4. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp6.500.000 per semester dan Rp11.000.000 untuk uang pangkalnya.43. Sosiologi Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 -Rp5.000.000. Untuk S1 Reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).44. Studi Gizi Program studi gizi hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

You might be interested:  Jelaskan Bagaimana Hukum Leasing Atau Kredit Segitiga Dalam Islam?

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).45. Teknik Arsitektur BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000.

  1. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.
  2. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT.
  3. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 7.500.000 per semester dan Rp 45.000.000 untuk uang pangkalnya.46.

Teknik Arsitektur Interior Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).47.

Teknik Elektro BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 7.500.000 per semester dan Rp 45.000.000 untuk uang pangkalnya.48. Teknik Industri BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 7.500.000,- persemester dan Rp 45.000.000,- untuk uang pangkalnya.49. Teknik Kimia BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 7.500.000 per semester dan Rp 45.000.000 untuk uang pangkalnya 50. Teknik Komputer Program studi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000.51. Teknik Lingkungan BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).52.

Teknik Mesin BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 7.500.000 per semester dan Rp 45.000.000 untuk uang pangkalnya.53. Teknik Metalurgi BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 7.500.000 per semester dan Rp 45.000.000 untuk uang pangkalnya.54. Teknik Perkapalan Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000.55. Teknik Sipil BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 7.500.000,- persemester dan Rp 45.000.000,- untuk uang pangkalnya.56. Teknologi Bioproses Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Lihat jawaban lengkap

Berapa biaya uang pangkal Unnes?

Kategori 1 dengan SPI sebesar Rp 5.000.000,00. Kategori 2 dengan SPI sebesar Rp 10.000.000,00. Kategori 3 dengan SPI sebesar Rp 15.000.000,00. Kategori 4 dengan SPI sebesar Rp 20.000.000,00.
Lihat jawaban lengkap

Berapa uang pangkal Mandiri UGM?

5. Universitas Gadjah Mada (UGM) – Mahasiswa UGM dari jalur Seleksi Mandiri S1 juga tidak dikenakan uang pangkal. Mahasiswa UGM hanya dikenakan UKT berdasarkan penghasilan orang tua, sehingga tak perlu khawatir membayar biaya terlalu tinggi.

  • Berdasarkan aturan UKT UGM per 2021, ada 8 kelompok UKT S1 Jalur Mandiri yang juga berlaku bagi mahasiswa dari jalur SNMPTN dan SBMPTN 2022 yaitu:
  • Kelompok UKT I: Rp 500 ribu
  • Kelompok UKT II: Rp 1 juta
  • Kelompok UKT III: Rp 2,4 juta – Rp 7,35 juta
  • Kelompok UKT IV: Rp 3,15 juta – Rp 10,875 juta
  • Kelompok UKT V: Rp 4,2 juta – Rp 14,5 juta
  • Kelompok UKT VI: Rp 5,5 juta – Rp 20 juta
  • Kelompok UKT VII: Rp 7 juta – Rp 23 juta
  • Kelompok UKT VIII: Rp 8 juta – Rp 26 juta
  • Kategori penghasilan:
  • Kelompok UKT I: penghasilan orang tua kurang dari Rp 500 ribu
  • Kelompok UKT II: penghasilan kurang dari Rp 2 juta
  • Kelompok UKT III: penghasilan kurang dari Rp 3,5 juta
  • Kelompok UKT IV: penghasilan kurang dari Rp 5 juta
  • Kelompok UKT V: penghasilan kurang dari Rp 10 juta
  • Kelompok UKT VI: penghasilan kurang dari Rp 20 juta
  • Kelompok UKT VII: penghasilan kurang dari Rp 30 juta
  • Kelompok UKT VIII: penghasilan lebih dari Rp 30 juta

Nah, itulah daftar yang meniadakan uang pangkal. Apakah ada PTN incaran detikers? Simak Video ” Nadiem Sentil Tes Mandiri PTN, Sebut Tak Ada Standar Transparansi ” (faz/row) : Daftar Jalur Mandiri PTN 2022 Tanpa Uang Pangkal, dari UI hingga UGM
Lihat jawaban lengkap

Berapa uang kuliah di UGM?

Kelompok UKT I: Rp 500.000. Kelompok UKT II: Rp 1.000.000. Kelompok UKT III: Rp 4.800.000. Kelompok UKT IV: Rp 6.400.000.
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang pangkal itu wajib?

Bagaimana Penerapan Uang Pangkal di PTN dan PTS? – Terdapat banyak istilah yang digunakan untuk menyebut kewajiban pembayaran di awal kuliah atau yang dikenal dengan istilah uang pangkal ini. Selain dikenal dengan sebutan uang pangkal, istilah lain yang digunakan adalah uang gedung atau uang pembangunan.

Jika kamu melanjutkan pendidikan di PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, tidak ada kewajiban membayar uang pangkal. Meskipun begitu, kamu akan dikenakan kewajiban membayar uang kuliah tunggal atau UKT setiap semesternya dengan besaran biaya yang tetap. Nilai UKT ini ditentukan berdasarkan kondisi sosial-ekonomi dari mahasiswa bersangkutan.

Namun, untuk mahasiswa PTN yang masuk melalui jalur berbeda seperti jalur mandiri misalnya, terdapat kewajiban untuk membayarkan uang pangkal di awal semester. Meskipun begitu, setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan yang berbeda. Contohnya di Universitas Gadjah Mada,

  • Seluruh mahasiswa tidak dikenakan kewajiban membayar uang pangkal meski masuk melalui jalur yang berbeda.
  • Mahasiswa diwajibkan membayar UKT yang ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua.
  • Di UGM, UKT dibagi menjadi kelompok 0 sampai 8.
  • Pada kelompok tertinggi, jumlah UKT yang dibayarkan setiap semesternya berkisar antara Rp8.000.000-Rp26.000.000.

Informasi lengkapnya bisa kamu temukan di sini, Sementara ketentuan pembayaran uang pangkal akan kamu temukan pada setiap perguruan tinggi swasta dengan istilah dan ketentuan yang berbeda. Bukan sesuatu yang aneh, karena dalam penyelenggaraan pendidikannya, PTS tidak mendapatkan bantuan subsidi apapun dari pemerintah.
Lihat jawaban lengkap

Apakah jalur mandiri ugm mahal?

Info Kampus Wednesday, 08 Jun 2022, 20:18 WIB Universitas Yang Tidak Ada Uang Pangkal Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka seleksi jalur mandiri denga uang kuliah yang sama dengan jalur reguler. Foto : republika Kampus— Jalur mandiri masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) tidak mengenakan biaya kuliah tambahan bagi mahasiswa baru. Uang kuliah jalur mandiri UGM sama dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Pendaftarans jalur seleksi mandiri UGM sudah dibuka 3 Juni hingga 15 Juni 2022. Seleksi jalur mandiri UGM ini menggunakan kombinasi nilai/skor CBT-UM UGM Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK-SBMPTN Tahun 2022. Scroll untuk membaca Scroll untuk membaca Biaya pendaftaran sebesar Rp 325 ribu untuk kelompok Saintek, Soshum, dan Campuran. Biaya ini berlaku untuk dua pilihan program studi. Khusus peserta yang memilih lokasi ujian di Jakarta, terdapat biaya tambahan sebesar Rp 225 ribu dan dibayarkan bersamaan dengan pembayaran biaya pendaftaran. Berita terkait : Ujian Mandiri UGM Sudah Dibuka, Ini Info Lengkap, Syarat, Cara Pendaftaran, dan Materi Ujian Berapa uang kuliah jalur mandiri UGM ? UGM menerapkan uang kuliah yang sama jalur mandiri dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, Tidak ada biaya tambahan. Mahasiswa hanya membayar Uang Kuliah Tetap (UKT) yang jumlahnya tidak berubah hingga lulus. UKT Sarjana Terapan dan Sarjana UGM ada delapan kategori. Nantinya mahasiswa baru membayar UKT berdasarkan kriteria penghasilan orang tua atau wali. Penghasilan itu dihitung berdasarkan penghasilan kotor dan penghasilan tambahan. Berikut adalah UKT Program Sarjana dan Sarjana Terapan, Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri • UKT 0 Peserta Bidikmisi • UKT 1 Penghasilan ≤ Rp 500.000 • UKT 2 Rp 500.000 Penghasilan ≤ Rp 2.000.000 • UKT 3 Rp 2.000.000 Penghasilan ≤ Rp 3.500.000 • UKT 4 Rp 3.500.000 Penghasilan ≤ Rp 5.000.000 • UKT 5 Rp 5.000.000 Penghasilan ≤ Rp 10.000.000 • UKT 6 Rp 10.000.000 Penghasilan ≤ Rp 20.000.000 • UKT 7 Rp 20.000.000 Penghasilan ≤ Rp 30.000.000 • UKT 8 Penghasilan > Rp 30.000.000 Besaran UKT untuk setiap kelompok diatur dalam Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada No 6949/UN1.P/KPT/HUKOR/2021. Setiap fakultas menerapkan UKT yang berbeda mulai UKT 3 saampai UKT 8. Sedangkan untuk UKT 1 dan UKT 2 sama semua prodi dan fakultas. UKT 1 besarnya Rp 500 ribu dan UKT 2 Rp 1 juta. UKT paling tinggi dikenakan kepada prodi Kedokteran dan Kedokteran Gigi. UKT3 di prodi Kedokteran adalah Rp 7,25 juta dan UKT8 mencapai Rp 26 juta. Sedangkan di Kedokteran Gigi UKT 3 Rp 7,35 juta dan UKT 8 mencapai Rp 26 juta. Sedangkan UKT yang terendah ada di prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea, Pariwisata, dan Sastra Prancis. UKT 3 di ketiga prodi itu Rp 2,4 juta, sedangkan UKT 8 sebesar Rp 8 juta per semester. Baca juga : Daftar Ujian Mandiri UGM ? Cek Persaingan Paling Ketat di Prodi Soshum Next: UKT untuk Program Diploma Empat Atau Sarjana Terapan Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Lihat jawaban lengkap

UKT golongan 4 untuk siapa?

UKT 1 Penghasilan ≤ 500.000. UKT 2 500.000 UKT 3 2.000.000 UKT 4 3.500.000
Lihat jawaban lengkap

Apakah KIP kuliah membayar uang pangkal?

Jalur Mandiri yang Bisa Pakai KIP Kuliah hingga SKTM, Ayo Daftar! Jakarta – Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) membuka jalur mandiri. Kendati jalur mandiri umumnya mengenakan uang kuliah lebih mahal dan uang pangkal bagi mahasiswa yang lolos, pendaftar Kartu Indonesia Pintar atau 2022 hingga pemilik Surat Keterangan Tidak Mampu juga bisa mendaftar jalur mandiri, lho.

Sebelumnya, KIP Kuliah Kemendikbud diumumkan tersedia untuk peserta SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri PTN dan PTS. Nah, beberapa PTN sudah mengonfirmasi, calon mahasiswa bisa mendaftar jalur mandiri di kampusnya dengan KIP Kuliah. Dikutip dari laman masing-masing kampus, para peserta jalur mandiri dengan KIP Kuliah ini dikenakan gratis uang kuliah dan uang pangkal.

Sejumlah kampus juga menggratiskan biaya pendaftaran jalur mandirinya 100 persen. Apa saja kampusnya? Jalur Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu atau PBUTM UGM 2022 dibuka untuk siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung secara ekonomi.

Dikutip dari laman ujian masuk UGM, sejumlah kriteria peserta jalur PBUTM UGM yaitu:- Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dari panti sosial/panti asuhan, atau dari keluarga yang masuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau-pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami-istri) maksimal sebesar Rp 4 juta per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750 ribu per bulannya, dan- pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 atau D4.Mahasiswa yang diterima melalui jalur PBUTM UGM 2022 akan memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester jika memenuhi persyaratan Mahasiswa jalur PBUTM akan dievaluasi setiap tahun.

Lihat jawaban lengkap

Berapa biaya kuliah di Unpad?

Jenis-jenis biaya masuk Unpad – Bagi mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN yang dibebankan hanya Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT ini ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua yang diputuskan sesuai dengan data pendukung yang diinput ketika melakukan registrasi.

  • Sedangkan jalur lainnya seperti mandiri, International dan Diploma D IV dibebankan juga Dana Pembangunan selain UKT per semester.
  • UKT yang ditetapkan tersendiri.
  • Jalur Sarjana Mandiri dan Prestasi UKT ditetapkan pada kelompok tertinggi (kelompok V).
  • Untuk jalur international UKT berada pada rentang Rp26 – Rp30 juta per semester.

Semester UKT jalur Diploma IV ditetapkan sebesar Rp8 – Rp10 juta per semester.Mengikuti seleksi ujian masuk Unpad, baik melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun SMUP. Mahasiswa baru jalur SNMPTN tidak dikenakan biaya pendaftaran, jalur SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran Rp200.000, sedangkan melalui jalur SMUP dikenakan biaya registrasi Rp500.000.
Lihat jawaban lengkap

Uang pangkal dibayar setiap apa?

Uang Pangkal – Definisi dan Pengertianya Uang Pangkal adalah biaya masuk perkuliahan yang dibayar satu kali di awal kuliah. Uang pangkal biasanya diterapkan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), atau sering disebut biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

  1. Perguruan Tinggi Negeri tidak menerapkan biaya ini bagi mahasiswa yang masuk lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN.
  2. Namun, bagi mahasiswa PTN yang mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri, biasanya akan ada biaya awal masuk semacam uang pangkal yang harus dibayar.
  3. Istilah uang pangkal tersebut bisa berbeda-beda tiap kampusnya.

Selain itu, nominal uang pangkal juga bervariasi tergantung kampus dan jurusan yang dipilih. : Uang Pangkal – Definisi dan Pengertianya
Lihat jawaban lengkap

Apakah Simak UI lebih mahal?

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Indonesia memastikan calon mahasiswa yang lolos lewat jalur ujian mandiri atau SIMAK UI tidak akan dikenakan biaya lebih mahal ketimbang jalur lainnya seperti, SBMPTN, Bahkan, uang pangkal digratiskan. Lewat akun @SIMAK_UI, mereka menjamin mahasiswa yang masuk UI melalui jalur mandiri tidak akan dikenakan biaya kuliah yang mahal.

  • Lalu, apa syaratnya? Akun itu menjelaskan tidak akan ada mahasiswa S1 Reguler yang akan mengalami masalah terkait besaran biaya pendidikan.
  • Mereka juga menyatakan akan menggratiskan uang pangkal dengan biaya tiap semester disesuaikan dengan kemampuan finansial.
  • Jadi segala rumor yang menyebutkan bahwa jalur madiri = pasti mahal, Hal tersebut tidak berlaku untuk UI, karena di jalur mandiri SIMAK UI, kamu dibebaskan memilih pendaftaran di berbagai jenjang mulai dari D3 Vokasi, S1 paralel, S1 internasional, termasuk juga S1 REGULER.
You might be interested:  Apakah Kelebihan Kartu Kredit Yang Dimiliki Seseorang Jelaskan?

— SIMAK_UI (@SIMAK_UI) June 10, 2019 Proses penyesuaian biaya pendidikan tersebut akan dilakukan setelah calon mahasiswa telah dinyatakan diterima dengan besaran Rp0 hingga Rp7,5 juta untuk kelompok Sains Teknologi dan Kesehatan. Lalu, biaya Rp0 hingga Rp5 juta untuk kelompok Sosial Humaniora.

  1. Namun, biaya pendidikan berkeadilan tersebut hanya berlaku untuk program S1 Reguler, sedangkan program pendidikan lain, seperti Vokasi, Sarjana Paralel, Sarjana Ekstensi, Sarjana Kelas Internasional maupun pascasarjana tidak berhak atas skema biaya tersebut.
  2. Diketahui, biaya pendidikan program pendidikan selain S1 Reguler sudah ditetapkan melalui peraturan Rektor UI dengan rincian sebagai berikut.

Program pendidikan Vokasi dikenai uang pangkal sebesar Rp11,5 juta dengan Rp9 juta biaya per semester. Adapun, uang pangkal program S1 Paralel dimulai dari Rp13 juta – Rp50 juta dengan biaya per semester sebesar Rp10 juta – Rp40 juta. Sementara itu, untuk uang pangkal program S1 Ekstensi dimulai dari Rp7 juta – Rp33 juta dengan biaya semesteran berada pada rentang Rp10 juta – Rp33 juta.

Untuk program magister S2, uang pangkal ada di rentang Rp4 juta – Rp67 juta dengan biaya per semester mulai Rp8 juta – Rp60 juta. Selain itu, uang pangkal untuk program Doktor S3 sebesar Rp6juta – Rp67 juta. Lain lagi biaya pendidikan untuk S1 Kelas Internasional yang besaran uang pangkalnya mencapai ratusan juta dengan biaya pendidikan per semester bisa tembus ke angka Rp86 juta.

Semua biaya program pendidikan selain S1 Reguler tersebut tergantung pada jurusan dan fakultas yang diambil, termasuk juga status kewarganegaraan si pendaftar.
Lihat jawaban lengkap

UKT golongan 1 untuk siapa?

Keduanya Diatur oleh Pemerintah – Sudah sejak tahun ajaran 2013/2014, pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang sangat menguntungkan bagi para calon mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi Negeri. Peraturan Pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No.55 Tahun 2013 tanggal 23 Mei 2013, menggarisbawahi antara lain:

  1. Biaya Kuliah Tunggal (BKT) digunakan sebagai dasar penetapan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa masyarakat dan pemerintah.
  2. Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.
  3. Perguruan Tinggi Negeri tidak boleh memungut uang pangkal dan uang pungutan lain selain uang kuliah tunggal dari mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan program diploma mulai tahun akademik 2013-2014.
  4. Uang Kuliah Tunggal berdasarkan kelompok kemampuan ekonomi masyarakat yang dibagi dalam 5 (lima) kelompok dari yang terendah hingga yang tertinggi, yaitu kelompok I, II, III, IV, dan V.

Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Dikti no.272/E1.1/KU/2013: tentang kisaran tarif UKT (Uang Kuliah Tunggal) penjelasan mengenai kelompok I, II, III, IV, dan V sebagai berikut:

  1. Tarif UKT kelompok yang paling rendah (Kelompok I) rentangnya yang bisa dijangkau oleh masyarakat tidak mampu (misal: kuli bangunan, tukang becak, dll) misal Rp0 s.d. Rp500.000.
  2. Paling sedikit ada 5% dari total mahasiswa yang diterima membayar UKT Kelompok I.
  3. Untuk Kelompok III s.d V masing-masing membayar UKT sesuai dengan kemampuan ekonominya, di mana Kelompok V merupakan kelompok dengan UKT tertinggi sesuai dengan program studi masing-masing.
  4. Paling sedikit ada 5% dari total mahasiswa yang diterima membayar UKT Kelompok II dengan rentang Rp 500.000 s.d. Rp 1.000.000.

Lihat jawaban lengkap

Berapa UKT di UNY?

UKT jalur mandiri UNY 2022 – Mahasiswa yang diterima di jalur mandiri UNY 2022, biaya pendidikan Sarjana (S1) berdasar UKT dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan sosial ekonomi orangtua/wali mahasiswa. Mahasiswa Sarjana yang diterima melalui jalur Seleksi Mandiri (SM) S1 dikenakan minimal UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA).

  1. Berikut rincian UKT jalur mandiri UNY 2022: 1.
  2. Fakultas Ilmu Pendidikan: Besaran UKT kelompok I terendah sebesar Rp 500.000 dan kelompok VII sebesar Rp 4,9 juta.2.
  3. Fakultas Bahasa dan Seni: Besaran UKT kelompok I terendah sebesar Rp 500.000 dan kelompok VII sebesar Rp 5,6 juta.3.
  4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Besaran UKT kelompok I terendah sebesar Rp 500.000 dan kelompok VII sebesar Rp 5,6 juta.4.

Fakultas Ilmu Sosial: Besaran UKT kelompok I terendah sebesar Rp 500.000 dan kelompok VII sebesar Rp 5,6 juta.5. Fakultas Teknik: Besaran UKT kelompok I terendah sebesar Rp 500.000 dan kelompok VII sebesar Rp 6,3 juta.6. Fakultas Ilmu Keolahragaan: Besaran UKT kelompok I terendah sebesar Rp 500.000 dan kelompok VII sebesar Rp 5,6 juta.7.
Lihat jawaban lengkap

Berapa biaya kuliah di Undip?

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Undip 2022, Cek Besaran UKT Kamu! Jakarta – Besaran biaya kuliah jalur mandiri (Universitas Diponegoro) terdiri dari UKT (uang kuliah tunggal) dan SPI (sumbangan pengembangan institusi). Ketentuannya tertuang dalam Keputusan Rektor UNDIP Nomor: 131/UN7.P/HK/2022.

  • Sebagai informasi, besaran UKT dan SPI di kampus ini dibedakan menurut jalur dan program studi (prodi) pilihan peserta.
  • Untuk mahasiswa Undip yang berasal dari jalur mandiri, dikenakan biaya UKT mulai Rp 500 ribu hingga Rp 22 juta per semester serta biaya SPI mulai dari Rp 7,5 juta hingga Rp 250 juta.

Biaya SPI hanya dibayarkan satu kali selama masa kuliah. Sementara, biaya UKT dibayarkan setiap semester. Untuk calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan Kepemilikan KIP, akan ditetapkan UKT golongan 1-3 tanpa SPI. Hasil seleksi Ujian Mandiri (UM) Undip sendiri sudah diumumkan pada Rabu, 13 Juli 2022.
Lihat jawaban lengkap

Apakah di UIN tidak ada uang pangkal?

2. Universitas Islam Negeri – Alternatif lain jika Sobat Pintar ingin masuk PTN Jalur Mandiri tanpa uang pangkal adalah memilih UIN. Eits, UIN juga termasuk Perguruan Tinggi Negeri loh, Sobat. Dari namanya saja udah keliatan, kan? Mengacu kepada Keputusan Menteri Agama no 151 tahun 2019, perguruan tinggi keagamaan negeri tidak diperkenankan memungut uang pangkal dan pungutan lain selain UKT dari mahasiswa baru program diploma dan program sarjana.

  1. Berikut ini daftar kampus tanpa uang pangkal yang berada di bawah Kementerian Agama.1.
  2. UIN Alauddin Makassar 2.
  3. UIN Antasari Banjarmasin 3.
  4. UIN Ar-Raniry Banda Aceh 4.
  5. UIN Imam Bonjol Padang 5.
  6. UIN Mataran 6.
  7. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 7.
  8. UIN Raden Fatah Palembang 8.
  9. UIN Raden Intan Lampung 9.
  10. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten 10.

UIN Sultan Syarif Kasim Riau 11. UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi 12. UIN Sumatera Utara Medan 13. UIN Sunan Ampel Surabaya 14. UIN Sunan Gunung Djati Bandung 15. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 16. UIN Syarif Hidayatullah Banten 17. UIN Walisongo Semarang Itulah universitas yang tidak ada uang pangkal, yang seluruhnya berada di bawah Kementerian Agama.

Asal Sobat tahu nih, bukan hanya Universitas Islam Negeri yang menjadi tanggung jawab Kemenag. Masih ada pula Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). And yes, seluruhnya berstatus sebagai Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN). Bagaimana dengan kampus-kampus lain? Apakah kita punya peluang untuk mengikuti ujian mandiri tanpa uang pangkal di kampus-kampus negeri yang lain? Biaya kuliah Jalur Mandiri memang tak sedikit.

Di Universitas Negeri Jakarta, misalnya, UKT 2021/2020 mahasiswa semua jalur masuk memang sama. Akan tetapi, mahasiswa dari Jalur Mandiri harus membayar pula Sumbangan Pengembangan Universitas – yang sama dengan uang pangkal. Let’s have another example.

  • Di Universitas Indonesia, misalnya, Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) mahasiswa SNMPTN/SBMPTN 2021/2020 kelas 6 pada rumpun Saintek berada di kisaran antara Rp6 juta hingga Rp7,5 juta.
  • Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P) pada rumpun yang sama berkisar antara kelas 1-5, masing-masing sebesar Rp10 juta hingga Rp20 juta.

Sementara itu, BOP FMIPA mahasiswa Jalur Mandiri (non S1 Reguler) Paralel sebesar Rp12 juta dengan Uang Pangkal sebesar Rp25 juta. Besarnya perbedaan biaya Jalur Mandiri dan SBMPTN menjadi salah satu alasan kenapa peserta SBMPTN membludak. Kalau enggak, kita bisa lenggang santai memilih kuliah di Perguruan Tinggi Swasta aja, kan? Eits, perlu dicatat, hal ini terbatas pada besaran uang pangkal masuk kuliah saja, ya! Bagaimanapun juga, fakta Jalur Mandiri ini memang tak bisa kita abaikan.
Lihat jawaban lengkap

Apakah kuliah di UGM itu mahal?

Biaya kuliah UGM relatif lebih murah untuk perguruan tinggi negeri sejenis. Biaya kuliah UGM mulai dari program studi atau jurusan baik berbentuk biaya pendidikan, uang kuliah tunggal, maupun uang pangkal ditanggung setiap mahasiswa di program Sarjana maupun Diploma.

UGM atau Universitas Gadjah Mada Yogyakarta telah menetapkan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) Uang Kuliah Tunggal Tahun Akademik 2020/2021. Mengingat biaya pendidikan akan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, segera proteksi finansial kamu dengan pilihan asuransi pendidikan terbaik,

Dapatkan manfaat pertanggungan hingga ratusan juta apabila orangtua meninggal dunia. Uang Kuliah Tunggal terdiri dari kelompok I sampai dengan kelompok VIII yang ditentukan berdasarkan kelompok kemampuan ekonomi masing-masing. Buat lebih jelasnya, mari kita ketahui biaya kuliah di UGM hingga jalur masuknya.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang membuat jalur mandiri mahal?

Universitas Yang Tidak Ada Uang Pangkal Pola penerimaan mahasiswa baru khususnya Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri yang dilaksanakan sendiri oleh PTN yang seleksinya diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

  1. SNMPTN minimal 20% (empat puluh persen)
  2. SBMPTN minimal 40% (tiga puluh persen)
  3. Jalur Mandiri maksimal 30% (tiga puluh persen)

Namun beerdasarkan ketentuan terbaru melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2020, jalur mandiri dapat dibuka paling banyak 30 persen untuk setiap program studi di PTN selain PTN Badan Hukum (PTN-BH). Adapun khusus untuk PTN-BH diperkenankan membuka kuota jalur mandiri hingga 50 persen,

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Tidak dapat dipungkiri biaya kuliah untuk jalur mandiri lebih tinggi dibandingkan dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Umumnya PTN membebankan UKT pada golongan tinggi untuk jalur mandiri. Alasan lain yang membuat jalur mandiri terasa mahal karena adanya uang pangkal yang harus ditanggung mahasiswa.

Uang pangkal ini tidak berlaku bagi mahasiswa baru dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Merujuk Permenristekdikti No 22 Tahun 2015 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Pasal 9 (1) menyebutkan PTN dapat memungut uang pangkal dan/atau pungutan lain selain UKT dari mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Diploma yang terdiri atas:

  • mahasiswa asing
  • mahasiswa kelas internasional
  • mahasiswa yang melalui jalur kerja sama; dan/atau
  • mahasiswa yang melalui seleksi jalur mandiri.

Baca Juga: Jadwal dan Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri PTN Jadi untuk jalur mandiri besaran biaya kuliah tergantung kebijakan PTN tersebut dengan kata lain biaya jalur mandiri PTN terbagi menjadi 2 (dua):

  1. Biaya kuliah terdiri atas UKT ditambah uang pangkal (atau pungutan lainnya).
  2. Biaya kuliah hanya terdiri atas UKT saja.

Dalam tulisan ini akan dibahas semua PTN yang membuka pendaftaran mahasiswa baru lewat Jalur Mandiri dengan biaya kuliahnya terdiri atas UKT + uang pangkal maupun UKT saja.
Lihat jawaban lengkap

Jalur mandiri UGM biayanya berapa?

Info Kampus Wednesday, 08 Jun 2022, 20:18 WIB Universitas Yang Tidak Ada Uang Pangkal Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka seleksi jalur mandiri denga uang kuliah yang sama dengan jalur reguler. Foto : republika Kampus— Jalur mandiri masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) tidak mengenakan biaya kuliah tambahan bagi mahasiswa baru. Uang kuliah jalur mandiri UGM sama dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Pendaftarans jalur seleksi mandiri UGM sudah dibuka 3 Juni hingga 15 Juni 2022. Seleksi jalur mandiri UGM ini menggunakan kombinasi nilai/skor CBT-UM UGM Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK-SBMPTN Tahun 2022. Scroll untuk membaca Scroll untuk membaca Biaya pendaftaran sebesar Rp 325 ribu untuk kelompok Saintek, Soshum, dan Campuran. Biaya ini berlaku untuk dua pilihan program studi. Khusus peserta yang memilih lokasi ujian di Jakarta, terdapat biaya tambahan sebesar Rp 225 ribu dan dibayarkan bersamaan dengan pembayaran biaya pendaftaran. Berita terkait : Ujian Mandiri UGM Sudah Dibuka, Ini Info Lengkap, Syarat, Cara Pendaftaran, dan Materi Ujian Berapa uang kuliah jalur mandiri UGM ? UGM menerapkan uang kuliah yang sama jalur mandiri dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, Tidak ada biaya tambahan. Mahasiswa hanya membayar Uang Kuliah Tetap (UKT) yang jumlahnya tidak berubah hingga lulus. UKT Sarjana Terapan dan Sarjana UGM ada delapan kategori. Nantinya mahasiswa baru membayar UKT berdasarkan kriteria penghasilan orang tua atau wali. Penghasilan itu dihitung berdasarkan penghasilan kotor dan penghasilan tambahan. Berikut adalah UKT Program Sarjana dan Sarjana Terapan, Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri • UKT 0 Peserta Bidikmisi • UKT 1 Penghasilan ≤ Rp 500.000 • UKT 2 Rp 500.000 Penghasilan ≤ Rp 2.000.000 • UKT 3 Rp 2.000.000 Penghasilan ≤ Rp 3.500.000 • UKT 4 Rp 3.500.000 Penghasilan ≤ Rp 5.000.000 • UKT 5 Rp 5.000.000 Penghasilan ≤ Rp 10.000.000 • UKT 6 Rp 10.000.000 Penghasilan ≤ Rp 20.000.000 • UKT 7 Rp 20.000.000 Penghasilan ≤ Rp 30.000.000 • UKT 8 Penghasilan > Rp 30.000.000 Besaran UKT untuk setiap kelompok diatur dalam Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada No 6949/UN1.P/KPT/HUKOR/2021. Setiap fakultas menerapkan UKT yang berbeda mulai UKT 3 saampai UKT 8. Sedangkan untuk UKT 1 dan UKT 2 sama semua prodi dan fakultas. UKT 1 besarnya Rp 500 ribu dan UKT 2 Rp 1 juta. UKT paling tinggi dikenakan kepada prodi Kedokteran dan Kedokteran Gigi. UKT3 di prodi Kedokteran adalah Rp 7,25 juta dan UKT8 mencapai Rp 26 juta. Sedangkan di Kedokteran Gigi UKT 3 Rp 7,35 juta dan UKT 8 mencapai Rp 26 juta. Sedangkan UKT yang terendah ada di prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea, Pariwisata, dan Sastra Prancis. UKT 3 di ketiga prodi itu Rp 2,4 juta, sedangkan UKT 8 sebesar Rp 8 juta per semester. Baca juga : Daftar Ujian Mandiri UGM ? Cek Persaingan Paling Ketat di Prodi Soshum Next: UKT untuk Program Diploma Empat Atau Sarjana Terapan Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Lihat jawaban lengkap

Berapa biaya masuk UGM 2022?

Kelompok UKT I: Rp 500.000. Kelompok UKT II: Rp 1.000.000. Kelompok UKT III: Rp 2.900.000. Kelompok UKT IV: Rp 4.350.000.
Lihat jawaban lengkap

Apakah kuliah di UGM itu mahal?

Biaya kuliah UGM relatif lebih murah untuk perguruan tinggi negeri sejenis. Biaya kuliah UGM mulai dari program studi atau jurusan baik berbentuk biaya pendidikan, uang kuliah tunggal, maupun uang pangkal ditanggung setiap mahasiswa di program Sarjana maupun Diploma.

UGM atau Universitas Gadjah Mada Yogyakarta telah menetapkan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) Uang Kuliah Tunggal Tahun Akademik 2020/2021. Mengingat biaya pendidikan akan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, segera proteksi finansial kamu dengan pilihan asuransi pendidikan terbaik,

Dapatkan manfaat pertanggungan hingga ratusan juta apabila orangtua meninggal dunia. Uang Kuliah Tunggal terdiri dari kelompok I sampai dengan kelompok VIII yang ditentukan berdasarkan kelompok kemampuan ekonomi masing-masing. Buat lebih jelasnya, mari kita ketahui biaya kuliah di UGM hingga jalur masuknya.
Lihat jawaban lengkap