Uang 75 Ribu Apa Bisa Buat Belanja?

Uang 75 Ribu Apa Bisa Buat Belanja
Penjelasan : Beredar di media sosial Facebook unggahan narasi yang menyebutkan bahwa uang pecahan Rp75 ribu yang baru diluncurkan untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia itu hanya sekadar merchandise atau sebagai kenang-kenangan dan tidak dapat dibelanjakan.

Faktanya klaim yang menyebutkan jika uang pecahan Rp75 ribu tidak dapat dibelanjakan adalah salah. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo memastikan uang pecahan Rp75 ribu dapat dibelanjakan sebab uang tersebut merupakan alat pembayaran yang sah. Sementara itu, dalam informasi yang dirilis Bank Indonesia juga menyebutkan bahwa Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

KATEGORI: HOAKS Link Counter: https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/9K502oPk-uang-baru-pecahan-rp75-ribu-tidak-bisa-dibelanjakan-ini-faktanya https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4333421/cek-fakta-tidak-benar-uang-rp-75-ribu-cuma-merchandise-hut-ke-75-ri https://finance.detik.com/moneter/d-5136413/uang-khusus-hut-ri-rp-75000-bisa-dipakai-buat-belanja
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang 75 ribu bisa dipakai untuk belanja?

Uang Rp75 Ribu Bisa Bikin Kaya Mendadak, Ditawar Rp 40 Juta? Jakarta, CNBC Indonesia – Sejak beberapa waktu terakhir, Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke-75 tahun Republik Indonesia yakni uang Rp 75.000 banyak diburu oleh para kolektor. Tak main-main uang ini bahkan ditawar hingga Rp 40 juta.

Tawaran uang Rp 75.000 yang akan dihargai Rp 40 juta itu datang dari sosok Zein yang mengklaim dirinya sebagai Pakar Sortasi Uang. Zein mengatakannya pada akun Youtube ‘Info Uang’ dengan judul ‘Saya Beri 40 Juta Jika Punya Uang UPK Seperti Ini!!’ yang diunggah pada 5 Februari 2022. Video ini sudah ditonton 10.952 kali.

Zein menjelaskan, Uang UPK Rp 75.000 tersebut bisa mencapai puluhan juta rupiah karena, beberapa uang memiliki nomor seri yang bagus. “Uang UPK yang nilai harganya mencapai puluhan juta rupiah dan uang ini banyak diburu para kolektor, karena uang ini memiliki nomor seri yang bagus.

Foto: Uang UPK (Tangkapan Layar Youtube)Uang UPK

ul> Zein menjelaskan, nomor seri yang bagus yang terdiri dari huruf kembar dan angka kembar yakni misalnya nomer seri dan hurufnya AAA000000 “Itu yang membuat uang ini sangat langka dan mahal, sehingga diburu para kolektor,” jelas Zein.

Oleh karena itu, Zein menawarkan kepada masyarakat Indonesia yang memiliki uang Rp 75.000 dengan seri nomor angka dan huruf kembar, bisa menghubungi dirinya untuk bisa mendapatkan imbalan Rp 40.000. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT

Foto: Uang UPK (Tangkapan Layar Youtube)Uang UPK

Sebagai gambaran UPK Rp 75.000 dikeluarkan dan beredar resmi oleh Bank Indonesia (BI). Bahkan telah tertuang di dalam Peraturan Bank Indonesia No.22/11/PBI/2020 tentang Pengeluaran dan Pengedaran Uang Rupiah Khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan NKRI.

Uang Kerta Rp 75.000 tahun emisi 2020 tersebut diundangkan pada 14 Agustus 2020. Pecahan uang ini juga tercatat dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 194. Seperti uang pada umumnya, UPK 75 Tahun RI ini juga bisa menjadi alat pembayaran yang sah. Siapa pun yang memilikinya bisa bertransaksi menggunakan Rp 75.000 ini di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

(cap/mij) : Uang Rp75 Ribu Bisa Bikin Kaya Mendadak, Ditawar Rp 40 Juta?
Lihat jawaban lengkap

Uang 75 bisa dipakai dimana saja?

Apakah bisa untuk transaksi? – Bank Indonesia melalui akun instagram resminya, @bank_indonesia menegaskan, uang Rp 75.000 sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender) di seluruh wilayah Republik Indonesia. Sehingga masyarakat seharusnya tidak ragu untuk menggunakan uang tersebut sebagai alat transaksi di dalam negeri.
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang Rp75 000 bisa digunakan di Indomaret?

Apakah uang 75 Ribu Bisa Dibelanjakan Di Indomaret atau Pom Bensin? – Harus kamu ketahui, bahwasannya, uang pecahan 75 ribu itu adalah alat pembayaran yang sah yang diakui oleh bank Indonesia. Uang kertas pecaran 75.000 adalah alat tukar resmi yang dikeluarkan oleh BI.

Bukan sekedar merchandise atau kenang-kenangan. Karena merupakan alat tukar yang sah, maka uang pecahan 75 ribu dapat dibelanjakan di Indomaret, Alfamart, serta Pom bensin. Kamu bisa membeli jajanan di Indomaret dengan uang ini, membeli pertalite atau premium di pom bensin, beli topokki di alfamart, dan keperluan belanja lainnya.

Tak cuma di minimarket, uang ini juga bisa digunakan di mana saja. Enath itu di pasar, warung, toko, mall, dan sebagainya. Hanya saja, untuk masyarakat kampung, mungkin ada yang mengiranya sebagai uang palsu karena belum pernah melihat sebelumnya. Jadi kalau mereka menolak pembayaran, bisa jadi karena mereka belum tahu keberadaan uang 75 ribu ini.

Kirim Uang Lewat Indomaret,

Lihat jawaban lengkap

Apakah uang baru 2022 bisa dibelanjakan?

Uang Rupiah Baru 2022, Sudah Tersedia di ATM Belum Ya? Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan uang rupiah kertas baru emisi 2022 bersamaan dengan momen HUT ke-77 RI. Ada 7 uang baru yang terdiri atas pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

  1. Abar baiknya, bank sentral memastikan uang kertas baru tahun emisi 2022 sudah bisa tersedia di ATM perbankan konvensional mulai Jumat (19/8/2022) kemarin.
  2. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Direktur Eksekutif Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim dalam konferensi pers beberapa waktu lalu memastikan tidak akan membatasi jumlah nominal yang akan ditukarkan di perbankan.

“Perbankan tidak kami batasi (jumlah yang bisa ditukarkan). Kalau untuk bank sesuai kebijakan masing-masingnya,” kata Marlison. Sebelumnya, masyarakat yang ingin mendapatkan uang rupiah pecahan edisi 2022 baru bisa melalui aplikasi Pintar dan langsung menukar ke gedung BI.

Namun, ada batasan penukaran yang ditetapkan, seperti saat mendapatkan uang Rp75 ribu, edisi peringatan kemerdekaan RI ke-75 lalu. Melalui website pintar BI, masyarakat bisa menukar uang lama ke uang baru emisi 2022 dengan batas maksimal Rp 1 juta dengan berbagai nominal pecahan. Apabila masyarakat menukar Rp 3 juta, maka pihak BI akan memberikan Rp 1 juta uang baru, sisanya uang lama.

Menurut situs resmi BI, pengeluaran dan pengedaran uang tahun emisi 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai UU.
Lihat jawaban lengkap

Berapa nilai tukar uang 75000?

Uang Baru Rp 75.000 Dijual Rp 50 Juta, Ini Kata Bukalapak Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) baru saja meluncurkan uang kertas edisi khusus Kemerdekaan RI ke-75. Uang kertas pecahan Rp 75.000 tersebut dicetak terbatas hanya 75 juta lembar. Baru sehari diluncurkan, uang pecahan edisi khusus Kemerdekaan RI ke-75 ini sudah banyak dijual di sejumlah marketplace dengan harga yang fantastis.

You might be interested:  Berapa Uang Yang Didapat Dari Kartu Prakerja?

Proses monitoring pun akan terus dilakukan dengan ketat sehingga tidak ada lagi pelapak yang melakukan penjualan uang edisi terbatas dengan harga yang fantastis.”Kami telah melakukan proses monitoring dan seleksi yang ketat terhadap produk ini, dan bila kedapatan ada pelapak yang meng-upload kami segera turunkan produk tersebut dari marketplace kami,” kata Bukalapak melalui keterangan resmi yang diterima oleh CNBC Indonesia, Rabu (19/8/2020).Keputusan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan serta melaksanakan arahan dari Bank Indonesia yang melarang penjualan uang edisi terbatas tersebut di marketplace-nya.

Foto: Uang baru pecahan Rp 75.000 dijual Rp 50 juta di Bukalapak (doc Bukalapak)

Diketahui, di e-commerce Bukalapak, uang pecahan Rp 75.000 ini dijual seharga Rp 50 juta oleh Pelapak dengan nama aku Ridho Rizki Darmawan. Harga yang selangit ini menjadi viral di sosial media karena barang yang ditawarkan hanya satu lembar. Sebelumnya, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, BI tidak bisa mengatur hal tersebut.

  1. Ia menjelaskan, uang edisi khusus ini adalah uang terbatas yang juga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.
  2. Oleh karenanya, ia menjelaskan bahwa jika masyarakat ingin menyimpan sebagai koleksi karena cetakan terbatas atau membelanjakannya hingga menjual kembali, BI tidak dalam posisi mengatur.

“Jadi misalnya (masyarakat) sudah dapat, dia simpan sebagai koleksi ya silahkan, kalau ada yang mau beli lagi itu silahkan, itu masing-masing kita tak mengatur seperti itu,” ujarnya melalui media briefing virtual, Selasa (18/8/2020). Namun, ia memastikan penukaran uang edisi khusus BI ini dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi seluruh masyarakat yang ingin mendapatkannya.
Lihat jawaban lengkap

Uang 75 dihargai berapa?

Uang yang dicetak sebagai Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke-75 Tahun Republik Indonesia itu bisa dibanderol dengan harga mencapai Rp 40 juta. – Suara.com – Tahukah kamu bahwa pecahan Rp75 ribu banyak diburu para yang berani membeli dengan harga bisa mencapai Rp40 juta asal memiliki nomor seri cantik.

  1. Ya, semakin langka suatu barang, maka akan semakin mahal harga barang tersebut.
  2. Hal inilah yang terjadi pada salah satu cetakan tahun 2020 lalu.
  3. Pakar Sortasi Uang, Zein, mengatakan jika uang yang dicetak sebagai Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke-75 Tahun Republik Indonesia itu bisa dibanderol dengan harga bisa mencapai hingga Rp 40 juta.

“Uang ini banyak diburu para kolektor. Kenapa? Karena uang ini memiliki nomor seri yang bagus,” ungkap dia seperti yang Suara.com kutip dalam video yang diunggah di kanal YouTubenya, pada Kamis (17/2/2022). Baca Juga: Lebih lanjut Zein menjelaskan jika nomor seri yang bagus tersebut terdiri dari huruf dan angka yang kembar.

Uang UPK dengan nomer seri AAA000000, kata dia, merupakan uang bernomer seri termahal dibandingkan nomer seri lainnya (AAA111111-AAA999999).”Hal tersebut dikarenakan nomor seri AAA000000 seharusnya tidak beredar, biasanya ada tulisan spesimen pada uang tersebut,” tambah dia.Untuk itu, Zein mengimbau bagi masyarakat yang juga memiliki uang UPK dengan nomor seri huruf dan angka kembar (AAA111111 – AAA999999) agar bisa menghubungi nomor WhatsAppnya 085648367697.Ingin tonton langsung penjelasan lengkap Zein, klik, Baca Juga:

: Auto Tajir, Uang Pecahan Rp 75 Ribu dengan Nomor Seri Ini Bisa Dihargai Rp 40 Juta oleh Kolektor Loh, Kamu Punya?
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang 75 ribu bisa dibelanjakan 2022?

Penjelasan : Beredar di media sosial Facebook unggahan narasi yang menyebutkan bahwa uang pecahan Rp75 ribu yang baru diluncurkan untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia itu hanya sekadar merchandise atau sebagai kenang-kenangan dan tidak dapat dibelanjakan.

  1. Faktanya klaim yang menyebutkan jika uang pecahan Rp75 ribu tidak dapat dibelanjakan adalah salah.
  2. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo memastikan uang pecahan Rp75 ribu dapat dibelanjakan sebab uang tersebut merupakan alat pembayaran yang sah.
  3. Sementara itu, dalam informasi yang dirilis Bank Indonesia juga menyebutkan bahwa Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

KATEGORI: HOAKS Link Counter: https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/9K502oPk-uang-baru-pecahan-rp75-ribu-tidak-bisa-dibelanjakan-ini-faktanya https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4333421/cek-fakta-tidak-benar-uang-rp-75-ribu-cuma-merchandise-hut-ke-75-ri https://finance.detik.com/moneter/d-5136413/uang-khusus-hut-ri-rp-75000-bisa-dipakai-buat-belanja
Lihat jawaban lengkap

Kenapa uang 75000 terbatas?

1. Dicetak 75 juta lembar – Melansir Kompas.com, Senin (17/8/2020), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, uang rupiah edisi khusus ini tidak ditujukan untuk peredaran secara bebas. Oleh karena itu, uang Rp 75.000 dicetak secara terbatas. Uang tersebut juga bukan sebagai tambahan likuiditas kebutuhan pembiayaan.
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang baru sudah bisa dibelanjakan?

KOMPAS.com – Di media sosial, ramai unggahan video mengenai uang rupiah baru tahun emisi 2022 yang tidak bisa disetorkan di mesin ATM. Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengungkapkan, pihak bank masih perlu waktu untuk beradaptasi.

Mengingat, uang rupiah baru 2022 memiliki ukuran dan desain yang anyar. “Pihak perbankan dan penyedia mesin masih memerlukan waktu untuk melakukan adaptasi penerimaan uang baru TE (tahun emisi) 2022 tersebut di mesin ATM/CDM/CRM,” ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/8/2022). Baca juga: Viral, Video SPBU di Bandar Lampung Tolak Pembayaran Uang Baru, Ini Kata Pertamina Menurutnya, kondisi tersebut normal terjadi saat pengeluaran uang baru, di mana memerlukan tahapan untuk mengatur mesin agar dapat dikenali uang baru.

Senada, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, meski uang baru sudah berlaku legal sejak 17 Agustus 2022, perbankan memerlukan waktu untuk melakukan penyesuaian teknis. “Tapi memang diperlukan waktu bagi bank-bank untuk melakukan penyesuaian teknis di mesin ATM mereka sehingga mesinnya dapat mengenali uang baru tersebut,” ujarnya, terpisah.
Lihat jawaban lengkap

Bagaimana cara menukarkan uang baru?

Home Selamat datang di aplikasi PINTAR. Sobat Rupiah dapat melakukan pemesanan layanan perkasan Bank Indonesia melalui menu yang tersedia. Pemesanan Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling Sobat Rupiah dapat melakukan pemesanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling dengan memilih lokasi, tanggal, dan waktu layanan kas keliling yang tersedia. UANG RUPIAH YANG DAPAT DITUKARKAN PECAHAN Layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling merupakan wujud komitmen Bank Indonesia dalam memberikan layanan kas yang prima agar masyarakat semakin mudah untuk memperoleh uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai. SYARAT PENUKARAN KAS KELILING SYARAT Bank Indonesia memberikan penggantian kepada masyarakat yang melakukan penukaran uang Rupiah sebesar nilai nominal uang Rupiah yang ditukarkan dalam pecahan dan tahun emisi yang sama atau berbeda sepanjang ciri uang Rupiah yang ditukarkan dapat dikenali ciri keasliannya. BANTUAN & TANYA JAWAB BANTUAN Sobat Rupiah dapat melakukan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling dengan terlebih dahulu melakukan pemesanan penukaran melalui PINTAR. Cari tahu mekanisme dan tata cara pemesanan penukaran melalui kas keliling pada menu “Bantuan dan Tanya Jawab” Selengkapnya
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Kapan Uang Bidikmisi Cair Tahun 2021?

Dimana kita bisa menukar uang baru?

Begini Cara Menukar Uang Baru Edisi 2022 – Masyarakat dapat melakukan penukaran uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia. Seiring momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) meluncurkan tujuh pecahan Uang rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022), di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Menteri Keuangan dengan saya telah resmi meluncurkan uang emisi baru tahun 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang kertas Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Uang TE 2022 ini tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

  1. Menurut Gubernur BI, uang kertas ini bukan sekadar alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI.
  2. Melainkan juga, untuk memperkuat simbol kesatuan, persatuan, dan negara Republik Indonesia.
  3. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam rilisnya menyampaikan bahwa inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan. “Serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Erwin.

  1. Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat Undang-Undang Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai undang-undang.
  2. Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan uang yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Adapun seluruh uang kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia. Seperti diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.

  • Masyarakat dapat melakukan penukaran Uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia.
  • Pemesanan penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id,
  • Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai 19 Agustus 2022.

Pelaksanaan penukaran dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah. Berikut ini beberapa syarat yang perlu diketahui saat ingin menukar uang baru emisi 2022 melalui online, Syarat dan cara menukar uang baru di bank via aplikasi PINTAR BI:

Login ke aplikasi PINTAR atau https://pintar.bi.go.id di browser; Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling”; Pilih provinsi tempat penukaran uang baru; Lalu pilih jadwal penukaran uang baru sesuai kota. Selanjutnya, lengkapi data seperti NIK, nama, nomor telepon genggam, dan email; Berikutnya masukkan nominal uang yang dikehendaki; Selesaikan petunjuk pemesanan; Jika sudah, simpan bukti pemesanan jadwal tukar uang; Selanjutnya masyarakat datang ke kantor perwakilan yang sudah dipilih; Hitung kembali nominal pecahan dari tukar uang baru di Bank Indonesia.

Cara menukar uang baru emisi 2022 via offline di bank umum:

Membawa kartu identitas, seperti KTP ke kantor cabang bank atau mobil kas keliling bank; Pastikan membawa dan memiliki rekening bank; Perhatikan limit penukaran setiap bank, hal ini dilakukan agar penukaran uang baru merata; Selanjutnya ikuti arahan petugas bank sebelum memproses penukaran uang lama ke uang yang baru.

Penulis: Kristantyo Wisnubroto Redaktur: Ratna Nuraini/Elvira Inda Sari Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Indonesia.go.id
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang lama akan ditarik?

Suara.com – Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan resmi merilis desain baru 7 Uang Kertas Tahun Emisi 2022 ( Uang TE 2022 ) pada Kamis (18/8/2022). Kini, 7 desain Uang TE 2022 tersebut menjadi alat penukaran yang sah untuk berbagai transaksi seantero negeri.

  • Hari ini 18 Agustus 2022 dengan resmi saya meluncurkan tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dikutip Suara.com.
  • Adapun pecahan uang baru 2022 mencakup nominal dari Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.0000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000.

Hadirnya pecahan uang baru 2022 tersebut membuat publik bertanya-tanya, bagaimana nasib uang lama ? Berikut penjelasan resmi dari Bank Indonesia. Baca Juga: Bos Bank Indonesia Sebut Keunggulan Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 Tidak mencabut sahnya uang lama Mengutip penjelasan resmi dari situs Bank Indonesia, hadirnya uang baru tersebut tak berarti mencabut sahnya uang lama sebagai alat transaksi resmi.

Baik Rupiah dalam bentuk pecahan kertas maupun logam desain lama masih bisa digunakan sebagai alat tukar. Pasalnya, selama belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia, uang rupiah lama masih berlaku sebagaimana diatur pada Undang-undang Mata Uang. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa uang Rupiah lama bisa digunakan untuk jual beli dan transaksi lainnya.

Uang baru sebagai inovasi dari BI Baca Juga: Tempat Penukaran Uang Baru 2022, Apakah Ada di Kotamu? Lebih lanjut, BI menjelaskan bahwa dirilisnya desain uang baru adalah sebagai inovasi uang Rupiah yang berkualitas. “Peluncuran uang rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen kami bersama untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya.

Sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa,” lanjut Perry Warjiyo. Desain uang rupiah baru 2022 memakai warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan bahan uang yang lebih baik kualitasnya. Adapun Uang baru 2022 tetap mencantumkan wajah para pahlawan yang telah berjasa bagi keutuhan Republik Indonesia.

Tak hanya itu, Uang TE 2022 juga terdapat berbagai unsur Nusantara dari tarian hingga flora dan fauna. Cara menukarkan uang baru Bagi masyarakat yang ingin memiliki desain uang baru, maka dapat memesannya melalui aplikasi PINTAR yang dirilis oleh BI. Selain itu, PINTAR juga dapat diakses melalui tautan https://pintar.bi.go.id/,
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang Rp75 000 langka?

Uang Rp75.000 itu tergolong langka karena hanya dicetak 75 juta lembar. Dalam perjalanan sejarah, Bank Indonesia telah mengeluarkan uang peringatan HUT Kemerdekaan RI sebanyak 3 (tiga) kali yaitu pada peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-25 Tahun 1970, Ke-45 pada tahun 1990 dan Ke-50 pada tahun 1995.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Mata Uang Yang Ada Di Dunia?

Apakah uang baru sudah bisa dibelanjakan?

KOMPAS.com – Di media sosial, ramai unggahan video mengenai uang rupiah baru tahun emisi 2022 yang tidak bisa disetorkan di mesin ATM. Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengungkapkan, pihak bank masih perlu waktu untuk beradaptasi.

Mengingat, uang rupiah baru 2022 memiliki ukuran dan desain yang anyar. “Pihak perbankan dan penyedia mesin masih memerlukan waktu untuk melakukan adaptasi penerimaan uang baru TE (tahun emisi) 2022 tersebut di mesin ATM/CDM/CRM,” ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/8/2022). Baca juga: Viral, Video SPBU di Bandar Lampung Tolak Pembayaran Uang Baru, Ini Kata Pertamina Menurutnya, kondisi tersebut normal terjadi saat pengeluaran uang baru, di mana memerlukan tahapan untuk mengatur mesin agar dapat dikenali uang baru.

Senada, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, meski uang baru sudah berlaku legal sejak 17 Agustus 2022, perbankan memerlukan waktu untuk melakukan penyesuaian teknis. “Tapi memang diperlukan waktu bagi bank-bank untuk melakukan penyesuaian teknis di mesin ATM mereka sehingga mesinnya dapat mengenali uang baru tersebut,” ujarnya, terpisah.
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang 75 ribu limited edition?

Jakarta, CNBC Indonesia – Numismatik atau kegiatan pengumpulan uang kuno masih ada hingga saat ini. Bahkan tak hanya uang seri lama, melainkan juga uang terkini dengan tingkat keunikan yang tinggi. Salah satunya Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI) berbentuk uang Rupiah kertas pecahan Rp 75.000 yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) sejak 2020 lalu. Foto: Pengoleksi uang kertas (Tangkapan layar Tiktok @koleksi_uang) Pengoleksi uang kertas (Tangkapan layar Tiktok @koleksi_uang) Seperti diketahui, Bank Indonesia mengeluarkan dan mengedarkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI) berbentuk uang Rupiah kertas pecahan Rp 75.000 bertepatan dengan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020.

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono mengungkapkan, pembelian atau penjualan yang dilakukan masyarakat terhadap uang edisi khusus ini tak masalah. Dengan syarat selama tidak melanggar hukum. Menurutnya, ini adalah uang edisi khusus yang dicetak secara terbatas. Sehingga kolektor uang maupun masyarakat wajar saja merogoh kocek dalam untuk mendapatkan uang edisi khusus yang diinginkan.

“Jadi pada intinya seperti hukum ekonomi lain, harga ditentukan suplay dan demand. Mungkin mereka melihat sekarang uang 75 ribu itu sebagai kesempatan dia mencari untung karena dia tahu supplynya terbatas. Itu sah-sah saja selama nggak melanggar hukum,” ujarnya kepada CNBC Indonesia.
Lihat jawaban lengkap

Berapa lembar uang 75 ribu di cetak?

Fakta-fakta Uang Baru Pecahan Rp 75.000 Sisa 7,5 Juta Lembar Jakarta – Uang peringatan kemerdekaan (UPK) 75 atauj saat ini sudah tertukar hingga 90% dari 75 juta lembar yang dicetak. Ini artinya ada sekitar 7,5 juta lembar lagi uang yang masih bisa ditukarkan oleh masyarakat.

Uang khusus ini memang diterbitkan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 75 tahun. Namun belum lama ini viral sebuah video yang menampilkan pedagang menolak transaksi pembayaran dengan menggunakan uang tersebut. Sebenarnya ini bisa dipakai buat belanja nggak sih? Berikut fakta-faktanya: ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Uang Rp 75.000 Sah Sebagai Alat Pembayaran Kepala Departemen Pengedaran Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim menjelaskan UPK75 ini merupakan alat pembayaran yang sah atau legal tender.

Selain dapat digunakan untuk transaksi pembayaran juga dapat digunakan untuk THR, mahar perkawinan, mengenal budaya serta koleksi karena jumlahnya terbatas. Dia menjelaskan UPK Rp 75.000 ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat sebagai alat transaksi pembayaran dan bisa diterima oleh para pedagang.

“Bahwa masih ada sebagian kecil masyarakat yang belum menerima UPK75 karena belum mendapat informasi saja, tapi setelah dijelaskan mereka akan menerima,” kata dia kepada detikcom. Tinggal 7,5 Juta Lembar Marlison mengungkapkan animo masyarakat untuk mendapatkan UPK 75 ini tinggi selama ramadhan karena digunakan untuk THR lebaran dan untuk bertransaksi.”UPK 75 yang sudah ditukar sampai 11 Mei 2021 sebanyak 67,5 juta lembar atau 90% dari jumlah yang dicetak sebanyak 75 juta,” kata dia kepada detikcom. BI Terus Edukasi

Dia mengatakan BI terus melakukan edukasi tentang UPK75, sebagai bagian edukasi Cinta Bangga Dan Paham Rupiah. UPK75 merupakan bagian dari kebanggaan kita karena merupakan uang rupiah khusus yang dikeluarkan dalam rangka 75 tahun kemerdekaan RI dan uang rupiah khusus kemerdekaan RI ini dikeluarkan setiap 25tahun.
Lihat jawaban lengkap

Apakah benar uang 75 ribu bisa nyanyi?

Uang Rp 75 Ribu Bisa ‘Nyanyi’ dengan Aplikasi AR, Sudah Coba? Jakarta – Uang pecahan yang bisa bernyanyi lagu Indonesia Raya tengah viral di Twitter. Menurut akun Twitter milik @alvinna23, “Di WAG (WhatsApp Group) lagi heboh uang Rp 75 ribu baru bisa nyanyi Indonesia Raya.

  1. Biasa emak-emak.
  2. Belum tahu saja kalo uang Rp 1.000 lama juga bisa nyanyi.
  3. Tapi lagunya Gugur Bunga.” tulisnya.
  4. Penggunaan aplikasi yang menggunakan teknologi AR atau Augmented Reality juga disebutkan oleh Dede Budhyarto dalam akunnya @kangdede78.
  5. Kangdede78 mengatakan aplikasi ini bisa membuat uang Rp 75 ribu dapat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dikutip dalam CNBC Indonesia, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko menegaskan bahwa BI tidak membuat konten AR di Uang Peringatan Kemerdekaan 75 ataupun di uang Rupiah lainnya. “AR tidak termasuk dalam ciri uang Rupiah yang diedarkan Bank Indonesia,” tegas Onny pada Sabtu (26/9/2020).

ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Onny Widjanarko juga mengatakan BI tidak merancang augmented reality (AR) pada uang pecahan, Onny menambahkan bahwa teknologi AR bisa diterapkan pada objek apapun, tidak hanya uang saja. Lalu apa sih augmented reality (AR)? Augmented reality atau AR merupakan teknologi dimana seseorang mengalaminya melalui video dan audio 3D.

Sesuatu yang memiliki pola target yang unik biasanya bisa memunculkan gambar 2D, 3D dan video dengan menggunakan aplikasi. Untuk membuka video ini bisa dilakukan dengan mata telanjang menggunakan aplikasi Ivive atau aplikasi sejenis. Setelah mengunduh aplikasi Ivive, kemudian akan terbuka layar seperti layaknya kita ingin mengambil foto atau video di smartphone.

Arahkan kamera ke arah uang baru edisi khusus Kemerdekaan RI Hanya dalam hitungan detik, akan muncul video lagu Indonesia Raya. Ivive sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Vienna, Austria. Ivive adalah aplikasi augmented reality (AR) yang memungkinkan pekerja seni bisa menambah dimensi digital pada suatu benda.

Bagi kamu yang memiliki uang pecahan, bisa mencobanya. (lus/pal) : Uang Rp 75 Ribu Bisa ‘Nyanyi’ dengan Aplikasi AR, Sudah Coba?
Lihat jawaban lengkap