Kapan Uang Anak Yatim Keluar 2022?

Kapan Uang Anak Yatim Keluar 2022
Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos) telah mendapat anggaran tambahan sekitar Rp400 miliar dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang akan digunakan sebagai bantuan sosial ( bansos ) untuk anak yatim. Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan bantuan tersebut akan mulai disalurkan pada Desember 2022 mendatang, di mana bantuan ditargetkan kepada 946.863 anak yatim piatu dengan besaran bantuan Rp200.000 per bulan.

Ami juga dapat tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan Rp400 miliar. Itu akan kami gunakan di bulan Desember, kami akan menyerahkan kepada kurang lebih targetnya anak yatim piatu itu 946.863 anak, per anak 200 ribu per bulan,” kata Risma dalam keterangan pers Presiden RI, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Sosial, Jumat (16/9/2022).

Kemensos juga telah mengusulkan agar lansia tunggal di atas usia 80 tahun dan penyandang disabilitas untuk diberikan bantuan sebesar Rp21.000 per hari. Bantuan rencanannya bakal diberikan pada Desember 2022, yang ditargetkan kepada 334.011 orang lansia tunggal dan 98.934 orang penyandang disabilitas.

Khusus untuk lansia tunggal di atas usia 80 tahun alias lansia yang tidak memiliki anggota keluarga untuk merawat, katanya, bantuan rencananya dititipkan melalui RT/RW. Adapun, bantuan kepada lansia tunggal dan penyandang disabilitas akan diberikan selama 1 bulan, atau Rp21.000 x 31 hari. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan koordinasi dengan kementerian terkait dalam mempersiapkan bansos untuk anak yatim.

“Anggaranya nanti akan disiapkan dan dihitung. Sudah komunikasi dan koordinasi,” ujar Sri Mulyani. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Simak Video Pilihan di Bawah Ini : Editor : Feni Freycinetia Fitriani Konten Premium Nikmati Konten Premium Untuk Informasi Yang Lebih Dalam
Lihat jawaban lengkap

Kapan bantuan anak yatim 2022 cair?

1. Bansos anak yatim piatu – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan, target penerima bansos anak yatim piatu yakni 948.863 orang. Bansos anak yatim piatu akan diberikan pada Desember 2022 dengan jumlah Rp 200.000 per anak. “Itu akan dipergunakan untuk di bulan Desember, kami akan menyerahkan kurang lebih sekitar targetnya anak yatim piatu itu 946.863 anak, per anak Rp 200.000 per bulan,” jelasnya.
Lihat jawaban lengkap

Kapan Dana Bansos turun lagi?

Jumat, 30 September 2022 17:00 WIB – Kapan Uang Anak Yatim Keluar 2022 Ekspresi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat memberikan keterangan pers tentang realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 per akhir Oktober 2019 di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin, 18 November 2019. Kementerian Keuangan mencatat realisasi belanja negara hingga 31 Oktober 2019 baru sampai 73,1 persen atau Rp1.798 triliun dari target APBN 2019 sebesar Rp 2.461,1 triliun.

TEMPO/Tony Hartawan TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Keuangan atau Kemenkeu membeberkan perkembangan dari bantuan sosial atau bansos reguler yakni pemberian sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk periode Oktober-Desember 2022, bantuan itu akan didistribusikan pada Senin, 3 Oktober 2022. Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata menjelaskan untuk yang sembako dalam setahun anggaran yang digelontorkan sebanyak Rp 45,12 triliun.

Sasarannya diharapkan bida menyediakan untuk 18,7 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah dibayarkan periode Januari-September 2022. “Ini ternyata yang menerima tidak full 18,7 juta KPM, dan yang sudah dibayakan uangnya Rp 33,41 trilun atau 74 persen dari yang anggaran Rp 45,12 triliun.

  • Untuk Oktober-Desember akan dimulai Insya Allah besok, atau Senin lah mulai didistribusikan,” ujar dia dalam konferensi pers di Gedung Djuanda I, Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat, 30 September 2022.
  • Adapun nilainya, Isa melanjutkan, adalah Rp 200 ribu per bulan, sehingga setiap kali penyaluran itu jumlahnya Rp 600 ribu.

Duit bansos itu penyalurannya dilakukan melalui Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara, sedangkan untuk daerah yang sulit dijangkau perbankan menggunakan PT Pos Indonesia—biasanya di daerah Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku. Sedangkan untuk bansos reguler PKH, target yang menerima sebanyak 10 juta KPM dengan jumlah anggaran dalam setahun Rp 28,71 triliun.

  1. Untuk realisasinya sampai dengan akhir triwulan 3 ini sudah disalurkan Rp 21,33 triliun atau 74,3 persen dari angaran yang satu tahun “Triwulan empat ini juga sama tiga bulanan ini bansos PKH akan mulai dibayarkan nanti di mulai Senin, 3 Oktober,” tutur Isa.
  2. Untuk besarannya per keluarga memang berbeda, karena ditentukan berdasarkan aspek kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan.

Isa mencontohkan, untuk kesehatan apakah di keluarga penerima PKH ada ibu hamil atau tidak. Jika ada maka akan mendapatkan Rp 3 juta dalam satu tahun. Selain itu, ada balita atau tidak, jika ada diberi tambahan Rp 3 juta dalam sehtaun. Kemudian aspek pendidikan, bagi keluarga yang memiliki anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) akan mendapatkan Rp 900 ribu.

  • Ini bukan per anak Rp 900 ribu ya, tapi kalau ada anak di keluarga itu masih SD dapat segitu, baik satu orang ataupun dua orang tetap segitu,” kata Isa.
  • Begitu pula untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan mendapatkan Rp 1,5 juta per tahun, sedangkan Sekolah Menengah Atas (SMA) Rp 2 juta per tahun.

Selanjutnya aspek kesejahteraan, apakah ada orang berkebutuhan khusus atau tidak, jika ada akan diberikan Rp 2,4 juga pertahun, demikian juga kalau ada lanjut usia usia 60 tahun ke atas. “Kalau pembayarannya triwulanan ya dibagi empat saja dari masing-masing aspek itu,” ucap Isa.
Lihat jawaban lengkap

Uang anak yatim kapan cair?

Bansos Lansia, Yatim Piatu dan Penyandang Disabilitas Cair Desember 2022

Tri Rismaharini Menteri Sosial memastikan pencairan bantuan sosial (bansos) untuk lanjut usia (lansia), yatim piatu, dan penyandang disabilitas pada Desember 2022.Risma dalam keterangan resminya mengatakan, anggaran untuk pemberian bansos tersebut telah disetujui oleh Bappenas dan Kementerian Keuangan.Ia mengatakan saat ini Kementerian Sosial menyiapkan mekanismenya agar penyaluran bansos tersebut, salah satunya terdapat program bantuan permakanan bagi lansia dan penyandang disabilitas keluarga tunggal, dapat diketahui mulai dari pihak RT hingga kelurahan untuk mencegah penyalahgunaan bansos.”Jadi bansos ini untuk lansia di atas 80 tahun, tapi kita bantu juga untuk yang disabilitas, juga anak yatim, kita berikan pada bulan Desember,” ujar Mensos, Selasa (4/10/2022) mengutip Antara.

Penyaluran bansos tersebut akan mengikuti data yang telah tercatat di Kementerian Sosial bagi keluarga tunggal. Kebijakan mengenai bantuan permakanan akan diserahkan pada penanggung jawab lingkungan penerima manfaat. Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah menyiapkan alokasi anggaran tambahan Rp493 miliar kepada Kementerian Sosial (Kemensos) untuk penyaluran bansos kepada lansia, anak yatim piatu, dan penyandang disabilitas.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Lembaga Yang Berfungsi Sebagai Tempat Pengelolaan Uang Negara Adalah?

Bantuan disabilitas 2022 kapan cair?

Pencairan KAJ – Dana bantuan KAJ disalurkan ke rekening orang tua atau wali anak tanpa biaya tambahan. Jika kartu ATM hilang, penerima manfaat bantuan KAJ, KPDJ, dan KLJ bisa melakukan pemblokiran dahulu. Lalu, hubungi Call Center Bank DKI di nomor telepon (021) 1500351.

  • Sementara itu, jika masyarakat memiliki pertanyaan atau keluhan dalam pendistribusian bantuan pada program bansos, hubungi Call Center Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta (021) 426 5115 dan (021) 22684824 (Pusat Data dan Informasi/Pusdatin).
  • Warga juga bisa mengajukan pertanyaan atau keluhan terkait melalui Kepala Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan di masing-masing wilayah.

Di samping itu, warga juga bisa datang langsung ke Pelayanan Masyarakat Kantor Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Simak Video ” Basarnas Angkut 1 Ton Logistik Bantuan Korban Gempa Cianjur ” (twu/pal) : Bantuan KAJ 2022 Cair Bareng Dana Disabilitas dan Lansia, Dana Rp 900 Ribu
Lihat jawaban lengkap

Bantuan apa yg akan cair di tahun 2022?

Berikut Daftar Bansos yang Cair Oktober 2022 – 1. Program Sembako & PKH Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau program sembako dan PKH dipastikan akan diberikan pada bulan ini. Bantuan ini akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). BPNT yang diberikan nilainya mencapai Rp 200 ribu per bulan untuk tiap KPM.

Sementara untuk PKH, diberikan kepada KPM yang memiliki kriteria tertentu yaitu, keluarga yang memiliki ibu hamil/balita akan menerima bantuan Rp 3 juta per tahun. Kemudian, PKH untuk keluarga yang memiliki anak SD menerima Rp 900 ribu per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta dan anak SMA Rp 2 juta per bulan.

Jika di keluarga tersebut ada penyandang disabilitas/lansia, maka bansos PKH yang diterima adalah Rp 2,4 juta. Apabila suatu keluarga memiliki 2 anak SD, maka bantuan sosial/bansos PKH yang diberikan berlipat ganda, yakni Rp 900 ribu ditambah Rp 900 ribu menjadi Rp 1,8 juta per tahun.2.

  • Bantuan Subsidi Upah (BSU) Pemerintah akan menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap IV mulai awal pekan ini.
  • Masyarakat dapat mengecek penerima BSU tahap IV melalui laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.
  • Pemerintah melalui otoritas ketenagakerjaan pada hari ini akan mencairkan BSU atau bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu kepada 1,53 juta pekerja dengan penghasilan maksimal Rp 3,5 juta per bulan.

Merujuk pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) 10/2022, penyaluran BSU tahun ini hanya dilakukan melalui Bank Himbara yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, serta Bank Syariah Indonesia Provinsi Aceh dan Pos Indonesia. Bagi Anda yang ingin mengecek apakah terdaftar sebagai penerima BSU tahap 3, dapat melihat melalui laman laman kemnaker.go.id atau bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.3.

  • BLT UMKM & Ojek Online Pemerintah dalam sebulan terakhir telah menyalurkan BLT BBM sebagai kompensasi atas kenaikan harga bensin.
  • Selain masyarakat rentan, BLT ini juga akan diberikan kepada sektor UMKM, termasuk para pengemudi ojek online.
  • Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 134/2022.

Aturan tersebut berkaitan dengan belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022 yang diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada 5 September 2022 lalu. Program ini merupakan bagian dari instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengamanatkan kepada pemerintah daerah untuk menyalurkan 2% dana transfer umum (DAU) senilai Rp 2,17 triliun untuk bantuan angkutan umum, ojek online, nelayan, dan UKM.
Lihat jawaban lengkap

BLT 600 ribu 2022 kapan cair?

1. BLT BBM – BLT BBM adalah bantuan sosial dari pemerintah melalui Kementerian Sosial RI yang ditujukan kepada masyarakat prasejahtera. Seperti namanya, BLT BBM dimaksudkan sebagai “bantalan” dampak dari kenaikan BBM. Jumlah dana BLT BBM yang akan dicairkan adalah Rp 600 ribu per penerima manfaat.
Lihat jawaban lengkap

Kapan BLT Tahap 4 cair 2022?

KOMPAS.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 pada Senin (3/10/2022). Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, ada 1,019 juta pekerja yang menerima BSU tahap 4, Dengan demikian, BSU tahun ini sudah disalurkan kepada 8.168.987 pekerja dari tahap pertama hingga keempat.
Lihat jawaban lengkap

Sampai kapan status anak yatim?

Status yatim sendiri selesai lantaran balig. Sebuah riwayat menyebut Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidak ada keyatiman setelah balig’. Hadits ini menjadi dalil bagi Imam Syafi’i, Imam Malik, dan jumhur ulama yang berpendapat bahwa status yatim tidak selesai karena balig semata atau bertambahnya usia yatim.
Lihat jawaban lengkap

Ngasih uang ke anak yatim namanya apa?

Anjuran Sedekah Kepada Anak Yatim Sesuai Dalil dan Hadist Sedekah yatim merupakan sedekah yang diberikan kepada anak yatim di panti asuhan maupun tidak. Anak yatim adalah anak yang belum baligh dan sudah ditinggal sang ayah. Sedekah yatim merupakan salah satu amalan yang tidak akan terputus pahalanya sampai seseorang itu meninggal.
Lihat jawaban lengkap

Bulan apa yang bagus untuk santunan anak yatim?

10 Muharram Bulan Anak Yatim Begini Dalil dan Perintahnya Muharam adalah bulan anak yatim. Muharam merupakan salah satu bulan suci dalam islam yang mempunyai keutamaan amalan didalamnya. Pada tanggal 10 Muharram juga biasa di sebut dengan Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim.
Lihat jawaban lengkap

Berapa cair BLT 2022?

Bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) sebesar Rp 300.000 tahap 2 dijadwalkan akan cair pada November 2022. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata menyampaikan, mekanisme pembayaran BLT BBM dilakukan dua kali, yaitu tahap pertama sebesar Rp 300.000 pada September lalu dan tahap kedua Rp 300.000 pada November 2022.

Baca Juga: Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023 yang Memberikan Bantuan Pelatihan Lebih Besar “Ini disalurkan dalam bentuk dua bulan sekali, di mana September dan Oktober masing-masing Rp 150.000 dan ini sudah disalurkan sebanyak Rp 300.000 per keluarga. Nanti di November akan disalurkan yang kedua Rp 300.000 lagi,” ujar Isa seperti dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Sabtu (1/9/2022).

Pemerintah memberikan bantuan BLT BBM sebesar Rp 150.000 per bulan untuk masing-masing penerima selama empat bulan, dari September hingga Desember 2022. Artinya, penerima manfaat akan memperoleh bantuan dengan total sebesar Rp 600.000. Kebijakan BLT BBM ini diperuntukkan bagi 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masing-masing menerima Rp150 ribu per bulan per KPM.

Pada tahap I yakni September 2022 telah tersalurkan untuk dua bulan yaitu September dan Oktober, sehingga masing-masing KPM secara tunai menerima Rp300 ribu. Penyalurannnya PT Pos Indonesia. Sementara itu untuk penyaluran tahap kedua direncanakan akan disampaikan pada November. Penyaluran tahap II ini merupakan penyampaian BLT BBM untuk November dan Desember.

Baca Juga: Cek Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM 2022 melalui DTKS Cek Bansos Kemensos “September-Oktober ini sudah disalurkan sebanyak Rp300 ribu per keluarga. Nanti November akan disalurkan yang kedua Rp300 ribu lagi. Jadi totalnya sampai dengan akhir tahun ini Rp600 ribu untuk penerimanya tadi 20,65 juta KPM,” ujar Isa seperti dilansir laman Kementeruan Keuangan.

You might be interested:  Apa Fungsi Uang Sebagai Alat Pembayaran Utang?

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memaparkan pengalihan subsidi dan kompensasi BBM menjadi BLT BBM dialokasikan sebesar Rp24,17 triliun yang terdiri atas dua jenis. Baca Juga: CEK BANTUAN SUBSIDI UPAH 2022 DAN PERSYARATAN MENDAPATKANNYA Pertama, bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp600.000 yang akan diberikan kepada 14,6 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta.

Kedua, BLT BBM yang akan diberikan kepada 20,65 keluarga penerima manfaat sebesar Rp150.000 per bulan, diberikan sebanyak empat bulan. Selain itu, pemerintah daerah juga ikut menggunakan 2% Dana Transfer Umum (Dana Alokasi Umum dan Dana Bagi Hasil) yang berasal dari APBN untuk mendanai (earmark) program perlindungan sosial, penciptaan lapangan kerja dan subsidi/bantuan sektor transportasi seperti angkutan umum, ojek, nelayan, dan UMKM.

Upaya bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam memberikan bantalan sosial tambahan bagi masyarakat miskin dan rentan tersebut, bertujuan untuk menguatkan daya beli masyarakat serta menurunkan angka kemiskinan. Baca Juga: Kenapa Saya Tidak Dapat Bansos?, Pertanyaan dan Jawaban Seputar Bansos Sebelumnya, kenaikan konsumsi BBM yang signfikan sebagai tanda perekonomian masyarakat yang mulai pulih menyebabkan kuota volume solar dan pertalite bersubsidi diperkirakan akan habis pada bulan Oktober 2022.

Hingga Agustus 2022, konsumsi solar bersubsidi sudah mencapai 11,4 juta kiloliter dari total kuota 15,1 juta kiloliter dan konsumsi pertalite bersubsidi sudah mencapai 19,5 juta kiloliter dari total kuota 23,05 juta kiloliter untuk tahun 2022. Pemerintah telah menaikkan anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 lebih dari tiga kali lipat, dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun.

  1. Baca Juga: Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023 yang Memberikan Bantuan Pelatihan Lebih Besar Namun jika konsumsi BBM melebihi kuota subsidi, diperkirakan anggaran subsidi dan kompensasi BBM akan membengkak lebih besar lagi.
  2. Sementara itu anggaran subsidi dan kompensasi yang sangat besar itu justru lebih banyak dinikmati oleh masyarakat mampu.

Rumah tangga mampu menyerap 80% konsumsi pertalite, sedangkan rumah tangga miskin dan rentan hanya menyerap 20% saja. Artinya, subsidi yang diberikan salah sasaran. Oleh karenanya, langkah pemerintah untuk memperbaiki subsidi salah sasaran menjadi tepat sasaran dilakukan dengan cara mengalihkan anggaran subsidi dan kompensasi BBM menjadi BLT BBM bagi masyarakat yang rentan dan miskin.

“Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian dan sebagian subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran,” tegas Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Pers perihal Pengalihan Subsidi BBM pada Sabtu, 3 September 2022.

Seperti diketahui, daftar penerima BLT BBM 2022 mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial (Kemensos). Adapun untuk bansos BLT BBM tahun ini, terdapat fitur pengusulan penerima manfaat yang bisa diakses oleh masyarakat umum.
Lihat jawaban lengkap

Berapa dana bantuan BLT 2022?

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Bulan November Tahun 2022 – Diposting pada : 15 November 2022 Jumat, 09 November 2022 Pemerintah Desa Jambearum melakukan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Bulan November Tahun 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Jambearum dan dimulai pukul 08.30 WIB. BLT DD Bulan November Tahun 2022 telah disalurkan oleh Pemerintah Desa Jambearum kepada 149 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Setiap KPM masing-masing menerima bantuan sebesar Rp.300.000,-. Proses penyaluran BLT DD Bulan November Tahun 2022 berlangsung dengan tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar.

Dan diharapkan kepada warga penerima BLT DD agar memaksimalkan penggunaan bantuan ini untuk kepentingan dan kebutuhan pokok terlebih dahulu daripada kepentingan yang lain. Kapan Uang Anak Yatim Keluar 2022 Kapan Uang Anak Yatim Keluar 2022 Kapan Uang Anak Yatim Keluar 2022 Kapan Uang Anak Yatim Keluar 2022
Lihat jawaban lengkap

Bantuan disabilitas dapat berapa?

Presiden Jokowi: Pemerintah Serius Perhatikan Penyandang Disabilitas | Sekretariat Negara Pemberian bantuan melalui Kartu tersebut akan mulai diberikan Pemerintah mulai tahun ini.

  • Selain Kartu ASPDB, Presiden Jokowi juga memberikan 3 (tiga) jenis kartu lainnya, yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), di 3 (tiga) daerah yaitu, pertama di Desa Barru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, kedua di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, dan ketiga, diKelurahan Tua Tunu, Kecamatan Gerungang, Kota Pangkal Pinang.
  • Sebagai bentuk nyata kepedulian Pemerintah terhadap penydndang disabilitas berat, mulai tahun 2015, Pemerintah menyediakan bantuan khusus untuk penyandang disabilitas berat melalui Kartu ASPDB yang anggarannya berasal dari APBN Tahun 2015.
  • Besaran Bantuan
  • Para penyandang disabilitas berat, seperti cacat fisik dan cacat intelektual, mendapatkan Rp300 ribu tiap orang per bulan yang dapat diambil setiap empat bulan sekali atau setara Rp1,2 juta atau Rp3,6 juta setahun.

Tahun ini (2015), Pemerintah berencana akan memberikan Kartu ASPDB kepada 22.000 penyandang disabilitas berat di seluruh Indonesia. Khusus dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi kali ini, Kartu ASPDB akan diserahkan kepada penyandang disabilitas berat di Kota Pangkal Pinang, Balitung Timur dan Kota Batam.

  1. Pembagian 4 jenis kartu tersebut dimaksudkan untuk memudahkan rakyat mendapatkan berbagai manfaat dari program bantuan sosial Pemerintah.
  2. Manfaat diberikan dalam bentuk simpanan, bukan dalam bentuk uang tunai.
  3. Untuk jenis KKS akan digabungkan dengan KIS serta KIP, dan direncanakan akan diterima oleh seluruh peserta pada bulan Juni 2015, sehingga dapat digunakan pada bulan Juli 2015.

Sedangkan bantuan tetap bisa dicairkan sampai dengan akhir tahun. Penerima KKS akan mendapatkan dana Rp600 ribu per Kepala Keluarga (KK) untuk tiap tiga bukan sekali.

  1. “Pesan yang saya sampaikan selalu sama bahwa ini bukan semata-mata kartu, ini adalah program investasi jangka panjang untuk mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia. Jadi pergunakan kartu ini sebaik-baiknya”, ujar Presiden Jokowi
  2. Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Pemerintah akan mencermati berbagai persoalan yang mungkin muncul dalam penyaluran kartu-kartu tersebut di seluruh Indonesia, apabila ditemukan masalah agar segera disampaikan ke Lurah, Camat, bahkan Gubernur sekalipun.
  3. Bagi penyandang disabilitas yang belum terdaftar sebagai penerima Kartu ASPDB, Presiden Jokowi mengimbau untuk dapat langsung mendaftarkan di Dinas Sosial setempat.

“Dinas Sosial yang mempunyai kewenangan untuk menetapkan kategori cacat berat. Jika menemukan pelayanan rumah sakit dan sekolah yang menolak kartu ini, silahkan laporkan sehingga bisa ditangani”, tegas Presiden Jokowi. Presiden Jokowi juga menekankan diperlukan kerja keras dan sinergi berbagai pihak untuk mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia.
Lihat jawaban lengkap

BLT tahap 3 kapan cair 2022?

Begini Cara Dapat BLT atau BSU Tahap 3, Bisa Kantongi Rp 600 Ribu Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT gaji akan terus disalurkan dan sudah masuk BSU tahap 3, Bahkan, hingga kini sudah ada 7 juta orang penerima BSU atau BLT gaji.

  • Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam acara Penyerahan Bantuan Subsidi Upah di Ternate disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (28/9/2022).
  • Embali tadi kita menyampaikan bantuan subsidi upah di Kota Ternate, yang sampai hari ini di seluruh Indonesia sudah 7.077.550 orang penerima,” kata Jokowi.
You might be interested:  Sebutkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Uang?

ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Sebelumnya, BLT gaji atau BSU tahap 3 secara resmi telah disalurkan pemerintah ke rekening penerima sejak hari Selasa (28/9/2022). BLT gaji atau BSU tahap 3 ini disalurkan pemerintah dengan nilai sebesar Rp 600.000.

  • Staf, Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menyampaikan bahwa data calon penerima BLT gaji atau BSU tahap 3 ini ditargetkan BPJS sebanyak 3-4 juta orang.
  • Setelah diterima Kemnaker, ada beberapa tahap yang perlu diselesaikan sebelum BLT gaji atau BSU tahap 3 disalurkan.
  • Setelah data kita terima dari BPJS TK, maka data itu kita cleansing dulu.

Dipadankan dengan penerima bantuan sosial lain (BLT Kemensos, kartu pra kerja, PKH dll). Juga dipilah agar tidak terikut ASN, TNI dan Polri di dalamnya,” terang Dita. Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menyampaikan bahwa data calon penerima BLT gaji atau BSU tahap III ini ditargetkan BPJS sebanyak 3-4 juta orang.

Setelah diterima Kemnaker, ada beberapa tahap yang perlu diselesaikan sebelum BLT gaji atau BSU tahap 3 disalurkan. “Setelah data kita terima dari BPJS TK, maka data itu kita cleansing dulu. Dipadankan dengan penerima bantuan sosial lain (BLT Kemensos, kartu pra kerja, PKH dll). Juga dipilah agar tidak terikut ASN, TNI dan Polri di dalamnya,” terang Dita.

Di sisi lain, perlu diingat bahwa proses pencairan BLT BBM atau BSU Tahap 3 hanya dapat dilakukan oleh peserta yang terdaftar. Dengan demikian, agar Rp 600 ribu tersebut bisa masuk rekeningmu, kamu harus terdaftar sebagai penerima terlebih dahulu. Sedangkan untuk mengecek apakah nama kamu masuk sebagai penerima BSU tahap 3 dapat mengakses bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan ikuti panduannya.
Lihat jawaban lengkap

Kapan pencairan BLT 300 ribu?

BLT BBM Rp 300 Ribu Tahap 2 Mulai Cair November Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) tahap I sebesar Rp 300 ribu telah cair kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Sampai 30 September 2022, anggaran yang sudah digelontorkan untuk BLT BBM sebesar Rp 6,2 triliun.

  1. Tahap I sudah terealisasi untuk dua bulan (September-Oktober) Rp 300.000 per KPM kepada 20,65 juta KPM senilai Rp 6,2 triliun atau 50%,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata dalam media briefing di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).
  2. Isa menuturkan total anggaran BLT BBM mencapai Rp 12,39 triliun untuk periode September-Desember 2022 di mana masing-masing KPM menerima Rp 600 ribu.

Bantuan ini akan disalurkan dalam dua tahap yakni tahap I dan tahap II. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Oleh karena itu, BLT BBM tahap II baru akan kembali disalurkan pada November 2022 untuk dua bulan sekaligus Desember 2022 sebesar Rp 300 ribu per KPM.

  • Penyaluran dilakukan secara tunai melalu PT Pos Indonesia (Persero).
  • Ini sudah disalurkan Rp 300 ribu per KPM dan tahap kedua November Rp 300 ribu lagi, jadi totalnya bulan November,” ucapnya.
  • BLT ini dimaksudkan untuk meringankan beban ekonomi dan menjaga daya beli rumah tangga miskin atau rentan sebagai dampak naiknya harga BBM.

“Penyalurannya lewat PT Pos ini supaya lebih langsung ke KPM. Kelebihan PT Pos ini dalam konteks langsung diterima dan dimanfaatkan,” tandasnya. (aid/hns) : BLT BBM Rp 300 Ribu Tahap 2 Mulai Cair November
Lihat jawaban lengkap

Bantuan apa yg cair di bulan April 2022?

4. BLT Minyak Goreng – BLT minyak goreng ini ditujukan kepada 20,5 juta keluarga yang terdaftar dalam list penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang menjajakan dagangan gorengan. Sesuai instruksi yang telah diberkan oleh Presiden Joko Widodo, masyarakat yang berhak dan memenuhi syarat akan mendapatkan dana bantuan minyak goreng selama 3 bulan kedepan, Nantinya para penerima BLT Minyak goreng ini akan mendapat bantuan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya.
Lihat jawaban lengkap

Apakah anak yatim dapat bantuan dari pemerintah?

Anak Yatim Bakal Dibantu Negara, Berapa Anggarannya? Jakarta – Kementerian Sosial () akan memberikan bantuan bagi anak yatim. Penyaluran bantuan ini direncanakan mulai 2022. Setiap anak yatim yang terdaftar nantinya akan mendapat bantuan berupa uang tunai dan berbagai kebutuhan lainnya.

Saat ini prosedur dan anggaran untuk bantuan anak yatim sedang dibahas bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dilansir dari situs resmi Kemensos (29/6) anak yatim yang terdata saat ini mencapai jumlah 4 juta. Jumlah anak yatim ini diprediksi bertambah karena pandemi Covid-19. “Anak yatim itu walinya siapa, harus dituangkan dalam peraturan, kami sedang menyusun itu.

Sementara yang sudah terdata, bukan hanya Covid, itu 4 juta sekian,” kata Mensos Tri Rismaharini. Lebih lanjut, Mensos Risma menyampaikan program perlindungan bagi anak yatim, piatu dan yatim piatu mencakup sasaran sebanyak 4.043.622 anak. Yakni terdiri dari 20.000 anak yang ditinggal orangtua akibat Covid-19; 45.000 anak yang diasuh LKSA dan 3.978.622 anak diasuh oleh keluarga tidak mampu.

Saya pastikan anak yatim, piatu dan yatim piatu diberikan perlindungan. Mereka tidak hanya diberikan dukungan terhadap kebutuhan fisik, tetapi juga dukungan psikososial, pengasuhan dan keberlanjutan pendidikan mereka,” kata Risma. Program yang dirancang khusus bagi anak yatim ini merupakan salah satu langkah strategis untuk memastikan hak-hak anak tetap terpenuhi meski dalam situasi sulit.

tengah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Bappenas RI untuk menyiapkan dukungan anggaran kurang lebih sekitar Rp3,2 triliun. Besarnya nominal yang akan diterima tiap anak yatim ini berbeda sesuai usia. Hal ini dibeberkan oleh Mensos Risma yang juga berharap bantuan anak yatim ini bisa segera tersalurkan.

  1. Arena tidak sama semua, yang bayi, SMP, SMA, tentu biayanya beda-beda.
  2. Sedang kita siapkan mekanisme, sistem, dan nominalnya.
  3. Insya Allah sudah diskusi dengan Bu Sri Mulyani, tahun 2022 sudah bisa cair,” ujarnya.
  4. Harapannya dengan adanya bantuan anak yatim ini, bisa meringankan beban sekaligus memberi hak bagi setiap anak yatim untuk mendapatkan kehidupan dan pendidikan yang layak.

Kemensos mengalokasikan anggaran sebesar Rp9.656.692.800.000 sebagai bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) untuk jumlah 4.023.622 anak yatim piatu penerima bantuan. Bantuan tersebut merupakan bagian dari total Rp11.002.589.150.000 yang merupakan usulan tambahan dari dan disetujui Komisi VIII DPR RI.

  1. Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan, tambahan diajukan terkait dengan perubahan indeks bantuan kepada penerima manfaat.
  2. Pada Tahun Anggaran 2022, Kemensos telah menetapkan sebanyak 4.023.622 anak yang akan menerima bantuan.
  3. Dalam Bantuan ATENSI terbaru, bantuan disamakan yakni Rp 200 ribu per anak.

“Semula untuk kelompok yatim piatu pra-sekolah kami berikan bantuan sebesar Rp 300 ribu. Kini dengan usulan anggaran yang baru, disamakan menjadi Rp 200 ribu per anak,” kata Mensos Risma. Bantuan yang diberikan kepada yatim piatu dengan nominal Rp 200 ribu diberikan dalam bentuk tabungan.
Lihat jawaban lengkap