Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Kredit Likuiditas?

Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Kredit Likuiditas
1. Kredit Likuiditas Bank Indonesia, yang selanjutnya disebut KLBI, adalah kredit yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat dalam rangka menunjang program Pemerintah.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan kredit likuiditas darurat?

2. Kredit Likuiditas Darurat Khusus, yaitu kredit yang diberikan oleh BI kepada bank- bank yang mengalami kesulitan di dalam faktor-faktor intern.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia?

BLBI atau Bantuan Likuiditas Bank Indonesia adalah suatu terminologi yang dimaksudkan untuk mengelompokan seluruh fasilitas bantuan likuiditas (liquidity support) dari bank Indonesia kepada perbankan untuk mengatasi kesulitan likuiditas dalam keadaan darurat sebagaimana yang diatur didalam Pasal 32 ayat (3) Undang-
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan kredit bank?

Beranda > Keuanganku > Mengenal Lembaga serta Produk Dan Jasa Keuangan > Apa itu Kredit dan Pembiayaan Dalam kehidupan sehari-hari, apakah Anda pernah mendengar kata kredit, atau pinjaman, atau pembiayaan? Umumnya, masyarakat yang mengajukan kredit atau pembiayaan memiliki kebutuhan dana untuk modal usaha atau kebutuhan konsumsinya. Lalu, apa yang membedakan keduanya? Secara ringkas, kredit merupakan fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan dengan dikenakan bunga. Berdasarkan Undang-Undang Perbankan, kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat disamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan ata kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dan pihak lain, yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya seteah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga. Kredit disediakan oleh bank umum konvensional, BPR, dan Pegadaian. Sementara itu, pembiayaan merupakan dukungan pendanaan untuk kebutuhan atau pengadaan barang / aset / jasa tertentu yang mekanisme umumnya melibatkan tiga pihak yaitu pihak pemberi pendanaan, pihak penyedia barang/ aset/ jasa tertentu, dan pihak yang memanfaatkan barang/ aset/ jasa tertentu. Produk pembiayaan disediakan oleh bank umum syariah/ unit usaha syariah/ BPRS, dan perusahaan pembiayaan. Namun, terdapat pula mekanisme yang hanya melibatkan dua pihak seperti pembiayaan emas di bank/BPR Syariah dan pembiayaan dengan cara jual dan sewa balik ( sale and lease bac k).
Lihat jawaban lengkap

Mengapa kewenangan bank sentral untuk menyalurkan kredit likuiditas Bank Indonesia dan sebagai pengatur uang yang beredar sering dianggap rentan?

Jawaban Karena berkaitan dengan stabilitas sistem pembayaran yang berdampak pada kondisi perekonomian. Pembahasan Bank sentral memiliki wewenang dalam mengatur jumlah uang yang beredar agar dapat menggerakkan roda perekonomian dengan keseimbangan yang tepat antara peredaran jumlah uang dan jumlah barang.

  1. Eseimbangan jumlah uang dan barang ini bertujuan untuk menjaga agar tingkat inflasi terkendali dan selalu berapa pada nilai serendah mungkin atau pada posisi optimal bagi perekonomian.
  2. Ebijakan dari wewenang Bank sentral akan menjadi ujung tombak stabilitas perekonomian.
  3. Sehingga setiap kebijakan yang dikeluarkan sangat rentan terhadap perubahan kondisi perekonomian.

Jadi, wewenang Bank Sentral dalam mengatur uang beredar sangat rentan karena berkaitan dengan stabilitas sistem pembayaran yang berdampak pada kondisi perekonomian.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan likuiditas dan buat contohnya?

Pengertian Likuiditas – https://www.akseleran.co.id/ Sebelum membahas likuiditas dengan lebih jauh Grameds perlu untuk memahami terlebih dahulu mengenai arti dari likuiditas. Likuiditas yaitu kemampuan atau daya dari suatu perusahaan untuk membayar kewajiban utang dan jangka pendek.

  1. Contoh hutang jangka pendek ialah pajak, utang usaha, dividen, dan lain sebagainya.
  2. Meski demikian, ada juga yang menyebutkan bahwa definisi dari likuiditas ialah kemampuan individu maupun perusahaan untuk melunasi utang atau kewajiban dengan harta lancar.
  3. Apabila perusahaan tak mempunyai daya untuk melunasi kewajibannya maka mustahil bagi perusahaan untuk dapat menjalankan kegiatan operasional sama seperti sebelumnya.
You might be interested:  Akun Yang Dicatat Pada Neraca Saldo Sebelah Kredit?

Pada umumnya setiap perusahaan memiliki level likuiditas yang berbeda yang ditunjukkan dalam angka-angka tertentu, seperti angka rasio cepat, angka rasio lancar, dan angka rasio kas. Semakin tinggi maka pert Grameds bahwa perusahaan memiliki kinerja yang semakin baik juga dalam melakukan kegiatan operasionalnya.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang kamu ketahui tentang likuiditas?

4. Cash ratio – Rasio likuiditas yang paling ketat adalah cash ratio. Sebab, ia benar-benar hanya mengukur uang tunai atau aset yang sepadan dengan uang tunai saja tanpa menganggap jenis aset lainnya termasuk aset lancar. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mengukur kemampuannya untuk membayar utang dalam skenario terburuk.

  • Misalnya saat perusahaan sama sekali tidak memiliki waktu untuk mencairkan asetnya yang lain.
  • Rumusnya adalah: Cash Ratio = Uang tunai atau aset yang sebanding dengan uang tunai / Utang lancar Baca Juga: Itulah penjelasan mengenai serba-serbi liquidity.
  • Singkatnya, likuiditas adalah tingkat kemudahan suatu aset untuk diuangkan dan tingkat kemampuan perusahaan untuk membayar utang jangka pendek sesuai jatuh tempo.

Selain likuiditas, ada banyak istilah lain dalam dunia finance & accounting yang harus kamu pelajari, lho. Kalau tidak, kamu akan kesulitan untuk menilai dan menganalisis kondisi keuangan perusahaan serta kaitannya dengan kondisi ekonomi dan market pada umumnya.

  • Ingin Terjun ke Dunia Keuangan? Pahami dulu Cara Menghitung Rumus ROI!
  • Return on Asset (ROA): Pengertian, Pentingnya, dan Cara Menghitungnya
  • Memahami Rasio Profitabilitas: Arti, Jenis-Jenis, Rumus, dan Manfaatnya
  • Profit Margin: Definisi, Jenis, Rumus, dan Manfaat Perhitungannya
  • Liquidity
  • Understanding Liquidity: Definition and Types of Liquidity
  • Liquidity: How quickly an investment can be sold without impacting its price

Lihat jawaban lengkap

Kenapa disebut likuiditas?

Jenis Rasio Likuiditas – Menurut Harahap (2010), rasio likuiditas menggambarkan kemampuan perusahaan dalam menuntaskan kewajiban jangka pendeknya. Rasio-rasio tersebut bisa dihitung melalui sumber tentang modal kerja, yaitu pos-pos aktiva lancar dan utang lancar. Adapun rasio yang dapat digunakan untuk mengukur likuiditas perusahaan, yaitu:
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang likuiditas dan jelaskan tujuannya?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Likuiditas adalah kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek yang dimilikinya pada saat jatuh tempo. Pengertian lain adalah kemampuan seseorang atau perusahaan untuk memenuhi kewajiban atau utang,
Lihat jawaban lengkap

Mengapa likuiditas itu penting dalam bank?

Fungsi utama likuiditas adalah jaminan bahwa uang yang disimpan/dipinjamkan kepada bank dapat dibayar kembali oleh bank tersebut pada saat jatuh tempo.2. Memungkinkan bank memenuhi komitmen pinjamannya. Menjamin tersedianya dana bagi setiap pemohon kredit yang telah disetujui.
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa yang dimaksud dengan debit dan kredit?

Debit dan kredit digunakan dalam kegiatan monitoring uang masuk dan keluar di sebuah akun bisnis. Sederhananya, debit adalah uang yang masuk ke dalam rekening, sedangkan kredit adalah uang yang keluar dari rekening.
Lihat jawaban lengkap

Sebutkan dan jelaskan apa saja yang menjadi sumber likuiditas bank?

Sumber Alat Likuid – Dalam dunia perbankan, keempat jenis alat/ harta likuid tersebut sering disebut “posisi uang” (money position) bank yang bersangkutan pada saat tertentu. Adapun menurut sumbernya, suatu bank dapat memperoleh alat- alat likuid yang diperlukan tersebut diatas dari berbagai sumber, yaitu :

Asset bank yang akan segera jatuh tempo Kredit pinjaman kepada debitur atau cicilan pinjaman yang akan jatuh tempo dapat dianggap sebagai sumber likuiditas, Maka dari itu, dalam kondisi kebijakan uang ketat, posisi likuiditas suatu bank akan rawan apabila keseluruhan portofolio kreditnya masuk kategori evergreen. Surat-surat berharga, instrumen pasar uang seperti Bank Acceptance, Sertifikat Bank Indonesia, dan sertifikat deposito pada bank lain yang akan segera jatuh tempo, dapat pula dianggap sebagai sumber likuiditas dalam golongan ini.

Pasar Uang Pasar uang adalah sumber likuiditas bank. Namun harus diakui bahwa tidak setiap bank mempunyai kemampuan untuk masuk ke pasar uang. Hal ini sangat dipengaruhi oleh besarnya suatu bank dan persepsi pasar uang atas Credit Worthiness bank tersebut. Dalam hal ini, para investor yang meminjamkan uangnya ke bank akan melakukan analisa yang mendalam dan selektif terhadap tingkat dan konsistensi perkembangan pendapatan bank, kualitas asset, reputasi kesehatan manajemen, dan kekuatan modal bank.

Sindikasi kredit Selain bertujuan menyiasati Legal Lending Limit (3L) dan menyebarkan risiko, hal ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan dengan bank lain. Oleh karena itu, ketika mengalami kesulitan likuiditas bank tersebut dapat menyidikasi sebagian portofolio kreditnya kepada bank lain untuk mengatasi masalah tersebut.

Cadangan likuiditas Ketika suatu bank yang tidak dapat segera memperoleh dana pada saat diperlukan, bank tersebut biasanya membentuk cadangan likuiditas. Cadangan likuiditas biasanya dibentuk dengan cara memelihara saldo kas dan giro BI pada batas maksimal yang diperbolehkan.

Sumber dana yang sifatnya Last Resort Salah satu sumber likuiditas yang sifatnya last resort, yang umum digunakan oleh kebanyakan bank adalah fasilitas line of credit dari bank lain.

You might be interested:  Jelaskan Bagaimana Hukum Leasing Atau Kredit Segitiga Dalam Islam?

Istilah terkait yang ini Mau cari istilah lain? 🔍 Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Kredit Likuiditas
Lihat jawaban lengkap

Kapan bank sentral akan menetapkan batas maksimum pemberian kredit?

Bank sentral akan menetapkan batas maksimum pemberian kredit, jika Jumlah uang yang beredar belum melebihi kebutuhan.
Lihat jawaban lengkap

Dan apa pengaruhnya jika bank sentral dari suatu negara tidak melakukan kerjasama dengan bank sentral dari negara lain?

Betul, setiap bank sentral dari tiap-tiap negara pasti saling bekerjasama dalam menentukan kebijakan moneter. Tentu tujuannya untuk menjaga dan mencapai stabilitas moneter setiap negara. Sehingga jika tidak menjalin kerja sama, maka bisa terjadi ancaman pada stabilitas moneter negara tersebut.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan likuiditas brainly?

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Pengertian lain adalah kemampuan seseorang atau perusahaan untuk memenuhi kewajiban atau utang yang segera harus dibayar dengan harta lancarnya.
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa maksud likuiditas dalam dasar akuntansi?

Apa itu Rasio Likuiditas? – Rasio likuiditas adalah rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban atau membayar utang jangka pendeknya. Rasio inilah yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa likuidnya suatu perusahaan. Likuiditas merupakan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban untuk membayar utang-utang jangka pendeknya yang harus segera dibayar dengan menggunakan harta lancar seperti utang usaha, utang dividen, utang pajak, dan lain-lain.

  • Jika perusahaan mampu memenuhi kewajibannya berarti perusahaan tersebut likuid, sedangkan jika perusahaan tidak mampu memenuhi kewajibannya berarti perusahaan tersebut ilikuid.
  • Cara mengukur perusahaan itu likuid atau tidak, Anda dapat membandingkan komponen yang ada pada laporan keuangan neraca, yaitu total aktiva lancar dengan total pasiva lancar (utang jangka pendek).

Pengukuran ini dapat dilakukan untuk beberapa periode sehingga terlihat perkembangan likuiditas perusahaan dari waktu ke waktu. Biasanya perusahaan dengan tingkat likuiditas tinggi akan memiliki kesempatan lebih baik untuk mendapatkan berbagai dukungan dari banyak pihak, mulai dari lembaga keuangan, kreditur, maupun pemasok.

Mengantisipasi dana yang diperlukaan saat ada kebutuhan mendesak. Memudahkan nasabah (bagi lembaga keuangan atau Bank) yang ingin melakukan penarikan dana. Poin penentu bagi suatu perusahaan untuk mendapatkan persetujuan investasi atau bisnis lain yang menguntungkan.

Baca juga: Mengenal Definisi, Jenis, dan Cara Menghitung Rasio Profitabilitas
Lihat jawaban lengkap

Apa itu likuiditas menurut para ahli?

Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa likuiditas adalah kemampuan yang dimiliki suatu perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan mempergunakan aktiva lancar agar dapat membayar kewajibannya tepat waktu.
Lihat jawaban lengkap

Apa saja yg termasuk likuiditas?

Perbedaan Aset dan Likuiditas – Coba perhatikan definisi aset terlebih dahulu. Aset, yang disebut juga aktiva, merupakan sumber ekonomi yang bisa diharapkan untuk memberikan manfaat usaha untuk waktu di kemudian hari, Baca Juga: Strategi Mendanai di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan Dalam neraca saldo, aset dimasukkan dengan saldo normal debit.

  • Aset juga bisa berarti sebagai semua hak yang bisa digunakan untuk operasi perusahaan,
  • Sebagai contoh, yang dimasukkan pada kolom aset adalah gedung atau bangunan,
  • Oleh sebab itu, jika sebuah perusahaan memiliki bangunan yang bernilai 1 milyar, maka aset yang dihitung adalah jumlah 1 milyar itu.
  • Baca Juga: Tips Mengelola Bonus Perusahaan Agar Bisa Produktif Selain gedung, ada juga yang termasuk aset seperti mobil, uang kas, paten teknologi, merk dagang dan lain sebagainya.

Maka, aset atau aktiva bisa dipahami dengan harga total. Hanya saja, untuk keperluan analisis, aset kemudian dibagi dalam beberapa kategori, yaitu;

Aset lancar Aset tetap Investasi jangka panjang Aset pajak tangguhan Aset tidak berwujud Aset lain

Adapun kegunaan aset bisa bermacam-macam. Di dalam neraca, dafter aset akan diurutkan atau disusun berdasarkan tingkat likuiditasnya dari mulai yang paling likuid sampai dengan yang tidak likuid. Bagi pihak manajemen, aset yang di dalam neraca bisa dicermati karena akan menjadi standar pengukuran prestasi keuangan suatu perusahaan,

Baca Juga: Pahami Caranya Bagaimana Mengembangkan Strategi Investasi Anda Sekarang Juga Ukuran ini bisa digunakan sebagai pembanding dengan perusahaan lain. Dengan begitu, pihak manajemen akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan atau memperbaikinya. Sedangkan likuiditas dapat didefinisikan sebagai kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya dalam jangka pendek.

Baca Juga: 7 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengimpor Barang Dari Luar Negeri Selain itu, likuiditas juga bisa diartikan sebagai kemampuan dari perusahaan atau seseorang dalam memenuhi hutang atau kewajibannya yang harus dibayar segera dengan harta lancar.

Likuiditas akan diukur dengan rasio dari aktiva lancar yang dibagi dengan hutang atau kewajiban lancar. Maka, perusahaan dikatakan memiliki likuiditas sehat jika memiliki rasio lancar dengan besaran 100%. Baca Juga: Memanfaatkan Efek Compounding Sebagai Bagian dari Strategi Investasi Sedangkan ukuran likuiditas suatu perusahaan yang bisa menggambarkan tingkat dari likuiditas perusahaan itu bisa dilihat dari rasio kas (yakni kas terhadap hutang atau kewajiban lancar).

Sebagai contoh, yang termasuk likuiditas adalah membayar telepon, listrik, gaji karyawan, air PDAM dan lain sebagainya.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Restrukturisasi Kredit?

Apa yang dimaksud dengan likuiditas dan solvabilitas?

1) Rasio Likuiditas menggambarkan kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan kewajiban jangka pendeknya.2) Rasio Solvabilitas menggambarkan kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka panjangnya atau kewajiban-kewajibannya apabila perusahaan dilikuidasi.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang dimaksud dengan likuiditas dan bagaimana cara mengukur likuiditas?

Memahami jenis-jenis rasio likuiditas dapat membantu kamu dalam menganalisis perusahaan untuk tujuan investasi. Cara menghitung rasio likuiditas dapat dilakukan dengan tiga rumus rasio likuiditas. Cari tahu cara menghitung likuiditas dan manfaatnya dalam artikel ini.

  • Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab berupa kewajiban yang harus dipenuhi, salah satunya adalah membayar utang.
  • Selain utang jangka panjang, utang jangka pendek (utang lancar) perusahaan tidak boleh dibiarkan menumpuk karena dapat berakibat fatal.
  • Emampuan perusahaan dalam memenuhi atau membayar utang lancar disebut sebagai likuiditas.

Sebuah perusahaan dapat dikatakan memiliki tingkat likuiditas yang baik apabila dapat melunasi semua utang jangka pendek dengan harta lancar yang dimiliki. Jadi, apa itu likuiditas dan cara menghitung likuiditas? Pengertian likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya.
Lihat jawaban lengkap

Apa saja contoh risiko likuiditas?

Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Kredit Likuiditas Risiko likuiditas merupakan risiko yang antara lain disebabkan ketidakmampuan bank dalam memenuhi kewajiban yang telah jatuh tempo dari sumber pendanaan arus kas dan/ atau dari aset likuid berkualitas tinggi yang dapat diagunkan, tanpa menganggu aktivitas dan kondisi keuangan Bank.

  • Likuiditas merupakan faktor yang penting dan dapat dikatakan sebagai “nyawa”nya.
  • Pengalaman krisis perbankan tahun 1997 dimana banyak bank mengalami kesulitan likuiditas dan banyak juga yang kemudian akhirnya dilikuidasi.
  • Risiko likuiditas dapat dikategorikan ke dalam risiko likuiditas pasar dan risiko likuiditas pendanaan.

(Artikel Ini Telah Diupdate Pada 19 Januari 2016) Risiko likuiditas pasar, merupakan risiko yang timbul saat bank tidak mampu melakukan offset posisi tertentu dengan harga pasar karena kondisi likuiditas pasar yang tidak kondusif atau terjadi gangguan di pasar (market disruption),

  • Risiko likuiditas pendanaan, yaitu risiko yang timbul karena tidak mampu mencairkan asetnya atau memperoleh pendanaan dari sumber dana lain.
  • Identifikasi sumber risiko likuiditas bertujuan untuk mengetahui jumlah dan trend kebutuhan likuiditas serta sumber pendanaannya.
  • Risiko likuiditas dapat bersumber dari dari dua hal yaitu langsung dan tidak langsung.

Sumber likuiditas langsung dapat bersumber dari antara lain volatilitas surat berharga dan konsentrasi sumber dana yang tinggi pada sisi liabilities. Selain sumber risiko likuiditas langsung, terdapat pula risiko lain yaitu risiko kredit, risiko pasar, dan risiko reputasi yang dapat menimbulkan risiko likuiditas (Risiko Likuiditas sebagai 2nd order risk).

Apa Saja Contohnya? Sebagai contoh dari risiko likuiditas adalah bank tidak mampu memenuhi penarikan kredit oleh nasabah karena dana yang tersedia tidak mencukupi, bank mengalami kalah kliring dan tidak dapat memenuhi kekurangan dana di Bank Indonesia, bank tidak dapat memenuhi permintaan penarikan dana masyarakat yang terjadi secara tiba-tiba, dan bank tidak dapat memperoleh pinjaman dari bank lain pada saat bank tersebut memerlukan likuiditas.

Bagaimana Mengendalikannya? Untuk mengantisipasi timbulnya risiko likuiditas, perlu melalukan perhitungan terhadap kesenjangan (mismatch) antara struktur dana dan struktur pinjaman berdasarkan periode jatuh tempo. Sebagaimana pengelolaan risiko pasar, risiko likuditas juga dikendalikan dengan menetapkan limit.

  • Perlu diterapkannya saldo kas limit maksimal yang diperkenankan pada akhir hari dalam rangka mencegah kerugian opportunity lost atau iddle money, juga memperhatikan kondisi secondary reserve melalui limit telah ditetapkan.
  • Monitoring dan pengendalian terhadap risiko likuiditas juga dilakukan secara harian, yakni dengan jalan melihat arus kas dan limit yang telah ditetapkan secara harian, mingguan dan bulanan.

Dalam upaya menjaga risiko likuiditas agar tetap selalu terjaga, perbankan juga memiliki ALCO (Asset and Liability Committee) yang senantiasa melakukan pemantauan terhadap kondisi makro ekonomi dan moneter serta melakukan evaluasi kondisi suatu bank yakni melihat manajemen likuiditas, gap, valuta asing, investasi dan pendapatan.
Lihat jawaban lengkap

Jelaskan apa yang dimaksud dengan risiko likuiditas?

Definisi risiko likuiditas : Risiko akibat ketidakmampuan Bank untuk memenuhi kewajiban yang jatuh tempo dari sumber pendanaan arus kas dan/atau dari aset likuid berkualitas tinggi yang dapat diagunkan, tanpa mengganggu aktivitas dan kondisi keuangan Bank.
Lihat jawaban lengkap

Bagaimana kita dapat menilai bahwa suatu bank dapat dikatakan likuid?

Artinya, apabila perusahaan ditagih maka perusahaan tersebut mampu memenuhi utang (membayarnya) terutama utang yang sudah jatuh tempo. Menurut pengertian ini suatu bank dikatakan Likuid apabila : a. Bank tersebut memiliki cash asset sebesar kebutuhan yang akan digunakan untuk memenuhi likuiditasnya.
Lihat jawaban lengkap

Apa yang terjadi jika bank tidak mampu memenuhi likuiditasnya?

Krisis likuiditas yang parah dapat menyebabkan dampak besar berupa kebangkrutan dan bank runs (Goodhart, 2008), yang mengarah pada krisis keuangan yang drastis (Mishkin, Stern, & Feldman, 2006).
Lihat jawaban lengkap