Berapa Uang Yang Didapat Dari Kartu Prakerja?

Berapa Uang Yang Didapat Dari Kartu Prakerja
Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menyalurkan bantuan sosial atau bansos bagi orang-orang yang terkena dampak pandemi melalui program seleksi kartu prakerja gelombang 46. Program kartu prakerja sendiri merupakan suatu program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan bagi orang yang mencari pekerjaan, buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, maupun pekerja/buruh yang sedang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
Lihat jawaban lengkap

Berapa Dapat Uang Prakerja 2022?

Kamis, 6 Oktober 2022 16:36 WIB – Berapa Uang Yang Didapat Dari Kartu Prakerja Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin, 20 April 2020. Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis 23 April 2020 melalui laman resmi www.prakerja.go.id.

ANTARA TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah memutuskan menaikkan bantuan yang diterima oleh peserta Kartu Prakerja menjadi Rp 4,2 juta mulai tahun 2023. Skema Program Kartu Prakerja juga akan dikembalikan dari semi bansos ke desain awal yakni skema normal pada tahun depan. Program Kartu Prakerja nantinya bakal lebih difokuskan pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja, berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pasca pelatihan.

Adapun sejumlah pelatihan yang akan diberikan berupa pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjelaskan rincian bantuan yang diterima peserta Kartu Prakerja dengan nilai total Rp 4,2 juta per individu.

Bantuan itu terdiri atas bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif usai pelatihan Rp 600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei. Sebelumnya, penerima Kartu Prakerja mendapat bantuan dengan nilai total Rp 3,55 juta.

Nilai bantuan itu terdiri atas bantuan biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif usai pelatihan yakni empat kali Rp 600.000 atau Rp 2,4 juta, dan insentif pengisian survei sebesar Rp 150.000. Airlangga berharap keputusan pemerintah menambah bantuan tersebut agar dapat lebih menggenjot skill dan produktivitas angkatan kerja, sesuai dengan tujuan awalnya.

  • Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19,” kata Airlangga, Senin, 3 Oktober 2022.
  • Baca: Cara Daftar Prakerja Gelombang 46 Beserta Syaratnya Dengan kembalinya Program Kartu Prakerja ke desain awal, dana insentif pelatihan yang sebelumnya sebesar Rp 1 juta, menjadi Rp 3,5 juta per peserta.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan insentif 1 kali usai pelatihan sebesar Rp 600.000 dan insentif survei sebesar Rp 100.000 untuk dua kali pengisian survei. Program Kartu Prakerja akan diimplementasi secara online, offline, maupun bauran serta memungkinkan bagi penerima bantuan sosial dari kementerian/lembaga.

Keikutsertaan program tersebut juga dimungkinkan bagi penerima bantuan sosial dari kementerian/lembaga lainnya seperti Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah, atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM). Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Cipta Kerja menyatakan para anggota komite sepakat untuk memulai skema normal pada tahun 2023 dan akan melanjutkan skema semi bansos hingga akhir kuartal keempat tahun 2022 dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif sama dengan sebelumnya.

“Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp 5 triliun dengan target 1,5 juta orang,” tuturnya. Sepanjang tahun 2022, Program Kartu Prakerja telah memberikan manfaat bagi 3,46 juta penerima dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia. Adapun total penerima bantuan sejak awal pelaksanaan program hingga mencapai 14,9 juta penerima.
Lihat jawaban lengkap

Berapa uang yang cair dari Prakerja?

Bisnis.com, JAKARTA – Penerima Kartu Prakerja Gelombang 46 telah diumumkan pada Jumat (7/8/2022). Informasi tersebut disampaikan PMO Kartu Prakerja melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id. “Halo penerima Kartu Prakerja Gelombang 46! Selamat ya, yuk segera beli pelatiha dan habiskan saldo pelatihan kamu!,” tulis mereka, dikutip Sabtu (8/10/2022).

Jika Anda lolos seleksi gelombang 46, Anda akan menerima notifikasi lolos melalui SMS, email, dan dashboard Kartu Prakerja Anda. Pada tanggal pengumuman gelombang, login ke akun Anda, lalu akan muncul 3 video tentang Kartu Prakerja. Pastikan Anda menonton ketiga video tersebut untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja Anda.

Apabila Anda tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun Anda. Adapun peserta yang lolos akan mendapatkan total biaya bantuan sebesar Rp3,55 juta per individu yang terdiri dari Rp1 juta untuk biaya pelatihan, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan untuk 4 bulan, dan insentif survei sebesar Rp150.000.
Lihat jawaban lengkap

Berapa insentif Kartu Prakerja per bulan?

1. Insentif biaya mencari kerja –

Penerima program Kartu Prakerja akan memperoleh insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600.000 setiap bulan. Dana insentif ini akan diberikan selama 4 (empat) bulan.

Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Wattpad?

Berapa bantuan dari Kartu Prakerja?

KOMPAS.com – Para lulusan SMA / SMK dan fresh graduate yang mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 47, bisa menikmati beberapa bantuan biaya dan insentif yang digunakan untuk mengembangkan diri. Dilansir dari laman Kartu Prakerja, bantuan dan insentif yang didapat dari pendaftaran gelombang 47 cukup banyak.

  1. Misalnya, mendapatkan manfaat bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000.
  2. Emudian insentif yang terdiri dari insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.
  3. Lalu insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp 50.000 per survei.
  4. Baca juga: BUMN Jasa Tirta I Buka Lowongan Kerja Lulusan D4/S1 Mendaftar Kartu Prakerja, lulusan SMA/SMK bisa mengikuti program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja.

Di dalam program Kartu Prakerja, ada banyak tutor yang menyediakan konten untuk berwirausaha, lalu ada juga pengembangan kompetensi angkatan kerja, dan juga bisa meningkatkan produktivitas, daya saing angkatan kerja. Sehingga, tidak ada salahnya dicoba untuk mendaftar.
Lihat jawaban lengkap

Pra Kerja Sampai Kapan?

Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023 dengan Skema Normal yang Memberikan Bantuan Pelatihan Lebih Besar – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia KEMETERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA SIARAN PERS HM.4.6/559/SET.M.EKON.3/10/2022

  • Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023 dengan Skema Normal yang Memberikan Bantuan Pelatihan Lebih Besar
  • Jakarta, 3 Oktober 2022

Seiring dengan melandainya kasus pandemi Covid-19, Pemerintah akan melakukan penyesuaian skema semi bansos pada Program Kartu Prakerja menjadi skema normal pada tahun 2023. Program Kartu Prakerja tersebut akan lebih difokuskan pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja, berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pasca pelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Cipta Kerja dalam Rapat Komite Cipta Kerja di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Senin (3/10).

Adapun Komite Cipta Kerja dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja, serta memiliki tugas untuk merumuskan kebijakan dan mengendalikan program Kartu Prakerja. Komite tersebut diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan wakil ketua adalah Kantor Staf Kepresidenan, serta beranggotakan Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan Menteri Dalam Negeri.

  1. Lebih lanjut, Menko Airlangga mengingatkan kepada seluruh pihak agar dapat mulai melakukan persiapan serta sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan terkait adanya berbagai perubahan mengingat skema normal akan segera dilaksanakan pada awal tahun 2023.
  2. Selanjutnya terkait dengan pelaksanaan skema normal tersebut, pada tahun 2023 Pemerintah akan melakukan penyesuaian besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp4,2 juta per individu dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.
  3. Selain itu, Menko Airlangga juga menuturkan bahwa Program Kartu Prakerja tersebut akan diimplementasi secara online, offline, maupun bauran serta memungkinkan bagi penerima bantuan sosial dari kementerian/lembaga lainnya seperti Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah, atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) untuk dapat menerima manfaat dari Program Kartu Prakerja.
  4. Terakhir, guna mendukung pelaksanaan skema normal tersebut, Komite Cipta Kerja juga meminta kerja sama dan pendampingan antara Kejaksaan Agung, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Kepolisian Republik Indonesia dengan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yang sudah berlangsung sejak tahun 2020 agar tetap dilanjutkan.

Sebagai informasi, tercatat pada tahun 2022, Program Kartu Prakerja telah memberikan manfaat bagi 3,46 juta penerima dari 514 kabupaten/kota di Indonesia dengan total penerima sejak awal pelaksanaan program hingga mencapai 14,9 juta penerima. Berdasarkan jumlah peserta tahun 2022 tersebut, sebanyak 53,6% diantaranya berasal dari 212 kabupaten/kota target penurunan kemiskinan ekstrem serta mencakup calon Pekerja Migran Indonesia (PMI).

  • Egiatan tersebut turut dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Perindustrian, Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Wakil Jaksa Agung, Plt.
  • Epala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa, Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, serta sejumlah perwakilan Kementerian/Lembaga lainnya.

(dft/fsr) *** Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso Website: www.ekon.go.id Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, & YouTube: @PerekonomianRI Email: [email protected] LinkedIn: Coordinating Ministry for Economic Affairs of the Republic of Indonesia : Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023 dengan Skema Normal yang Memberikan Bantuan Pelatihan Lebih Besar – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia
Lihat jawaban lengkap

Prakerja berakhir sampai kapan?

Kartu Prakerja tetap diadakan di tahun 2023.
Lihat jawaban lengkap

Kartu Prakerja gunanya untuk apa?

Apa sih tujuan Kartu Prakerja? Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.
Lihat jawaban lengkap

Berapa kali bisa mengikuti pelatihan Prakerja?

Aplikasi Pendataan Ketenagakerjaan Apa itu Kartu Prakerja? Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

  • Apa sih tujuan Kartu Prakerja?
  • Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.
  • Apakah Kartu Prakerja menggaji pengganguran?
You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Kredit Rekening Koran?

Tidak. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, bukan untuk menggaji pengangguran ya! Siapa aja sih yang bisa dapat manfaat Kartu Prakerja? Kamu bisa mendaftar jika kamu adalah WNI usia 18 tahun keatas dan tidak sedang bersekolah/kuliah.

Namun, program diprioritaskan untuk pengangguran muda. Eh, apakah harus menganggur? Tidak kok! Orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Prakerja. Apakah lulusan universitas unggulan dan sudah bekerja bisa dapat manfaat Kartu Prakerja? Tentu saja bisa! Karena pekerja baik itu lulusan universitas unggulan ataupun tidak juga butuh peningkatan kompetensi kerja dan keahlian.

Namun, prioritas tetap diberikan pada pengangguran muda! Siapa yang akan melaksanakan operasional Kartu Prakerja dan memberikan persetujuan manfaat Kartu Prakerja? Manajemen Pelaksana yang berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

  1. Berapa kali bantuan/manfaat Kartu Prakerja diberikan?
  2. Sekali saja, namun kamu bisa menggunakannya untuk mengikuti beberapa pelatihan.
  3. Apakah pagu Kartu Prakerja dapat dipakai oleh orang lain diluar yang telah disetujui?
  4. Tidak, pagu hanya dapat dipakai oleh penerima manfaat Kartu Prakerja sesuai dengan nama yang telah disetujui, alias tidak dapat dipindahtangankan kepada orang lain.
  5. Berapa maksimal orang yang dapat menerima manfaat Kartu Prakerja?
  6. 2 (dua) juta orang di tahun anggaran 2020.
  • Tes & Seleksi
  • Apakah saya harus menjalani tes untuk mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja?
  • Iya, kamu harus mengikuti tes pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.
  • Apakah tes mempengaruhi kelolosan saya?
  • Ya, tes merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi kelolosan kamu.
  • Apakah seleksi batch mempengaruhi kelolosan saya?
  • Benar, setiap seleksi atau batch mempunyai periode tertentu dan kuota, pada saat kamu melakukan proses pendaftaran, jangan lupa segera untuk ikut seleksi batch agar tidak ketinggalan kuota.
  • Kalau saya tidak dapat kuota batch yang saya pilih apakah saya bisa ikut seleksi batch berikutnya?

Boleh, kamu dapat mengikuti seleksi periode batch berikutnya. Pemilihan batch baru kamu akan di evaluasi kembali, kamu akan menerima notifikasi lolos atau tidak di Dashboard akun kamu. Apakah tes mempunyai limit waktu? Tenang kok, tes tidak ada limit waktu, kamu bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.
Lihat jawaban lengkap

BLT Prakerja 2022 kapan cair?

2. BLT Subsidi Upah – BLT selanjutnya yang juga banyak diburu masyarakat adalah Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022. Jumlah dana BLT Subsidi upah ini juga sebesar Rp 600 per penerima manfaat. BLT Ini khusus diperuntukkan bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta/bulan atau disesuaikan dengan nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) atau kabupaten/kota.
Lihat jawaban lengkap

Insentif Prakerja cair kemana?

Insentif Kartu Prakerja – Hingga akhir tahun, pemerintah menargetkan 5,6 juta peserta bisa menerima menfaat dari Kartu Prakerja, dengan anggaran sebesar Rp 20 triliun. Dari anggaran tersebut, setiap peserta mendapat insentif totalnya sebesar Rp 3.550.000.

Adapun rinciaannya, Rp 1.000.000 untuk biaya pelatihan, Rp 600.000 per orang per bulan untuk insentif pasca pelatihan, yang akan diberikan selama empat bulan atau totalnya mencapai Rp 2,4 juta. Sedangkan sisanya sebesar Rp 150.000 merupakan insentif survei. Insentif Kartu Prakerja akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo, atau GoPay milik peserta.

Bantuan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama.
Lihat jawaban lengkap

Bagaimana cara mendapatkan bantuan Kartu Prakerja?

Syarat dan Ketentuan Kartu Prakerja – Berikut ini beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi agar bisa mengikuti pendaftaran program kartu prakerja:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18-64 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Bukan merupakan anggota TNI/Polri/ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala dan perangkat desa dan sebagainya
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
  • Dalam 1 Kartu Keluarga (KK) maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdaftar sebagai penerima kartu prakerja
  • Merupakan pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, wirausahawan yang terdampak COVID-19

Lihat jawaban lengkap

Apa syarat mendaftar Kartu Prakerja?

Syarat Program Kartu Prakerja Gelombang 45 –

WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 18 tahun ke atas. Tidak sedang menempuh pendidikan formal. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD. Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kartu Keluarga) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Lihat jawaban lengkap

Kapan Prakerja 2022 dibuka?

Bisnis.com, JAKARTA – Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 44 sudah dibuka pada Minggu (4/9/2022). Informasi pembukaan gelombang tersebut disampaikan PMO Kartu Prakerja melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id. “Waktunya Gabung Gelombang! Kesempatan gabung di Gelombang 44 sudah dibuka Sob! Langsung meluncur ke dashboard akun Kartu Prakerja kamu dan klik “Gabung Gelombang” sekarang juga, tulis @prakerja.go.id, dikutip Minggu (4/9/2022).

Asal tahu saja, program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan dalam bentuk bantuan biaya yang ditujukan kepada pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Program Kartu Prakerja juga terbuka bagi difabel, maka dari itu difabel dianjurkan untuk mendaftar dan mengikuti program ini.

You might be interested:  Siapa Pemberi Pinjaman Dalam Pemakaian Informasi Akuntansi?

Sebagai informasi, peserta yang lolos dalam pendaftaran gelombang ini akan mendapatkan pelatihan online dan bantuan sosial (bansos) sebanyak Rp3,35 juta dengan rincian biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif Rp2,4 juta dan insentif survei Rp150.000.
Lihat jawaban lengkap

Prakerja gel 47 kapan dibuka?

Bisnis.com, JAKARTA – Pendaftaran program Kartu Prakerja untuk gelombang 47 sudah dibuka sejak Minggu (23/10/2022). Informasi pendaftaran tersebut diumumkan oleh PMO Kartu Prakerja melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id. “Yang dari kemarin udah pada nanyain, sekarang langsung menuju dashboard Kartu Prakerja dan klik ‘Gabung Gelombang’ ya, jangan sampai kelewatan!,” tulis Kartu Prakerja dalam unggahannya, dikutip Senin (24/10/2022).

  • Perlu diketahui, program Kartu Prakerja adalah sebuah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan dalam bentuk bantuan biaya yang ditujukan kepada pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Hadirnya program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mendapatkan dan mengikuti pelatihan.

Sebab, kompetensi merupakan kunci untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Peserta yang berhasil lolos dalam pendaftaran gelombang ini akan mendapatkan pelatihan online dan bantuan biaya sebesar Rp3,35 juta dengan rincian biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif Rp2,4 juta dan insentif survei Rp150.000.

WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 18 tahun ke atas. Tidak sedang menempuh pendidikan formal. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD. Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kartu Keluarga) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 47.

Buka laman dashboard.prakerja.go.id/daftar. Masukkan nama lengkap, email dan kata sandi. Klik ‘Daftar’. Lakukan verifikasi dengan membuka notifikasi pada email. Jika sudah terverifikasi, login menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan pada laman dashboard.prakerja.go.id. Masuk ke dashboard, kemudian verifikasi KTP dan KK. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto Anda. Verifikasi nomor telepon, lalu klik ‘Kirim’. Isi deklarasi survei. Terakhir, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Simak Video Pilihan di Bawah Ini : Konten Premium Nikmati Konten Premium Untuk Informasi Yang Lebih Dalam
Lihat jawaban lengkap

Prakerja gelombang 40 dapat uang berapa?

Prakerja Gelombang 40 Resmi Dibuka, Ini Cara Daftar dan Tips Agar Lolos! Makassar – resmi dibuka sejak Minggu (7/8), kemarin. Pendaftaran dapat dilakukan secara online. Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 40 ini disampaikan langsung Pihak Manajemen Kartu Prakerja (PMO) melalui akun instagram @prakerja.go.id.

“Sob! Sob! Sob! Gelombang 40 sudah dibuka! Tepat pukul 12.00 WIB siang ini kamu sudah bisa klik “Gabung Gelombang” untuk ikut seleksi gelombang 40,” demikian bunyi pengumuman di akun instagram @prakerja.go.id yang diunggah pada Minggu (7/8/2022). Bagi peserta yang lolos program Kartu Prakerja akan mendapatkan total bantuan sebesar Rp3.550.000 per orang.

Bantuan ini masing-masing adalah bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 per bulan selama 4 bulan, dan insentif survei Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei. Nah, bagi masyarakat yang belum lolos pada tahap sebelumnya dapat kembali mendaftar pada program Kartu Prakerja gelombang 40 ini.
Lihat jawaban lengkap

Prakerja gelombang 23 dapat uang berapa?

KOMPAS.com – Peserta yang lolos Prakerja gelombang 23 sudah diumumkan di media sosial Kartu Prakerja, Rabu (9/3/2022). Saat dikonfirmasi, Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem Prakerja Sumarna Abdurahman juga membenarkan adanya pengumuman prakerja gelombang 23,

  • Sudah (diumumkan),” ujar Sumarna kepada Kompas.com, Rabu (9/3/2022).
  • Baca juga: Penerima Prakerja Gelombang 23 Sudah Diumumkan, Cek Dashboard Masing-masing! Untuk mengecek lolos tidaknya Anda sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 23, bisa dilakukan melalui dashboard Prakerja.
  • Setelah login di laman prakerja.go.id, Anda akan mendapati laman dashboard tersebut.

Jika lolos, akan ada 16 digit Nomor Kartu Prakerja yang terlihat.
Lihat jawaban lengkap

Berapa uang Prakerja gelombang 36?

Insentif Kartu Prakerja – Bagi pendaftar yang lolos Prakerja akan mendapatkan insentif Prakerja, Dilansir laman Prakerja, insentif Prakerja hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama. Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat bernilai total Rp 3.550.000, terdiri dari:

  1. Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra.
  2. Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Peserta juga akan mendapat insentif yang terdiri dari dua bagian:
  • Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (Rp 2,4 juta).
  • Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei (Rp150.000).

Lihat jawaban lengkap