Bagaimana Jika Tidak Membayar Pinjaman Online?

Bagaimana Jika Tidak Membayar Pinjaman Online
5. Pelaporan SLIK OJK – Debitur yang tidak bisa melunasi utang setelah ditagih debt collector akan langsung masuk dalam daftar hitam SLIK OJK. Hal ini artinya kamu tidak akan bisa mengajukan pinjaman di fintech ataupun bank mana pun. Namun, tentu saja akan berbeda jika kamu menggunakan fintech ilegal,
Lihat jawaban lengkap

Apa yang terjadi jika tidak bisa membayar pinjaman online tepat pada waktunya?

1. Status pada SLIK OJK – Ketika kamu tidak bisa membayar pinjaman online tepat pada waktunya, secara otomatis statusmu pada layanan SLIK OJK akan berubah. Jika saat pembayaran pinjaman lancar akan mendapatkan status “kredit lancar”, kamu akan mendapatkan status “kredit macet” jika tidak bayar pinjaman online.
Lihat jawaban lengkap

Apa resiko jika tidak membayar pinjaman online ilegal?

Layanan pinjaman online saat ini cenderung mendapatkan respon negatif di masyarakat, hal ini dikarenakan terjadinya banyak kasus dari nasabah gagal bayar banyak yang disebar luaskan informasi dirinya. Kendati demikian, bagaimana resiko lain jika tidak membayar pinjaman online? Seperti yang sudah kita ketahui pinjaman online menjadi salah satu alternatif, bagi masyarakat di tengah-tengah masa sulit pandemi saat ini.

Maraknya peminjaman online dilakukan oleh masyarakat meningkat pada tahun 2020, akhirnya banyak layanan pinjaman online yang muncul dan tidak terdaftar secara resmi di OJK, Namun berkembang pemahaman bahwa jika melakukan pinjaman online terutama pinjol ilegal, tidak usah membayarnya. Hal ini tentu tidak sepenuhnya dapat dibenarkan, dikarenakan masih terdapat resiko tidak bayar pinjaman online ilegal yang dapat merugikan diri sendiri.

Berikut penjelasan resiko jika tidak membayar pinjaman online.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Undang-Undang Yang Mengatur Tentang Mata Uang Rupiah Adalah?

Apakah seseorang tidak mampu membayar pinjaman?

Sanksi Tidak Berupa Pidana –

  • Mengacu pada ketentuan undang-undang, seseorang tidak akan mengalami pidana dengan alasan tidak mampu membayar pinjaman.
  • Hal ini berkaitan dengan Undang-undang HAM yang menjamin bahwa seseorang tak boleh dipenjara hanya karena tidak mampu memenuhi kewajiban dalam perjanjian utang piutang.
  • Jadi, jika kamu mendapatkan ancaman akan dilaporkan pada pihak kepolisian karena tidak mampu membayar pinjaman, sanksi yang diberikan bukan dipidanakan.

Lihat jawaban lengkap

Apa sanksi jika tidak bayar pinjaman online?

Dewasa ini, jasa peminjaman uang secara online memang sedang marak. Sayangnya, belum ada regulasi lengkap dari pemerintah Indonesia, termasuk sanksi kalau tidak bayar pinjaman online, Padahal, pinjaman online bisa jadi salah satu alternatif saat membutuhkan pinjaman uang untuk kebutuhan mendadak,

  1. Pada akhirnya, sanksi yang diberlakukan oleh perusahaan pinjaman online menjadi rawan penyalahgunaan.
  2. Dilansir dari situs LBH Jakarta, beberapa perusahaan pinjaman online memberikan sanksi berupa pengambilan data pribadi dari handphone peminjam.
  3. Selain itu, ada pula penagihan pada kontak pribadi peminjam, hingga ancaman dan tekanan pelecehan seksual pada peminjam.

Hal ini berdampak pada jeleknya reputasi pinjaman online di mata banyak orang. Padahal, tidak semua perusahaan pinjaman online melakukan hal-hal tersebut sebagai sanksi kalau tidak bayar pinjaman online, Masih ada banyak perusahaan pinjaman online yang terpercaya dan aman, sehingga kamu bisa memilihnya tanpa khawatir.
Lihat jawaban lengkap