Apa Nilai Nominal Uang Terkecil Di Negara Kita?

Apa Nilai Nominal Uang Terkecil Di Negara Kita
Sering Dibuang, Duit Receh Rp 100 Masih Laku Nggak Sih? Jakarta – Uang recehan Rp 100 kerap dipandang sebelah mata. Memang dari segini nilai, Rp 100 adalah pecahan uang rupiah terkecil yang masih berlaku sebagai alat pembayaran. Nominalnya yang kecil dan berbentuk koin mungkin Rp 100 merepotkan untuk disimpan di dompet maupun di saku celana, sehingga tak jarang diletakkan sembarangan.

Setidaknya dibutuhkan 10 koin agar uang recehan tersebut bernilai sama dengan Rp 1.000. Tentu akan memenuhi dompet. Menurut Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho, alasan di atas bisa saja menjadi penyebab uang koin Rp 100 kurang dihargai. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT “Mungkin banget (repot menyimpannya), aku sendiri juga ngerasain begitu tiap habis belanja dapat uang receh banyak kan, itu jadi menuh-menuhin dompet, dompetnya tebal isinya recehan Rp 100 perak nggak keren banget kan rasanya,” katanya kepada detikcom, Senin (8/11/2021).

Terlebih rasanya sudah tidak ada lagi barang-barang yang harganya ratusan rupiah sehingga tidak dibutuhkan pecahan Rp 100. Alhasil orang mengabaikan keberadaan uang receh tersebut. “Ini kan kita apalagi di Jakarta misalnya mau beli sesuatu barang yang harganya Rp 100 itu bisa dibilang sudah nggak ada kan ya,” sebutnya.

Pengamatan detikcom sendiri, tukang parkir terkadang ogah menerima uang recehan meskipun jika ditotal jumlahnya bisa mencapai Rp 2.000. Adapula tukang parkir atau pak ogah di perempatan maupun tempat putar balik kendaraan yang langsung membuang uang Rp 100 yang dia terima dari pengendara. Tak heran jika terkadang di jalanan dapat ditemukan uang-uang receh Rp 100 yang tergeletak begitu saja.

Padahal menurut Andi uang receh tersebut bisa dimanfaatkan jika dikumpulkan hingga banyak. Simak Video: Pasutri di Makassar Beli Toyota Rush Pakai Uang Receh (toy/fdl) : Sering Dibuang, Duit Receh Rp 100 Masih Laku Nggak Sih?
Lihat jawaban lengkap

Apa uang nominal?

Nilai Nominal – Pengertian, Jenis, dan Contohnya | Tokopedia Kamus “Nilai yang tercantum pada surat berharga atau instrumen keuangan lain; nilai nominal saham biasa adalah nilai nominal yang ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan dan tidak mempunyai hubungan atau kaitan khusus dengan kondisi keuangan perusahaan yang bersangkutan setelah tanggal pengeluaran saham tersebut; nilai nominal surat utang, misalnya obligasi, sangat berkaitan dengan kondisi keuangan karena nilai tersebut merupakan harga yang akan dibayarkan kepada pemegang obligasi pada saat jatuh tempo (at par nominal).” Otoritas Jasa Keuangan Nilai Nominal adalah nilai uang yang tertera pada atau instrumen keuangan lainnya.

  1. Nilai ini sangat mudah diketahui karena hanya perlu melihat angka yang ada.
  2. Misalnya, pada uang yang tertulis Rp500 dan Rp1.000, keduanya memiliki nilai nominal yang masing-masing adalah Rp500 dan Rp1.000.
  3. Meski keduanya memiliki biaya produksi dan bahan yang sama, tetapi tetap saja nilai nominalnya berbeda.

Ada 2 istilah yang berhubungan dengan nilai nominal pada, yaitu full bodied money dan fiducier money, Full bodied money adalah uang yang nilai nominalnya sama dengan nilai intrinsiknya, misalnya nilai uang logam Rp500 yang sama dengan nilai nominalnya.

Sedangkan fiducier money adalah uang yang nilai nominalnya lebih besar daripada nilai intrinsiknya, misalnya uang kertas. Istilah nilai nominal juga dikenal di dunia pasar modal, yaitu nilai nominal, Nilai nominal saham adalah nilai yang dinyatakan per lembar saham dari perusahan sesuai dengan piagam perusahaan penerbit.

Nilai nominal saham ditentukan saat saham tersebut diterbitkan. Nilai ini lebih digunakan untuk kepentingan akuntansi dan hukum. Nilai nominal saham tidak digunakan untuk mengukur nilai riil suatu saham, tetapi hanya untuk menentukan besarnya modal yang disetor penuh pada,
Lihat jawaban lengkap

Berapa rupiah terbesar di uang kertas Indonesia?

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menegaskan bahwa uang pecahan rupiah kertas yang berlaku saat ini nominal tertinggi adalah Rp100.000 (seratus ribu rupiah ).
Lihat jawaban lengkap

Berapa harga nominal?

Harga Nominal – Pengertian dan Contohnya | Tokopedia Kamus Bagikan “Harga yang bukan penawaran perusahaan untuk membeli dan atau menjual, tetapi lebih utama untuk informasi atau memberikan indikasi harga dan apa yang berlaku pada perusahaan tersebut (nominal price).” Otoritas Jasa Keuangan Harga nominal adalah harga dari suatu barang atau produk pada masa barang atau produk tersebut diproduksi.

  1. Harga nominal tidak terpengaruh akan adanya inflasi, jadi harga nominal tidak akan berubah.
  2. Hal tersebut berbeda dengan harga riil yang berubah-ubah sesuai zaman mengikuti,
  3. Ambil contoh nilai dolar.
  4. Harga nominal dari dolar tersebut adalah harga yang tertera di pecahan dollar tersebut.
  5. Misalnya di uang dollar tertera 10 dolar, itulah harga nominalnya.

Nilai harga nominal akan selalu tetap dan tidak akan berubah-ubah. Sedangkan nilai tukarnya akan selalu berubah-ubah mengikuti inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Nilai yang berubah itulah yang disebut harga riil, sedangkan harga nominal adalah nilai dolar yang tidak berubah.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Apa Itu Interest Dalam Tagihan Kartu Kredit?

Berapa nominal uang paling tinggi?

1. Dinar Kuwait (KWD) – Apa Nilai Nominal Uang Terkecil Di Negara Kita Sumber Gambar: Geo.tv Posisi pertama mata uang tertinggi dipegang oleh Dinar Kuwait (KWD). Nominal 1 KWD setara dengan Rp48.159. Rupanya, hal ini didukung oleh perekonomian Kuwait yang kuat di sektor perminyakan dunia. Bahkan, Kuwait menjadi negara dengan cadangan minyak bumi terbesar dan memperoleh pendapatan global 80% dari industri perminyakan.
Lihat jawaban lengkap

Uang 100 ribu baru keluar tahun berapa?

Pengeluaran Uang NKRI pecahan Rp20 – Mulai tanggal 17 Agustus 2014, Bank Indonesia meluncurkan uang baru NKRI, pecahan Rp100.000. Perbedaan Rp100.000 tahun emisi 2004 dengan 2014 sebagai berikut (lihat gambar). Perbedaan uang Rp100000 Tahun Emisi 2004 dan 2014

Perubahan desain see-through register/rectoverso Penggantian frasa Bank Indonesia menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia Perubahan penulisan nama dan gelar pahlawan Perubahan lokasi tahun emisi dan tahun cetak Penandatanganan Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan, Penambahan blok warna Perubahan warna pada nomor seri Perubahan ukuran huruf pada tulisan Bank Indonesia

Lihat jawaban lengkap

Uang logam 1000 baru terbuat dari apa?

JAKARTA – Uang koin Rp1.000 gambar kelapa sawit pernah viral lantaran harga jualnya yang mencapai puluhan juta hingga ratusan juta Rupiah. Bank Indonesia (BI) pun membeberkan histori penerbitan uang Rp1.000 gambar kelapa sawit yang masih berlaku hingga saat ini.

Berikut fakta menarik uang koin Rp1.000 kelapa sawit yang dirangkum di Jakarta, Minggu (27/2/2022).1. Diterbitkan pada Tahun 1993 BI menerbitkan uang ini pada 8 Maret 1993 dengan tahun emisi 2010. Bahan dari yang uang koin Rp1.000 ada dua jenis yakni lingkar luar berbahan Cupro Nikel dan Lingkar dalam berbagan Aluminium Bronze.2.

Tampilan Uang Koin Rp1.000 Uang Rp1.000 kelapa sawit memliki berat 8,60 gr, dengan diameter lingkar luar: 26,00 mm dan lingkar dalam: 18,00 mm. Uang ini memiliki ketebalan 2,40 mm dan mempunyai warna putih dan kuning.3. Mempunyai Nama Uang logam ini pun sebenarnya mempunyai nama, yakni Uang Logam Bank Indonesia.
Lihat jawaban lengkap

Ribu nol nya berapa?

Misalnya, angka seribu (1.000) memiliki tiga nol. Itu berarti angka besar berikutnya, yaitu sepuluh ribu (10.000), memiliki empat nol.
Lihat jawaban lengkap

Benarkah uang 1 juta?

Penjelasan Bank Indonesia dan Perum Peruri – Video terkait uang 1.0 bukan pertama kalinya beredar dan viral di media sosial. Sebelumnya video serupa pernah muncul tahun lalu tepatnya 5 November 2021. Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan saat itu menegaskan bahwa uang pecahan rupiah kertas yang berlaku saat ini nominal tertinggi adalah Rp 100.000 (seratus ribu rupiah).
Lihat jawaban lengkap

Siapa yang menciptakan uang?

4. Sejarah Uang Logam dan Kertas Dimulai! – Secara umum, uang adalah benda yang masyarakat umum sepakati sebagai alat tukar dalam aktivitas ekonomi. Kehadiran uang memudahkan transaksi jual beli barang dan jasa menjadi lebih efektif dan efisien. Nilai uang juga berkembang dari yang awalnya hanya sebagai alat tukar menjadi alat ukur pendorong transaksi.

  • Berdasarkan sejarah, keberadaan uang pertama kali dicetuskan oleh Bangsa Lydia yang hidup di wilayah Turki pada abad ke-6 SM.
  • Uang tersebut terbuat dari campuran emas dan perak dan berbentuk seperti kacang polong.
  • Perbandingan kandungan emas dan perak di dalam uang tersebut adalah 75:25 dan menjadi standar.

Mereka menamai uang tersebut elektrum. Uang logam kemudian pertama kali diciptakan pada tahun 560-546 SM oleh Croseus di Yunani. Dalam sejarah uang, bangsa Yunani dikenal sebagai penemu uang logam pertama. Bangsa Yunani mencetak berbagai jenis uang logam yang nilainya mereka tentukan berdasarkan bahan pembuatnya.

Namun, seiring berjalannya waktu akibat keterbatasan bahan baku uang logam (emas dan perak), tercetuslah ide untuk membuat uang kertas oleh orang Tiongkok pada abad 1M. Kalau merujuk sejarah, pembuatan uang kertas sebenarnya sudah mulai dilakukan sebelum masa Dinasti Tang, tetapi gagal karena sulit menemukan bahan kertas yang tahan lama.

Barulah saat Dinasti Tang berkuasa, seseorang bernama Ts’ai Lun berhasil menciptakan kertas dari kulit kayu murbei.
Lihat jawaban lengkap

Apakah nominal itu angka?

Juta, Miliar, Triliun, Trus Apa Lagi ya? Berikut Nama Bilangan Di atas Triliun! Hai sobat OSC! Selama ini pasti kita mengira bahwa bilangan tertinggi dari suatu nominal adalah triliun. Tapi, pernahkan kalian bertanya apakah ada bilangan lain di atas triliun? Jika ada, apa sebutan untuk bilangan tersebut? Nama bilangan atau nominal untuk menyatakan besaran jumlah dan harga barang (uang) yang umum kita ketahui adalah satuan, puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, milyaran, dan berhenti di triliunan.

Sebelum masuk ke intinya, kita ketahui dahulu bahwa 1 triliun jumlah angka nolnya mencapai 12. Lalu bagaimana dengan sebutan seribu triliun? Satuan seribu triliun bisa juga disebut satu kuadriliun.1 kuadriliun jumlah nolnya mencapai 15, maka 1.854 triliun bisa juga ditulis dengan 1,854 kuadriliun. Berikut penamaannya Perlu diketahui, dalam urutan bilangan per seribu (tiga angka nol), di atas kuadriliun ada penamaan tersendiri sesuai jumlah nol di belakang angka.

Apa saja itu? Yuk, kita mulai dari bilangan kecil terlebih dahulu.1.000.000 (jumlah nol 6) = 1 juta 1.000.000.000 (jumlah nol 9) = 1 Miliar 1.000.000.000.000 (jumlah no 12) = 1 Triliun 1.000.000.000.000.000 (jumlah nol 15) = 1 Kuadriliun 1.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 18) = 1 Kuintiliun 1.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 21) = 1 Sekstiliun 1.000.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 24) = 1 Septiliun 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 27) = 1 Oktiliun 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 30) = 1 Noniliun 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 33) = 1 Desiliun Daftar urutan angka setelah milyar adalah triliun seperti di atas merupakan standar yang dipakai di Indonesia, Prancis, Rusia, dan Amerika Serikat.

  • Tapi kadang-kadang kita masih menemukan orang menuliskannya dengan urutan milyar (1.000.000.000), biliun (1.000.000.000.000), triliun (1.000.000.000.000.000).
  • Perbedaan tersebut karena dulu Indonesia menganut sistem urutan Belanda/Sistem Inggris.
  • Pasti sobat OSC tahu dong kalau dulu negeri kita dijajah Belanda.
You might be interested:  Macam-Macam Transaksi Yang Terjadi Pada Pasar Uang Antara Lain Adalah?

Namun seiring perkembangan waktu, Indonesia mulai terpengaruh dengan sistem Amerika, yaitu triliun jumlah nol-nya ada 12 buah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri mendefinisikan milyar = 1.000.000.000. Bagaimana, sudah cukup pusing melihatnya? Eits, tunggu dulu.

Alau kamu mengira bilangan Desilun adalah yang terakhir, salah besar. Kelompok Desiliun masih terbagi lagi. Tidak berhenti di situ, penggolongan bilangan di atas Desiliun yang nominalnya mustahil dihitung dengan kalkulator juga ada, seperti Vigintilliun dengan jumlah nol di atas 60. Apabila jumlah nol sebanyak 100, maka sebutannya adalah Googol.

Di atas Googol masih ada lagi, dan seterusnya. Ah, cukup pusing ya membayangkan nominalnnya bukan? Sudah jangan terlalu dipikirkan yaa! : Juta, Miliar, Triliun, Trus Apa Lagi ya? Berikut Nama Bilangan Di atas Triliun!
Lihat jawaban lengkap

Berapa nominal $100?

100 dollar berapa rupiah? Saat ini satu dollar US bernilai sama dengan 14.816 IDR. Maka dari itu 100 dollar US sama dengan 1.472.800.00 Rupiah.
Lihat jawaban lengkap

Berapa nominal $10?

Penjelasan dengan langkah-langkah – Materi Kurs adalah harga mata uang dari suatu negara yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang lainnya. Kurs terbagi menjadi 3, yaitu kurs jual, kurs beli, dan kurs tengah.

  • Kurs jual adalah kurs yang dipakai untuk menjual uang asing. Jika kita ingin menukarkan rupiah dengan uang asing, maka digunakan nilai kurs jual. Kurs jual biasanya lebih tinggi daripada kurs beli.
  • Kurs beli adalah kurs yang dipakai untuk membeli uang asing. Jika kita ingin menukarkan uang asing dengan rupiah, maka digunakan nilai kurs beli.
  • Kurs tengah adalah nilai tengah antara kurs jual dengan kurs beli. Jika kita melihat daftar nilai kurs tanpa penjelasan detail, maka itu adalah nilai kurs tengah. Nilai kurs ini biasanya dapat kita lihat di daftar kurs mata uang asing pada koran, TV, internet, atau media lainnya.

Diketahui

Sejumlah uang bernilai $10.

Ditanya

Berapa nilainya jika dirupiahkan?

Jawab Jawaban untuk pertanyaan ini adalah relatif terhadap tanggal konversi nilai mata uang. Untuk mengonversi nilai mata uang dolar ke rupiah, diperlukan nilai kurs. Nilai kurs ini berubah-ubah setiap hari bergantung situasi dan kondisi negara-negara yang bersangkutan.
Lihat jawaban lengkap

Apa mata uang termahal?

1. Dinar Kuwait (KWD) – Mata uang termahal yang pertama adalah Dinar Kuwait atau KWD. Perannya yang besar pada industri perminyakan dunia sudah menjadikannya sebagai salah satu negara paling kaya di bumi dengan perkiraan kekayaan mencapai US$ 71,58 miliar.
Lihat jawaban lengkap

Berapa nominal 1 Real?

Jawaban ini terverifikasi.1 Riyal Saudi setara dengan 3.896,52 Rupiah (pertanggal 26/05/2022. Riyal merupakan Mata Uang Arab Saudi sedangkan Rupiah merupakan Mata Uang Indonesia.
Lihat jawaban lengkap

Kenapa nilai mata uang bisa turun?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) mengungkapkan faktor-faktor yang menyebabkan nilai tukar rupiah melemah dan sempat menyentuh level Rp 15.000 per dollar AS. Melansir data Bloomberg, mata uang Garuda saat ini mulai menguat tipis di level Rp 14.979 per dollar AS.

Nilai tersebut menguat 0,08 persen dari posisi penutupan perdagangan kemarin Rp 15.001 per dollar AS. Lalu apa saja penyebab pelemahan nilai tukar rupiah saat ini menurut BI? 1. Pelaku pasar keuangan global khawatir resesi Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Edi Susianto mengatakan, penyebab utama dari pelemahan nilai tukar rupiah disebabkan karena pelaku pasar keuangan khawatir akan terjadi resesi ekonomi global.

Baca juga: Subsidi Energi Bisa Makin Bengkak akibat Pelemahan Rupiah ” Triger utama dari pelemaham mata uang ini adalah datang dari pasar keuangan global, di mana pelaku pasar global khawatir akan terjadinya perlambatan lebih jauh atas ekonomi global bahkan khawatir bisa masuk ke kondisi resesi,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/7/2022).

Pelaku pasar melihat kondisi ekonomi Amerika Serikat (AS) saat ini cenderung mendukung asumsi tersebut. Ditambah AS dan negara-negara lain saat ini tengah menghadapi lonjakan inflasi.2. Investor mencari instrumen safe haven Bayangan resesi yang menghantui perekonomian berbagai negara tersebut menyebabkan investor di pasar global mencari instrumen investasi yang aman ( safe haven ) dari ketidakpastian ini.

“Hal tersebut mendorong para pelaku pasar global untuk terus mencari safe haven currency dan safe haven assets,” ucap Edi. Dia menyebutkan, saat ini mata uang safe haven yang dipilih investor pasar uang ialah dollar AS. Baca juga: Dilema Ekonomi RI: Mulai Pulih dari Pandemi, Malah Diadang Inflasi dan Pelemahan Rupiah Ini menyebabkan indeks dollar AS (DXY) terus menguat dan bahkan kini sudah berada di atas 106, di mana level ini menjadi yang tertinggi selama 20 tahun terakhir.

Sementara safe haven assets condong ke cash market dan ke US Treasury (UST bond) sehingga yield UST 10 year terus mengalami penurunan (UST menguat),” jelasnya. Skibat kedua faktor tersebut, pelemahan tidak hanya dialami oleh rupiah, tetapi juga mata uang negara lainnya. Dengan demikian, pelemahan mata uang ini menjadi fenomena global karena terjadi di berbagai negara, khususnya negara emerging market seperti Indonesia.

You might be interested:  Devisa Yang Dihasilkan Dari Hasil Pinjaman Luar Negeri Dinamakan Devisa?

“Di wilayah Asia, selain IDR mata uang lainnya spt THB, MYR, PhP, INR, KRW, juga mengalami pelemahan thd USD. Artinya ini adalah fenomena global,” tutur Edi. Baca juga: Rupiah Sempat Tembus 15.000, Pengusaha: Mengkhawatirkan Kami, Kalau Berlanjut Bisa Alami Krisis Arus Kas Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
Lihat jawaban lengkap

Berapa nominal $10?

Penjelasan dengan langkah-langkah – Materi Kurs adalah harga mata uang dari suatu negara yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang lainnya. Kurs terbagi menjadi 3, yaitu kurs jual, kurs beli, dan kurs tengah.

  • Kurs jual adalah kurs yang dipakai untuk menjual uang asing. Jika kita ingin menukarkan rupiah dengan uang asing, maka digunakan nilai kurs jual. Kurs jual biasanya lebih tinggi daripada kurs beli.
  • Kurs beli adalah kurs yang dipakai untuk membeli uang asing. Jika kita ingin menukarkan uang asing dengan rupiah, maka digunakan nilai kurs beli.
  • Kurs tengah adalah nilai tengah antara kurs jual dengan kurs beli. Jika kita melihat daftar nilai kurs tanpa penjelasan detail, maka itu adalah nilai kurs tengah. Nilai kurs ini biasanya dapat kita lihat di daftar kurs mata uang asing pada koran, TV, internet, atau media lainnya.

Diketahui

Sejumlah uang bernilai $10.

Ditanya

Berapa nilainya jika dirupiahkan?

Jawab Jawaban untuk pertanyaan ini adalah relatif terhadap tanggal konversi nilai mata uang. Untuk mengonversi nilai mata uang dolar ke rupiah, diperlukan nilai kurs. Nilai kurs ini berubah-ubah setiap hari bergantung situasi dan kondisi negara-negara yang bersangkutan.
Lihat jawaban lengkap

Apakah nominal itu angka?

Juta, Miliar, Triliun, Trus Apa Lagi ya? Berikut Nama Bilangan Di atas Triliun! Hai sobat OSC! Selama ini pasti kita mengira bahwa bilangan tertinggi dari suatu nominal adalah triliun. Tapi, pernahkan kalian bertanya apakah ada bilangan lain di atas triliun? Jika ada, apa sebutan untuk bilangan tersebut? Nama bilangan atau nominal untuk menyatakan besaran jumlah dan harga barang (uang) yang umum kita ketahui adalah satuan, puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, milyaran, dan berhenti di triliunan.

  1. Sebelum masuk ke intinya, kita ketahui dahulu bahwa 1 triliun jumlah angka nolnya mencapai 12.
  2. Lalu bagaimana dengan sebutan seribu triliun? Satuan seribu triliun bisa juga disebut satu kuadriliun.1 kuadriliun jumlah nolnya mencapai 15, maka 1.854 triliun bisa juga ditulis dengan 1,854 kuadriliun.
  3. Berikut penamaannya Perlu diketahui, dalam urutan bilangan per seribu (tiga angka nol), di atas kuadriliun ada penamaan tersendiri sesuai jumlah nol di belakang angka.

Apa saja itu? Yuk, kita mulai dari bilangan kecil terlebih dahulu.1.000.000 (jumlah nol 6) = 1 juta 1.000.000.000 (jumlah nol 9) = 1 Miliar 1.000.000.000.000 (jumlah no 12) = 1 Triliun 1.000.000.000.000.000 (jumlah nol 15) = 1 Kuadriliun 1.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 18) = 1 Kuintiliun 1.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 21) = 1 Sekstiliun 1.000.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 24) = 1 Septiliun 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 27) = 1 Oktiliun 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 30) = 1 Noniliun 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (jumlah nol 33) = 1 Desiliun Daftar urutan angka setelah milyar adalah triliun seperti di atas merupakan standar yang dipakai di Indonesia, Prancis, Rusia, dan Amerika Serikat.

Tapi kadang-kadang kita masih menemukan orang menuliskannya dengan urutan milyar (1.000.000.000), biliun (1.000.000.000.000), triliun (1.000.000.000.000.000). Perbedaan tersebut karena dulu Indonesia menganut sistem urutan Belanda/Sistem Inggris. Pasti sobat OSC tahu dong kalau dulu negeri kita dijajah Belanda.

Namun seiring perkembangan waktu, Indonesia mulai terpengaruh dengan sistem Amerika, yaitu triliun jumlah nol-nya ada 12 buah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri mendefinisikan milyar = 1.000.000.000. Bagaimana, sudah cukup pusing melihatnya? Eits, tunggu dulu.

Alau kamu mengira bilangan Desilun adalah yang terakhir, salah besar. Kelompok Desiliun masih terbagi lagi. Tidak berhenti di situ, penggolongan bilangan di atas Desiliun yang nominalnya mustahil dihitung dengan kalkulator juga ada, seperti Vigintilliun dengan jumlah nol di atas 60. Apabila jumlah nol sebanyak 100, maka sebutannya adalah Googol.

Di atas Googol masih ada lagi, dan seterusnya. Ah, cukup pusing ya membayangkan nominalnnya bukan? Sudah jangan terlalu dipikirkan yaa! : Juta, Miliar, Triliun, Trus Apa Lagi ya? Berikut Nama Bilangan Di atas Triliun!
Lihat jawaban lengkap

Berapa nominal 10K?

9K Berarti 9.000, Apa Sih Arti Huruf “K” di Belakang Nominal Harga?

  • Buat kaum shopaholic pasti sudah hafal dengan notasi harga barang yang suka ditulis dengan huruf “K” di belakang nominal harga, seperti 1K, 10K, 100K, dan seterusnya.
  • Pertanyaannya, apa ya sebetulnya arti huruf “K” tersebut dan mengapa harus menggunakan notasi huruf alih-alih menggunakan angka seluruhnya?
  • Huruf “K” digunakan untuk menyatakan ribuan dan merupakan salah satu unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d’unités) yang berasal dari kata “Kilo”.

Kilo adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani, Chilioi, yang artinya banyak atau jamak. Jadi, kalau tertera harga 1K berarti 1.000, 10K berarti 10.000, 100K berarti 100.000, dan seterusnya. Penggunaan huruf “K” untuk menyatakan “ribuan” diperkirakan dimulai sejak pertengahan 1940-an. Ilustrasi imbalan. (PIXABAY)
Lihat jawaban lengkap

Bagaimana cara menulis nominal uang?

4. Tambahkan Tanda Koma – Setelah nominal utama, harus ditambahkan dengan tanda koma sebagai penanda desimal. Jadi, nominal rupiah ditulis dengan tambahan tanda koma diikuti dua bilangan nol di belakangnya. Contohnya, Rp10.000,00.
Lihat jawaban lengkap