Apa Benar Uang 100 Rupiah Kertas Mahal?

Apa Benar Uang 100 Rupiah Kertas Mahal
Jika memang benar Harga Uang 100 Rupiah Kertas ini mahal maka seharusnya uang yang dibandrol dengan harga mahal mencapai ratusan ribu ini adalah uang kertas 100 rupiah asli yang dikeluarkan pada tahun 1992. Begitulah mengapa harga uang 100 rupiah kertas sekarang ini mahal. uang 100 rupiah kertas tahun 1992
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang 100 rupiah kertas masih berlaku?

Bank Indonesia : Uang Lama Masih Berlaku Meski Ada Tujuh Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru HO Tujuh uang rupiah kertas baru terdiri dari Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5000, Rp2000, dan Rp1000 Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia memastikan uang rupiah penerbitan lama masih berlaku untuk bertransaksi, meski saat ini telah dikeluarkan tujuh pecahan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022 (uang TE 2022).

“Pengeluaran uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan uang rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya,” tulis keterangan Bank Indonesia, Kamis (18/8/2022).Bank Indonesia menyebut, seluruh uang rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.”Sebagaimana diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa,” tulisnya. Baca juga: Adapun ketujuh pecahan Uang TE 2022 secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Mengutip keterangan Bank Indonesia, Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5000, Rp2000, dan Rp.1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022 dalam rincian berikut. Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

  • Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.
  • Inovasi dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

: Bank Indonesia : Uang Lama Masih Berlaku Meski Ada Tujuh Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru
Lihat jawaban lengkap

Apakah uang kertas lama bisa ditukar?

3. Tukar ke Bank Indonesia – Selain dijual, uang kuno memungkinkan ditukar langsung ke Bank Indonesia supaya bisa digunakan kembali untuk keperluan bertransaksi. Masyarakat dapat menukarkan uang yang peredarannya telah dinyatakan dicabut dalam waktu 10 tahun sejak masa pencabutan ditetapkan.

  1. Dilansir dari laman BI, pecahan uang logam dan kertas kuno ini hanya bisa ditukar ke Bank Indonesia pusat di Jakarta atau ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri.
  2. Untuk mengetahui daftar-daftar uang kuno yang masih berlaku ditukar, silakan mengunjungi link berikut,
  3. Apabila uang kuno yang Anda punya tidak terdaftar di kolom penukaran BI, alternatifnya seperti cara di atas yaitu dijual ke kolektor atau memasarkan sendiri via media sosial.

Itulah beberapa cara jual uang kuno dan tempat penukarannya yang bisa Anda coba sendiri sesuai keperluan. (avd/fef)
Lihat jawaban lengkap

Kapan bisa menukar uang baru di bank 2022?

Begini Cara Menukar Uang Baru Edisi 2022 – Masyarakat dapat melakukan penukaran uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia. Seiring momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) meluncurkan tujuh pecahan Uang rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022), di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

  • Etujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  • Menteri Keuangan dengan saya telah resmi meluncurkan uang emisi baru tahun 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang kertas Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Uang TE 2022 ini tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Menurut Gubernur BI, uang kertas ini bukan sekadar alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI. Melainkan juga, untuk memperkuat simbol kesatuan, persatuan, dan negara Republik Indonesia. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam rilisnya menyampaikan bahwa inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan. “Serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Erwin.

Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat Undang-Undang Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai undang-undang. Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan uang yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Adapun seluruh uang kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia. Seperti diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.

  1. Masyarakat dapat melakukan penukaran Uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia.
  2. Pemesanan penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id,
  3. Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai 19 Agustus 2022.
You might be interested:  Apa Fungsi Uang Sebagai Alat Pembayaran Utang?

Pelaksanaan penukaran dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah. Berikut ini beberapa syarat yang perlu diketahui saat ingin menukar uang baru emisi 2022 melalui online, Syarat dan cara menukar uang baru di bank via aplikasi PINTAR BI:

Login ke aplikasi PINTAR atau https://pintar.bi.go.id di browser; Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling”; Pilih provinsi tempat penukaran uang baru; Lalu pilih jadwal penukaran uang baru sesuai kota. Selanjutnya, lengkapi data seperti NIK, nama, nomor telepon genggam, dan email; Berikutnya masukkan nominal uang yang dikehendaki; Selesaikan petunjuk pemesanan; Jika sudah, simpan bukti pemesanan jadwal tukar uang; Selanjutnya masyarakat datang ke kantor perwakilan yang sudah dipilih; Hitung kembali nominal pecahan dari tukar uang baru di Bank Indonesia.

Cara menukar uang baru emisi 2022 via offline di bank umum:

Membawa kartu identitas, seperti KTP ke kantor cabang bank atau mobil kas keliling bank; Pastikan membawa dan memiliki rekening bank; Perhatikan limit penukaran setiap bank, hal ini dilakukan agar penukaran uang baru merata; Selanjutnya ikuti arahan petugas bank sebelum memproses penukaran uang lama ke uang yang baru.

Penulis: Kristantyo Wisnubroto Redaktur: Ratna Nuraini/Elvira Inda Sari Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber Indonesia.go.id
Lihat jawaban lengkap

Cetak uang Baru untuk apa?

3 Tujuan BI Keluarkan Uang Kertas Baru Pecahan Rp1.000-Rp100.000 Jakarta, CNN Indonesia – (BI) mengungkapkan tiga tujuan utama meluncurkan kertas tahun emisi (TE) 2022. Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan tujuan Pertama adalah ; BI ingin menyediakan uang rupiah yang makin berkualitas dan terpercaya sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI.

Edua, BI meningkatkan keamanan, kenyamanan, serta kebanggaan masyarakat menggunakan uang rupiah. Ketiga, menjaga reputasi uang rupiah sebagai salah satu simbol kedaulatan negara. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT “Karena bagaimanapun mata uang di sebuah negara merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan negara tersebut.

Ini lah yang menjadi pijakan kita terhadap ujungnya bahwa uang rupiah harus betul-betul berdaulat diNKRI dan juga menjagamarwah dan reputasi bangsa Indonesia,” jelasnya dalam media briefing, Kamis (18/8). Ia menambahkan penerbitan uang baru ini berawal dari aduan masyarakat bahwa uang rupiah kertas TE 2016 sangat mudah dipalsukan.

Infografis Uang Baru Tahun Emisi 2022. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Jadi kombinasi antara evaluasi tadi daripada tokoh masyarakat dan mengikuti perkembangan teknologi serta best practise negara lain, kita melakukan penyesuaian. Tentunya penyesuaian ini perlu sebuah tujuan. Tujuan kita ini pada dasarnya berangkat dari bahwa rupiah salah satu simbol kedaulatan negara.

  • Oleh karena itu, tujuan kita melakukan penguatan rupiah 2022 ini ada 3 hal,” ujarnya.
  • Dengan tujuan ini lah katanya, BI meluncurkan uang rupiah kertas TE 2022.
  • Uang kertas ini diperkuat keamanannya mulai dari desain, keandalan unsur pengamanan, dan ketahanan bahan uang.
  • Atas dasar inilah kita melakukan penguatan uang rupiah kertas dalam tiga aspek tersebut,” pungkasnya.

(ldy/agt) : 3 Tujuan BI Keluarkan Uang Kertas Baru Pecahan Rp1.000-Rp100.000
Lihat jawaban lengkap

Apakah melipat uang dilarang?

Uang Rupiah Dijadikan Mahar Asal Jangan Dilipat Jakarta – Menjadikan uang kertas rupiah sebagai mahar pernikahan dengan membentuknya dengan konsep tertentu jadi tren saat ini. Mahar dengan bentuk uang kertas yang didekorasi sedemikian rupa indahnya juga banyak dijual lewat toko online.

Uang kertas yang dilipat sendiri menjadi perhatian khusus karena bisa dikategorikan dalam merusak rupiah. Hal ini diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. “BI juga punya kampanye bagaimana kita memelihara ruang. Bahwa jangan dilipat, dicoret, di-steples, dibasahi, diremas-remas.

Kolektor Tawar dengan Harga Segini, Bila Anda Punya Uang Kertas Rp 100 Seperti Ini!

Mahar ya boleh-boleh saja. Tapi ya kalau mau ngasih uang, uangnya jangan dilipat-lipat,” kata Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (23/7/2019). ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Dalam UU No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, bahkan terdapat sanksi bagi para pelaku yang merusak rupiah.
Lihat jawaban lengkap

Kenapa uang tidak boleh di fotocopy?

Sonora.ID – Heboh di media sosial TikTok dimana seseorang mencoba untuk memfotokopi uang selembar Rp.50.000. Namun sayangnya mesin fotokopi tidak dapat membaca dan hanya mengeluarkan tulisan http://www.rulesforuse.org, Video berdurasi 38 detik tersebut hingga saat ini telah disukai lebih dari 65 ribu akun dan mendapatkan lebih dari 1.400 komentar.

  • Sementara itu pihak Bank Indonesia, Direktur Departemen Komunikasi Junanto Herdiawan mengatakan bahwa alasan uang selembaran tidak dapat di fotokopi pada mesin lantaran bentuk dari pengamanan.
  • Baca Juga: Orang Tua Tak Punya Uang Untuk Belikan Jajan, Balita di Tegal Jadikan Tanah dan Pecahan Tembok Sebagai Camilan Sebab, jika bisa terfotokopi maka tindakan pemalsuan uang akan jauh lebih marak terjadi.

“Iya, memang itu bagian dari unsur pengaman uang Rupiah kita agar tidak mudah dipalsukan,” kata Junanto, Senin (13/9/2021). Junanto kemudian menjabarkan bahwa uang rupiah kertas tidak hanya tidak bisa di fotokopi tetapi juga tidak dapat di scan. Hal ini sebenarnya umum terjadi pada mata uang sebuah negara, bahkan hal yang sama juga di terapkan pada mata uang Dollar, Yen, Euro dan mata uang lain di Dunia. Apa Benar Uang 100 Rupiah Kertas Mahal 1 Desember 2022 05:10 WIB Apa Benar Uang 100 Rupiah Kertas Mahal 1 Desember 2022 05:05 WIB Apa Benar Uang 100 Rupiah Kertas Mahal 1 Desember 2022 05:00 WIB Apa Benar Uang 100 Rupiah Kertas Mahal 1 Desember 2022 05:00 WIB
Lihat jawaban lengkap

Kenapa tidak boleh melipat uang?

Melipat Uang untuk Mahar Dapat Dipenjara Lima Tahun Ilustrasi (Sumber foto: bolegit.blogspot.com) Mataram (Inside Lombok)- Dalam sebuah pernikahan memberikan mahar kepada punjaan hati tentu sangat lumrah dilakukan. Selain seperangkat peralatan ibadah, agar lebih menarik, calon mempelai biasanya menghias mahar uang dengan cara dilipat dan disusun hingga berbentuk sesuatu.

Namun, taukah kalian jika melipat-lipat atau merusak uang dapat menyalahi aturan UU? Dalam undang-undang nomor 7 tahun 2011, pasal 35 berbunyi; Bahwa setiap orang yang dengan sengaja merusak, memotong, menghancurkan atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan rupiah sebagai simbol negara sebagaimana dimaksud dalam pasar 25 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan Pidana denda paling banyak Rp.1.000.000.000 (satu miliar rupiah)”.

Berdasarkan pasal di atas UU mempertegas posisi mata uang rupiah sebagai simbol negara. Jadi, uang rupiah tidak boleh dicoret, dilipat, merusak atau bahkan memalsukan uang kertas dianggap tidak menghormati kedaulatan rupiah. Meski begitu, masih banyak calon mempelai yang ingin menghias uang (kertas) sebagai maharnya. Jadi, kalian dapat menyusun uang kertas menjadi sesuatu tanpa harus dilipat contohnya bentuk kipas. Lalu kalian dapat menggunakan bingkai agar semakin menarik.2. Menggunakan uang logam. Apa Benar Uang 100 Rupiah Kertas Mahal (sumber foto: hipwee.com) Selain uang kertas kalian dapat mengsiasati mahar dengan membentuk uang logam agar tidak melanggar aturan UU.3. Menggunakan uang mainan. Apa Benar Uang 100 Rupiah Kertas Mahal (sumber foto: hipwee.com) Karna melipat uang (kertas) dapat dihukum, maka kalian bisa menggunakan uang mainan yang dihias sedemikian rupa agar menarik sebagai simbol mahar yang diinginkan. Ini sekaligus sebagai peringatan agar para mempelai lebih berhati-hati dalam menghias uang maharnya.
Lihat jawaban lengkap

You might be interested:  Jelaskan Pihak Pihak Yang Berkaitan Dengan Sistem Kerja Kartu Kredit?

Uang lama apakah masih laku?

BI Keluarkan 7 Uang Kertas Baru, Uang Lama Masih Laku? Jakarta – Bank Indonesia baru saja meluncurkan tujuh uang rupiah kertas baru tahun 2022 (TE 2022). Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI.

Uang kertas tahun 2022 itu terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2000, dan Rp 1000. Dalam uang kertas yang baru, design gambar pahlawan, kemudian tarian, pemandangan alam, dan flora masih dipertahankan. Meski demikian, Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono menerangkan bahwa dengan adanya penerbitan uang baru ini tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Dengan kata lain uang lama yang masih beredar sejauh ini tetap berlaku.

“Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya,” jelas Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono dalam sebuah keterangan.”Seluruh Uang Rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia,” tambahnya lagi.Sebagai Informasi, prosesi peluncuran uang baru dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Sentral Perry Warjiyo.”Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim dengan mengharapkan ridho Allah yang Maha Kuasa pada hari ini 18 Agustus 2022, saya Perry Wajiyo Gubernur Bank Indonesia bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi meluncurkan 7 pecahan rupiah kertas tahun emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah republik Indonesia,” kata Gubernur Bank Sentral Perry Warjiyo, dalam Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022, Kamis (18/8/2022).Lebih lanjut Perry juga mengatakan peluncuran ini menjadi wujud komitmen BI dalam menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya untuk masyarakat Indonesia.

“Sebagai simbol kedaulatan pemersatu bangsa, kami mengajak semua komponen masyarakat bangga dan paham rupiah. Mari kita terus kobarkan optimisme, semangat kebangsaan dan komitmen pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju,” terangnya.

Sementara, Sri Mulyani mengatakan di dalam lembaran rupiah terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan bangsa Indonesia. Rupiah sendiri adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia, Sri Mulyani menambahkan sudah selayaknya rupiah dihormati dan dibanggakan. “Rupiah tidak sekedar mata uang, ini sebuah mata uang yang menggambarkan perjalanan negara Republik Indonesia.

Pada tanggal 30 Oktober 1946. Uang Rupiah Republik Indonesia dilahirkan dan berlaku. Waktu itu disampaikan oleh Wakil Presiden Indonesia Mohammad Hatta,” jelasnya. Sumber : Ignacio Geordi Oswaldo – detikFinance : BI Keluarkan 7 Uang Kertas Baru, Uang Lama Masih Laku?
Lihat jawaban lengkap

Berapa harga uang 100 rumah gadang?

Masih Simpan Uang Logam Rp 100 Rumah Gadang? Kini Diburu Kolektor, Harganya Fantastis – Serambinews.com Sabtu, 12 Februari 2022 16:09 Youtube/Seputar Coin Uang Rp100 bergambar Rumah Gadang SERAMBINEWS.COM – Anda masih simpan uang lama di rumah?

Pasalnya uang lama banyak diburu kolektor.Bisa banyak duit nih gara-gara jual atau uang receh seratus perak laku jutaan rupiah.Uang logam Rp 100 dibayar Rp 3 juta per keping padahal bukan dari emas cepat jual selagi ada yang mau bayar mahal.Biker bisa beli motor baru hanya dengan beberapa keping atau uang koin ini.Namun perlu diketahui uang koin atau Rp 100 seperti apa yang laku Rp 3 juta per keping tersebut.Uang koin atau ini bukan dari emas atau logam mulia tapi bisa dicari-cari orang.Silakan tanya om, tante, emak, bapak atau saudara yang lebih tua apakah masih menyimpan atau uang koin seratus rupiah ini.Adapun uang koin Rp 100 yang dihargai Rp 3 juta per keping bergambar rumah gadang.Tahun 2019 lalu seorang kolektor mencari uang koin Rp 100 gambar rumah gadang dengan harga Rp 3 juta per keping.Tawaran itu memang sudah lama diunggah di YouTube.Hanya saja, jika kebetulan Anda menemukan uang koin seperti yang dicari, tidak ada salahnya menghubungi kolektor bersangkutan.Pria tersebut mulai membahas uang yang sedang dicarinya.”Saya sedang mencari koin 100 rupiah tahun 1973 tapi bukan seperti koin yang biasanya,” ujar Youtuber itu.

Lihat jawaban lengkap

Siapa di uang 100 ribu?

Bagian Depan​​ – Soekarno-Hatta merupakan tokoh proklamator Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 pagi, naskah proklamasi pun akhirnya dibacakan di halaman rumah Bung Karno yang terletak di jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta. Sejak saat itu berita kemerdekaan Indonesia tersebar luas hingga keluar negeri.
Lihat jawaban lengkap

Uang 100 ribu dicetak tahun berapa?

Senin, 1 November 2021 15:45 WIB – Apa Benar Uang 100 Rupiah Kertas Mahal Ilustrasi uang rupiah. Shutterstock TEMPO.CO, Jakarta – 1 November merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya pada tanggal 1 November 1999 merupakan pertama kalinya Bank Indonesia (BI) mencetak uang kertas Rp 100 ribu. Peristiwa ini merupakan peristiwa fenomenal karena seperti yang kita ketahui, uang Rp100 ribu merupakan nominal uang paling besar di Indonesia.

Sebenarnya uang Rp 100 ribu pernah beredar pada 1970-an, tapi uang Rp 100 ribu yang diterbitkan kala itu masih berbentuk koin. Namun, uang yang diedarkan BI pada 1 November 1999 ini berbentuk uang kertas Rp 100 ribu nilainya hanya 10 US Dolar karena krisis moneter pada tahun 1998 serta runtuhnya era Orde Baru.

Saat itu, tepatnya pada Oktober 1999, Bank Indonesia mencetak uang baru Rp.100.000 dengan jumlah yang banyak, yaitu mencapai Rp 50 triliun. Hal tersebut dilakukan karena ada persyaratan internasional yang harus dilakukan yaitu Bank Sentral harus memiliki persediaan uang tunai dengan jumlah lima kali lipat dari situasi normal.

Pencetakan uang tersebut sebagai langkah untuk menghadapi millennium bug yang dimulai tahun 2000. Pecahan uang kertas Rp 100 ribu memiliki gambar Soekarno-Hatta di bagian depan. Melansir dari Bi.go.id, hal tersebut dikarenakan Soekarno merupakan Presiden Indonesia pertama yang menerima gelar Honoris Causa terbanyak di Indonesia kala itu.

Ia meraih 26 Gelar Doktor yang diperoleh dari seluruh penjuru dunia. Sedangkan Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden Indonesia pertama yang mendapatkan 7 gelar doktor Honoris Causa. Pada uang Rupiah Rp 100 ribu yang diterbitkan tahun 2016, gelar mereka diperbaharui menjadi Dr (H.C.) Ir Soekarno dan Dr (H.C.) Drs Mohammad Hatta.

  1. Pada bagian belakang, terdapat gambar Tari Topeng Betawi.
  2. Tari Topeng Betawi biasanya tampil di acara pernikahan masyarakat Betawi.
  3. Raja Ampat yang terletak di Sorong, Papua, punya keindahan bawah laut yang tersohor hingga ke seluruh dunia.
  4. Sedangkan Bunga Anggrek Bulan adalah salah satu bunga nasional Indonesia yang pertama kali ditemukan oleh ahli Botani Belanda, bernama Carl Ludwig Blume.
You might be interested:  Uang Seperti Apa Yang Ditarik Dari Peredaran?

Namun uang Rp 100 ribu telah mengalami beberapa perubahan seiring berjalannya waktu. Sejak muncul nominal ini pada emisi 2004, terjadi perubahan baik dari segi desain, warna, ukuran, hingga bahan pembuatannya. Kemudianpada tahun 2014 BI kembali mengumumkan keluaran baru dengan beberapa perbedaan dari desain emisi sebelumnya.
Lihat jawaban lengkap

Uang kertas 100 rupiah tahun berapa?

Page 2 – Uang kertas Rp100 tahun 1992. Rp 100 ( dibaca: seratus ) adalah nilai nominal dan yang pernah dicetak dan beredar secara resmi di, Uang dengan nominal Rp 100 diedarkan dan dicetak dengan beberapa emisi dan seri, antara lain tahun emisi 1977, 1984, dan 1992 (uang kertas) serta 1973, 1978, 1991 (koin).

Rp100 TE 2016

table>

Rupiah kertas Nilai TE TST TNP Ukuran (mm) Warna Dominan Gambar Tanda Air Panjang Lebar Depan Belakang 141 65 dan 141 65 dan Pangeran Antasari 143 65 dan Cut Nyak Meutia 148 72 dan Sultan Mahmud Badaruddin II 152 72 dan Otto Iskandardinata 152 72 dan I Gusti Ngurah Rai 151 65 Dr. (H.C.) Ir. dan Dr. (H.C.) Drs. dan

table>

Rupiah logam Nilai TE Ukuran (mm) Massa (gr) Material Gambar Diameter Tebal Depan Belakang 20 2,00 1,36 Gambar “50” dan Garuda Pancasila 23 2,30 2,38 Burung Garuda Pancasila 23,00 2,00 1,79 Prof. Dr. Ir. dan Garuda Pancasila Bank Indonesia 100 23 2,30 2,38 Burung Garuda Pancasila 25,00 2,20 2,38 Dr. dan Garuda Pancasila Bank Indonesia 200 24 1,83 5,34 / Garuda Pancasila 27 2,50 3,10 27,00 2,35 3,10 Letjen TNI dan Garuda Pancasila Bank Indonesia 500 26 2,00 8,60 / Gambar “1000” dan pohon Garuda Pancasila 24 1,60 4,50 & Garuda Pancasila dan “1000” Angklung dan Gedung Sate 24,10 1,45 4,50 Nickel Plated Steel Mr. I Gusti Ketut Pudja dan Garuda Pancasila Bank Indonesia 1000

Lihat jawaban lengkap

Apakah uang 100 rupiah tahun 1992?

Uang Lama Rp 100 Rupiah Sekarang Harganya Jutaan – Tribunnews.com

  • TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –
  • Uang lembaran Rp 100 dulu ini sekarang menjadi barang mewah.
  • Bagi kamu generasi 80an pasti tak asing dengan kartal ini.
  • Kabarnya, ini menjadi buruan kolektor.

Seperti dikutip dari lama.com, kalangan numismatis Indonesia, ini dinamai “uang perahu layar” atau “uang kapal layar”.

  1. Uang perahu layar yang dimaksud adalah Rp 100 tahun 1992.
  2. Uang tersebut bagian depannya memang bergambar sebuah kapal, tepatnya kapal phinisi asal Sulawesi.
  3. Dalam bahasa Indonesia sesuai EYD, nama kapal tersebut menjadi Perahu Phinisi.
  4. Pada Rp 100 tahun 1992, tertulis “PERAHU PINISI”, tanpa “H”.
  5. Di bawah gambar kapal terdapat tulisan ‘Perahu Pinisi’.
  6. Uang ini mulai diedarkan sejak 28 Desember 1992.
  7. Peredarannya berbarengan dengan Rp500 tahun 1992 bergambar orangutan.
  8. Uang ini beredar cukup lama, yakni sampai tahun 2000.
  9. Karena itu, pada ini terdapat berbagai cetakan tahun (1992–1996, 1999, 2000) yang menandakan waktu cetak ulangnya.

Lihat jawaban lengkap

Dimana tempat jual uang kuno?

4 Cara Jual Uang Kuno ke Kolektor, Bisa Laku Harga Tinggi Jakarta, CNBC Indonesia – Uang kuno yang tak bisa lagi digunakan sebagai alat pembayaran ternyata bisa memiliki nilai jual tinggi. Namun, ini hanya berlaku jika Anda menjual uang kuno langka koleksi Anda kepada para kolektor.

  1. Endati demikian, kebanyakan orang masih bingung cara menjualnya.
  2. Lantas bagaimana cara menjual uang kuno ke kolektor agar laku dengan harga tinggi? Berikut paparannya yang dirangkum CNBC Indonesia.
  3. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT 1.
  4. Jual di dalam marketplace Untuk menjual uang kuno, Anda bisa menjualnya ke marketplace yang tersedia secara online.

Tempat tersebut bisa jadi opsi terbaik untuk menjual uang kuno yang Anda miliki. Anda juga bisa menjangkau kolektor dari banyak wilayah di Indonesia.2. Tawarkan pada kolektor Para kolektor biasanya memiliki komunitas sendiri, Anda bisa menawarkannya langsung kepada kolektor uang kuno jika memang memiliki koneksi ke komunitas tersebut.

Pastikan kondisi uang masih layak dijual sehingga bisa mendapatkan harga tinggi.3. Penjual uang kuno Cara lain yakni menjualnya ke penjual uang kuno yang terdapat di sekitar daerah Anda. Ini bisa Anda temui di tempat barang-barang antik hingga pasar-pasar.4. Jual di media sosial Cara menjual uang kuno yang bisa Anda lakukan lainnya yaitu dengan cara mempostingnya ke media sosial.

Hal ini bisa Anda terapkan untuk memperoleh kolektor bahkan penjual secara online. (hsy/hsy) : 4 Cara Jual Uang Kuno ke Kolektor, Bisa Laku Harga Tinggi
Lihat jawaban lengkap

Berapa harga uang kertas monyet?

Ingat Uang Gope Gambar Orang Utan? Kini Dijual Puluhan Juta! Jakarta, CNBC Indonesia – Uang jadul atau kuno adalah produk yang dijual cukup mahal dari nilai aslinya. Karena kelangkaannya banyak yang menjualnya dengan harga selangit.Salah satunya uang langka yang harganya cukup mahal adalah uang gopek alias Rp 500 keluaran tahun 1992.

Uang bergambar orang utan berwarna hijau ini dijual cukup fantastis.Uang kertas pecahan Rp 500 tahun emisi 1992 berwarna latar hijau dengan gambar orang utan pada salah satu sisi mukanya diketahui memang sudah dicabut dan ditarik dari peredaran.Pencabutan dan penarikan ini tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 8/27/PBI/2006.Dari penelusuran CNBC Indonesia di salah satu marketplace, ada toko online yang menjual uang kuno bergambar monyet ini dengan harga yang beragam dan sangat mahal.

Ada yang menjualnya dari Rp 1,5 juta dan Rp 8 juta.

Foto: Ilustrasi uang lima ratus rupiah.

Ada juga yang menjual Rp 5 juta untuk per lembarnya oleh akun Toko Keku di Tokopedia. Uang tersebut dikatakan asli milik pribadi dengan tampilan yang sudah cukup lusuh.Namun, ada juga yang menjual dengan harga yang tak tanggung-tanggung yakni Rp 50 juta.
Lihat jawaban lengkap