Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengumuman Formasi PPPK Guru Musi Banyuasin (MUBA) 2021

Pengumuman Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 572 Tahun 2021 tanggal 21 April 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2021, memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Pemerintah (PPPK) Kabupaten Musi Banyuasin pada Jabatan Fungsional Guru.

Pengumuman PPPK Guru Musi Banyuasin

pengumuman pppk guru musi banyuasin

Formasi PPPK Jabatan Fungsional Guru

Kebutuhan PPPK jabatan fungsional guru berjumlah 2955 formasi untuk guru honorer Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapaun syarat dan ketentuan serta format surat lamaran dan surat pernyataan penerimaan P3K guru tertuang pada pengumuman Bupati Musi Banyuasin Nomor : P.810/746/BKPSDM/2021.

Ketentuan dan Persyaratan Pelamar

A. Ketentuan dan Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Bagi pelamar PPPK usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 
  3. Membuat surat lamaran yang ditujukan kepada Bupati Musi Banyuasin ditulis tangan dengan huruf Kapital menggunakan pena tinta warna hitam serta ditanda tangani diatas materai Rp. 10.000,- (contoh format terlampir). 
  4. Pas Photo terbaru ukuran 3 x 4 cm, berlatar belakang merah memakai Baju Kemeja Putih. 
  5. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih. 
  6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta atau pegawai lainnya antara lain pegawai BUMN dan pegawai BUMD. 
  7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis. 
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah. 
  9. Memiliki Kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan. 
  10. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter unit pelayanan kesehatan pemerintah, dan wajib dilengkapi setetah calon pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir. 
  11. Keterangan bebas Narkoba yang dibuktikan oleh Surat Keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat diktif lainnya yang ditandatangani oleh dokter dari unit pelayanan kesehatan pemerintah atau pejabat yang berwenang dari badan/lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat narkoba dimaksud yang masih berlaku, dan wajib dilengkapi setetah calon pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir. 
  12. Berkelakuan Baik yang dibuktikan oleh Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepala Kepolisian Resor setempat yang masih berlaku, dan wajib dilengkapi setetah calon pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir. 
  13. Membuat Daftar Riwayat Hidup (DRH) sesuai anak lampiran Ill Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2019, dan wajib dilengkapi setetah calon pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir. 

B. Ketentuan dan Persyaratan Khusus

  1. Kualifikasi pendidikan adalah program studi yang tertera di Ijazah sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar. 
  2. Lulusan Perguruan Tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah. 
  3. Lulusan Perguruan Tinggi luar negeri memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi. 
  4. Pada saat mendaftar, calon pelamar telah memiliki ijazah dan transkrip nilai dari Perguruan Tingginya (bukan berupa Surat Keterangan Kelulusan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan). 
  5. Setiap pelamar yang melamar pada Jabatan Fungsional dalam pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Penjanjian Kerja (PPPK) wajib memiliki pengalaman paling singkat 3 (tiga) tahun dibidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar, dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh : 
    1. Paling rendah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama untuk yang bekerja di instansi pemerintah. 
    2. Paling rendah Direktur/Kepala Divisi yang membidangi Sumber Daya Manusia (Human Resource Development), bagi pelamar yang memiliki pengalaman bekerja pada perusahaan swasta/Lembaga Swadaya nonpemerintah/yayasan. 
  6. Pelamar dapat melamar pada 1 (satu) jenis jalur kebutuhan Aparatur Sipil Negara yaitu :
    1. Pegawai Negeri Sipil. atau 
    2. Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja, pada tahun anggaran yang sama. 
  7. Pelamar sebagaimana dimaksud pada angka 6 hanya dapat melamar pada 1 (satu) instansi dan 1 (satu) Jabatan. 
  8. Dalam hal pelamar sebagaimana dimaksud pada angka 6 diketahui melamar : 
    1. Lebih dari 1 (satu) instansi dan/atau 1 (satu) jenis jabatan dan/atau jenis jalur kebutuhan PNS atau PPPK. atau 
    2. Menggunakan 2 (dua) Nomor Induk Kependudukan yang berbeda, yang bersangkutan dianggap gugur dan/atau dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. 
  9. Bagi pelamar tenaga kesehatan :
    1. Wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku pada saat melamar. 
    2. Wajib memiliki Ijazah Profesi untuk kebutuhan Perawat-Ahli Pertama, Apoteker-Ah1i Pertama dan Psikolog Klinis-Ah1i Pertama. 
    3. Bagi Pelamar Sanitarian-Ahli Pertama tidak wajib melampirkan Surat Tanda Registrasi, tetapi apabila ada dapat dilampirkan dan menjadi nilai tambahan paling tinggi 25% (dua puluh lima persen) dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis. 

Cara Pendaftaran

  1. Membuat Akun dengan cara : 
    1. Pelamar mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id. 
    2. Pilih menu registrasi. 
    3. Isi NIK, Nomor KK. 
    4. Isi alamat e-mail aktif, password dan pertanyaan pengaman. 
    5. Upload / unggah Pas Photo terbaru ukuran 3 x 4 berlatar belakang merah, memakai Baju Kemeja Putih dengan minimal 120 kb maksimal 200 kb. 
    6. Cetak Kartu Informasi Akun. 
  2. Pendaftaran dengan cara : 
    1. Login ke https://sscasn.bkn.go.id. 
    2. Lengkapi Biodata dan unggah swafoto. 
    3. Pelamar memilih jenis seleksi lalu memilih formasi. 
    4. Upload / unggah dokumen. 
    5. Cek Resume dan akhiri pendaftaran. 
    6. Cetak kartu pendaftaran SSCASN. 
  3. Dokumen yang wajib di unggah / upload :
    1. Seluruh dokumen yang discan dalam format PDF adalah dokumen asli berwarna, bukan dokumen hasil fotocopy yang discan. Contoh Ijazah, yang discan adalah ijazah asli, bukan ijazah fotocopy legalisir asli. 
    2. Dokumen yang di upload / unggah secara online adalah berupa : 
      • Kartu Tanda Penduduk Asli bukan dari hasil fotocopy dalam bentuk JPEG maksimal size 500 kb. 
      • Pas Photo terbaru berlatar belakang merah dan kemeja putih, dengan ukuran 3 x 4 cm fdalam bentuk JPEG maksimal size 300 kb. 
      • Surat Lamaran yang ditujukan kepada Bupati Musi Banyuasin ditulis tangan menggunakan tinta hitam bermaterai Rp. 10.000,- dalam bentuk 1 (satu) file PDF maksimal size 500 kb (contoh format terlampir). 
      • Surat Pernyataan 5 (lima) poin ditulis tangan menggunakan tinta hitam bermaterai Rp. 10.000,- dalam bentuk 1 (satu) file PDF maksimal size 1000 kb (contoh format terlampir). 
      • Ijazah Pendidikan Asli bukan dari hasil fotocopy yang dilegalisir dalam bentuk 1 (satu) file PDF maksimal size 1000 kb. 
      • Transkrip Nilai Asli bukan dari hasil fotocopy yang dilegalisir dalam bentuk 1 (satu) file PDF maksimal size 1000 kb. 
      • Ijazah Profesi dan Transkrip Nilai Profesi Asli bukan dari hasil fotocopy yang dilegalisir dalam bentuk 1 (satu) file PDF maksimal size 1000 kb. 
      • Surat Tanda Registrasi (STR) Asli bukan dari hasil fotocopy yang dilegalisir dalam bentuk 1 (satu) file PDF maksimal size 1000 kb. 
      • Surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya Asli bukan dari hasil fotocopy yang dilegalisir dalam bentuk 1 (satu) file PDF maksimal size 1000 kb. 
      • Surat Keterangan Pengalaman Kerja minimal 3 (tiga) tahun dibidang kerja yang relevan dengan jabatan yang dilamar Asli dalam bentuk 1 (satu) file PDF maksimal size 700 kb. 
      • Surat Keterangan Akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau Surat Keterangan Akreditasi Program Studi dalam bentuk 1 (satu) file PDF maksimal size 500 kb : 
        1. Bagi calon pelamar Penyandang Disabilitas, wajib melampirkan Surat Keterangan Dokter yang menerangkan tingkat derajat kedisabilitasannya dan Sertifikat/Surat Keterangan Akreditasi Program Studi pada saat tahun kelulusan yang tertera pada Ijazah. 
        2. Bagi calon pelamar yang tidak memiliki Sertifikat atau Surat Keterangan Akreditasi Program Studi atau akreditasinya tidak tercantum pada ijazah dapat melampirkan cetakan tangkapan layar (screen capture) Direktori Hasil Akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PI') dan/atau Pusdiknakes/LAM-VPKes yang memuat status akreditasi dan prodi pelamar saat tahun lulus yang berasal dari portal https://banpt.or.id dan https://lamptkes.org. 
        3. c) Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri, wajib melampirkan surat keputusan penyetaraan ijazah asli dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi. 

Pelaksanaan Seleksi

  1. Seleksi Administrasi. 
    1. Seleksi Administrasi dilakukan untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran yang diunggah oleh pelamar yang dilaksanakan oleh panitia seleksi pengadaan PPPK Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. 
    2. Apabila setelah dilakukan pengumuman seleksi administrasi terdapat pelamar yang keberatan terhadap hasil keputusan Panitia Seleksi Pengadaan PPPK Kabupaten Musi Banyuasin, dapat mengajukan sanggahan paling lama 3 (tiga) hari sejak hasil seleksi administrasi diumumkan. 
    3. Panitia Seleksi Pengadaan PPPK Kabupaten Musi Banyuasin dapat menerima atau menolak alasan sanggahan yang diajukan oleh pelamar. 
    4. Panitia Seleksi Pengadaan PPPK Kabupaten Musi Banyuasin dapat menerima alasan sanggahan dalam hal kesalahan bukan berasal dari pelamar. 
    5. Apabila sanggahan pelamar diterima, Panitia Seleksi Pengadaan PPPK Kabupaten Musi Banyuasin mengumumkan ulang hasil seleksi administrasi paling lama 7 (tujuh) hari sejak berakhirnya waktu pengajuan sanggah. 
    6. Sanggahan sebagaimana dimaksud pada huruf b dapat diajukan melalui https://sscasn.bkn.go.id. 
    7. Bagi calon pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, dapat mencetak Kartu Ujian. 
  2. Seleksi Kompetensi. 
    1. Seleksi kompetensi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara. 
    2. Seleksi kompetensi sebagaimana dimaksud pada huruf a dilakukan untuk menilai kesesuaian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, dan Kompetensi Sosial Kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan. 
    3. Seleksi kompetensi sebagaimana dimaksud pada huruf b memuat : 
      • Kompetensi Teknis. 
      • Kompetensi Manajerial. dan 
      • Kompetensi Sosial Kultural. 
    4. Seleksi pengadaan PPPK dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas. 
    5. Penilaian integritas dan moralitas sebagaimana dimaksud pada huruf d dilaksanakan dengan wawancara. 
    6. Seleksi kompetensi dan wawancara sebagaimana dimaksud pada huruf e dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara. 

Masa Hubungan Perjanjian Kerja 

  1. Masa Hubungan Perjanjian Kerja Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja pada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin ditetapkan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.
  2. Pelamar seleksi PPPK yang telah dinyatakan lulus yang usianya kurang dari 5 (lima) tahun dari batas usia pensiun jabatan pada saat pengangkatan maka jangka waktu hubungan perjanjian kerja memperhatikan selisih tahun usia pelamar dengan batas usia pensiun Jabatan yang dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 
  3. Pelamar seleksi PPPK yang telah dinyatakan lulus yang usianya kurang dari 1 (satu) tahun dari batas usia pensiun jabatan pada saat pengangkatan maka perjanjian hubungan kerja diberlakukan 1 (satu) tahun sejak pengangkatan sebagai PPPK dan diberhentikan sebagai PPPK setelah masa perjanjian kerja berakhir. 

Ketentuan Lain-Lain 

  1. Dalam hal pelamar yang sudah mendapat persetujuan nomor induk PPPK kemudian mengundurkan diri, kepada yang bersangkutan diberikan sanksi tidak boleh melamar pada pengadaan ASN untuk satu periode berikutnya.
  2. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar pada setiap tahapan pendaftaran, seleksi maupun setelah diangkat menjadi PPPK, maka Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PPPK selanjutnya melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib karena telah memberikan keterangan palsu. 
  3. Kelulusan Pelamar adalah prestasi dan hasil kerja peserta itu sendiri. Pelamar dihimbau agar tidak mempercayai oknum/pihak tertentu yang menjanjikan kelulusan seleksi PPPK. Jika ada pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, baik dari panitia Seleksi Pengadaan PPPK Kabupaten Musi Banyuasin atau dari pihak lain, maka hal tersebut adalah tindak penipuan dan kepada peserta, keluarga maupun pihak lain dilarang memberi sesuatu dalam bentuk apapun dan apabila diketahui maka akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan. 
  4. Dalam hal perlamar sudah dinyatakan lulus oleh penyelenggara seleksi dan pejabat pembina kepegawaian, tetapi dikemudian hari terbukti kualifikasi pendidikannya tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh menteri dan atau tidak memenuhi persyaratan lainnya, maka pejabat pembina kepegawaian daerah harus mengumumkan pembatalan kelulusan yang bersangkutan.
  5. Seluruh calon pelamar PPPK tidak dipungut biaya (gratis). 
  6. Keputusan Panitia Seleksi Pengadaan PPPK Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2021 tidak dapat diganggu gugat dan bersifat mutlak. 
  7. Helpdesk/ call center/ media sosial resmi Pelayanan Informasi terkait mengenai Seleksi Pengadaan PPPK Jabatan Fungsional (Tenaga Teknis dan Tenaga Kesehatan) Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2021 melalui : 
    1. Telepon : (0714) 321203 
    2. Website : https://bkpsdm.mubakab.go.id. 
    3. Facebook : Bkpsdm Muba 
    4. Instagram : @bkpsdm_muba.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi Tentatif

jadwal pelaksanaan seleksi tentatif pppk musi banyuasin

Kesimpulan

Demikianlah informasi tentang pengumuman formasi PPPK Jabatan Fungsional Guru Kabupaten Musi Banyuasin untuk tahun 2021. Silakan siapkan diri Anda sebaik mungkin, dan tentunya jangan lupa berdoa supaya dipermudah segalah usahanya untuk bisa menggapai impian Anda menjadi ASN.